Kupas Tuntas Food Combining Bersama Erikar Lebang

Salah satu jenis diet yang cukup banyak peminatnya di Indonesia adalah Food Combining, yang kebetulan sekali dipopulerkan oleh Mas Erikar Lebang yang akan menjadi pembicara di IG Live Session minggu depan. Apa sih yang membedakan Food Combining dengan jenis diet lainnya?

Food Combining, Alkaline Diet dan Hay Diet.

Istilah Food Combining diperkenalkan oleh seorang dokter bernama William Howard Hay pada tahun 1920an. Makanya di Amerika diet ini lebih populer dengan nama Hay Diet.

Secara sederhana, Food Combining adalah diet yang mengkombinasikan makanan sesuai dengan kapasitas tubuh manusia, dan mengatur makanan sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh.

Jadi sebelum anda memikirkan makanan apa yang mau dikonsumsi, anda perlu memahami dulu cara dan ritme kerja tubuh manusia dulu.

Tubuh Sehat Apabila Darah Berada Di Level pH Normal (Alkaline)

Salah satu tandanya tubuh sehat adalah darah yang berada di level normal, yaitu pH 7.35 – 7.45, yang secara otomatis diatur oleh sebuah sistem yang menjaga keseimbangan di dalam tubuh dengan mekanisme yang bernama Homeostasis. Selain mengatur kadar pH darah, homeostasis juga mengatur suhu tubuh, reaksi kimia, oksigen dan juga keseimbangan cairan di tubuh.

Oleh karena itu, apabila anda kebanyakan minum, tidak lama kemudian tubuh akan mengeluarkan cairan berupa urin. Begitu juga apabila anda berada di tempat yang panas, maka tubuh akan berusaha mendinginkan dengan mengeluarkan keringat.

Begitu juga kalau level pH di dalam tubuh anda terlalu rendah (acidosis) karena makan sembarangan. Hal ini bisa merusak keseimbangan tubuh sehingga anda jadi lebih gampang sakit, lelah dan stress.

Loading...

Untuk membantu tubuh supaya tetap berada di level pH yang normal, maka anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang ber-pH tinggi (alkaline). Oleh karena itu, Food Combining membagi makanan menjadi tiga kategori;

  1. Makanan Asam (Acid), yaitu makanan yang ber-pH rendah (0-7) yang kebanyakan terdiri dari protein hewani seperti daging, susu, keju, mentega, ikan dan juga minuman beralkohol, kafein maupun gula. Beberapa jenis jeruk juga mengandung pH rendah sehingga rasanya juga asam.
  2. Makanan Basa (Alkaline), yaitu makanan ber-pH tinggi (8-14) yang kebanyakan terdiri dari makanan nabati seperti buah yang berserat dan sayuran hijau.
  3. Makanan Netral, yaitu makanan yang ber-pH 7 yang biasanya sumber karbohidrat tinggi seperti nasi, umbi-umbian, ketela dan kentang. Sumber karbohidrat juga dibagi menjadi 3 jenis, yaitu karbohidrat yang mengandung gula (buah), serat (sayur) dan pati (nasi & umbi).

Waktu Makan Yang Menyesuaikan Ritme Sirkadian.

Tubuh memiliki jam biologis yang dikenal dengan ritme Sirkadian. Jam biologis inilah yang mengatur kapan sebaiknya kita tidur dan kapan sebaiknya kita makan. Sebagaimana anda sebaiknya tidur di malam hari, ritme Sirkadian juga mengatur kapan anda sebaiknya makan supaya sesuai dengan ritme kerja organ pencernaan.

Organ pencernaan melewati 3 fase berbeda setiap hari. Pada pukul 4 pagi sampai jam 12 siang, tubuh berada di Fase Sekretif, yaitu membuang. Di waktu ini, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak memberatkan organ pencernaan berupa buah-buahan.

Fase berikutnya dimulai dari jam 12 siang sampai 8 malam. Di saat inilah waktu yang tepat untuk makan ‘berat’ karena memang organ pencernaan sedang aktif. Sedangkan mulai jam 8 malam sampai 4 pagi adalah waktunya organ lambung beristirahat dan menyerap nutrisi dari makanan yang tadi sudah dicerna.

Rumus Food Combining = Konsumsi Jenis Makanan Yang Sehat Di Waktu Yang Tepat.

Setelah memahami kategori makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan kapan waktu yang tepat untuk makan, barulah kita bisa memahami rumus Food Combining dengan mudah.

  1. Buah sebaiknya dimakan di pagi hari untuk membantu tubuh melakukan sekresi. Selain itu, buah juga sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan makanan ‘berat’ lainnya.
  2. Makan berat di siang sampai sore dan tidak makan ‘berat’ di atas jam 8 malam.
  3. Tidak makan protein hewani bersamaan dengan karbohidrat seperti nasi. Tapi boleh makan daging bersama sayur. Nasi juga boleh dikonsumsi berbarengan dengan sayur.
  4. Tidak makan protein hewain yang berbeda bersamaan. Seperti telur dan daging, atau ikan dan ayam.
  5. Perbanyak makan sayuran hijau. Gunakan pola gizi seimbang yang menyarankan untuk setengah porsi makanan kita berupa sayuran.

Manfaat Food Combining Menurut Ahlinya.

Pelaku diet Food Combing, Erikar Lebang menyatakan bahwa tubuhnya terasa lebih sehat setelah menjalaninya selama lebih dari 20 tahun.

“Berkat food combining saya merasakan tubuh saya lebih fit, bugar dan lebih sehat,” ujar Erikar.

Erikar mengenal food combining berawal dari rasa lelahnya mengkonsumsi obat dari dokter dikarenakan penyakit lambung yang dimilikinya sejak usia 10 tahun dan divonis oleh dokter tidak akan pernah sembuh.


Erikar meyakini dengan banyaknya obat-obatan yang masuk selama ini bisa merusak kesehatan dan skeptis dengan pengobatan alternatif.

Hal ini dikarenakan Erikar lahir dan tumbuh besar di keluarga dokter.

Saat itu seorang teman Erikar memperkenalkannya pada buku Fit for Life oleh Harvey Diamond dan dalam buku itu membuat Erikar menyadari adanya sisi-sisi yang tidak tersentuh oleh ilmu kedokteran, yaitu ilmu tentang makanan sehat dan merubah cara makan agar sehat.

“Dari buku itu saya mengetahui bahwa kesehatan manusia itu basisnya dari makanan, apa yang kita makan dan apa yang kita minum,” ujar Erikar.

“Menjalankan food combining itu sangatlah mudah dan menyenangkan. Yang dilakukan adalah mengubah cara makan, bisa makan sampai kenyang dan yang dimakan tidak khusus hanya menu sehari-hari. Hanya mengeliminasi teh, kopi, soda dan susu,” ujar Erikar menerangkan arti food combining untuk dirinya.

Menurut Erikar, manfaat food combining bisa terasa setelah dua (2) minggu menjalankan. “Seminggu pertama menjalani food combining belum berasa di badan. Dua minggu menjalankan mulai menyadari perubahan tubuh lebih fit dibanding yang biasanya mudah lemas, mudah mengantuk, dan mudah lelah.

Menjalani food combining sampai sebulan/dua bulan pertama tidak pernah mengalami flu dan selama 3 bulan tidak mengalami sakit lambung,” ujar Erikar menceritakan pengalaman awal menjalani food combining.

IG Live Session: Kupas Tuntas Food Combining Bersama Erikar Lebang

IG Live Food Combining

Kami beruntung karena berkesempatan untuk belajar langsung tentang Food Combining dari ahlinya, Mas Erik (panggilan akrab Erikar Lebang) yang akan diadakan pada IG Live Session pada hari Kamis, 26 November 2020 besok.

Anda bisa memberikan pertanyaan langsung kepada Mas Erik tentang semua hal yang masih membuat anda penasaran berkaitan dengan Food Combining. Bahkan anda bisa minta mendapatkan paket Immune Booster GRATIS apabila pertanyaan anda terpilih menjadi pertanyaan terbaik nanti.

Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan rekaman materi IG Live Session ini bila mendaftarkan diri di form di bawah ini:

Loading...

Ikuti dan dapatkan 1 Paket Cold Pressed Juice GRATIS dari IT's Buah untuk pertanyaan terbaik yang terpilih oleh nara sumber.

Business Insider Ltd.
21st Street, New York City
United States of America
(000) 222 555 6688

© 2018 The Landing Factory

Subscribe to our newsletter and get insider news from business world!