Gaya Hidup Masa Kini yang Wajib Anda Coba

Gaya Hidup Masa Kini yang Wajib Anda Coba

Beri tahu teman-teman Anda

Berdasarakan dari organisasi kesehatan dunia (WHO), pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor utama dari risiko kesehatan global.

Seiring dengan meningkatnya produksi makanan olahan, meledaknya urbanisasi dan gaya hidup tak sehat membuat Anda rentan terserang berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes hingga kanker.

Dengan segera memulai gaya hidup sehat bisa menjauhkan Anda dari risiko-risiko kesehatan tersebut.

Gaya hidup sehat merupakan sebuah komitmen jangka panjang dengan manfaat kesehatan yang menyeluruh bagi tubuh dan kehidupan Anda untuk waktu yang luma pula.

Meningkatnya kesehatan tubuh, mental dan emosional akan turut serta meningkatkan kualitas hidup Anda, yang akan berdampak pada pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar Anda juga.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehattidak bisa sembarangan dilakukan. Perludisesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, hingga kebiasaan makan sehari-hari.

Hasilnya pun juga akan bervariasi dari masing-masing individu. Anda tidak bisa menjalankan atau mengharapkan hasil perubahan gaya hidup yang sama dengan seseorang dengan kondisi tubuh atau kesehatannya berbeda dengan Anda, misalnya mengikuti sahabat maupun selebriti idola.

Berikut ini ada beberapa cara ampuh bagi Anda yang ingin memulai gaya hidup sehat sekarang juga.

1. Mengenali kondisi kesehatan tubuh

Mengenali kondisi kesehatan tubuh bisa Anda mulai dengan melakukan pemeriksaan medis (medical check up) yang mungkin belum pernah atau jarang sekali Anda lakukan.

Segera datang ke klinik atau buat janji dengan dokter untuk mengetahuihasil medical check up apakah terdapat kelainan atau tidak dan mungkin perlu dilakukan vaksinasi.

Ketahui juga indeks massa tubuh (IMT) dan ukuran lingkar pinggang Anda untuk mengecek apakah terdapat faktor risiko penyakit, seperti obesitas. Anda bisa melakukan ini bersamaan dengan pemeriksaan rutin.

Diskusikanlah dengan dokter mengenai jenis aktivitas maupun pola makan yang dianjurkan bagi kondisi Anda.

Tingkataktivitas fisik juga perlu Anda ketahui, misalnya berapa banyak aktivitas yang dilakukan dalam seminggu dan seperti apa intensitasnya. Dengan mengetahui kondisi fisik dan kesehatan tubuh Anda. Anda bisa mulai menentukan langkah selanjutnya dari perubahan gaya hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Memperbaiki pola makan dan menghentikan kebiasaan buruk

Mulai dari sekarang Anda bisa mulai membuat catatan harian berisi daftar makanan apa saja yang harus dan dihindari untuk dikonsumsi setiap harinya.

Buatlah sebuah catatan tanpa perlu memiliki penilaian apa pun. Hal ini berguna untuk mengetahui apa saja yang perlu diubah dari pola makan Anda selama ini. Anda tidak bisa beralih ke gaya hidup sehat jika tidak tahu apa saja kebiasaan lama yang perlu dihilangkan atau dipertahankan. Anda bisa berdiskusi bersama dokter maupun seorang ahli gizi mengenai jenis, jumlah asupan makanan, dan tips pola makan yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Memperbanyak aktivitas fisik dan mengelola stress

Pada orang dewasa dianjurkan untuk menyisihkan setidaknya dua setengah jam per minggu untuk melakukan aktivitas aerobik (misalnya berjalan dan berlari) dengan intensitas sedang maupun intensitas tinggi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa menambahkan aktivitas penguatan otot, seperti push-up dan sit-up.

Untuk menjaga aktivitas ini agar lebih konsisten, Anda bisa mulai membuat kalendar aktivitas fisik dan target mingguan yang fleksibel, realistis, dan menyenangkan sesuai kebutuhan.

Menjaga kesehatan mental juga termasuk ke dalam salah satu gaya hidup sehat. Anda bisa menyisipkan aktivitas seperti yoga dan meditasi untuk mengelola stres.

Tentukan pula cara atau aktivitas seperti apa yang akan Anda lakukan ketika stres dan emosi menyerang, misalnya dengan berlari naik-turun tangga atau berdiam diri sejenak di dalam toilet untuk kembali fokus.

Melatih pernapasan juga bisa Anda lakukan, tidak hanya bermanfaat untuk mengingatkan Anda agar selalu bersyukur namun juga mengevaluasi ulang perspektif dan keputusan yang perlu diambil dikemudian hari.

Bersyukur dengan mengingat hal-hal positif yang terjadi dalam hidup dan Anda akan menyadari betapa banyaknya hal yang sudah Anda capai atau miliki hingga detik ini.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Memperbaiki kualitas tidur itu sangat penting karena merupakan salah satu ciri gaya hidup sehat. Salah satu cara agar kualitas tidur tetap baik yakni dengan mematikan gawai, komputer maupun televisi Anda sesaat sebelum tidur.

Minum segelas susu hangat sebelum tidur juga bisa Anda lakukan untuk membantu tidur semakin nyenyak.

Jika Anda sering mengalami gangguan ketika tidur atau sulit untuk tidur, jangan sepelekan hal ini. Anda bisa berkonsultasi ke dokter agar masalah tidur bisa segera teratasi. Karena gangguan sulit tidur bisa terjadi karena Anda memiliki penyakit tertentu yang selama ini mungkin tidak disadari.

5. Tingkatkan hubungan sosial dengan orang di sekitar Anda

Perubahan gaya hidup bukan sekadar diet dan berolahraga saja, namun interaksi sosial dengan orang di sekitar Anda juga turut berkontribusi terhadap kesehatan mental dan emosi.

Anda tidak perlu harus menyamakan semua aspek kehidupan Anda dengan tetangga atau teman Anda, tapi Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk bersosialisasi, baik itu langsung bertatap mukamaupun secara virtual.

Meningkatkan hubungan dengan sesama akan memberikan rasa nyaman bagi masing-masing pihak, sekaligus mempererat hubungan sosial.

Namun, jika Anda merasa sulit bersosialisasi, Anda bisa mengatasi dengan mencari teman atau sahabat yang mengerti Anda, membangun sifat empati, maupun bersyukur terhadap keadaan diri sendiri

6. Mengelola lemak dalam tubuh

Jika kita berbicara mengenai lemak, maka masih banyak orang yang mempersepsikannya sebagai faktor kegemukan dan faktor risiko penyakit jantung.

Lemak merupakan sesuatu hal yang harus diperhatikan. Karenabila mengendap terlalu lama di dalam tubuh dalam jumlah yang besar, lemak dapat membuat bobot tubuh kita bertambah dan rentan terserang berbagai macam penyakit.

Lemak sebenarnya memiliki beberapa jenis dan tidak semuanya jahat (lemak jenuh) namun ada juga lemak baik. Lemak baik disebut juga lemak tidak jenuh, baik berupa lemak jenuh tunggal maupun ganda.

Lemak tidak jenuh tunggal terkandung dalam minyak zaitun, minyak kacang, canola oil, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sedangkan lemak tidak jenuh ganda bisa diperoleh dari minyak sayur, kedelai, kacng-kacangan hingga biji-bijian.

Lemakomega-3, salah satu jenis lemak tidak jenuh ganda yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Omega-3 terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Selain itu, lemak ini juga berfungsi melawan detak jantung yang tidak normal serta membantu menurunkan tekanan darah. Asam lemak omega-3 bisa diperoleh dari ikan salmon dan makarel, biji rami, minyak rami, dan kenari.

Lemak jenuh dan lemak trans merupakan jenis lemak jahat atau kurang sehat. Lemak ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, dengan cara meningkatkan kadar kolesterol.

Lemak jenuh dapat kita temui pada minyak kelapa dan produk-produk hewan (daging, unggas, seafood, telur, produk-produk susu, serta mentega). Lemak trans terdapat pada minyak sayur yang dihidrogenasi, produk-produk bakaran (crackers dan kue), serta makanan yang digoreng.

Sejatinya, lemak juga dibutuhkan oleh tubuh sebagai cadangan energi dan metabolisme tubuh.

7. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Cara ampuh menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, sangat mudah sebenarnya karena sebagai bagian dari menjalani gaya hidup sehat.

Jika berat badan Anda sudah berlebih, cobalah untuk menghindari makanan yang berkalori tinggi seperti permen, kue, biskuit, snack yang banyak micin maupun coklat.

Disarankanuntuk mengonsumsi makanan ringan seperti buah–buahan, bar sehat yang terbuat dari kedelai, yogurt (rendah lemak), sayur–sayuran dan memperbanyak konsumsi air putih.

Mengganti nasi putih dengan nasi jagung atau nasi merah juga akan sangat membantu loh.

Rajin berolahraga juga ikut membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karenaaktivitas fisik mendorong glukosa untuk diubah menjadi energi.

Jadi, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, baik dan positif memang tidak mudah, diperlukan konsistensi dalam menjalankannya dan kesabaran agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

Ketika sudah terbentuk gaya hidup yang sehat, risiko terserang berbagai jenis penyakit pun juga akan berkurang, penampilan fisik semakin baik, kesehatan mental terjada dan energi Anda tetap terjaga.

Gaya hidup sehat juga memperbesar kesempatan Anda untuk hidup lebih panjang. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan berjalan kaki minimal selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko meninggal di usia dini secara signifikan.

Jadi tunggu apa lagi? Jangan tunda terus mengubah pola hidup lama Anda ke gaya hidup sehat ya.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *