Konsumsi 8 Sumber Nutrisi Alami Ini Untuk Memperlancar ASI

Beri tahu teman-teman Anda

Asupan makanan yang dikonsumsi sangat memengaruhi kualitas ASI, dan sumber nutrisi alami ASI ini dapat ditemukan dari buah dan sayur. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini yuk!

cukupi-asupan-nutrisi-untuk-lindungi-diri-dari-virus

Halo, Sahabat Sehat!

Aktivitas menyusui yang dilakukan seorang ibu mungkin terlihat sebagai hal mudah, padahal faktanya tidak demikian. Ada banyak tantangan yang dialami ibu pada saat menyusui, seperti rasa perih pada payudara, rasa stress karena si buah hati tak kunjung bisa menyedot ASI, hingga suplai ASI yang tidak lancar.

Menemukan posisi yang pas serta mengetahui ‘jam-jam’ lapar adalah solusi untuk bayi yang kesulitan minum ASI. Sedangkan rasa sakit pada payudara umumnya akan pulih dengan sendiri seiring berjalannya waktu. 

Lalu bagaimana dengan ASI yang tidak lancar? 

Berbeda dengan perlakuan sebelumnya bersifat nonteknis, kali ini sang ibu di sarankan mengkonsumsi suplemen untuk membantu memperlancar keluarnya ASI.

Apakah itu Berarti harus diberikan obat-obatan pabrik?

Tidak mesti, karena masih ada cara lain yang dapat dijadikan solusi, yaitu dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Tubuh Dari Dalam

Buah dan Sayur Sumber Nutrisi Alami ASI

Saat menyusui sangat penting untuk memilih asupan makanan. Bukannya tanpa alasan, karena memang makanan yang masuk tersebut nantinya akan dibagi lagi untuk si buah hati melalui ASI. Itulah sebabnya kalau jumlah kalori yang dibutuhkan oleh ibu menyusui sebanyak 2.200 sampai 2.500 perhari atau lebih banyak 450 – 500 kalori dari wanita yang tidak menyusui.

Selain menerapkan pola makan sehat dan seimbang, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran juga harus menjadi kewajiban. Pasalnya dari buah dan sayur inilah berbagai vitamin, mineral, hingga serat yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui berasal.

Kabar baiknya, buah dan sayuran yang dapat membantu melancarkan ASI ini dapat ditemukan di sekitar tempat tinggal kita. Jadi Sahabat Sehat tak perlu khawatir kesulitan untuk mendapatkannya.

Berikut adalah beberapa jenis buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui:

#1. Jeruk

Orang-orang memang lebih banyak mengenal jeruk sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Padahal sebenarnya tidak hanya itu, di dalam jeruk juga terdapat Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, zat besi, kalsium, fosfor, dan asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan bayi.

Bahkan hebatnya lagi kandungan anti-oksidan dalam jeruk mampu membuat kondisi kulit dan kekebalan ibu menyusui menjadi lebih maksimal. Menjadikan buah ini layak untuk dikonsumsi kapanpun bahkan sekalipun sudah tidak menyusui.

#2. Stroberi

Dehidrasi termasuk salah satu yang mempengaruhi suplai ASI karena kondisi ini menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh. Mengkonsumsi Stroberi yang memiliki kandungan air serta kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk sangat disarankan. Dengan mengkonsumsinya kebutuhan vitamin C sebanyak 120 miligram untuk ibu menyusui akan terpenuhi.

Baca Juga : 5 Cara Memperkuat Imun Tubuh, Salah Satunya Gunakan Anti Oksidan

#3. Kurma

Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini juga memiliki kandungan yang tak kalah penting untuk membantu ibu menyusui. Selain mengandung beragam nutrisi seperti zat besi dan vitamin B6, kurma juga mampu meningkatkan kadar hormon ‘prolaktin’ dalam tubuh. Prolaktin sendiri merupakan hormon pendorong produksi ASI.

#4. Alpukat

Kandungan lemak yang dimiliki oleh alpukat yang lebih tinggi 20 s/d 30 kali dari buah lainnya terkadang membuat ibu menyusui enggan untuk mengkonsumsinya, alasannya takut gemuk. Walau informasi mengenai kandungan lemak tersebut benar, tetapi juga perlu dipahami kalau lemak yang dimaksud adalah lemak ‘tak jenuh tunggal’ yang berfungsi menurunkan kolesterol jahat LDL dan menaikkan kolesterol baik HDL.

Untuk ibu menyusui manfaat alpukat sangat besar, selain mengandung zat besi, kalsium, fosfor, dan berbagai vitamin, buah ini juga mampu memasok ‘asam folat’ yang menjadi kebutuhan ibu menyusui hingga 30%.

#5. Selada

Sebagai sayuran yang memiliki berbagai hal yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayi seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, serta zinc kandungan Selada yang rendah kalori dan kaya air membuatnya baik untuk diet seimbang.

Bahkan tak hanya itu, selain yang disebutkan diatas selada juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti: thiamin, riboflavin, niasin, folat A, B6, C, E, dan K. Wow… benar-benar sayuran yang hebat ya?

#6. Tomat

Eh… tomat itu termasuk sayur atau buah ya…?

Sebenarnya bisa masuk ke dua-duanya sih, walaupun secara teknis dianggap buah tapi menurut ‘Oxford Dictionary’ tomat bisa kok dianggap sayur. Jadi sepakat ya, dalam artikel ini kita anggap tomat sebagai sayur.

Nah… sayuran yang mudah di jumpai di sekitar kita ini mengandung vitamin A dan C serta asam folat. Berbagai anti oksidan yang dapat menjaga kesehetan ibu dan bayi seperti asam alfa-lipoat, likopen, kolin, asam folat, beta-karoten, dan lutein pun dapat ditemukan dalam tomat.

#7. Bayam

Kandungan kalium dan vitamin yang ada pada Sayuran berdaun hijau ini bahkan membuatnya direkomendasikan oleh FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika sebagai sayuran Pelancar ASI.

Jadi tak perlu diragukan lagi manfaatnya.

#7. Daun Katuk dan Kelor

Telah dipercaya secara tradisional, kedua sayuran ini dikenal sebagai pelancar ASI. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia yang telah melakukan penelitian pada Daun Katuk telah membuktikan keampuhannya. Ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi daun Katuk menunjukkan adanya produksi ASI yang tinggi.

Daun kelor juga baik sebagai pelancar ASI, bahkan kelor juga mampu menstabilkan tekanan darah, gula darah hingga mengatasi anemia.

Kesimpulan

Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi alami untuk ASI. Mengonsumsi buah dan sayuran terbukti dapat membantu meningkatkan produksi ASI, karena berbagai vitamin, nutrisi serta zat-zata yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI dapat ditemukan pada Buah dan Sayur. 

Adapun jenis buah dan sayur yang berfungsi sebagai ASI ‘booster’ sangat mudah di jumpai di sekitar kita.

Cara menyenangkan mengonsumsi Buah dan Sayur

Dengan kemajuan teknologi dan jangkauan internet saat ini mendapatkan buah dan sayuran seperti yang disebutkan di atas tentu tidaklah sulit. Hanya saja pada prakteknya masih ada ibu menyusui yang mengalami kesulitan dalam mengkonsumsinya. Entah karena tidak suka dengan rasanya atau ada faktor lainnya. Oleh karena itu Cold Pressed Juice dari itsbuah.com dapat menjadi solusinya.

Alih-alih menggunakan blender, Cold Pressed juice dibuat menggunakan tekanan hidrolik yang membuat kualitas nutrisi dari buah dan sayur tetap terjaga. Dalam proses pembuatannya pun Cold Pressed Juice tidak menggunakan tambahan air, es batu, gula atau pengawet sehingga minuman yang dihasilkan menjadi lebih kaya nutrisi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. 

Jadi kalau Sahabat Sehat merasa kesulitan untuk mengonsumsi buah atau sayur secara langsun, dapat menjadikan Cold Pressed juice sebagai pilihan.

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *