Food Combining Erikar Lebang: Satu Jam bersama Ahlinya!

Beri tahu teman-teman Anda

Food Combining atau yang lebih suka disebut dengan seni makan oleh Erikar Lebang ini merupakan pola makan yang berawal dari kesadaran bahwa tubuh memerlukan waktu berbeda untuk mencerna berbagai jenis makanan. 

Bahas Food Combining bersama Erikar Lebang

Halo Sahabat Sehat!

Pada hari kamis, 26 November 2020 kemarin IT’s Buah kembali mengadakan acara rutinnya, yaitu Instagram Live.

Kali ini ada tamu spesial, loh. Pak Erikar Lebang.

Nama yang terdengar akrab? Beliau adalah praktisi sekaligus pakar pola makan Food Combining di Indonesia.

Terdapat kurang lebih 10 buku yang beliau tulis dalam lingkup tema kesehatan. Mulai dari detoksifikasi, panduan food combining itu mudah, yoga, hingga mitos fakta kesehatan. Baca keseruan Itsmin bersama Pak Erik, yuk!

Awal mula perjalanan Pak Erik memutuskan menjadi praktisi Food Combining sebenarnya sama dengan rata-rata kebanyakan orang.

Bosan dengan penyakit, bosan terus menerus meminum obat dan berjuang melawan vonis dokter.

Sejak usia 10 tahun, Pak Erik sudah mendapatkan penyakit lambung yang digadang-gadang akan sulit sembuh juga harus bergantung pada obat rutin.

Hal itu yang membuatnya melirik Food Combining (FC) untuk pertama kali. Hingga sesi live instagram kemarin, Pak Erik mengaku sudah 21 tahun menerapkan pola makan food combining ala Erikar Lebang yang terbukti membuatnya merasa jauh lebih sehat.

Artikel Terkait:
5 Aturan Menu Food Combining yang Wajib Anda Pahami
Gaya Hidup Sehat: Panduan untuk Pekerja di Masa COVID
Beyond Diet: Apa dan Pengaruhnya bagi Weight Loss

2 Faktor Penentu Sehatnya Hidup Manusia

Menurut penuturan Pak Erik, Ada 2 faktor yang membuat hidup manusia berjalan dengan dengan baik lancar.

  • Pertama, faktor satu oksigen yang dihirup terus menerus
  • Kedua, makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari

Dua hal tersebut jadi penentu laju kehidupan seorang.

Bila digantikan aja, 2 itu pasti kan kehidupannya terhenti.

“Oksigen itu adalah sesuatu yang sifatnya sulit dikendalikan kita bisa mengendalikan oksigen, kita bisa bersihin ruangan kita bisa begitu ada sesuatu dengan humidifier atau lainnya tetapi faktor eksternal yang mengganggu tidak akan mudah terelakkan, misal, sebelah kiri rumah kita dibangun pabrik dia mencemari udara dengan polusi oksigen. Belum lagi PLTU yang dibangun kurang dari 100km dari kota Jakarta. Hal tersebut akan memperberat organ tubuh kita melakukan detoksifikasi alami,” tutur Pak Erik pada permulaan obrolan seru seputar Food Combining.

buy1get1

Untuk penyakit akibat faktor makanan dan minuman, mayoritas dapat terjadinya akibat ulah kita sendiri. Lain hal bila mungkin kita ada di daerah yang gersang dan krisis saat kemarau.

Tapi tentunya hal tersebut jarang terjadi akibat majunya teknologi pertanian dan pangan. Intinya, kita bisa mengontrol faktor kedua dengan lebih leluasa.

Kita bisa mengendalikan apa yang kita makan kita minum. Selain sebagai sebuah tindakan yang menentukan kesehatan kita, itu pentingnya pemahaman tentang ‘bagaimana cara menjaga tubuh’.

Food Combining sebenarnya pola makan, namun Pak Erik pribadi lebih suka menyebutnya sebagai sebuah seni makan.

Jadi food combining adala pola makan yang mempelajari seni tentang makanan.

Bagaimana cara mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan cara kerja sistem cerna kita, kemudian konteksnya memberikan tubuh apa yang dia butuhkan. Kembali lagi connect keduanya antara bagaimana cara kerja sistem pencernaan tubuh manusia dan kemudian bagaimana kita memberikan apa yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Itu saja.

Pola Makan Food Combining

Bahas Food Combining bersama Erikar Lebang

Terkenal dengan hanya memakan buah pada pagi hari. “Dengan mengkonsumsi buah-buahan di pagi hari, kita meringankan beban tubuh”Ujar Pak Erik.

Menurut pendapatnya pencernaan memang tidak selalu siap untuk konsumsi makanan berat pada pagi hari. Seperti bubur, nasi, dan lain sebagainya.

Untuk itu kita perlu mencoba mengkonsumsi makanan sehat sesuai kemampuan lambung untuk mengurangi efek buruknya. Secara drastis makanan-makanan berat untuk sarapan.

Sering kali apa yang kita kira dibutuhkan oleh tubuh, sebenarnya tidak bekerja untuk kesehatan. Karena ketika waktunya dikoneksikan bukannya menghasilkan kesehatan malah menimbulkan penyakit. Inilah yang kita pelajari atau dalami dalam seni tersebut.

Kalau foodc ombining harusnya lebih fokus tentang bagaimana sebenernya menjalankan hal tersebut ya. Seni memberikan apa yang tubuh butuhkan. Food combining identik dikenal orang tidak mengkonsumsi karbohidrat seperti kentang, nasi, roti-rotian tidak dikombinasikan dengan protein hewani. Itu konsep utamanya.

Namun saat ini food combining bergerak kesisi yang lebih detail, lebih mengarahkan kita untuk mengkonsumsi makanan yang punya kekuatan hidup. Seperti apa makanan yang masih memiliki energi dimana dia beri hidup tersebut mayoritas yang dimakan pelaku FC.

Pola makan yang bergerak ke buah-buahan bisa dibilang baik sekali dengan konsumsi teratur. Selain yang memisahkan karbohidrat dan protein hewani, Pelaku FC identik dengan mengkonsumsi banyak sayuran segar organik.

Artikel Terkait:
6 Makanan bagi Penderita Diabetes
8 Makanan untuk Sakit Maag & Minuman Anti Asam Lambung
Beyond Diet: Apa dan Pengaruhnya bagi Weight Loss

Kopi dan Teh, perlu di kurangi

Bahas Food Combining bersama Erikar Lebang

Sebenarnya mengurangi kopi, teh dan susu itu alasanannya adalah tidak sesuai dengan konsep sehat masing-masing. Kalau kita bicara rasio antara manfaat dan mudharat yang lebih besar. Kita harus beda budaya kuliner dan sesuatu yang membuat kita sehat atau tidak. 

Konteksnya berbeda kalau kopi, teh, dan susu disebut sebagai budaya kuliner.

Jauh sesekali rekreasional untuk mengkonsumsi semua itu dalam artian untuk kesehatan, bahkan untuk sehari-hari kita konsumsi minuman tersebut yang bersifat diuretik, membuang cairan tubuh.

Rasionya valensinya yang paling umum dan sederhana, meminum 1 Gelas Teh itu sama dengan kita kehilangan cairan tubuh tiga kali gelas yang seukuran sama.

Suatu saat tubuhnya mengalami masalah, paling simpel sel akan kekurangan cairan kalau kita secara rutin, secara konsisten, akumulasi akumulatif bertahun-tahun terus meminum teh, kopi dan susu.  

Menerapkan Ritme Sikardian

8 jam awal fokus tubuh menutrisi dengan konsumsi yang ringan seperti buah-buahan. Dari 8 jam-an, dimulai dari jam 12 siang sampai jam 8 malam adalah momen dimana tubuh mengkonsumsi apapun. Cocok untuk makanan berat.

Dari jam 8 malam sampai jam 4 pagi apa yang dimakan itu sistem cerna yang bekerja dengan model yang berbeda. Modelnya adalah menyerap apa yang dimakan dari jam 4 pagi sampai 12 malam kodenya berubah menjadi ‘pembuang’ atau dalam mode detoks. Limbah dari apa yang diproses oleh tubuh dari jam 8 siang sampai jam 12 siang sampai jam 8 malam.

Konsep puasa yang lagi tren saat ini protein hewani yang terpisah dengan jarak yang tidak cukup jauh.

Jaraknya hanya 30 menit atau satu jam lalu kita sudah makan yang berbeda. Padahal protein hewani itu perlu dipastikan jaraknya dengan karbohidrat.

Harus dipastikan punya jarak yang signifikan terutama kalau dibalik protein hewani itu banyak dan konsumsinya malah perlu lebih jauh lagi jaraknya jika kita makan nasi atau makanan-makanan balado  seperti sayur terong balado, pati dari perkedel dan lain sebagainya.

Pembakaran protein hewani minimal 2-5 jam lalu karbohidrat berpati.

Ini juga berarti kita harus tahu dulu makanan yang kita konsumsi ini bagaimana cara mencernanya. Apakah tubuh gampang menerimanya atau sulit.

Apakah ini cocok dengan sistem kerja lambung, usus besar, usus kecil dan lainnya. Makanya jangan terlalu sering memakan makanan instan kalau mau sehat.

Contoh kehidupan sosial dan memasukkan segala jenis sosial media tanpa batasan. Itu kan kurang baik. 

Sebagai salah satu konsep yang paling umum adalah saat kita memakan protein hewani harus kita konsumsi dengan sayuran segar. 

Makan daging harus pakai sayur. Ada benang merah dari seluruh konsep pola hidup sehat. Kalau pola makan sehat itu ‘berdarah sehat’ bukan hanya sekedar untuk berat badan atau tujuan lain diluar kesehatan jangka panjang.

Benang merah yang dimaksud adalah kondisi objektif ideal PH darah kita 7,35.

Kali-kali juga Pak Erik sudah mengatakan dan banyak bicara dengan bahasa yang sederhana  bahwa mayoritas adalah makanan yang bukan asam pengaruhnya memciptakan air ber-ph tinggi.

Jadi intinya meminum dan memakan apapun tetapi hanya untuk have fun tanpa tahu kalau mudharatnya lebih besar tentu saja tidak baik. Sama aja bohong, itu melambatkan kerja sistem cerna kalau kita makan kita terlambat yang sulit dicerna apa yang dimakan.

Artikel Terkait:
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
Jahe Ternyata Bisa Membantu Weight Loss, lho!
9 Cara Mudah Mulai Clean Eating demi Hasil Terbaik

Kembali Kepada Alasan Membutuhkan Makanan Sehat

Bahas Food Combining bersama Erikar Lebang

Mengurangi makanan yang diproses adalah cara kita merutinkan pola hidup sehat. Mereka yang ingin hidup sehat digolongkan berdasarkan reason why memulai FC. 

  • Alasan estrenal, dari dorongan lingkungan
  • Alasan internal, dari dorongan keinginan diri sendiri

Misalnya jelas berbeda prinsip dasarnya. Kalau pendapat Pak Erik sendiri Food Combining jelas saja lebih baik dari orang yang rutin mengkonsumsi obat-obatan. Jauh lebih berkualitas hidupnya. Ia juga meyakini mereka yang sudah mencoba menjadi praktisi Food Combining pasti merasakan manfaat serupa.

Artikel Terkait:
7 Manfaat Unik Buah dan Sayuran untuk Sehat Luar Dalam
Tips Diet Alami dan Cepat dengan Buah dan Sayuran

Cara mengetahui pH tubuh kita normal

Mengutip pertanyaan dari Sahabat Sehat Wijayanti 9779 “Gimana cara mengetahui pH kita normal?” Jawaban Pak Erik sungguh singkat. Kalau kita hidup normal, kita hidup sehat nggak sakit-sakitan. Sederhana.

Cairan tubuh sendiri sebenarnya berbeda-beda, air liur dengan PH cairan vagina, cairan lambung dll.

Kita hanya perlu fokus bagaimana bagusnya, kapan mengkonsumsi, dan seberapa sering memilih jenis makanan sesuai kebutuhan tubuh.

Misal mengkonsumsi jus buah yang tidak ditambahkan gula air dan bahan tambahan lainnya. Seperti Cold-Pressed Juice. Itu sehat sekali dan dianjurkan pagi hari.

Konsumsi Cold-Pressed Juice sebenarnya bukan masalah ‘jus buah’ namun tetap harus mengacu kepada aturan konsumsi buah tidak berdekatan dengan makanan lain tidak tidak tidak bersinggungan dengan makanan lain prinsip dasar apakah itu diperbolehkan dalam hari itu. 

Harus jelas dulu konsep-konsep dasar bagaimana sebenarnya ketika tidur tubuh akan bekerja keras untuk mendetoksifikasi. Apapun masalahnya hidup kita, sehari-hari tidur kemaleman ada merokok, teh, kopi, dan rutin minum susu membuat program detoksifikasi menjadi beban kerja terutama.

“Oleh karena itu, penting untuk menerapkan hidup sehat. Sebagai gift dan penghargaan untuk diri sendiri. Berikan tubuh nutrisi terbaik untuk mendetoksifikasi racun-racun berbahaya bagi tubuh” Tutur Pak Erik mengakhiri percakapannya bersama Kami, IT’s Buah.

Bagaimana Sahabat Sehat? Tertarik untuk menerapkan pola makan Food Combining?

Artikel Terkait:
3 Komponen Pola Hidup Sehat untuk Bugar Seumur Hidup
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu

Konsultasi Detoks


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *