Gaya Hidup Sehat: Panduan Praktis bagi Pekerja di Masa COVID-19

Gaya Hidup Sehat: Panduan Praktis bagi Pekerja di Masa COVID-19

Beri tahu teman-teman Anda

Gaya hidup sehat tidak hanya terkait pada kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Memiliki keduanya bisa mendorong Anda untuk menjalani hidup yang lebih bahagia, jauh dari penyakit dan rasa cemas.

Panduan Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat memberikan segudang manfaat jangka panjang jika dilakukan dengan tepat

Dalam masa pandemi sepertI ini, gaya hidup sehat sebaiknya menjadi prioritas Anda dan keluarga.

Menjalani gaya hidup sehat dalam jangka panjang terbukti menjadi solusi terpercaya untuk menangkal berbagai penyakit berbahaya.

Pada dasarnya, hampir semua penyakit bisa dilawan dan disembuhkan dengan memperkuat sistem imun. Termasuk penyakit keluarga Coronavirus seperti COVID-19.

COVID-19 bukanlah fenomena biasa.

Namun dengan munculnya pandemi ini, masyarakat diharapkan semakin waspada dan awas terkait penyakit-penyakit berbahaya menular lainnya.

Membangun gaya hidup yang lebih baik dan lebih sehat mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Secara otomatis, kekebalan tubuh yang prima membuat Anda lebih kebal terhadap penyakit.

Loading...

Alasan inilah yang mendasari para pakar kesehatan dan ahli gizi untuk selalu menyarankan konsumsi makanan yang baik.

Bahkan kalau bisa, organik.

Anda bisa memulainya hari ini juga dengan menerapkan mindset positif dan perlahan-lahan modifikasi pola hidup ke arah yang lebih sehat.

IT’s Buah menyediakan panduan Mindset Sehat bagi Anda sebagai langkah awal memulai gaya hidup sehat. Silakan klik tautannya pada gambar di bawah ini.

Sebelum menjalani perubahan ke gaya hidup sehat, Anda bisa mengawali dengan memperbanyak konsumsi mineral dan vitamin.

Bukan berarti Anda harus ikut-ikutan panic consumption, misalnya dengan mengonsumsi banyak multivitamin atau memborong suplemen penunjang.

Meskipun bagi beberapa orang, mengkonsumsi multivitamin dan suplemen termasuk cara praktis untuk menjaga tubuh tetap prima, ada alternatif yang lebih baik.

Yaitu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan memperbaiki makanan yang dikonsumsi sehari-hari.


Tubuh dengan sistem imun yang buruk lebih mudah dihinggapi penyakit. Sebut saja pilek, batuk, influenza, demam, hingga penyakit berat yang diakibatkan oleh bakteri atau virus seperti COVID-19.

Sistem imun tubuh adalah pertahanan utama Anda untuk melawan bakteri dan virus negatif yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan sistem imun yang lemah, Anda akan mudah ambruk dan terkena penyakit. Secara perlahan, tubuh yang digerogoti penyakit juga akan mempengaruhi kesehatan mental.

Jika kesehatan mental Anda memburuk, kondisi tubuh pun hanya akan semakin menurun.

Artikel Terkait:
9 Cara Mudah Memulai Clean Eating
Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating di Masa Pandemi
5 Makanan Mood Booster yang Wajib Anda Tahu

Gaya Hidup Sehat dan Sistem Imun

Gaya hidup sehat termasuk salah satu cara efektif untuk meningkatkan pertahanan tubuh atau sistem imun.

Selain membantu mengaktifkan imunitas, pola hidup sehat juga merupakan solusi untuk menangkal penyakit akut maupun kronik, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Penyakit yang disebabkan virus seperti keluarga Coronavirus dapat dikalahkan dengan gaya hidup sehat.

Virus bersifat self-limiting disease sehingga tidak dapat bertahan lama di dalam tubuh yang sehat.

Biasanya, virus bertahan selama kurang lebih 2 minggu. Jika daya tahan tubuh Anda kuat, maka virus tersebut tidak akan menimbulkan gejala parah.

Tanpa Anda sadari, tubuh sudah melawan virus tersebut dan menang sehingga Anda secara otomatis mendapatkan imunitas jika terkena virus yang sama.

Meskipun demikian, imunitas yang didapatkan oleh tubuh Anda bervariasi dari jenis virus satu ke yang lain.

Misalnya saja di Eropa, virus influenza termasuk virus yang berat terutama di musim dingin yang hadir di bulan-bulan Desember.

Orang Eropa umumnya mendapatkan imunisasi flu setiap satu tahun sekali agar tidak terkena influenza.

Pemberian vaksin flu yang berulang setiap tahun membuktikan bahwa imunitas tubuh perlu diperbarui dalam setiap jangka waktu tertentu.

Dengan gaya hidup sehat, sistem imun Anda meningkat dan Anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya karena tubuh Anda dalam kondisi prima untuk melawan bakteri dan virus.

Namun, gaya hidup sehat juga menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang terbiasa tidak acuh dengan kesehatan tubuh.

Padahal, memulai gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari cukup mudah meskipun Anda bekerja 7 hingga 8 jam setiap hari.

Dengan menjaga pola makan seimbang, Anda sudah berprogres menuju gaya hidup sehat.

Apa itu Pola Makan Seimbang?

Pola makan seimbang adalah metode pengaturan jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Agar bisa dikatakan seimbang, pola makan Anda harus terdiri dari enam zat yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Dalam pola makan tersebut, Anda disarankan memiliki asupan gizi cukup yang terdapat dalam makanan pokok, dilengkapi dengan lauk hewani, lauk nabati, sayur, dan buah.

Pola makan erat kaitannya dengan kesehatan emosi. Penelitian di Amerika menyebutkan bahwa makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi kesehatan mental.

Untuk menjaga kesehatan psikis, Anda sebaiknya menjauhkan diri dari stres, pengaruh negatif, pikiran buruk, dan asumsi negatif.

Anda tentunya lebih tahu hal-hal seperti apa yang bisa membuat Anda merasa kesal, lelah secara psikis, dan membuat Anda lebih mudah naik darah atau kecewa.

Hindari hal-hal tersebut dengan melakukan hal yang membuat Anda senang dan bisa kembali fokus pada hal-hal positif.

Kepanikan dan kecemasan akibat COVID-19 juga termasuk dalam pikiran negatif dan kacau yang bisa mempengaruhi tingkah laku dan kesehatan Anda secara umum.

World Health Organization atau WHO menerbitkan standar kesehatan yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan kualitas hidup.

Sehat Menurut WHO

Dikutip melalui situs WHO, sehat memiliki makna yang cukup luas.

Dalam merumuskan definisi sehat, WHO menggunakan 3 aspek spesifik, yakni fisik, psikis dan sosial.

Secara singkat, sehat dimaknai sebagai kondisi ketika seseorang merasa sejahtera, baik secara fisik, mental, maupun sosial.

Ini artinya, sehat tidak hanya diartikan sebagai kondisi bugar atau terbebas dari gangguan kesehatan saja.

Lebih dari itu, sehat adalah kondisi dimana kita merasa makmur atau sentosa, sehingga kita dapat beraktivitas dengan lancar tanpa kendala apapun.

Artikel Terkait:
3 Komponen Pola Hidup Sehat untuk Bugar Seumur Hidup
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu

Apa Arti Gaya Hidup?

Pada prinsipnya, gaya hidup adalah cara seseorang dalam menjalani kehidupannya. Ini adalah ekspresi yang ditunjukkan melalui aktivitas, minat, dan opini.

Selanjutnya, gaya hidup juga diartikan sebagai cerminan perilaku seseorang dalam mengalokasikan waktu, mengelola harta serta menjaga pola konsumsi sehari-hari. J

adi, gaya hidup bukanlah soal kelas sosial dan kemewahan, melainkan cara hidup manusia.

Sutisna menjabarkan pengertian gaya hidup yang lebih luwes. Menurutnya, gaya hidup sama saja dengan keseharian seseorang seperti interest (minat), pekerjaan hingga cara belanja.

Apa Itu Gaya Hidup Sehat?

Gaya hidup diartikan sebagai cara hidup yang melibatkan pola makan, pikiran, dan kebiasaan yang mementingkan berbagai aspek kesehatan.

Disebut gaya hidup sehat, apabila Anda rajin berolahraga, cukup istirahat, menerapkan pola makan dengan gizi seimbang, serta merasa bahagia lahir dan batin.

Tubuh kita bukanlah mesin yang bisa bekerja optimal setiap waktu. Manakala tubuh kekurangan asupan gizi seimbang, maka fungsinya akan menurun secara bertahap. Namun,  resiko ini dapat diminimalisasi lewat pengamalan pola hidup sehat.

Melalui cara ini, Anda diharapkan memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan penyakit.

Realisasi gaya hidup sehat sering disalahpahami sebagai upaya diet. Padahal,  keduanya tidaklah sama dan memiliki tujuan yang berbeda.

Naik turunnya berat badan memang dipengaruhi oleh gaya hidup. Bagi orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, penurunan berat badan yang dialami merupakan bonus dari gaya hidup yang dijalani.

Sementara bagi orang yang mengalami anoreksia dan kekurangan gizi, gaya hidup sehat bisa meningkatkan indeks massa tubuh dan menambah berat badan.

Dari sini, Anda bisa melihat bahwa gaya hidup sehat tidak selalu berkaitan dengan penurunan berat badan.

Gaya hidup sehat adalah memperbaiki kebiasaan hidup Anda agar tubuh, pikiran, dan mental Anda menjadi lebih prima, tahan penyakit, hingga mampu menjalani hidup dengan lebih baik.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat diartikan sebagai kebiasaan hidup yang bersifat detrimental terhadap kesehatan.

Termasuk didalamnya melewatkan sarapan, terlalu banyak makan atau minum, serta menonton TV untuk durasi waktu yang lama.

Wah, pernahkah Anda melakukannya?

Berbeda dari gaya hidup sehat, pola hidup satu ini justru mengundang penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif adalah penyakit hasil dari kemunduran struktur dan fungsi tubuh. Biasanya, penyakit ini bersifat terus menerus dan akan terus memburuk seiring waktu..

Apa Saja Manfaat Gaya Hidup Sehat?

Olahraga Teratur untuk Menunjang Gaya Hidup Sehat
Olahraga teratur mampu mendorong tubuh dan otak untuk memproduksi hormon bahagia dan menjauhkan Anda dari depresi

Hidup sehat kini menjadi hal yang penting untuk diterapkan oleh berbagai kalangan usia. Selain menjadi bagian dari trend, gaya hidup sehat juga memberikan banyak manfaat. Berikut diantaranya:

Artikel Terkait:
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
Jahe Ternyata Bisa Membantu Weight Loss, lho!
Beyond Diet: Pengaruhnya bagi Weight Loss

#1. Berat Badan Ideal

Dilansir dari American Dietetic Association (ADA), seseorang yang menerapkan pola hidup sehat cenderung memiliki bobot tubuh yang lebih ideal.

Ini disebabkan oleh healthy lifestyle yang mengatur pola konsumsi. Termasuk di dalamnya apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan..

Biasanya, gaya hidup sehat berkutat pada pola makan bergizi seimbang. Sehingga Anda akan diminta untuk mengurangi makanan olahan yang identik dengan nutrisi rendah.

Anda juga didorong untuk memperbanyak konsumsi makanan segar, seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan kacang-kacangan.

Gaya hidup sehat juga identik dengan mengonsumsi bahan makanan organik, bio, dan non-GMO atau tanaman tanpa modifikasi genetik.

Mengkonsumsi makanan bio organik sudah lebih dulu menjadi tren yang digemari di Eropa. Kebanyakan masyarakat di Uni Eropa mengedepankan konsumsi sayur dan buah.

Salah satu cara yang digemari dan kini tengah populer adalah mengonsumsi cold-pressed juice yang terbuat dari bahan alami organik.

Dengan meningkatnya gaya hidup bio dan vegan, sayuran dan buah-buah menjadi primadona di Eropa.

Ini menyebabkan konsumsi buah dan sayur organik meningkat hingga banyak negara yang mengimpor buah dan sayur bio organik dari Amerika Latin dan Asia.

Selain apa yang Anda makanan, gaya hidup sehat juga mengatur soal porsi makan. Meksi tidak seketat diet, namun kebiasaan makan dalam pola ini cukup tertib.

Ini ditujukan untuk membatasi kalori yang masuk ke tubuh agar kinerja organ dalam tubuh lebih ringan. Hasil akhirnya, tubuh menjadi ringan dan enteng.

#2. Gaya Hidup Sehat Bermanfaat untuk Memperbaiki Mood

Manfaat kedua dari menjalani hidup sehat adalah membantu memperbaiki suasana hati (mood).

Hasil studi yang dirilis dalam situs American Journal of Health Behavior menyatakan bahwa gaya hidup sehat bisa membantu mengurangi tingkat depresi.

Gaya hidup sehat menggabungkan antara kontrol makan secara sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

Olahraga secara teratur membantu produksi kimia dalam otak yang memicu rasa senang, bahagia, dan kepuasan sehingga depresi dapat ditekan.

Tak heran bahwa gaya hidup sehat dapat menunjang proses berpikir otak dan menyehatkan tubuh.

Cara ini mendukung kesehatan sesuai dengan definisi World Health Organization. Jadi, Anda tidak hanya sehat secara fisik, namun juga secara mental dan sosial.

#3. Mencegah Penyakit Berbahaya

Hidup sehat yang dijalani secara baik dan benar mampu memberi dampak yang baik bagi sistem imun. Dengan demikian, Anda menjadi lebih kuat saat melawan penyakit.

Dalam situs Mayo Clinic dijelaskan bahwa konsumsi makan yang tepat akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan maksimal.

Ketika tubuh menerima asupan asupan gizi secara merata, maka setiap dapat bekerja dengan baik. Hasilnya, tubuh menjadi lebih bugar dan tidak mudah terjangkit penyakit.

#4. Pola Hidup Sehat Meningkatkan Energi

Hidup sehat juga bisa meningkatkan stamina tubuh melalui pola makan yang seimbang. Jika diimbangi dengan olahraga teratur, maka hal tersebut juga akan membantu peningkatan produksi energi yang ada di dalam tubuh.

Cara lain meningkatkan energi adalah dengan tidak mengabaikan kualitas tidur.

Dilihat dari banyak sisi kesehatan tidur memiliki peranan vital untuk menjaga otak dan organ tubuh tetap berfungsi dengan semestinya.

Kurang atau terlalu banyak tidur juga mampu menurunkan energi hingga menyebabkan rasa malas yang berujung pada permasalahan mental seperti depresi, anxiety, dan rasa takut.

Tak heran jika kualitas tidur yang baik juga menentukan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan..

Ketika kebutuhan tidur tercukupi, tubuh Anda akan memiliki tingkat energi yang stabil hingga Anda lebih mudah mengatur jadwal dalam sehari.

Bayangkan jika level energi Anda naik turun, lalu Anda merencanakan banyak hal di hari yang tidak tepat.

Tidak diragukan lagi bahwa rencana Anda hari itu akan kacau balau karena level energi yang rendah.

Gaya hidup sehat bermanfaat untuk menjaga stabilitas energi tubuh dan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda dan relasi sosial.

Tubuh memperoleh pasokan energi yang cukup untuk melangsungkan berbagai kegiatan Anda di dalam atau di luar rumah..

#5. Gaya Hidup Sehat Meningkatkan Harapan Hidup

Pola hidup sehat merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi resiko penyakit dan Anda dituntut untuk memiliki tubuh prima agar mampu hidup lebih lama.

Setidaknya, Anda memiliki harapan hidup lebih tinggi jika Anda tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, dan mengadopsi gaya hidup sehat.

Ditinjau dari kesehatan, orang dengan gaya hidup serampangan memiliki usia harapan hidup yang lebih rendah.

Memang, kematian adalah takdir dan tidak ada yang bisa Anda atau saya lakukan untuk menghindari kematian.

Namun, Anda dan saya dituntut setidaknya untuk memiliki kualitas dan harapan hidup tinggi agar mampu memperoleh banyak hal dan bermanfaat bagi orang lain.

Nah, untuk meningkatkan harapan hidup, Anda bisa mulai dari kebiasaan kecil seperti jalan kaki 30 menit setiap hari.

Kegiatan ini dapat mempercepat proses regenerasi sel. Bila dilakukan secara rutin, maka mampu memberikan efek psikis yang lebih baik seperti stabilitas emosi, rasa nyaman, tenang, hingga mampu berpikir jernih..

Kebiasaan seperti ini juga sangat mendukung metabolisme tubuh sehingga Anda merasa lebih berenergi, tidak lesu, dan lebih kuat melawan infeksi.

#6. Gaya Hidup Sehat Jadikan Penampilan Lebih Menarik

Bagaimana orang lain terlihat lebih menarik padahal mereka tidak menjalani perawatan spesial?

Bagaimana bisa orang-orang di luar sana tetap terlihat lesu dan tak bergairah padahal sudah menggunakan berbagai lapis make-up?

Jawabannya adalah gaya hidup.

Ketika Anda merasa bahagia, puas dengan pencapaian Anda, dan memiliki energi lebih, Anda menularkan kebahagiaan dan emosi positif ke sekeliling Anda.

Inilah yang membuat sebagian orang terlihat lebih menarik baik ketika orang tersebut berinteraksi dengan orang lain atau ketika sendirian.

Ketika Anda stress, sedih, atau tengah sakit, Anda akan nampak pucat dan lesu. Penampilan ini tidak bisa ditutupi dengan make-up setebal apapun karena orang-orang di sekitar Anda akan tetap menyadari bahwa Anda tidak dalam kondisi prima.

Ini adalah bukti bahwa Kondisi kesehatan yang buruk dapat mempengaruhi tampilan fisik Anda.

Gaya hidup sehat adalah solusi jangka panjang terbaik yang bisa ditawarkan oleh pakar kecantikan, dokter kulit, dan ahli gizi manapun yang Anda temui.

Psikis yang bahagia, didukung dengan fisik yang prima, Anda bisa dengan mudah meningkatkan kepercayaan diri.

Tak hanya memancarkan kecantikan alami, pola hidup sehat juga membawa pengaruh baik bagi kinerja otak. Ini juga berujung pada kesehatan mental dan sosial.

Artikel Terkait:
Dietary Adherence: Seberapa Penting Menjaga Hasil Setelah Sukses Diet?
Jadwal Pola Hidup Sehat: 30 Hari Menuju Tubuh Idaman Sehat Anda

Panduan Mengadopsi Gaya Hidup Sehat yang Efektif

Berjalan-jalan di Hutan Meningkatkan Sistem Imun
Mengadopsi gaya hidup sehat menyokong kesehatan tubuh Anda agar hidup lebih lama dan lebih berkualitas

Anda yang sibuk bekerja biasanya sulit mengalokasikan waktu untuk menerapkan hidup sehat. Sebab, Anda mungkin tidak punya cukup waktu untuk mengontrol pola konsumsi, berolahraga, dan merelaksasi pikiran.

Bagi Anda yang bekerja penuh waktu sebagai ibu rumah tangga juga tentunya memiliki tantangan tersendiri dalam menjalankan gaya hidup sehat.

Apalagi, Anda sudah dipusingkan dengan urusan buah hati dan rumah. Alhasil, hidup sehat bukan lagi menjadi prioritas, melainkan kebutuhan opsional saja.

Tapi, bukan berarti Anda harus menyerah.

Justru, tak ada salahnya mencoba dari sekarang. Berikut kami bagikan cara menjalani hidup sehat yang efektif bagi Anda yang super sibuk.

#1. Minum Air Putih Setiap Hari

Tahukah Anda bahwa minum air putih dapat membantu menyehatkan badan?

Tidak diragukan lagi, air putih memang esensial bagi kesehatan. Sebab, air memainkan peran penting dalam mengatur fungsi-fungsi tubuh.

Kekurangan cairan atau dehidrasi adalah kondisi serius dimana Anda harus dirawat di rumah sakit agar tidak berakibat fatal.

Oleh karena itu, Anda diharapkan mampu memenuhi kebutuhan minimal 2 liter per hari untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

Konsumsi air putih ini juga termasuk kebiasaan yang diatur dalam hidup sehat.

Anda disarankan untuk mengonsumsi sebanyak satu gelas air mineral setiap jam.

Memang, aktivitas padat, sibuk, dan ruangan ber-Ac membuat Anda mudah lupa untuk minum air.

Untuk mempermudah dan menjaga asupan cairan, Anda sebaiknya menyiapkan segelas air putih di meja kerja.

Ketika bepergian, bawalah sebotol air mineral agar Anda tidak lupa minum.

#2. Mengonsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Mulailah mengkonsumsi makanan yang bergizi dan alami. Kurangi makanan olahan (processed  foods).

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur mampu mencukupi asupan vitamin dan mineral tubuh serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jika ingin ngemil, Anda bisa memilih camilan yang sehat, seperti roti gandum, yoghurt, oatmeal, telur dan lain sebagainya.

Cukupkan asupan vitamin dan mineral sesuai kebutuhan harian, agar tubuh Anda mendapat nutrisi yang tepat dalam jumlah memadai.

#3. Berolahraga Sebelum Tidur

Memang ada beberapa pakar yang kurang sepakat dengan kebiasaan olahraga sebelum tidur.

Pasalnya, gerakan badan dapat meningkatkan detak jantung sehingga membuat Anda sulit untuk beristirahat.

Lalu, bagaimana cara berolahraga yang baik dan benar?

Melansir dari Healthline, waktu terbaik untuk berolahraga ialah menjelang petang, tepatnya pukul 2 siang sampai 6 sore.

Pada waktu tersebut, suhu tubuh mencapai puncaknya. Ini berarti ketika Anda berolahraga pada jam-jam tersebut, tubuh berada dalam kondisi tersiap.

Namun, tidak semua orang dapat meluangkan waktu pada jam tersebut.

Bagi Anda yang memiliki kendala dalam manajemen waktu, malam hari adalah waktu yang tepat untuk melatih fisik.

Tepatnya sebelum tidur, Anda bisa melakukan gerakan ringan seperti bicycle crunch, jackknife sit-up, donkey kick, dan knee lift-leg.

Anda juga bisa melakukan sit-up selama kurang lebih 15-30 detik untuk menguatkan otot perut dan panggul.

Ketika di kantor, Anda bisa memperbanyak gerakan sederhana, seperti jalan kaki dari tempat parkir menuju kantor, naik tangga, dan sebagainya.

#4. Cukupkan Waktu Istirahat

Idealnya, waktu yang dibutuhkan orang dewasa untuk istirahat ialah sekitar 7-8 jam setiap hari.

Namun, ada kalanya Anda sulit memenuhi jam tidur sebanyak itu. Alasannya bisa karena insomnia atau rutinitas yang padat.

Salah satu solusinya ialah mencari waktu istirahat di sela-sela pekerjaan.

Tak masalah jika Anda hanya tidur sebentar, yang penting kebutuhan istirahat tetap terpenuhi.

Jangan memforsir tubuh untuk bekerja.

Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat di kantor, apabila memungkinkan. Atau, Anda bisa memanfaatkan waktu akhir pekan untuk beristirahat.

Jadi, hindari begadang saat libur. Jika ingin tetap produktif, maka Anda perlu menentukan batas waktu; kapan saatnya bekerja dan beristirahat.

#5. Duduk Dengan Postur Yang Baik dan Benar

Duduklah dengan posisi yang benar saat bekerja.

Tips ini termasuk bagian penting dalam gaya hidup sehat. Biasakan untuk duduk tegak meskipun melelahkan.

Hindari duduk dengan posisi membungkuk agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Melalui cara ini, Anda bisa mempertahankan postur tubuh dan mengaktifkan sistem saraf.

Kebiasaan baik ini juga dapat membantu melancarkan pernapasan serta meminimalisir hormon stress.

#6. Mengonsumsi Cold Pressed Juice

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat dan kesibukan yang terus meningkat membuat makanan cepat saji semakin murah dan bervariasi.

Untuk menjawab tantangan ini IT’s Buah melalui misi berbagi sehat menghadirkan gaya hidup sehat dalam kemasan.

Eit’s, tidak hanya cepat, namun juga sehat dan memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan enzim lengkap yang diperlukan tubuh setiap hari untuk berfungsi maksimal.

Cold-pressed juice populer di Eropa karena mudah dibawa, praktis, dan dibuat tanpa gula tambahan.

Dengan mengikuti resep cold-pressed juice yang tepat, rasa yang dihasilkan tak kalah dari jus dengan pemanis buatan dan bahan tambahan susu dan krimer.

Cold-pressed juice IT’s Buah terbuat dari bahan-bahan alami yang didapat dari petani buah dan sayur lokal sehingga minim bahan pengawet, minim emisi pengiriman bahan baku, serta meningkatkan pemberdayaan petani lokal.

Buah-buahan sudah diketahui sebagai sumber vitamin, dan mineral.  Begitu pula dengan sayuran yang dikenal luas sebagai sumber serat dan komponen nutrisi lainnya.

Oleh karena itu, IT’s Buah memfokuskan diri untuk membuat cold-pressed juice yang terbuat dari dua bahan utama tersebut.

Terbukti, banyak konsumen yang memberikan kesaksian positif bahwa cold-pressed juice sangat baik untuk kebugaran tubuh.

Salah satu contoh cold pressed juice yang bisa Anda coba di rumah adalah kombinasi tomat dan kiwi. Jus dari dua bahan tersebut mengandung polyphenol dan lycopene.

Selain mudah didapatkan, rasa yang dihasilkan dari kedua buah tersebut sudah cukup lezat tanpa memerlukan resep dan teknis khusus dalam pengolahannya.

Di lain sisi, cold-pressed juice tomat dan kiwi juga kaya akan kandungan beta-karoten dan serat.

Mengkonsumsi jus tomat dan kiwi dalam sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A yang diperlukan mata untuk berfungsi optimal.

Kenapa Cold-pressed Juice

Cold-pressed juice memiliki kandungan nutrisi lebih banyak ketimbang jus biasa.

Meskipun keduanya sama-sama ‘jus’, namun proses pembuatannya berbeda. Untuk memproduksi cold-pressed juice, alat yang digunakan bukanlah blender, melainkan cold-pressed juicer. 

Disebut cold-pressed karena dalam proses pengolahannya tidak melibatkan pemanasan yang bisa membuat kandungan nutrisi berkurang.

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam situs Universitas Gadjah Mada. Disebutkan bahwa kandungan nutrisi cold pressed juice bisa terjaga karena prosesnya hanya melibatkan sedikit panas. Sedangkan, jus biasa diolah dengan panas yang dihasilakn dari mesin blender.

Kunci dari kesehatan cold-pressed juice adalah bahan-bahan yang harus bebas pestisida serta proses pengolahan yang harus benar-benar higienis.

Salah-salah, Anda malah membawa masuk bakteri dan virus ke dalam minuman Anda.

Karena tanpa proses pemanasan dan bebas dari pulp atau serat, tubuh Anda mendapat 100% nutrisi alami dan mampu menyerap nutrisi tersebut secara langsung karena tidak ada serat yang perlu dicerna.

Ini mempercepat proses penyerapan nutrisi, sehingga Anda mampu merasakan manfaat cold-pressed juice lebih cepat dibanding jus biasa.

8 Tips Gaya Hidup Sehat Yang Patut Ditiru

Telah dibahas sebelumnya enam cara menerapkan hidup sehat secara efektif. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mempraktekkannya?

Namun, gaya hidup sehat belum sempurna jika tidak dilengkapi dengan kiat sukses.

Mengingat dalam praktiknya hidup sehat kerap diwarnai aneka tantangan, maka diperlukan beberapa tips untuk menaklukan rintangan tersebut.

Berikut 8 tips yang bisa Anda terapkan agar berhasil hidup sehat:

Artikel Terkait:
Jadwal Pola Hidup Sehat: 30 Hari Menuju Tubuh Idaman Sehat Anda

#1. Berhenti Minum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol dapat mendatangkan beberapa dampak negatif, seperti kerusakan saraf, gangguan jantung, dan masalah pada sistem reproduksi.

Selain itu, alkohol juga dapat menurunkan kecerdasan sehingga tidak baik untuk dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Alkohol juga menjadi pemicu utama naiknya berat badan dan menyebabkan gangguan fungsi hati.

Termasuk di dalamnya efek buruk konsumsi alkohol ialah menyebabkan ketidaknyamanan dalam tubuh.

Menyetop kebiasaan mengkonsumsi alkohol adalah langkah pertama yang harus Anda ambil agar lebih mudah melangkah ke pola hidup sehat.

#2. Gunakan Masker

Belakangan ini, penggunaan masker sudah membudaya di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Meskipun efektivitasnya masih bergantung pada tingkat kerapatan bahan, namun masker tetap menyediakan proteksi yang cukup untuk mencegah penularan penyakit melalui udara.

Dalam menjalankan hidup sehat, tips ini terbilang mudah untuk dilakukan. Tetapi, ada yang perlu Anda perhatikan saat memilih masker, salah satunya jenis bahan.

Berdasarkan hasil penelitian, jenis bahan yang bagus untuk membuat masker ialah kain sutra.

Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari University of Cincinnati. Diketahui, sutra ternyata memiliki sifat anti mikroba, anti bakteri, dan anti virus yang menawarkan efek serupa dengan masker N95.

Kandungan tembaga dalam kain sutra juga ditengarai mampu mencegah masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh manusia setelah kontak.

Untuk menguji efektivitas kain sutra sebagai bahan masker, para peneliti sudah melakukan uji lab dengan beberapa masker lain.

Ternyata, masker sutra jauh lebih efektif untuk menahan kelembaban.

Antara masker kain dan sutera sama-sama menunjukkan hasil cepat terhadap penyerapan air. N

amun, karena kain sutra lebih tipis, maka bahan ini lebih cepat kering. Pengguna masker sutera juga lebih nyaman ketika bernapas.

Saat ini, manfaat masker sutra masih dikaji lebih lanjut. Sebaiknya, Anda gunakan masker N95 dulu sampai masker sutera resmi dirilis ke publik.

Masker N95 dikenal sebagai masker terbaik untuk mencegah penularan penyakit, baik melalui droplet maupun airborne (partikel kecil yang terbawa melalui udara).

#3. Rajin Cuci Tangan

Sebelum merebaknya COVID-19, cuci tangan sudah menjadi bagian penting dalam budaya hidup sehat.

Bagi Anda yang bekerja di bidang medis pasti memahami pentingnya cuci tangan yang baik dan benar.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan cuci tangan dengan 6 langkah berikut.

Pertama, teteskan sabun cair ke permukaan telapak tangan.

Kedua, ratakan sabun hingga menjangkau semua bagian tangan. Anda bisa mulai dengan menggosok punggung tangan hingga jari jemari.

Ketiga, gosok kedua telapak tangan dan usap jari jemari, lagi.

Langkah keempat, posisikan punggung jari tangan kanan digosokkan pada telapak tangan kiri.

Kelima, gosokkan ibu jari dengan alur memutar dalam genggaman tangan.

Lalu keenam, posisikan semua ujung kuku tangan kanan pada telapak tangan kiri. Lalu, gosokkan ujung kuku dengan pola membentuk lingkaran.

Kemudian, Anda bisa membilas kedua tangan menggunakan air mengalir. Keringkan tangan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk perlahan.

Bagi beberapa orang, lengan bagian bawah juga sebaiknya dicuci bersih karena bagian lengan tersebut sering berada di atas meja dan membawa partikel bakteri atau virus tanpa disadari.

Namun, bagi Anda yang sehari-hari menggunakan lengan panjang, mencuci lengan bawah tidak perlu dilakukan.

Cukup cuci hingga sedikit di atas pergelangan tangan dengan benar.

#4. Rajin Mandi

Biasakan untuk menjaga kebersihan dengan mandi 2 kali sehari, juga setiap habis beraktivitas di luar rumah.

Mandi termasuk dalam prosedur hidup sehat, karena merupakan cara yang efektif untuk membersihkan kulit dari bakteri jahat.

Dikelompokkan berdasarkan usianya, frekuensi mandi terbagi menjadi 5 jenis.

Untuk bayi di bawah lima tahun (balita), frekuensi mandi tidak seketat orang dewasa. Malah, bayi dibebaskan dari jadwal mandi yang rutin.

Sementara untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun, sebaiknya mandi dilakukan sebanyak 1-2 kali sehari.

Kalau mereka aktif bergerak, frekuensi mandi bisa ditingkatkan. Saat memasuki masa puber, kebutuhan mandi pun akan berubah dan menjadi bervariasi.

Pada remaja, aturan mandi tak jauh berbeda dari anak-anak. Mereka disarankan untuk mandi sebanyak 2 kali sehari, bisa ditingkatkan kalau aktivitasnya cukup banyak.

Lalu untuk orang dewasa, kekerapan mandi diatur sesuai dengan kesibukan sehari-hari.

Pekerja lapangan perlu mandi lebih sering, dibandingkan mereka yang bekerja di dalam ruangan ber-AC.

#5. Bersihkan Rumah

Tips gaya hidup sehat berikutnya menuntut Anda untuk memberi perhatian lebih pada lingkungan sekitar.

Ya, salah satunya adalah rumah tinggal Anda.

Kebersihan rumah turut menentukan tingkat kesehatan Anda, apalagi kalau Anda sering menghabiskan waktu di dalamnya.

Tanpa disadari setiap hari Anda menyentuh kuman. Oleh karena itu, Anda mesti menjaga isi rumah dari kemungkinan terkontaminasi bakteri penyakit.

Menurut Profesor Azrul Azwar, mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), rumah yang layak untuk dihuni patutlah memenuhi syarat kesehatan.

Syarat kesehatan tersebut mencakup lingkungan yang bersih, bebas dari kotoran, dan memiliki ventilasi yang memadai.

Dalam menjaga kebersihan rumah, Anda bisa mulai dari hal-hal kecil seperti mengganti sprei, menyapu dan mengepel lantai, mencuci piring, tidak menyimpan sampah di dalam rumah, dan lain sebagainya.

#6. Merawat Hubungan Sosial

Sesuai definisi sehat menurut WHO; yakni kondisi ketika seseorang merasa sejahtera, baik secara fisik, mental, maupun sosial; maka kesehatan psikis juga harus diperhatikan.

Salah satu caranya dengan menjaga hubungan yang baik dengan lingkungan sosial.

Ingat, bahwa toksin tidak hanya terdapat pada bahan pangan, melainkan juga hubungan pertemanan.

Jadi, ada baiknya Anda meninjau kembali jalinan pertemanan yang selama ini  Anda bangun.

Apakah sudah sehat atau belum?

Jangan sampai Anda merasa sengsara di dalam suatu hubungan.

Kalau terpaksa berada di dalam hubungan yang tidak sehat, maka Anda punya 2 pilihan untuk menyelesaikan masalah.

Pertama, membatasi hubungan atau intensitas pertemuan. Atau kedua, keluar dari lingkaran pertemanan tersebut untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Pada intinya, hubungan yang baik akan membantu Anda untuk tetap berada dalam kondisi jiwa yang sehat.

Dengan begitu, Anda bisa berprogres lebih cepat dalam mengadopsi gaya hidup sehat.

Jika tidak memiliki banyak teman, carilah cara agar tetap terhubung secara sosial.

Cara ini merupakan solusi untuk terhindar dari rasa terisolasi atau kesepian. Anda pun dapat merasakan kesejahteraan psikis atau kondisi emosional yang lebih baik.

Luangkan waktu untuk berbicara dengan keluarga, teman atau komunitas. Ingat, hidup sehat bermula dari pikiran yang sehat juga.

#7. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Pada dasarnya, perut dibagi menjadi tiga bagian. Yaitu sepertiga air, sepertiga makanan padat, dan sepertiga udara.

Anda disarankan untuk tidak makan hingga perut terasa sesak sehingga Anda harus melonggarkan ikat pinggang.

Sisakan 20-30% ruang di dalam perut agar Anda tetap merasa nyaman.

Konsep ini ditiru oleh orang Jepang. Mereka menyebutnya dengan istilah hara hachi bu, yang artinya makanlah sampai 80 persen merasa kenyang.

Dalam pola ini, Anda dianjurkan untuk makan sampai merasa nyaman, tetapi perlu menyisakan ruang kosong di dalam perut.

Dalam istilah barat dikenal dengan istilah mindful eating. Jadi, Anda makan dengan penuh kesadaran.

Maksudnya, makan dengan penuh perhatian dan tahu kapan harus berhenti.

Cara ini bertujuan untuk mempermudah bernafas dan menghindari kebiasaan makan yang berlebihan.

Untuk membiasakan pola ini, Anda bisa mulai dari belajar mengenali sinyal lapar dan kenyang.

Makanlah secara perlahan dan jauhkan diri dari gawai. Jangan mengobrol saat makan agar Anda terbantu dalam mengenali sinyal kenyang.

#8. Sering Jalan-Jalan Di Tengah Alam 

Refreshing juga menjadi bagian dalam gaya hidup sehat. Praktek ini memungkinkan tubuh untuk merasa rileks dan tenang.

Salah satu caranya dengan menghabiskan waktu di taman atau hutan. Dengan menikmati suasana hutan, berarti Anda sudah melakukan terapi alam.

Kurangi bepergian ke mall atau tempat ramai yang tidak mendukung kejernihan berpikir.

Perbanyaklah menyambangi alam dan hutan agar Anda bisa melatih mindfulness.

Praktek ini juga bisa diterapkan untuk melatih semua panca indera. Pada saat yang sama, pikiran dan tubuh pun akan merasakan sensasi meditasi.

Manfaat jalan-jalan di tengah alam ini telah diungkap melalui beberapa penelitian.

Hasil penelitian menemukan bahwa ketika seseorang beraktivitas di hutan maka ia akan merasa lebih sehat dan bahagia.

Dijelaskan pula bahwa kebiasaan ini dapat meredam stress, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki suasana hati.

Kalau tidak ada hutan di lingkungan Anda, maka taman kota terdekat bisa dijadikan alternatifnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasaan tenang akan meningkat setelah Anda menghabiskan waktu 20 menit di taman kota.

Artikel Terkait:
9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sampai Tua
Gaya Hidup Masa Kini yang Wajib Anda Coba
3 Komponen Utama Hidup Sehat Untuk Bugar Seumur Hidup

Mulai Gaya Hidup Sehat yang Alami dan Natural

Setelah membaca pembahasan di atas, mungkin Anda semakin tertarik untuk memulai hidup sehat.

Tak perlu ragu, keputusan Anda sudah tepat. Praktik ini memang perlu diterapkan secepatnya. Sebab, manfaat dan kebaikannya sangat banyak.

Namun akan lebih baik jika Anda menjalani hidup sehat alami, yakni hidup sehat yang melibatkan bahan pangan organik.

Ini juga berarti, Anda harus melupakan cara-cara instan seperti menggunakan obat-obatan tertentu atau bahan kimia berbahaya.

Kita semua meyakini bahwa seluruh isi alam ini diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan segudang manfaat.

Kerja intelektual juga telah menunjukkan bahwa setiap hal di dunia ini memiliki kegunaan.

Artinya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mendukung kesehatan tubuh.

Para ilmuwan menyarankan untuk memanfaatkan makanan dan minuman yang sifatnya natural, seperti buah, sayuran, air putih, susu, dan kacang-kacangan.

Di ranah aktivitas, ada jalan-jalan di tengah alam, rekreasi, dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, yang bisa diterapkan untuk mendongkrak kesehatan.

Beberapa hal itu diketahui dapat memelihara kesehatan seseorang secara alami. Mengurangi penggunaan gawai juga ditengarai bisa meningkatkan kebahagiaan.

Namun, semua yang berkaitan dengan modifikasi gaya hidup tentulah menawarkan tantangan tersendiri.

Mungkin saja Anda merasa bosan setelah mempraktikkan pola ini untuk kurun waktu yang lama.

Hal ini wajar, karena rutinitas hidup sehat memang tidak se-atraktif pola hidup lawas Anda.

Apalagi, Anda juga dituntut untuk melibatkan banyak makanan alami dan mengurangi makanan tinggi lemak, dkk. Tentu rasanya tidak menyenangkan.

Dengan ini, jangan sampai Anda menyerah. Justru, Anda harus semakin terfokus pada tujuan Anda.

Ahli kesehatan menyarankan untuk mulai dari cara yang termudah, salah satunya makan makanan yang Anda sukai, namun porsinya harus dibatasi. Untuk mempermudah, Anda bisa menengok isi piringku di situs Kemkes.

Lalu, jangan terlalu ketat soal aturan makan. Alangkah baiknya, Anda menerapkan pola makan yang fleksibel.

Dilansir dari Science Alert, fleksibilitas adalah kunci keberhasilan dalam menjalani hidup sehat alami.

Anda mesti membiarkan tubuh mendapat asupan yang bervariasi.

Olahraga pun demikian, jangan terpaku pada satu jenis olahraga saja. Cobalah berbagai macam jenis olahraga.

Namun, tetap batasi durasi olahraga yang Anda lakukan agar tidak berlebihan. Ikuti panduan instruktur dalam berolahraga untuk meminimalisir resiko cedera.

Bagaimana, siap untuk memulai hidup sehat alami?

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS