Tingkatkan Kualitas ASI dengan 5 Buah dan Sayur Ini, Terbukti!

Beri tahu teman-teman Anda

Kualitas ASI sangat penting untuk diperhatikan, guna memenuhi kebutuhan bayi pasca melahirkan. Very veggie memiliki satu manfaat yaitu untuk membuat ASI berkualitas. Simak lebih lanjut penjelasannya yuk!

Manfaat-Very-Veggie-Untuk-Kualitas-ASI

Halo, Sahabat Sehat!

Setelah melahirkan, Ibu akan semakin memperhatikan detail kebutuhan bagi si bayi khususnya dalam pemberian ASI Eksklusif. Tapi tahukah Sahabat Sehat, penting sekali bagi Ibu untuk menjaga kualitas ASI yang diberikan kepada bayi, sehingga asupan zat gizi nya bisa optimal.

ASI Eksklusif adalah pemberian ASI pada bayi dari ibu, tanpa tambahan makanan padat atau cair kecuali sirup atau obat tetes yang mengandung suplemen vitamin, mineral, atau obat.

WHO merekomendasikan pada ibu di seluruh dunia untuk menyusui secara eksklusif pada bayinya dalam 6 bulan pertama setelah lahir untuk mencapai pertumbuhan optimal, perkembangan, dan kesehatan.

ASI memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi. Pemberian ASI yang optimal merupakan kegiatan penting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan. Kebutuhan gizi bayi sebagian besar dapat dipenuhi dengan pemberian ASI yang cukup.

Makanan yang dikonsumsi ibu secara tidak langsung mempengarui kualitas, maupun jumlah air susu yang dihasilkan. Ibu yang menyusui tidak perlu makan berlebihan, tetapi cukup menjaga keseimbangan konsumsi gizinya.

Pola makan yang tidak seimbang dimasa menyusui menyebabkan tubuh ibu rentan mengalami kelelahan. Dampaknya produksi ASI akan menurun.

Tubuh ibu telah bekerja keras dalam memproduksi ASI, serta melakukan berbagai macam aktivitas dalam rangka merawat bayinya. Sehingga disarankan bagi ibu menyusui untuk tetap menjaga pola makan yang baik.

Pola makan adalah salah satu penentu keberhasilan ibu dalam menyusui. Zat gizi yang seimbang akan menghasilkan gizi yang berkualitas bagi bayi.

Baca Juga : Ketahui Hal Ini Pada Masa Nifas dan Pasca Melahirkan

Very Veggie untuk Kualitas ASI

Sahabat Sehat tau nggak sih kalau IT’s Buah memiliki produk cold pressed juice yang memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah untuk ibu menyusui. Yaitu Very Veggie yang dibuat dengan komposisi sayur dan buah yang baik untuk tingkatkan kualitasi ASI.

Very Veggie memiliki komposisi yaitu buah bit, apel, wortel, bayem, dan jahe. Berikut ini penjelasan manfaat dari satu botol very veggie:

#1. Buah bit 

Buat bit atau buah yang identik dengan rasanya yang sedikit pahit ini mengandung banyak sekali zat gizi yang penting dan dibutuhkan oleh ibu menyusui. Buah bit mengandung fosfor, kalium, kalsium, zat besi, dan serat yang cukup tinggi.

Baca Juga: Berhasil Hasil dengan Bubuk Kayu Manis, Bisa?

Dengan konsumsi buah ini, bisa membantu Ibu terhindar dari anemia. Anemia pada ibu menyusui akan berbahaya karena dapat menurunkan kualitas dan kuantitas ASI dan berisiko untuk mempengaruhi status gizi bayi. Selain itu, kandungan kalsium yang ada didalam buat bit juga bantu mengoptimalkan kepadatan tulang pada bayi, memperkuat sistem imun tubuh bayi, dan membantu menjaga sistem kardiovaskular.

#2. Apel 

Apel adalah buah yang mengandung air dan serat yang tinggi. Selain itu, apel juga mengandung zat gizi yang beragam dan sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Apel mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, Kalim, asam folat. Vitamin C memiliki fungsi besar, diantaranya adalah berpengaruh pada pertumbuhan gigi, tulang, dan kolagen. Selain itu, vitamin C juga bisa memperkuat sistem imun pada tubuh bayi.

Kandungan vitamin A pada apel memberikan peran sistem kekebalan tubuh, proses pembelahan sel, dan proses pertumbuhan bayi. 

Baca Juga : Buah Apel: Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

#3. Wortel 

Wortel adalah sayuran buah yang terkenal mengandung pro-vitamin A, seperti beta-karoten dan alfa-karoten. Ibu menyusui memiliki kebutuhan vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan wanita normal pada umumnya.

Kekurangan vitamin A pada ibu menyusui akan meningkatkan risiko penyakit infeksi pada bayi.

Selain itu, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan seperti xerofthalmia, kerusakan kornea, buta senja, dan risiko kematian pada anak.

Oleh sebab itu, sangat penting sekali ibu menyusui mengonsumsi cukup vitamin A agar, bayinya juga dapat mencukupi vitamin A didalam tubuhnya.

#4. Bayam 

Bayam adalah sayuran hijau yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Bayam merupakan sumber vitamin K, vitamin A (dalam bentuk karotenoid), magnesium, asam folat, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, kalsium, dan vitamin C yang sangat baik untuk ibu menyusui.

Konsumsi bayam bisa membantu anak terhidar dari penyakit Newborn Haemorrhargic Disease atau penyakit yang dapat menyebabkan bayi mudah mengalami perdarahan, dari terlihat memar pada kulit, hingga perdarahan pada usus dan otak.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Salad Buah untuk Ibu Hamil

Selain itu, dengan mengonsumsi bayam ASI Ibu mengandung antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas untuk bayi.

Jika ibu mengonsumsi bayam, kandungan B6 nya akan ada didalam ASI, dimana vitamin B6 ini dibutuhkan untuk mempercepat perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Vitamin E pada bayam ini juga berperan dalam kadar bilirubin pada bayi karena vitamin E dapat mencegah terjadinya hemolysis, yang kemudian mencegah hyperbilirubinemia (kelebihan kadar bilirubin dalam darah) pada bayi.

#5. Jahe

Jahe adalah golongan bumbu dapur yang memiliki dan wangi yang khas. Dewasa ini, jahe banyak digunakan untuk pengobatan herbal yang berdampak positif bagi tubuh.

Jahe merupakan bahan yang punya manfaat dan mungkin cocok sebagai tambahan makanan untuk meningkatkan produksi ASI. Oleh karena itu, mengonsumsi jahe sebagai tambahan dalam makanan bisa melancarkan produksi ASI Ibu.

Nah Sahabat Sehat!, gimana apa kamu sudah penuhi nutrisimu untuk menjaga kualitas ASI? Konsumsi Very Veggie bisa menjadi salah satu list wajib dalam dafar asupan sehatmu nih.

Sahabat Sehat jangan lupa untuk ikuti terus Instagram IT’s Buah ya karena minggu ini akan ada HOT (Health On Top) Live yang membahas mengenai tips setelah melahirkan bersama Nutrisionist! Jangan ketinggalan ya Sahabat Sehat!

Baca Juga : PCOS Bisa Hamil? Ini Kemungkinannya


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *