Jahe Ternyata Bisa Membantu Diet & Weight Loss, Lho!

Jahe Ternyata Bisa Membantu Diet & Weight Loss, Lho!

Beri tahu teman-teman Anda

Bahan alami jahe ternyata memiliki manfaat menurunkan berat badan buat kamu yang sedang menjalani program weight loss. Menariknya, bahan yang mudah didapat ini biasanya digunakan untuk memasak berbagai makanan. Nah, bagaimana cara memanfaatkan jahe untuk diet?

Jahe untuk Diet dan Weight Loss
Jahe memiliki manfaat untuk mendukung program diet kamu

Wah, siapa nih baru tahu kalau jahe ternyata bisa membantu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal? Siapa juga nih, baru tahu kalau hampir semua cold-pressed juice IT’s Buah mengandung jahe?

Jahe adalah tanaman akar berbunga yang sebagian besar dibudidayakan untuk akarnya, biasanya digunakan seagai bahan dalam memasak dan membuat kue.

Jahe juga mengurangi sebenarnya sudah terkenal untuk peradangan, pencernaan, dan menekan nafsu makan. I

nfo ini membuat beberapa orang percaya bahwa jahe dapat menurunkan berat badan.

Literatur medis menunjukkan bahwa jahe dapat mempengaruhi diet sehat dan olahraga untuk membantu mencapai berat badan yang sehat.

Nah Sahabat sehat, mari kita telusuri bagaimana cara menggunakan jahe untuk menurunkan berat badan, batas pengaruhnya terhadap penurunan berat badan, dan bahan-bahan apa yang harus sahabat saehat pertimbangkan untuk dikombinasikan dengan jahe untuk hasil terbaik.

Loading...

Artikel Terkait:
5 Resep Jus Detoks untuk Anda yang Sibuk dan Ingin Diet
Detoksifikasi: Pahami Ini Sebelum Anda Mulai
Simak! Ini 5 Ciri Racun Keluar dari Tubuh

Jahe Membantu Weight Loss

Bagaimana Cara Jahe Menurunkan Berat Badan?

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaol.

Senyawa ini merangsang beberapa aktivitas biologis dalam tubuh saat mengonsumsi jahe. Sumber penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health dan Karger pada tahun 2015 menunjukkan bahwa obesitas dapat menyebabkan stres oksidatif dan peradangan.

Stres oksidatif disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh. Sifat antioksidan di dalam jahe membantu mengendalikan radikal bebas ini, dan sifat anti-inflamasinya dapat melawan peradangan.

Kandungan jahe ini tidak secara langsung mengatasi kelebihan berat badan, namun juga membantu mencegah kerusakan dinding kardiovaskular yang merupakan efek samping lain dari kelebihan berat badan.

Penelitian lain mendukung gagasan bahwa jahe juga berperan dalam penurunan berat badan. Sebuah penelitian sederhana dari sumber terpercaya menemukan bahwa pria yang kelebihan berat badan yang mengonsumsi jahe tetap kenyang lebih lama.

Sebuah meta-analysis penelitian yang melihat manfaat penurunan berat badan jahe menunjukkan juga bahwa jahe memiliki efek signifikan untuk menurunkan berat badan dan lemak perut dalam rasio ukuran pinggang-pinggul.

Zat gingerol mendorong aktivitas biologis tertentu di tubuh. Zat ini memiliki efek anti-obesitas, membantu makanan untuk mencerna lebih cepat dan merangsang tubuh untuk mempercepat makanan yang dicerna melalui usus besar.


Selain itu sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat menstabilkan kadar gula darah. Menjaga gula darah stabil bisa menjadi kunci untuk menurunkan berat badan.

Artikel Terkait:
Dietary Adherence: Seberapa Penting Menjaga Hasil Setelah Sukses Diet?

Jahe Membantu Weight Loss

Baca juga : Beyond Diet : Pengaruhnya Bagi Weight Loss

Kombinasi Jahe untuk Diet #1 : Jahe + Lemon

Saat mengonsumsi jahe dan lemon bersamaan dapat memberikan efek untuk menurunkan berat badan. Jus lemon dapat memberikan efek menekan nafsu makan, selain itu juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi.

Cara menggunakan jahe dan lemon untuk menurunkan berat badan sangat mudah.

Hanya perlu menambahkan perasan lemon ke teh jahe atau minuman jahe dapat membantu minum lebih banyak cairan.

Ini bisa membuat tubuh terhidrasi dan membuat perut merasa kenyang lebih lama, selain itu juga mungkin meningkatkan upaya penurunan berat badan. Minum sari lemon dan jahe dua sampai tiga kali sehari untuk memaksimalkan hidrasi dan sifat penekan nafsu makan.

Oleh sebab itu, IT’s Buah menambahkan perasan jahe kedalam cold-pressed juice yang notabene menggandung berbagai buah lokal yang kaya vitamin C.

Mengapa tidak hanya lemon? Karena penggunaan berbagai bahan memberikan kandungan nutrisi yang lebih baik, tidak hanya untuk menurunkan berat badan. Namun, juga berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Artikel Terkait:
Jadwal Pola Hidup Sehat: 30 Hari Menuju Tubuh Idaman Sehat Anda
9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sampai Tua

Kombinasi Jahe untuk Diet #2 : Cuka apel/Apple Cider Vinegar (ACV)  dan Jahe

Cuka apel (ACV) memiliki sifat penurunan berat badan sendiri. Cara menggunakannya bersama dengan perasan jahe dapat meningkatkan efek antiglikemik dan antioksidan dari kedua bahan tersebut.

Cuka apel juga membawa probiotik yang kuat ke dalam campuran, yang dapat meningkatkan kesehatan usus saat berusaha menurunkan berat badan.

Cara menggunakan cuka sari apel dan jahe untuk menurunkan berat badan juga sangat sederhana. Cara termudah untuk mendapatkan kedua bahan ini dalam diet adalah dengan memblendernya dan mencampurkannya dengan minuman.

Sahabat sehat bisa menyiapkan teh jahe dengan menyeduh kantong teh dalam air panas, membiarkannya dingin sebelum menambahkan ACV.

Air yang terlalu panas akan membunuh bakteri di ACV tetapi artinya juga akan kehilangan efek probiotiknya.

Tambahkan sedikit madu atau perasan lemon ke dalam 1 cangkir teh jahe yang diseduh, aduk dalam 2 sendok makan cuka apel, dan minum.

Minumlah teh ini sekali sehari, di pagi hari sebelum makan, untuk merasakan manfaat maksimum ACV.

Artikel Terkait:
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
Beyond Diet: Pengaruhnya bagi Weight Loss

Kombinasi Jahe untuk Diet #3 : Teh Hijau dan Jahe

Teh hijau juga memiliki sifat membantu penurunan berat badan.

Teh hijau adalah bahan populer dalam suplemen penurunan berat badan karena bukti bahwa itu dapat mempercepat metabolisme.

Cara menggunakan teh hijau dan jahe untuk menurunkan berat badan cukup mudah.

Sahabat sehat bisa menambahkan bubuk jahe ke dalam teh hijau panas sebagai cara menggabungkan efek yang kuat dari kedua bahan tersebut.

Bisa juga dengan cara merendam kantong teh jahe dan kantong teh hijau bersama-sama, lalu menambahkan air sehingga rasa jahe pada minuman tidak terlalu kuat.

Minumlah sekali atau dua kali sehari, namun perlu diingat bahwa teh hijau mengandung kafein sehingga bisa membuat sulit tidur jika dikonsumsi menjelang tidur.

Jahe Membantu Weight Loss

Pelajari juga : Cara melakukan diet sehat secara alami dan praktis untuk menurunkan berat badan

Jus Dengan Kandungan Jahe

Minum jus dengan jahe adalah cara lain untuk memanfaatkan manfaat penurunan berat badan jahe.

Jus plus jahe biasanya mengandung bahan-bahan lain untuk mengencerkan rasa pedas dari jahe murni. Bahan-bahan tambahan yang biasa digunakan adalah semangka, beet, dan lainnya.

Jus plus jahe memiliki sifat menghidrasi, mengandung antioksidan, dan meningkatkan kekebalan imunitas tubuh.

Artikel Terkait:
3 Komponen Pola Hidup Sehat untuk Bugar Seumur Hidup
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu

Membuat Jus Jahe untuk Menurunkan Berat Badan

Sahabat sehat bisa membuat jus plus jahe di rumah, caranya menambahkan tinggal membuat jus seperti biasa dan menambahkan perasan air jahe.

Usahakan tidak memberi pemanis tambahan atau creamer ke dalam jus.

Blender jahe segar yang belum dikupas, seukuran 1 kelingking saja, lalu masukan kedalam blender bersama dengan sekitar 1 gelas jus, dan saring campuran jika mau.

Tambahkan ekstrak jahe yang telah dibuat ke bahan lain, tambah dengan daun mint, dan tambahkan es batu sesuai keinginan. Atau dinginkan di freezer.

Namun sebenarnya, dibandingkan dengan jahe segar, jahe bubuk kering (bubuk jahe) mengandung jumlah yang lebih tinggi.

Sumber senyawa yang disebut shogaol. Senyawa ini mungkin memiliki sifat melawan kanker dan anti-inflamasi. Sahabat sehat bisa mengonsumsi bubuk jahe dalam bentuk kapsul atau mencampurnya ke dalam air untuk membuat minuman bubuk jahe.

Namun, harga bubuk jahe ini lebih sedikit mahal. Selain itu, mengkonsumsi sendok makan bubuk jahe dalam keadaan mentah dapat menyebabkan gangguan pencernaan, dan rasanya bisa sangat pedas menyengat.

Manfaat Lain Jahe untuk Kesehatan

Jahe memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya selain mempromosikan penurunan berat badan, termasuk :

  • regulasi kortisol (dikenal sebagai “hormon stres”)
  • peningkatan dan buang air besar yang lebih teratur
  • peningkatan energi
  • penurunan risiko penyakit jantung
  • peningkatan daya ingat dan fungsi otak
  • meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh

Bagaimana? Ternyata bahan bumbu yang rutin ada di dapur kita membantu menurunkan berat badan loh.

Bila sahabat sehat tidak sempat membuat beragam minuman sehat tadi, tenang saja.

Kandungan cold-pressed kami tidak kalah bernutrisi dan mengenyangkan loh. Kurir kami siap mengantarkan langsung dimanapun sahabat sehat berada.

Artikel Terkait:
9 Cara Mudah Memulai Clean Eating
Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating di Masa Pandemi
5 Makanan Mood Booster yang Wajib Anda Tahu

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Konsultasi ke CS