3 Komponen Utama Hidup Sehat Untuk Bugar Seumur Hidup

3 Komponen Utama Hidup Sehat Untuk Bugar Seumur Hidup

Beri tahu teman-teman Anda

Pada dasarnya setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan terbebas dari segala macam penyakit. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan kesibukan masing-masing orang yang berbeda-beda, pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan ini mulai terabaikan.

Hasilnya, kita menjadi mudah terjangkit berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit yang biasa hingga penyakit yang serius.

Jika kita sudah mulai terserang penyakit, maka akan ada banyak hal yang membuat repot. Mulai dari kita harus mengeluarkan budget untuk pergi ke dokter dan membeli obat, kerjaan jadi terbengkalai atau tertunda hingga merepotkan orang disekitar untuk merawat kita, dan kerepotan lainnya yang setiap orang akan berbeda-beda pula.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi di kemudian hari, hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Pola hidup sehat merupakan sebuah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Kebanyakan dari kita masih menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani. Padahal masyarakat Indonesia masih belum sepenuhnya menjalani pola hidup sehat ini.

Seperti jarang berolahraga atau aktivitas fisik, merokok, minum-minuman beralkohol, makan makanan tidak sehat seperti junk food dlsb.

Maka dari itu, untuk memulai pola hidup sehat harus dimulai dari kesadaran diri sendiri. Memang, untuk mengubah kebiasaan dari yang tidak baik menjadi baik bukanlah perkara mudah, perlu didasari tekad dan niat yang kuat untuk menjalaninya.

“Tiga komponen dasar kesehatan yaitu, rutinitas olahraga, nutrisi yg seimbang serta tidur yang cukup. Sayangnya kesehatan tidur, yang seharusnya menjadi dasar hidup sehat sering kali diabaikan. Padahal kesehatan tidur menentukan kebugaran untuk berolahraga serta efektifitas metabolisme dari nutrisi yang kita makan. Dari ketiga komponen kesehatan, tidur menjadi dasar yang menopang kedua komponen lainnya,” ungkap dr. Andreas Prasadja, RPSGT, sleep physician dari RS Mitra Kemayoran

Lalu, bagaimana cara menjalani pola hidup sehat yang benar?

Ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk menjaga diri kita tetap sehat. Di bawah ini ada beberapa tips pola hidup sehat yang mudah dilakukan dan pastinya akan membantu Anda untuk hidup yang lebih sehat.

1. Pola hidup sehat dengan perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi & nutrisi seimbang.

Makanan merupakan salah satu faktor utama dalam menjalani hidup sehat. Anda dapat mengganti makanan yang dikonsumsi sehari-hari dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin.

Makanan yang banyak gizi akan sangat membantu Anda untuk menjadikan tubuh lebih sehat. Hindari makanan berlemak dan yang mengandung banyak pengawet karena makanan tersebut berbahaya bagi tubuh Anda.

Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah dengan mengonsumsi lima sampai enam porsi setiap harinya. Jika merasa terlalu banyak, Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi satu porsi setiap hari, lalu dalam waktu seminggu Anda bisa menambah satu porsi lagi.

Anda dapat mengolah sayur dan buah ini menjadi smoothies dengan mencampurkan beberapa jenis buah dan sayur lainnya. Atau Anda juga dapat mengolah menjadi healthy bowl dengan menambahkan berbagai toping potongan buah atau biji-bijian ke dalam healthy bowl buatan Anda.

Namun bagi Anda yang tidak mau ribet menyiapkan buah dan sayur untuk membuat makanan sehat sendiri, Anda bisa beli makanan sehat siap santap yang sudah banyak dijual pasaran.

  • Hidup lebih sehat dengan berhenti merokok

Sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya dan beracun! Selain itu juga bahan kimia ini dapat menyebabkan berbagai macam kanker. Merokok secara terus-menerus sama saja dengan menumpuk racun pada tubuh yang bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda di masa mendatang.

Jadi tak ada salah dan ruginya jika Anda bisa mulai untuk berhenti merokok. Sebaliknya, begitu banyak manfaat yang bisa Anda rasakan setelah berhenti mengisap tembakau gulung yang mematikan ini.

Apa saja manfaatnya?

  • Terlihat awet muda.
  • Terhindar dari stres.
  • Performa seks jadi lebih baik.
  • Meningkatkan kesuburan.
  • Terhindar dari penyakit mematikan.
  • Memiliki keluarga yang sehat.

Berhenti merokok memang tidak mudah, terutama bagi Anda perokok aktif yang sudah bertahun-tahun merokok. Namun jika Anda memiliki tekad kuat, maka tidak ada yang tidak mungkin.

Berikut ini beberapa tips agar bisa terbebas dari rokok.

  • Fokus pada manfaatnya.
  • Tetapkan tanggal untuk berhenti merokok.
  • Minta dukungan orang terdekat.
  • Jalani pengobatan medis.
  • Lebih aktif bergerak.
  • Selalu siapkan permen di kantong.
  • Banyak mengonsumsi buah dan sayuran.

Dapatkan bimbingan GRATIS menjalani pola hidup sehat #mulaidaridetoks

Baca selengkapnya…

Jadikan kehidupan Anda lebih sehat dengan menjalaninya tanpa rokok. Untuk berhenti merokok jangan pernah menunda-nunda lagi, lakukan sekarang juga!

  • Hidup sehat tanpa alkohol

Sebuah penelitian dari Profesor David Nutt dari Imperial College London  menyebutkan bahwa alkohol ternyata menimbulkan dampak yang lebih buruk dibandingkan dengan dua jenis zat berbahaya lainnya, seperti heroin dan kokain.

Dalam laporan penelitiannya juga menganalisa bahwa alkohol layak disebut sebagai zat paling merusak di dunia setelah memperhitungkan dampaknya terhadap individu dan sosial. Setelah alkohol, zat lainnya yang paling merusak adalah heroin dan kokain. Adapun ekstasi menempati peringkat kedelapan.

Alkohol juga memberi dampak buruk bagi individu misalnya kematian, buruknya kualitas kesehatan, gangguan fungsi mental, dan cedera. sedangkan dampak buruk bagi sosial seperti rusaknya persahabatan, kejahatan, kerusakan lingkungan, konflik keluarga, dan penurunan dalam keterlibatan komunitas.

Namun, setelah diperhitungkan dampaknya bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan, alkohol tercatat tiga kali lebih membahayakan ketimbang kokain ataupun tembakau.

Bahaya banget kan jika hidup tidak sehat dengan alkohol bisa membahayakan semua orang. Maka dari itu sudah saatnya untuk kita tidak dekat-dekat barang ini ya.

  • Mengurangi konsumsi gula dan garam

Mengonsumsi terlalu banyak gula dan garam telah terbukti memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Walaupun tak dapat dipungkiri, memasak tanpa garam dapat membuat siapapun kehilangan selera makan dan membuat rasa masakan seakan berkurang.

Memang tidak mudah untuk mengurangi penggunaan garam dalam masakan sehari-hari. Sebab beberapa makanan yang dikonsumsi sehari-hari nyatanya memiliki kandungan gula dan garam tersembunyi. Seperti nasi, roti bahkan ikan asin.

Namun ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir asupan garam dan gula harian. Mau tahu bagaimana caranya?

1. Cabai dan rempah-rempah

Salah satu trik mengurangi penggunaan garam pada masakan adalah dengan menonjolkan rasa lain. Menurut sebuah penelitian, membuat masakan dengan rasa pedas yang menonjol dapat mengurangi keinginan lidah untuk mengecap rasa garam.

2. Jauhkan garam dari dapur

Usahakan lah untuk menjauhkan garam dari dapur, termasuk di luar dapur. Jangan meletakkan bumbu-bumbu yang mengandung sodium, seperti garam, saus tomat maupun kecap di atas meja makan. Sebab saat semua bumbu tersebut tersedia, seseorang akan cenderung meraihnya dan mencampurkannya pada makanan.

3. Masak sendiri

Salah satu cara ampuh untuk menghindari penggunaan garam dan gula adalah dengan membuat sendiri makanan yang akan dikonsumsi. Sehingga Anda akan bisa menakar sebanyak apa bumbu tambahan yang masuk ke dalam masakan.

4. Perbanyak buah dan sayur

Sebuah penelitian yang dilakukan National Heart, Lung and Blood Institute, Amerika Serikat, diet yang menganjurkan seseorang memperbanyak asupan buah, sayuran dan biji-bijian sangat ampuh untuk menghindari keinginan mengkonsumsi garam dan gula. Hasilnya pun sangat signifikan pada kondisi tubuh dan kesehatan.

Membatasi konsumsi garam sebanyak 1.500 mg per hari, dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi loh. Saat Anda mengurangi garam secara teratur, penurunan tekanan darah sistolik akan menurun rata-rata sebesar 11,5 mmHg.

5. Hindari makanan kemasan/kaleng

Makanan kemasan dan makanan kaleng juga merupakan jenis makanan yang mengandung garam dan gula tersembunyi. Yang lebih membahayakan, gula dan garam yang ada pada makanan olahan biasanya melampaui batas yang dibutuhkan tubuh.

6. Baca label

Jika Anda sangat terpaksa untuk memilih makanan kemasan, pastikan mengamati label yang berisi kandungan makanan. Periksa apakah makanan yang akan Anda beli memiliki kandungan gula dan garam berlebih. Sebisa mungkin pilihlah makanan yang rendah gula dan garam.

7. Hindari minuman manis

Kurangi dan hindarilah memilih minuman kemasan yang manis apalagi minuman bersoda. Karena kandungan gula yang terdapat dalam kedua jenis minuman ini sangat tidak baik dan bisa memicu beberapa penyakit.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa dahaga yang acapkali menyerang ditengah hari bolong. Selain itu, minum air putih juga bermanfaat bagi beragam fungsi tubuh, antara lain:

  • Mencegah dehidrasi kadar atau menjaga cairan tubuh. Sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan. Sirkulasi ginjal juga akan normal dan mampu mempertahankan suhu tubuh tetap normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Karena ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot loh.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih juga jauh lebih baik dalam mencegah meningkatnya berat badan dibandingkan jenis minuman apapun yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Baca juga artikel panduan hidup sehat ini ya : Gaya Hidup Masa Kini yang Wajib Anda Coba

  • Mengurangi konsumsi makanan olahan

Makanan olahan adalah makanan yang telah melewati proses tertentu, seperti pemanasan, pengeringan, pengalengan, pembekuan, pengemasan, dan sebagainya. Proses ini sengaja dilakukan pada makanan dengan tujuan tertentu. Seperti, agar nutrisi dalam makanan lebih banyak, makanan lebih lezat, makanan lebih tahan lama, dan lain sebagainya.

Makanan yang diolah dan melalui proses panjang sebenarnya tidak merugikan bagi kesehatan, tapi juga bisa dibilang dapat merugikan kesehatan jika dimakan terlalu banyak atau terlalu sering.

Mengapa? Karena kandungan dalam makanan olahan biasanya dapat merugikan kesehatan jika terlalu banyak masuk dalam tubuh.

Nah berikut ini beberapa alasan mengapa sebagian besar makanan olahan dikatakan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan:

1. Biasanya mengandung gula tinggi

Kadar gula yang terlalu tinggi dalam tubuh, tentu dapat merugikan kesehatan. Gula dapat menambah kalori yang masuk ke tubuh sehingga menyebabkan berat badan naik. Kadar gula yang tinggi dalam darah juga dapat menyebabkan diabetes.

2. Mengandung garam tinggi

Setiap makanan yang diawetkan pasti mengandung garam (natrium) yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk menambah cita rasa, pengawetan, atau tujuan lainnya. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan, mengingat kebutuhan garam kita (orang dewasa) setiap hari hanya 6 gram (1 sendok teh). Terlalu banyak garam yang masuk ke tubuh kita dapat menyebabkan hipertensi.

3. Mengandung tinggi lemak

Selain gula dan garam yang tinggi, makanan yang telah melalui proses olahan biasanya juga sarat akan lemak jahat. Terlalu banyak lemak jahat dalam tubuh dapat meningkatkan risiko oksidasi dan peradangan dalam tubuh. Selain itu, juga berisiko menyebabkan penyakit jantung.

4. Gizi yang rendah

Dalam beberapa kasus, makanan yang melalui proses panjang mempunyai kadar gizi rendah sehingga perlu ditambahkan vitamin dan mineral sintetis untuk menggantikan gizi yang hilang.

Namun, vitamin dan mineral sintetis ini tentu tidak lebih baik daripada nutrisi yang secara alami terkandung dalam makanan yang belum diolah. Sehingga, nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan olahan bisa lebih sedikit daripada yang Anda dapatkan dari makanan alami yang belum diolah.

5. Cenderung rendah serat

Serat sangat dibutuhkan tubuh kita. Serat dapat melancarkan sistem pencernaan, sehingga kita bisa terhindar dari masalah pencernaan. Serat juga sebagai makanan bagi bakteri baik dalam usus. Dengan makan serat, kita juga akan merasa lebih kenyang, sehingga tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda setiap harinya.

Bagaimana cara lebih sehat untuk mengonsumsi makanan olahan?

Terlepas dari ketergantungan dengan makanan olahan sangat susah di zaman sekarang ini. Makanan tersebut membuat hidup kita jauh lebih praktis. Namun, bukan berarti Anda boleh sesuka hati mengonsumsi makanan olahan.

Jika Anda ingin hidup lebih sehat, sebaiknya lakukan tips berikut ini dalam mengonsumsi makanan olahan.

  • Tidak terlalu sering mengonsumsi makanan olahan dalam kemasan.
  • Membaca label informasi nilai gizi sebelum mengonsumsi makanan olahan, perhatikan baik-baik kandungan gula, garam (natrium), dan lemaknya.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa sebelum membeli makanan olahan.
  • Jangan lupa untuk mengkonsumsi sayuran yang bisa Anda kombinasikan dengan makanan olahan.  

2. Perbanyak aktivitas fisik

  • Olahraga teratur

Olahraga merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan semua orang, tetapi masih banyak orang yang sering mengabaikannya. Padahal olahraga ini merupakan kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh kita.

Dengan berolahraga secara teratur, akan banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh kita seperti daya tahan tubuh meningkat, bisa menguatkan tulang-tulang, menurunkan lemak pada tubuh, mengurangi stres, menambah kebugaran tubuh dan masih banyak lagi.

Selain itu dengan olahraga teratur, akan mampu mengontrol berat badan. Karena dengan berolahraga secara teratur akan membantu kita untuk mengendalikan berat badan, karena timbunan lemak dalam tubuh akan menurun.

Olahraga juga meningkatkan tingkat metabolisme karena tubuh kita dengan membakar lebih banyak kalori. Tak hanya itu, olahraga teratur akan membuat persediaan jumlah oksigen dan nutrisi dalam jaringan tubuh menjadi maksimal.

Berolahraga akan mampu meningkatkan mood kita. Sehingga bisa menghilangkan rasa stres, cemas atau depresi.

Selain itu, olahraga teratur sangat bermanfaat bagi penderita gangguan tidur dan memberikan sensasi rileks yang besar. Karena suhu tubuh kita akan menurun waktu tidur jika kita berolahraga secara teratur. Inilah yang membuat kita bisa tidur dengan nyenyak dalam waktu yang lama.

Olahraga bukan berarti harus repot-repot keluar rumah. Anda juga bisa berolahraga dirumah, salah satunya dengan menggunakan alat pengecil perut di atas. Alat tersebut dapat membakar kalori, mengencangkan otot perut, pinggul, lengan, kaki dan paha.

  • Seringlah bernafas dalam-dalam

Sudahkah Anda bernapas dengan cara yang tepat dan sehat? Jika belum, Anda perlu mencoba untuk bernafas dalam-dalam untuk mendapatkan manfaat yang tidak diduga.

Seperti seorang Atlet maupun seorang penyanyi yang terbiasa dilatih teknik pernapasan yang tepat untuk mendapatkan performa terbaik mereka. Sebuah tarikan nafas yang penuh dan dalam-dalam, akan membantu mengisi paru-paru Anda dengan oksigen akan membuat kita menjadi lebih segar dan bergairah.

  • Berjalan dengan bertelanjang kaki

Ada banyak manfaat yang sudah terbukti positif ketika kita berjalan dengan bertelanjang kaki. Salah satunya adalah mampu memperbaiki postur tubuh Anda, mengurangi stres untuk kaki dan sendi Anda. Hal ini karena dengan berjalan bertelanjang kaki akan memberikan efek pijatan yang menciptakan rasa nyaman ke sekujur badan Anda.

Untuk menambah rasa nyaman melalui kaki, Anda bisa mencoba koyo detoks.

Koyo kaki detoks adalah produk kesehatan terbaru yang terbuat dari bahan alami dari tumbuh-tumbuhan alami yang bahan utamanya adalah tourmaline (mineral) dan cuka bambu (bamboo vinegar) dicampur dengan bahan alami yang lain dan diproses dengan terbaik di Jepang.

Manfaatnya adalah untuk membuang racun dalam tubuh manusia yang berbahaya dengan sistem menyerap racun dalam tubuh manusia, berfungsi sebagai detoksifikasi.

Lalu mengapa ditempel pada bagian kaki? Telapak kaki memiliki titik-titik akupuntur syaraf yang berguna untuk memberikan rangsangan sehat kedalam sekujur tubuh.

  • Sering berjemur di bawah sinar matahari

Vitamin D sangat diperlukan untuk mengobati tuberkulosis (TBC). Dahulu, pasien TBC sering diminta melakukan heliotherapy atau berjemur di bawah sinar matahari. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan produksi vitamin D.

Mungkin anggapan selama ini soal berjemur matahari hanya disarankan bagi pasien TBC saja. Namun tidak hanya itu saja, konsultan alergi imunologi anak, Prof Dr Budi Setiabudiawan mengatakan, proses berjemur dapat mencegah serangan bakteri TBC.

Namun untuk berjemur dibawah sinar matahari sebaiknya sebelum jam 9 pagi. Karena setelah jam itu sinar ultraviolet tidak baik untuk kulit.

3. Kesehatan otak & psikis

Apakah Anda seorang yang mudah lupa? Mungkin Anda jarang melakukan aktivitas yang sebenarnya berguna untuk menjaga kesehatan otak. Karena semakin bertambahnya usia, sifat lupa tersebut akan semakin sering muncul.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli saraf di Harvard Medical School mengatakan bahwa struktur dan fungsi otak yang berkaitan dengan memori dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Selain itu, tergantung juga dengan seberapa banyak sel otak yang telah dipakai oleh seseorang. Sebenarnya, kita hanya memakai 10% sel dari total sel otak yang kita punya. Pemakaian sel otak berhubungan dengan fungsi kognitif, berpikir, nalar, dan IQ. Peningkatan sel otak dan kesehatan psikis ternyata dapat dilakukan dengan cara selalu rutin melakukan hal-hal berikut ini:

  • Istirahat yang cukup (6-8 jam sehari), untuk menyehatkan fungsi otak. Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Hal ini sangat beralasan karena tubuh sangat membutuhkan waktu istirahat untuk dapat beraktivitas kembali dengan maksimal. Istirahat dan tidur juga bisa mencegah penuaan dini.
  • Dengan istirahat yang cukup akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik, selain itu juga metabolisme tubuh akan menjadi lebih baik, sehingga berat badan tetap stabil. Jika berat badan Anda sudah mulai naik, Anda bisa mulai menggunakan timbangan pintar (kasih link) yang akan membantu memantau berat badan, massa tulang, kadar air dan lemak dalam tubuh Anda.
  • Selalu berpikir positif dan hindari lingkungan/orang2 yang berpikiran negatif. Sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup sehat. Hal ini karena berdekatan dengan orang-orang berpikiran negatif dapat meracuni pikiran Anda dengan segala pemikiran yang dapat menimbulkan stress dan bahkan berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Baca juga artikel panduan hidup sehat ini ya : 5 cara mengatasi perasaan hampa

  • Aktivitas dan hubungan sosial yang baik. Hasil penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang mengalami demensia, menunjukkan bahwa dengan melakukan kegiatan sosial, membangun koneksi, dan berkomunikasi dengan orang lain, dapat menurunkan tingkat demensia mereka. Interaksi yang dilakukan dengan keluarga, teman, atau, kerabat lainnya, terbukti mampu memperlambat penurunan ingatan pada usia orang dewasa. Selain itu, bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dapat menghindarkan kita dari stress dan depresi, meningkatkan rasa nyaman, dan meningkatkan kapasitas intelektual seseorang.
  • Lakukan meditasi. Meditasi mampu menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa Anda. Ketenangan sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena dapat menjauhkan kita dari stress yang menjadi sumber dari berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan.

Nah itu tadi 3 komponen hidup sehat, sekarang sudah mengerti kan bagaimana menjalaninya. Semangat ya 😊

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat