Pola Diet Sehat Untuk Penderita Sakit Maag Kronis

Sedih banget kalau punya sakit maag kronis tak kunjung sembuh, apalagi sampai belasan tahun. Sampai-sampai, seorang pria di Jawa Tengah yang sudah 14 tahun mengidap sakit maag kronis minta agar dirinya disuntik mati saja karena tak kuasa menanggung derita.

Padahal, meskipun mengalami sakit maag itu tidak enak, bahkan ada yang sampai mau pingsan karena sakitnya menjalar sampai ke tulang punggung, bukan berarti kita tidak bisa ‘berdamai’ dengan sakit yang cukup umum di derita oleh masyarakat perkotaan berusia produktif akhir-akhir ini.

Yang perlu kita lakukan adalah memahami penyebab sakit maag kronis kambuh, faktor resiko dan bagaimana mencegah sakit maag tidak kambuh tiba-tiba, terutama saat Anda bekerja.

Apa itu Sakit Maag Kronis?

Sakit Maag Kronis atau yang disebut juga Gastritis kronis adalah peradangan pada lambung yang gejala awalnya ringan, semakin hari jadi semakin parah. Kondisi ditandai dengan rasa sakit perut di bagian atas (area lambung) yang tumpul dan tak kunjung hilang. Pada beberapa kasus, gastritis kronis dapat tidak menimbulkan rasa sakit.

Sakit asam lambung kronis juga dapat menyebabkan Anda merasa kenyang walau hanya baru makan sedikit. Meradangnya lambung dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, stres kronis, atau masalah sistem imun lainnya.

Gastritis kronis yang terjadi dalam waktu lama dapat mengikis lapisan lambung, serta dapat menyebabkan metaplasia atau displasia. Kondisi ini merupakan pre-kanker pada sel yang dapat menyebabkan kanker apabila tidak ditangani. Sakit maag kronis biasanya membaik dengan perawatan, namun memerlukan pengawasan terus-menerus.

Apa yang membuat saya berisiko terkena Sakit Maag Kronis?

Selain faktor penyakit, gaya hidup dan pola makan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kambuhnya sakit maag kronis. Berbagai faktor yang bisa memicu maag kronis berlangsung dalam jangka panjang adalah:

  • Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, seperti aspirin dan ibuprofen
  • Infeksi bakteri H. pylori
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes atau gagal ginjal
  • Sistem imun yang melemah
  • Stres intens yang tidak kunjung hilang yang juga menyerang sistem imun
  • Empedu yang naik ke lambung
  • Gaya hidup yang stres atau pengalaman traumatis juga dapat menurunkan kemampuan lambung untuk melindungi diri
  • Konsumsi makanan dengan kadar pengawet dan garam yang tinggi berlebihan.
  • Konsumsi makanan berlemak dan berminyak berlebihan.
  • Konsumsi makanan asam dan pedas berlebihan
  • Konsumsi alkohol berlebihan dan dalam jangka panjang.
  • Kondisi medis tertentu yang bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.
  • Penggunaan narkoba dan zat-zat berbahaya lainnya.
  • Merokok

Gejala Sakit Maag Kronis Kambuh.

Maag kronis yang akut terjadi saat lapisan lambung mengalami peradangan yang timbul secara mendadak.  Ketika maag kambuh, ada penderita yang merasakan gejalanya dan ada juga yang tidak. Beberapa gejala maag kronis di antaranya:

  • Panas dan juga nyeri yang menggerogoti dalam lambung
  • Hilang nafsu makan
  • Cepat merasa kenyang saat makan
  • Perut kembung
  • Cegukan
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Gangguan saluran cerna
  • BAB dengan tinja berwarna hitam pekat
  • Muntah darah

Jika Anda penderita sakit maag kronis akut dan mengalami salah satu kondisi di atas, Anda mungkin akan merasakan sakit di bagian perut, yang umumnya bersifat sementara. Namun bila maag kronis akut didiamkan dan terus menerus berulang, maka kondisi ini dapat menimbulkan masalah yang lebih berat.

Cara Mengobati Sakit Maag Kronis.

Gejala yang di alami pengidap gastritis bisa reda jika ditangani dengan benar. Ada beberapa obat yang biasanya diresepkan oleh dokter, yaitu:

  • Obat penghambat tingkat histamin pada tubuh
  • Obat penghambat produksi asam lambung
  • Obat untuk melawan infeksi bakteri

Kenapa Obat Anti-nyeri Harus Dihindari?

Bahan-bahan yang ada dalam obat anti-nyeri yang dijual di pasaran disebut bisa menghambat enzim siklooksigenase (COX) di lambung. Enzim tersebut bertanggung jawab terhadap mekanisme nyeri serta pertahanan lapisan kulit dalam lambung. Nah, penghambatan yang pada enzim COX karena konsumsi obat anti-nyeri atau obat maag kronis bisa menyebabkan pengikisan dinding lambung.

Akibatnya, lambung jadi rentan teriritasi oleh asam lambung apabila terpapar terus menerus. Sehingga, perdarahan lambung dapat terjadi. Jika kondisi ini terus dibiarkan, lambung akan berlubang. Dalam kondisi medis, kondisi ini disebut sebagai perforasi lambung.

Perforasi lambung dapat menyebabkan isi lambung bocor ke rongga perut dan menimbulkan infeksi. Nah, jika rongga perut sudah terinfeksi, hal tersebut akan menyebabkan peritonitis, yaitu infeksi pada jaringan yang melapisi bagian dalam perut. 

Infeksi ini dapat mengakibatkan komplikasi yang membuat berbagai organ dalam tubuh berhenti berfungsi. Kondisi ini termasuk gawat darurat medis dan bisa mengancam nyawa.

Tips Hidup Sehat Bebas Sakit Maag Kronis.

Untuk membantu meredakan gejala dan penyembuhan gastritis, Anda perlu menyesuaikan gaya hidup dan kebiasaan. Dianjurkan untuk membuat pola dan jadwal makan yang teratur. 

Bila Anda sering makan dengan porsi besar, maka dianjurkan untuk mengubah porsinya menjadi sedikit-sedikit, sehingga jadwal makan menjadi lebih sering dari biasanya. Selain itu, disarankan sebaiknya menghindari makanan berminyak, asam, atau pedas, guna mencegah gejala maag kronis bertambah parah.

  1. Banyak makan makanan berserat. Buah-buahan dan sayur lebih mudah dan lebih cepat dicerna oleh lambung sehingga membuat lambung bekerja lebih sehat. Makanan berserat juga dapat membantu proses buang air besar lebih lancar.
  2. Banyak minum air putih. Air membantu dalam mengolah nutrisi makanan yang kita makan dan juga membantu penyerapan nutrisi kedalam tubuh. Selain itu air juga bisa melunakkan dan melancarkan pembuangan.
  3. Kurangi makanan berlemak dan berminyak Makanan berlemak yang berlebih menghambat proses pencernaan sehingga meningkatkan resiko terserang gejala sakit maag seperti perih, mual dan nyeri di ulu hati.
  4. Olahraga teratur. Olahraga pada dasarnya merangsang otot-otot kita bekerja termasuk otot perut/ pencernaan sehingga dapat mempercepat proses pencernaan dan pembuangan.
  5. Kontrol tingkat stres Anda. Stres dapat mendorong tubuh kita untuk berfokus ke beberapa bagian tertentu saja dan melupakan proses pencernaan dan bahkan mempercepat keluarnya asam dalam perut sehingga membuat kita merasa perih dan mulas.
  6. Berhenti merokok. Terdapat 4000 bahan berbahaya dalam tiap batang rokok yang kita hisap. Merokok juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung dan tukak lambung.

Jika Anda melakukan diet, namun memiliki riwayat penyakit ini maka ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Selama diet, ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit maag ini bertambah parah.

  • Makanlah 5 hingga 6 kali dalam sehari dengan porsi kecil untuk mengurangi dampak asam lambung.
  • Perbanyak konsumsi air mineral karena tubuh harus tetap terhidrasi dengan baik selama menderita penyakit ini.
  • Tambahkan suplemen omega-3 ke dalam makanan karena berperan penting dalam membantu mengatasi radang perut. 

IG Live Session: Pola Diet Yang Sehat Dan Aman untuk Penderita Sakit Maag Kronis.

Bila Anda merasa terganggu dengan maag kronis yang sering kambuh tiba-tiba, ada baiknya Anda pelajari baik-baik pola diet atau pola makan yang sehat dan aman untuk mencegah maag kambuh dadakan.

Ikuti IG LIVE SESSION yang akan kami adakan bersama dr. Feni Nugraha, MARS, MGz, SpGK besok. 

Live ig - maag

Anda bisa memberikan pertanyaan langsung kepada dokter Feni dan menuntaskan keraguan Anda mengenai sakit maag kronis dan obatnya ini dengan tuntas. Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan rekaman materi IG Live Session ini bila mendaftarkan diri di form di bawah ini:

Loading...

Ikuti dan dapatkan 1 Paket Cold Pressed Juice GRATIS dari IT's Buah untuk pertanyaan terbaik yang terpilih oleh nara sumber.