Langkah Praktis Merampingkan Perut yang Buncit

Langkah Praktis Merampingkan Perut yang Buncit

Beri tahu teman-teman Anda

Perut merupakan salah satu anggota tubuh yang mudah melar. Penumpukan lemak di perut menjadi masalah bagi banyak orang. Perut yang buncit tentu tak terlihat menarik. Terlebih bagi perempuan yang peduli penampilan, perut yang buncit cenderung ingin dikecilkan.

Nyatanya, perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan namun juga beresiko mengganggu kesehatan. Sayangnya tidak semua langkah pengecilan perut baik dilakukan. Beberapa cara seperti sedot lemak justru beresiko menyebabkan jenis gangguan yang lain, sehingga lebih baik tidak dilakukan.

Cara mudah merampingkan perut buncit

Melakukan cara sehat merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin mengecilkan perut yang buncit. Beberapa langkah yang bisa diambil antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Olahraga renang

Berenang merupakan salah satu langkah sehat dalam memperkecil perut yang buncit. Berenang sangat menyenangkan terlebih jika anda telah menjadikannya sebagai hobi.

Perut yang buncit umumnya terjadi karena adanya timbulkan lemak di area perut. Hal ini bisa diatasi dengan secara rutin melakukan renang.

Bagi anda yang sibuk, berenang bisa dilakukan di kala senggang. Anda bisa melakukannya minimal 1 kali dalam seminggu. Tidak perlu berlama-lama namun cukup 30 menit saja. Rutin berenang setiap minggu membuat perut lebih ramping. Berenang juga memiliki banyak manfaat lain.

  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan resiko serangan diabetes
  • Menyehatkan jantung dan paru-paru
  • menyingkirkan stres dan depresi
  • Meningkatkan tinggi badan

Bagi anda yang hobi berenang, tentu sangat menguntungkan terlebih dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan. Jika tidak memiliki kolam renang sendiri, ada banyak lokasi menarik yang bisa anda datangi seperti pantai, lokasi penyewaan kolam dan lain-lain.

  1.    Bersepeda

Selain berenang, olahraga lain untuk merampingkan perut buncit adalah bersepeda. Berkeliling kompleks sembari diiringi musik tertentu sangat menyenangkan. Selain ditemani musik, bersepeda dengan teman juga sangat mengasikan.

Olahraga dengan bersepeda juga bisa dilakukan di lokasi wisata dengan pemandangan yang lebih menawan. Ada banyak wisata yang menyediakan penyewaan sepeda dengan biaya murah. Anda bisa memanfaatkannya untuk program pengecilan perut yang tengah dilakukan.

  1.    Crunches

Olahraga lain yang ampuh dalam membakar lemak di perut adalah crunches. Bagi sebagian orang, crunches mugkin masih terdengar asing di telinga. Meski demikian, olahraga ini tidaklah sulit dilakukan. Anda cukup lakukan beberapa langkah yang berikut ini.

  • Siapkan tikar lalu posisikan diri anda berbaring di atasnya.
  • Tekuk lutut dan kaki di atas tanah lalu angkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat
  • Selanjutnya angkat tangan lalu letakkan di belakang kepala
  • Tarik dan buang napas saat mengangkat tubuh ke atas
  • Tarik nafas lagi saat menurunkan kaki dan buang napas saat mengangkat kaki
  • Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukan langkah-langkah di atas selama 10 kali dalam 2 hingga 3 set.
  1.    Jogging

Ingin merampingkan perut buncit secara alami? Anda bisa melakukan jogging. Tidak hanya bersepeda, jogging juga menjadi olahraga favorit bagi banyak  orang. Jogging termasuk ke dalam jenis olahraga aerobik untuk pembakaran lemak yang lebih optimal.

Ketika melakukan jogging tubuh akan memompa oksigen ke seluruh tubuh dan menghilangkan lemak dengan mengubahnya menjadi energi atau tenaga. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukan jogging setidaknya 20 menit per hari. Lakukan secara rutin untuk pengecilan perut yang lebih cepat.Manfaat lain dari jogging antara lain adalah:

  • Mencegah resiko kanker
  • Mengontrol dan mencegah diabetes
  • Baik untuk kesehatan jantung
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Menjaga kesehatan mental
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Meningkatkan sistem imun
  • Meningkatkan stamina
  • Memperpanjang usia harapan hidup
  • Membantu perkembangan otot

Bagi seorang pemula, ada beberapa tips untuk melakukan jogging yang bisa dilakukan seperti yang berikut ini.

  • Berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu bagi anda yang berusia lebih dari 40 tahun, tidak melakukan olahraga dalam waktu yang lama, memiliki riwayat penyakit kronis serta kelebihan berat badan
  • Mulai jogging dengan berjalan cepat selama kurang lebih 30 menit pada tiap sesi nya
  • Lakukan peregangan secara menyeluruh sebelum melakukan jogging
  • Cukupi kebutuhan tubuh akan cairan supaya terhindar dari dehidrasi
  • Rencanakan rute jogging dengan baik. Lebih disarankan jogging di area berumput Gunakan sepatu jogging yang tepat
  • Jangan berlebihan dan cukupi waktu istirahat anda
  • Jogging secara rutin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya menurunkan berat badan, jogging juga baik dalam menyehatkan jantung serta organ yang lain.

 

  1.    Konsumsi teh hijau

Teh hijau merupakan minuman sehat kaya nutrisi. Jenis teh ini banyak direkomendasikan untuk merampingkan perut yang buncit. Teh hijau juga dikenal sejak dulu sebagai obat tradisional.

Anda bisa menyeduh teh hijau menggunakan air panas lalu tunggu hingga menghangat selanjutnya konsumsi sebelum makan. Untuk proses diet, sebaiknya tidak menggunakan gula sebagai pemanisnya.

Konsumsi teh hijau menimbulkan rasa kenyang sebelum makan. Alhasil, anda akan merasa kenyang bahkan dengan sedikit makan. Teh hijau  juga bagus dalam memperlancar sistem metabolisme hingga mengatasi penumpukan lemak di perut.

Konsumsi teh hijau secara rutin untuk hasil yang maksimal. Dalam mengatasi perut yang buncit, teh hijau memiliki banyak manfaat seperti yang berikut ini.

a.  Meningkatkan pembakaran lemak

Manfaat teh hijau yang pertama adalah untuk meningkatkan terjadinya pembakaran lemak. Manfaat ini tentu bagus bagi mereka yang tengah melakukan diet sehat.

Penelitian membuktikan jika konsumsi teh hijau mampu meningkatkan pembakaran lemak hingga 17% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

b.  Mengurangi konsumsi kalori

Teh hijau mampu mengurangi konsumsi kalori karena menekan nafsu makan. Konsumsi kalori merupakan hal yang harus diperhatikan jika ingin berat badan yang ideal.

c.  Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat lain teh hijau adalah mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sistem metabolisme yang baik mampu meningkatkan keberhasilan diet yang dilakukan.

d.  Menghilangkan lemak abdominal

Jenis lemak ini bersarang di bagian kulit dan memiliki sifat yang berbahaya. Lemak ini berpotensi menimbulkan peradangan dalam tubuh, meningkatkan penyakit jantung serta terjadinya resistensi insulin.

Konsumsi teh hijau mampu membakar lemak abdominal asal dikonsumsi secara rutin.

Teh hijau bagus untuk merampingkan perut sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara umum. Hal ini tidak lepas dari banyaknya kandungan sehat di dalam teh tersebut.

Beberapa kandungan teh hijau antara lain adalah vitamin c, vitamin e, zat fluoride, mangan, kafein, L-teanin dan lain-lain.

Dengan ragam kandungan yang menyehatkan, teh hijau juga baik bagi kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati jerawat. Jerawat yang membandel memang menyusahkan. Anda bisa menggunakan teh hijau sebagai solusi.

Selain jerawat, teh hijau juga bagus untuk mencegah penuaan dini. Teh hijau mengandung polifenol yang berguna dalam menetralisir radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

  1.    Jamu kunyit asam

Tidak hanya teh hijau, jamu kunyit asam juga bagus untuk merampingkan perut. Jamu merupakan racikan yang terbuat dari produk alam menyehatkan. Pembuatannya juga mudah dilakukan. Bagi anda yang belum familiar bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Siapkan kunyit asam sebanyak ¼ kg, 2 liter air, ¼ gula jawa, garam sepucuk sendok teh dan asam jawa cukup setengah saja
  • Bersihkan kunyit lalu haluskan dengan parutan atau diblender
  • Saring air kunyit lalu rebus bersamaan dengan bahan-bahan yang tersisa
  • Tunggu hingga mendidih lalu konsumsi setelah airnya hangat.

Beberapa manfaat jamu kunyit asam untuk diet antara lain adalah:

a.  Meningkatkan proses pembakaran lemak

Mengecilkan perut yang buncit diperlukan langkah pembakaran lemak yang optimal. Diperlukan asupan yang sehat untuk membantu anda dalam melakukannya. Kunyit asam merupakan asupan tepat untuk membantu pembakaran lemak tersebut.

b.  Mengendalikan nafsu makan

Perut yang buncit salah satunya disebabkan oleh nafsu makan yang tidak terkendali. Kunyit memiliki kandungan sehat yang baik dalam mengendalikan nafsu makan. Alhasil program diet bisa dijalankan dengan lancar.

c.  Mengeluarkan racun dalam tubuh

Kunyit asam juga berperan dalam pengeluaran racun di dalam tubuh. Proses detoksfikasi membuat diet yang tengah dijalani menjadi lebih lancar dan mudah.

Racun dalam tubuh bukan hanya berpotensi memperlambat pengecilan perut namun juga buruk bagi kesehatan secara keseluruhan.

d.  Membantu kelancaran proses pencernaan

Melancarkan proses pencernaan bisa dilakukan dengan memperbanyak makanan sehat serta berserat. Anda juga bisa mengkonsumsi jamu asam kunyit untuk membantu kelancaran pencernaan anda.

Selain bagus untuk pencernaan, asam kunyit juga baik untuk metabolisme tubuh.

  1.    Konsumsi jahe dan madu

Madu merupakan salah satu produk alam dengan sejuta manfaat. Selain baik untuk kesehatan madu juga berperan dalam proses pengecilan perut secara alami.

Madu untuk mengecilkan perut bisa dilakukan dengan mencampurnya dengan jahe. Jahe sendiri merupakan salah satu produk alam yang telah dikenal dalam dunia pengobatan.

Cara membuat jahe dan madu untuk mengecilkan perut yang buncit adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 4 gelas air lalu rebus hingga mendidih
  • Tambahkan jahe yang telah dikupas dan potong kecil-kecil
  • Jika sudah matang, angkat lalu diamkan hingga airnya menghangat
  • Siapkan gelas lalu masukkan air rebusan jahe kedalamnya. Tambahkan air perasan lemon serta sesendok madu asli
  • Campur semua bahan dengan cara diaduk lalu konsumsi selagi masih hangat
  • Konsumsi ramuan menyehatkan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari. Minum saat pagi dan malam sebelum tidur. Diet akan segera berhasil asal minuman tersebut dikonsumsi secara rutin.

Baca juga :  Diet Sehat Alami Dan Cepat Dengan Melakukan Detoks

  1.    Perbanyak sayur dan buah

Buah dan sayur memiliki peran yang besar dalam menyehatkan tubuh. Kedua produk alam ini tidak  hanya mengandung vitamin namun juga zat serta gizi baik yang menyehatkan.

Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, rendah kalori serta tinggi serat. Kandungan tersebut tidak hanya bagus dalam memperkecil perut namun juga bagus untuk pencernaan.

Beberapa buah dan sayur yang baik untuk memperkecil perut antara lain adalah sebagai berikut:

a.  Semangka

Buah sehat yang satu ini identik dengan rasanya yang manis. Buah semangka tidak hanya mengandung banyak air sehingga bagus untuk menghilangkan dehidrasi namun juga bagus untuk melangsingkan badan.

Untuk memperkecil perut, semangka bisa dikonsumsi sebagai hidangan pembuka. Buah yang satu ini mengandung air hingga 91% sehingga menimbulkan rasa kenyang sebelum makan.

Semangka juga mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin B1, B6, vitamin C serta potasium dan magnesium. Kandungan tersebut membuat semangka tidak hanya baik untuk diet namun juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

b.  Mentimun

Buah untuk merampingkan perut selanjutnya adalah mentimun. Jenis buah yang satu ini rendah kalori dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya. Mentimun enak dimakan secara langsung atau dibuat sebagai lalapan dengan varian sayur yang lain.

Mengkonsumsi mentimun secara rutin mampu membersihkan tubuh dari racun sekaligus membantu mengecilkan perut yang buncit. Buah mentimun mengandung vitamin B serta vitamin C yang baik untuk kesehatan.

c.  Paprika

Paprika merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin C, karbohidrat serta kalsium yang cukup tinggi. Untuk mengecilkan perut, disarankan mengkonsumsi paprika 30 menit sebelum makan.

d.  Brokoli

Selain paprika sayur lainnya yang baik dalam mengecilkan perut adalah brokoli. Sayuran hijau yang satu ini bisa dimasak dengan cara ditumis, direbus ataupun dikukus bersamaan dengan bahan pangan yang lain.

Selain baik dalam menurunkan berat badan, brokoli juga bagus untuk menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2.

e. Tomat

Sayur dengan bentuk bulat yang satu ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Buah tomat juga mengandung antioksidan bernama likopen yang bagus dalam mengatasi kanker, mengurangi keriput hingga mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Jika dikonsumsi secara teratur tomat mampu mengurangi berat badan secara efektif. Sayur yang satu ini bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dibuat jus yang sehat.

Buah dan sayur mengandung serat yang bagus untuk pencernaan. Buah dan sayur juga bagus dalam mempersehat tubuh secara keseluruhan.

  1.    Cukupi tidur

Mencukupi tidur tidak hanya mengurangi stres serta menghilangkan rasa lelah namun juga memiliki kaitan erat dalam penurunan berat badan. Mereka dengan waktu tidur yang singkat berpotensi memiliki timbunan lemak di sekitar organ tubuh.

Kelebihan tidur juga juga memiliki potensi buruk yang sama yaitu penimbunan lemak di area perut. Penting bagi anda untuk tidur selama 8 jam dan dilakukan secara konsisten.

Jam tidur yang tidak konsisten dapat membingungkan waktu sirkadian tubuh serta melepaskan hormon yang dapat memicu penimbunan lemak.

Selain bagus dalam meningkatkan penurunan berat badan, tidur juga memiliki banyak manfaat lain seperti yang berikut ini.

  • Meningkatkan kualitas hidup
  • Mencegah peradangan
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Mengurangi stres dan lain-lain

Dengan banyaknya manfaat tidur di atas, ada baiknya anda mencukupi kebutuhan tidur harian anda. Kecukupan tidur juga mengurangi resiko terjadinya kecelakaan dalam berlalu lintas.

Banyak sekali kejadian lalu lintas yang terjadi akibat sopir dalam kondisi ngantuk. Kondisi ini memicu tidak maksimalnya organ tubuh dalam bekerja bahkan penglihatan yang kabur. Akibatnya resiko terjadinya kecelakaan menjadi semakin besar.

Bagi anda yang bekerja atau pergi ke sekolah menggunakan kendaraan sebaiknya mencukupi kebutuhan akan tidur untuk menghindar hal-hal yang tidak diinginkan sepanjang jalan.

Pastikan anda memiliki waktu tidur berkualitas tanpa sering terbangun di tengah malam. Memiliki tidur nyenyak membuat anda merasa lebih segar saat terbangun di keesokan paginya.

Memiliki perut yang ramping dan ideal merupakan idaman bagi semua orang. Sayangnya pola hidup yang tidak sehat membuat banyak orang mengalami kelebihan berat badan hingga berpotensi terkena obesitas. Ikuti tips-tips di atas untuk membuat tubuh lebih ramping dengan berat badan yang ideal.

Baca juga:

Ingin Hidup Sehat Sepanjang Masa? Lakukan 9 Hal Unik Ini

3 Komponen Utama Hidup Sehat Untuk Bugar Seumur Hidup    

Cara melakukan diet sehat secara alami dan praktis untuk menurunkan berat badan


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat