Inspirasi Menu Detox Seminggu Yang Mudah Dicoba

Inspirasi Menu Detox Seminggu Yang Mudah Dicoba

Beri tahu teman-teman Anda

Ketika Anda bersiap untuk memulai program detoksifikasi, Anda dituntut setidaknya untuk menyiapkan menu detox seminggu. Persiapan ini diperlukan agar detox Anda berjalan lancar dan tidak terhenti di tengah jalan karena menu yang tidak sesuai. Temukan inspirasi menu detox seminggu yang bisa Anda coba sekarang.

Inspirasi Menu Detox Seminggu Paling Mudah dari ITs Buah
Inspirasi Menu Detox Seminggu Paling Mudah dari ITs Buah

Menyusun menu makanan untuk program detoksifikasi selama seminggu tidak sesulit yang Anda bayangkan, berikut kami bagikan tipsnya !

Sebelumnya, pernahkah Anda mendengar istilah DASH ? DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension merupakan program penurunan berat badan yang cukup menyehatkan–menurut US News and World Report.

Begitu  pula dengan Mediterranean Diet, pernah dengar ? Diet yang satu ini cukup terkenal dan menduduki peringkat pertama dalam daftar yang dirilis oleh US News and World Report.

Walaupun keduanya; secara natural; bukan bagian dari program cleansing, namun Anda bisa menjadikannya acuan dalam memulai detoksifikasi. Kedua diet tersebut dapat dikombinasikan untuk membantu pengeluaran racun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa baik DASH maupun Diet Mediteranian, sama – sama memiliki pola makan yang sehat. Bila dipraktikkan, diet dapat mengurangi resiko diabetes, demensia, dan depresi. Peningkatan pada kesehatan otak dan tulang juga termasuk manfaat lain yang bisa Anda peroleh.

Namun, untuk keperluan eliminasi racun, Anda perlu mengkustomisasi sedikit menu tersebut. Hal ini diperlukan agar pembuangan racun dapat berjalan maksimal.

Loading...

Berikut adalah menu yang kami sarankan bagi Anda yang ingin mendetoks racun selama 7 hari.

Menu Detox Seminggu Yang Aman Tanpa Menyiksa

Senin

Mengubah pola makan tidaklah mudah. Karenanya pada hari pertama, fokuslah pada makanan yang Anda sukai. Tetapi, makanan tersebut harus sehat (clean) dan selaras dengan tujuan detox.

Berikut contohnya :

Sarapan

Saat bangun tidur, minumlah segelas air putih hangat (bisa ditambahkan dengan air perasan lemon). Hal ini bertujuan untuk membuat Anda merasa kenyang, sementara lemon untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lalu, mulailah dengan sarapan oatmeal.

Semangkuk bubur oat dicampur kacang mete mestinya sudah cukup untuk menyuplai energi sampai waktu makan berikutnya. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan sekitar 50 gram oat dengan air secukupnya. Lalu, tambahkan bubuk kayu manis dan kacang mete untuk memberi rasa.

Sarapan ini menawarkan asupan serat cukup tinggi sehingga cocok bagi Anda yang mengalami sembelit atau kembung.

Snack Pagi

Snack kali ini bisa berupa energy soup yang terbuat dari minuman terfermentasi (seperti yoghurt dan lain sebagainya) dengan campuran sayuran atau buah – buahan.

Bahan yang diperlukan tak banyak, hanya yoghurt (bisa diganti air putih biasa), bayam, alpukat, blueberry, dan wortel.


Anda juga bisa mencoba sup apel yang disarankan oleh Splendid Spoon Soupore. Di dalamnya memuat parsnip, yakni sejenis umbi – umbian yang rasanya manis. Namun, Anda bisa menggantinya dengan wortel.

Makan Siang

Sepasang roti gandum dan 20 gram alpukat sebagai isinya adalah menu makan siang yang menyehatkan.

Snack Sore

Ambil jus detox favorit Anda atau yoghurt sebagai alternatif. Jus detox merupakan inti dari detoksifikasi. Karenanya, minuman ini mesti ada dalam menu detox Anda.

Makan Malam

Untuk makan malam, Anda bisa menyantap daging sapi, ikan atau ayam. Namun usahakan porsinya tidak melebihi 125 gram (boleh lebih jika Anda tidak mengutamakan diet). Masaklah dengan cara dipanggang, rebus, atau kukus (yang penting jangan menggunakan minyak goreng). Sajikan bersama sayuran apapun.

Selasa

Sarapan

Hari kedua, lakukan hal yang sama dengan hari pertama. Tapi, variasikan menu Anda. Alih – alih memilih oatmeal, Anda bisa menyeruput smoothies atau jus detox terlebih dahulu. Ditemani 1 lembar bagel berisikan selai kacang, Anda sudah menjalani DASH diet.

Snack Pagi

Berikutnya, Anda bisa mengambil 4 wafer untuk mengganjal rasa lapar menuju makan siang.

Makan Siang

Makan siang kali ini, coba buat kare ayam yang terdiri atas daging ayam (sudah dipotong – potong), bumbu kare, dan brokoli atau sayur apapun.  Lalu tutup dengan mengudap beberapa potong buah apel.

Snack Sore

Minum jus detox atau yoghurt tawar. (Utamakan jus detox)

Makan Malam

Boleh saja menyantap spaghetti saat detox. Tetapi cukup 1 cangkir pasta saja dan jangan tambahkan garam. Untuk saus, silakan gunakan saus marinara.

Rabu

Sarapan

Setelah DASH, kini waktunya mengaplikasikan Mediterranean Diet. Mulailah dengan sarapan telur dadar. Tambahkan tomat, bayam, dan keju. Keju bermanfaat untuk sensasi kenyang lebih lama. Perlu diketahui, snack pagi dihapus dari menu hari ini.

Makan Siang

Tanpa snack pagi, rasa lapar di siang hari mungkin melambung. Tapi jangan khawatir, jus detox bisa membantu mengatasi rasa lapar tersebut. Selain jus, Anda bisa mengisi perut dengan semangkuk plecing kangkung. Salad asli Indonesia ini tinggi serat sehingga baik dikonsumsi – walaupun dalam jumlah banyak.

Snack Sore

Seperti biasa, jus detox atau yoghurt merupakan pilihan terbaik untuk snack sore.

Makan Malam

Sajikan sup ayam untuk mengenyangkan perut. Sup ini sebaiknya terdiri atas 2 – 3 ons daging ayam yang sudah dipotong – potong. Lalu, tambahkan sayuran hijau atau tomat sebagai penyegar. Masukkan pula 3 cangkir kacang merah agar Anda merasa kenyang lebih lama.

Kamis

Hari ini tidak ada snack pagi maupun sore, Anda hanya memiliki 3 waktu makan, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam.

Sarapan

Ada baiknya memulai hari dengan minuman sehat nan menyegarkan. Benar, jus detox. Jus detox membantu membuang racun sehingga tujuan detoks tetap terjaga. Berikutnya, Anda bisa menyantap sandwich dengan ikan merah dan kacang. Jika masih kurang, rebus 1 cangkir kacang merah dan sajikan tanpa tambahan garam maupun gula.

Makan Siang

Siang hari, Anda bisa menyantap plecing kangkung.

Makan Malam

Chicken Shawarma bisa dilirik sebagai opsi makan malam. Resepnya tersedia di Mediterranean Dish.

Jum’at

Sarapan

Membuka pagi Anda, semangkuk sup bayam dan kacang merah sudah cukup.

Makan Siang

Sebelum makan siang, minumlah jus detox dan lanjutkan dengan menyantap soto ayam buatan sendiri.

Makan Malam

Waktu makan malam, sediakan balado terong. Balado terong sebaiknya dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus. Setelahnya, minum jus detox untuk membuang toksin yang menumpuk di dalam tubuh.

Sabtu

Sarapan

Awali pagi Anda dengan meneguk teh hijau. Untuk mengenyangkan perut, Anda bisa mengolah kentang menjadi sweet potato pancakes. Hanya butuh kentang, telur, dan yoghurt rasa tawar untuk menjadikannya lezat.

Makan Siang

Anda bisa membuat muffin telur dan jus detox.

Makan Malam

Manjakan lidah Anda dengan olahan ikan yang dikukus atau dipanggang. Nikmati bersama segelas air lemon yang dicampur dengan jahe. Air lemon adalah salah satu syarat yang sebaiknya Anda masukkan dalam menu detox Anda setidaknya setiap hari selama satu minggu.

Minggu

Sarapan

Terakhir, Anda bisa mengudap bubur oat dengan topping buah – buahan segar.

Makan Siang

Siang hari boleh diisi dengan plecing kangkung atau 2 lembar roti tawar dengan isian buah alpukat atau kacang hitam rebus.

Makan Malam

Untuk dinner, sajikan dada ayam panggang. Anda bisa memberi bumbu pedas atau saus tiram untuk memperkaya rasanya. Hindari dulu penggunaan garam, ya.

Saatnya Mencoba

Setelah Anda menyusun menu detox untuk seminggu kedepan, Anda disarankan untuk segera belanja dan jangan mempercayakan aktivitas belanja bahan makan Anda pada orang lain. Salah-salah, Anda tidak akan mendapatkan bahan-bahan yang tepat untuk menu detox dan program detox Anda selama seminggu harus terhenti di tengah jalan.

Pelajari juga cara yang tepat untuk menyimpan bahan makanan yang Anda gunakan untuk menu detox selama seminggu agar tahan lama. Tidak jarang, karena penyimpanan yang kurang tepa, bahan makanan cepat rusak dan akhirnya berpengaruh pada hasil detoksifikasi yang tidak maksimal.

Selamat mencoba !


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS