Ingin Hidup Sehat Sepanjang Masa? Lakukan 9 Hal Unik Ini

Ingin Hidup Sehat Sepanjang Masa? Lakukan 9 Hal Unik Ini

Beri tahu teman-teman Anda

Sehat dan berumur panjang merupakan idaman bagi setiap orang. Sayangnya tidak semua orang bisa merasakan kesehatan akibat pola hidup yang tidak baik. Pola hidup yang buruk tidak hanya berpotensi menimbulkan penyakit namun juga mengurangi usia pelakunya.

Peneliti di Amerika Serikat menemukan fakta bahwa perempuan dengan pola hidup sehat sejak muda, mampu meningkatkan kualitas hidupnya hingga 14 tahun. Resiko terkena penyakit kronispun ikut menurun.

9 pola hidup sehat bagi Anda yang ingin panjang usia

Hidup sehat sampai tua? Kenapa tidak? Ikuti tips-tips berikut ini untuk mewujudkannya.

1. Perhatikan apa yang Anda makan

Makanan memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan. Makanan berpotensi menyehatkan atau justru membahayakan. Konsumsi jenis makanan sehat  untuk meningkatkan potensi berumur panjang.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi makanan adalah dengan memperbanyak buah serta sayuran. Cari buah dan sayur lalu konsumsi dalam kondisi segar. Konsumsi pula gandum utuh serta memperbanyak kacang-kacangan.

Untuk jenis makanan yang harus dihindari salah satunya adalah makanan yang digoreng. Minyak dalam gorengan tidak sehat apalagi jika sudah digunakan berkali-kali. Meski enak dan praktis, kenyataannya gorengan dapat memicu banyak jenis penyakit.

Selain gorengan, anda juga harus menghindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji kini lebih beragam dengan tampilan yang sedap dipandang. Sayangnya, makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan meski terasa enak saat dimakan.

Makanan cepat saji biasanya telah diberi pengawet serta zat kimia lainnya. Zat tersebut berbahaya dan berpotensi menimbulkan penyakit. Menghindari jenis makanan ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin terlebih bagi anda yang ingin berumur panjang.

Beberapa dampak buruk makanan cepat saji bagi tubuh antara lain adalah sebagai berikut:

  • meningkatkan resiko obesitas
  • membuat ketagihan
  • kerusakan hati
  • hilangnya nafsu makan
  • menyebabkan osteoporosis
  • membuat kepala botak
  • mengganggu pencernaan
  • resiko terkena kardiovaskular
  • menyebabkan sindrom metabolis
  • penyebab stres
  • kekurangan nutrisi dan lain-lain

Selain ragam gangguan di atas, makanan cepat saji juga berpotensi menimbulkan jerawat pada wajah. Jerawat merupakan gangguan yang dapat menyebabkan kepercayaan diri menurun. Mulailah gaya hidup sehat untuk mengatasi jenis gangguan yang satu ini.

Mengonsumsi makanan sehat bisa dilakukan dengan memasak sendiri apa yang ingin anda makan. Tidak hanya sehat, memasak sendiri juga lebih hemat. Lengkapi masakan anda dengan gizi serta nutrisi yang tepat demi kelangsungan hidup sampai tua nanti.

2. Rutin berolahraga

Tidak hanya menjaga tubuh agar lebih ideal, olahraga juga bagus untuk kesehatan. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin sejak masih muda. Jikapun anda sibuk, anda tetap bisa melakukan jenis olahraga yang ringan.

Olahraga ringan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak perlu ke gym atau butuh peralatan olahraga lainnya.

Ada begitu banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan tanpa harus keluar banyak uang. Ragam olahraga berikut ini bisa anda jadikan sebagai referensi untuk gaya hidup yang lebih sehat.

a. Peregangan

Menjaga otot tetap terlatih merupakan hal penting untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan melakukan peregangan secara teratur. Hal ini juga membantu tubuh anda untuk tetap lentur.

Banyak orang melakukan peregangan sebagai  pemanasan sebelum memulai olahraga yang lain. Padahal peregangan sendiri merupakan salah satu jenis olahraga ringan.

b. Jalan Kaki

Jalan kaki menjadi olahraga selanjutnya yang bisa anda coba. Jalan kaki merupakan jenis olahraga populer dan digemari oleh hampir setiap orang. Jalan kaki tidak harus dilakukan saat anda memiliki cukup waktu. Karena dengan waktu terbataspun anda tetap bisa melakukan olahraga yang satu ini.

Jalan kaki bisa dilakukan sebelum atau setelah pulang kerja. Anda bisa meluangkan waktu setidaknya 10 menit saja. Jalan kaki akan lebih menyenangkan jika anda melakukannya bersama teman sembari berbincang. Anda juga bisa melakukannya sembari menyetel musik yang digemari.

Selain jalan kaki dengan santai, jalan kaki dengan cepat juga memiliki ragam manfaat. Jalan cepat mampu mencegah berbagai ragam gangguan kesehatan seperti diabetes hingga penyakit jantung.

c. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga menyenangkan yang disukai oleh hampir semua orang. Bersepeda juga bisa dijadikan sebagai olahraga sehat untuk semua kalangan. Bersepeda bisa dilakukan dengan berkeliling komplek atau dilakukan di lokasi favorit.

Bersepeda memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Olahraga yang satu ini bukan hanya meningkatkan sistem imun para pelakunya namun juga mampu memperpanjang usia.

d. Berenang

Salah satu olahraga menyenangkan yang banyak peminatnya adalah berenang. Sensasi menyatu dengan air tentu sangat menyenangkan. Berenang tidak hanya memberi resistensi dari berbagai arah namun juga mampu meningkatkan kekuatan otot.

Bagi anda yang memiliki fasilitas kolam sendiri, olahraga ini tentu bisa dilakukan kapan saja. Namun jika tidak punya, anda tetap bisa berenang di banyak lokasi.

e. Latihan Beban

Ingin sehat di masa tua? Anda bisa membiasakan diri dengan melakukan latihan beban. Latihan beban memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti mengencangkan otot, membakar kalori, mencegah diabetes serta meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Selain ragam olahraga di atas, masih banyak olahraga lainnya yang bisa anda lakukan. Olahraga mampu meningkatkan kesehatan bahkan membuat pelakunya berkesempatan memiliki usia yang lebih panjang.

Membangun Kebiasaan Pola Hidup Sehat #mulaidaridetoks.
Baca Selengkapnya…

3. Pemeriksaan tubuh secara teratur

Hindari menemui dokter hanya saat diperlukan. Pemeriksaan teratur disarankan untuk menghindarkan tubuh anda dari ragam gangguan. Lakukan rangkaian tes kesehatan secara teratur dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Pemeriksaan secara rutin memungkinkan anda untuk lebih tanggap dalam mengatasi gejala dini suatu penyakit. Dokter akan memberitahu bagaimana kondisi anda berikut memberikan jalan keluar saat diperlukan.

Ada beberapa penyakit yang tidak diketahui gejalanya sejak awal. Penting bagi anda untuk selalu memastikan tubuh anda sehat dan terbebas dari ragam penyakit tersebut.

4. Hindari rokok sejak usia dini

Banyak yang mengatakan jika rokok merupakan sumber penyakit. Kenyataannya, rokok memang berpotensi menyebabkan banyak penyakit kronis. Beberapa penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh rokok antara lain adalah kanker, penyakit paru obstruktif kronik, jantung, hipertensi, stroke, diabetes dan lain-lain.

Ragam penyakit di atas, bukan hanya membuat kondisi tubuh menurun melainkan juga berpotensi  menghilangkan nyawa.

5. Perbanyak air putih

Air putih penting bagi kesehatan. Konsumsi secara rutin mampu membuat organ dalam tubuh bekerja lebih optimal. Membiasakan konsumsi air minum sebaik dimulai sedini mungkin. Dibandingkan minuman yang lain, air putih lebih menyehatkan karena tidak mengandung pengawet hingga pewarna buatan.

Membiasakan diri mengonsumsi air putih bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menyiapkan segalon besar air di tempat anda sering beraktivitas. Dengan demikian, anda bisa meminum air putih jika sewaktu-waktu rasa haus datang.

Biasakan pula membawa air putih saat dalam perjalanan. Air putih dalam kemasan kini banyak dijual dan ditemukan di berbagai tempat. Anda bisa membawa air putih kemasan tersebut selama di jalan.

Beberapa manfaat air putih bagi kesehatan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menghindarkan diri dari dehidrasi
  • Meningkatkan kesehatan kulit
  • Mengatur suhu tubuh
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menjaga tekanan darah
  • Membentuk ludah dan lendir
  • Melumasi sendi dan lain-lain

Dengan manfaatnya yang beragam, konsumsi air putih merupakan keharusan. Kebiasaan ini sebaiknya tidak ditinggalkan. Adapun konsumsi yang dianjurkan adalah 2 liter per hari.

Kekurangan air putih menyebabkan banyak dampak buruk dimana salah satunya adalah kurangnya konsentrasi. Akibatnya pekerjaan ataupun aktivitas yang dilakukan menjadi tidak optimal.

Baca juga: 3 Komponen Utama Hidup Sehat Untuk Bugar Seumur Hidup

6. Kurangi konsumsi gula

Gula menjadi salah satu penyebab datangnya banyak masalah kesehatan. Di masa tua nanti, anda tidak mau bolak-balik ke rumah sakit bukan? Inilah kenapa ada baiknya anda mulai mengurangi konsumsi gula dari sekarang.

Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh pengonsumsian gula berlebih seperti yang berikut ini:

a. Penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit pembunuh di dunia. Sebuah studi menyatakan jika gula dapat meningkatkan resiko terjadinya gagal jantung. Gula mengandung molekul yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gagal jantung.

b. Diabetes

Penyakit pembunuh lainnya adalah diabetes. Resiko diabetes banyak ditemukan pada mereka yang gemar mengonsumsi gula berlebih. Diabetes dapat terjadi ketika produk insulin dalam tubuh terhambat. Insulin sendiri berguna dalam mengubah makanan menjadi energi.

c. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi tidak hanya disebabkan oleh konsumsi makanan asin namun juga akibat gula berlebih. Sebuah penelitian menyatakan konsumsi gula lebih dari 74 gram mampu meningkatkan terjadinya tekanan darah.

d. Kanker pankreas

Kebanyakan mengonsumsi gula dapat berakibat pada obesitas serta diabetes. Kedua penyakit ini mampu meningkatkan seseorang beresiko terkena kanker pankreas.

e. Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih, bisa terjadinya akibat penumpukan lemak di dalam tubuh. Adapun salah satu penyebabnya adalah karena konsumsi minuman yang mengandung fruktosa.

Sebuah penelitian menyatakan jika kelebihan fruktosa menyebabkan sel lemak visceral berubah menjadi matang. Sel tersebut akan memicu meningkatnya lemak pada area perut.

Anda bisa mengganti rasa manis dari gula dengan buah-buahan yang bernutrisi. Rasa manis alami buah tidak hanya lezat namun juga bagus bagi tubuh.

7. Cukupi tidur malam

Terkesan sepele, namun nyatanya istirahat memiliki banyak manfaat. Ketika masih kecil, banyak dari kita yang enggan ketika disuruh tidur. Namun setelah dewasa, tidur menjadi momen yang ditunggu-tunggu dan berharga.

Tidur tidak hanya menghilangkan rasa kantuk namun juga baik untuk kesehatan jiwa maupun raga. Tidur memiliki banyak manfaat bagi manusia seperti yang berikut ini:

a. Membantu pertumbuhan badan

Tidur serta istirahat yang cukup membantu tubuh untuk tetap sehat dan berkembang. Tidur memicu tubuh dalam melepas hormon yang mendukung tumbuh kembang anak-anak serta remaja. Hormon tersebut juga baik dalam memperbaiki sel dan jaringan dalam tubuh.

b. Membuat tubuh lebih sehat

Ingin lebih sehat dan berumur panjang? Maka tidur anda harus cukup. Tidur bukan hanya baik untuk pertumbuhan namun juga menjadikan tubuh lebih sehat.

Waktu tidur yang kurang dapat meningkatkan resiko meningkatkan terkena penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, ginjal, stres, serta detak jantung yang tidak teratur.

Kurang tidur juga memicu naiknya kadar gula dalam darah sehingga meningkatkan resiko seseorang untuk terkena diabetes.

c. Aktif saat beraktivitas

Tidur malam yang cukup merupakan keharusan. Terlebih bagi pekerja ataupun pelajar, tidur cukup membantu anda untuk tetap aktif sepanjang hari.

Kurang tidur membuat seseorang kurang produktif hingga hasil kerja yang kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat konsentrasi serta rasa capek akibat kurang tidur.

d. Meningkatkan suasana hati

Kurang tidur dapat berakibat pada emosi yang tidak stabil. Akibatnya seseorang menjadi lebih cepat marah, kurang konsentrasi, tidak sabar, stres, murung hingga depresi. Cukupi tidur anda untuk menghindari emosi tidak stabil yang bisa berakibat buruk pada keseharian.

e. Meningkatkan sistem imun

Jarang tidur membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Cukupi tidur anda untuk meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Ada banyak sekali manfaat tidur bagi kesehatan. Berhenti melewatkan tidur malam anda dan mulailah dengan gaya hidup yang lebih sehat.

8. Dengarkan tubuh anda

Tanpa disadari kita seringkali tidak peduli dengan apa yang dirasakan oleh tubuh. Banyak dari kita yang memaksakan diri dengan beban pekerjaan yang tiada habisnya. Banyak juga yang melakukan begadang hanya demi siaran favoritnya di televisi.

Memaksakan diri di luar batas yang bisa ditolerir sangat tidak dianjurkan. Mengingat hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Dibandingkan harus merusak kesehatan, ada baiknya anda ubah pola hidup mulai dari sekarang. Biasakan untuk lebih peka terhadap apa yang tubuh anda rasakan.

Jika tubuh sudah mulai tidak nyaman, segera hentikan aktivitas yang memicu tubuh tertekan dan stres. Hal ini dilakukan untuk membuat anda terus sehat hingga tua nanti.  

Kebutuhan akan istirahat haruslah diperhatikan. Ubah pola hidup anda dengan membagi waktu antara istirahat serta porsi untuk tidur. Pastikan keduanya seimbang.

9. Meditasi

Meditasi menjadi penolong anda di masa tua. Kebiasaan meditasi memiliki begitu banyak manfaat terutama dari segi emosional. Beberapa manfaat meditasi antara lain adalah sebagai berikut:

a. Mengurangi stres

Meski hanya terlihat duduk dan berdiam, namun nyatanya meditasi memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah pengusir stres.

Stres bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan karena menyebabkan susah tidur. Stres berkepanjangan juga memicu datangnya depresi. Akibatnya tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

b. Mengontrol kecemasan

Bagi anda yang kesulitan dalam mengontrol rasa cemas, bisa menjadikan meditasi sebagai solusi. Sebuah penelitian membuktikan jika meditasi yoga mampu mengurangi rasa cemas dalam diri seseorang.

c. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang berkualitas sangat diharapkan. Tidur yang demikian membuat tubuh lebih segar serta siap menghadapi pekerjaan. Sayangnya stres dan depresi dapat mengurangi kualitas tidur seseorang.

Kurang tidur menyebabkan banyak gangguan kesehatan hingga menurunnya tingkat konsentrasi seseorang. Untuk mengatasi hal ini, yang anda perlukan adalah meditasi. Meditasi membantu anda untuk mengatasi stres hingga tidur yang lebih nyenyak.

Meningkatkan kesehatan di masa kini hingga tua nanti bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dengan tubuh yang sehat, usia cenderung lebih panjang. Lakukan tips-tips di atas untuk mendapatkan tubuh sehat yang diharapkan.

Pola hidup sehat adalah pilihan. Anda bisa melakukannya dan hidup sehat sepanjang masa atau justru melakukan sebaliknya.

Baca juga:

 

 

 

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat