Maag Kronis: Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit

Beri tahu teman-teman Anda

Maag disebut kronis apabila frekuensi kambuhnya mencapai lebih dari 2 kali dalam seminggu. Biasanya, kondisi ini sangat mengganggu aktivitas, karena sifat maag kronis cenderung berulang dan tahan lama.

Maag-Kronis-dan-Cara-Mengatasinya
Maag kronis dan cara mengatasi gejala.

Jika Anda punya resiko yang cukup tinggi, jangan terpikir untuk membiarkan maag kronis tanpa perawatan yang tepat. Ini dapat berakibat sangat fatal. Segeralah mencari bantuan medis atau mengonsumsi obat maag agar tidak timbul komplikasi yang berat.

Tapi, kalau mampu mencegahnya, tentu hal ini akan lebih baik. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mencegah maag kronis melalui gaya hidup bebas stress. Yuk disimak.

Artikel Terkait:
5 Cara Membersihkan Usus Agar Bebas Penyakit Kronis
6 Ciri Asam Lambung Naik & Cara Tepat Mengatasi
5 Macam Sakit Kepala dan Cara Mengobatinya

Penyebab Maag Kronis Menurut Sains

Mengutip informasi dalam jurnal psikologi di situs web UGM, penyebab tukak lambung ada 5 jenis, yaitu faktor konstitusi (bawaan), lingkungan, bakteri, efek samping obat, dan sosial.

Faktor konstitusi maksudnya ialah maag terjadi karena faktor genetis, yakni gen yang diturunkan secara autosomal. Sedangkan, variabel lain seperti : kebiasaan buruk, konsumsi alkohol, makanan pedas, dan semacamnya disebut faktor lingkungan.

Baca Juga: 6 Makanan Pereda Maag & GERD

Lalu, yang dimaksud dengan faktor bakteri ialah maag dipicu oleh aktivitas bakteri gastrointestinal, seperti Helicobacter pylori. Infeksi ini biasanya ditularkan dari orang ke orang. Helicobacter pylori sendiri dapat mengontaminasi makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Nah, lain lagi jika Anda mengalami maag karena mengonsumsi obat tertentu. Hal ini disebut faktor efek samping obat. Beberapa obat memang memiliki efek merusak lambung, sehingga bisa menipiskan lapisan pelindung serta membuat luka.

Sementara itu, yang dimaksud dengan faktor sosial adalah maag terjadi karena adanya pengaruh stress, rasa cemas, atau ketegangan yang berkepanjangan. Menariknya, sekitar 80 persen penyakit tukak lambung justru diakibatkan oleh hal ini, lho. Mengejuykan bukan?

Baca Juga: GERD: Tanda, Gejala, dan 6 Cara Atasi Secara Alami

Selain stress, beban pekerjaan serta kualitas tidur yang buruk juga turut menaikkan produksi cairan asam di lambung.

Gaya Hidup Bebas Stress Bantu Atasi Maag Kronis

Anda sudah tahu bahwa stress memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama lambung. Karenanya, jangan pernah menyepelekan hal ini lagi. Mulai sekarang, tingkatkan kebahagiaan diri dan terapkan hidup sehat untuk meminimalisir resiko maag kronis.

Nah, bicara tentang gaya hidup yang tepat, kira-kira seperti apa sih gambaran idealnya? Apakah Anda sudah menjalaninya dengan benar atau perlu sedikit koreksi? Atau jangan-jangan harus reset dari awal, hehe.. Simak kiatnya di bawah ini ya.

Baca Juga: GERD: Tanda, Gejala, dan 6 Cara Atasi Secara Alami

#1. Hindari stress dan ketegangan

Merasakan cemas sesekali itu wajar, tapi kalau terlalu sering, hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda.

Stress yang muncul dapat menaikkan produksi asam lambung sehingga membuat maag kronis sering kambuh. Beberapa penyebab stress yang perlu Anda hindari ialah : aktivitas padat, mobilitas tinggi, serta beban kerja berat.

Solusinya, kurangi aktivitas dan cukupkan istirahat. Jangan menunda tidur walaupun Anda sedang sibuk. Karena, menjaga kualitas istirahat sama saja dengan mengurangi stress.

Baca Juga: Sesak Napas Karena Maag? 5 Cara Ini Bantu Atasi Gejala

#2. Disiplin mengatur pola makan

Pola makan yang tidak teratur dapat meningkatkan resiko maag kronis. Jadi, susunlah jadwal makan sebaik mungkin.

Pilihlah makanan yang alami dan sehat. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan instan maupun processed food. Sebab, tipe makanan seperti ini berpotensi merusak lapisan lambung. Dalam waktu lama, hal ini juga bisa memperburuk kondisi maag kronis.

Baca Juga: Berdamai Dengan Maag & GERD Jadi Mungkin Dengan Detox

#3. Berusahalah rileks

Menurut hasil penelitian, kelelahan yang terus menerus dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan lambung.

Kondisi seperti ini tentunya harus Anda hindari jika ingin terbebas dari maag kronis. Bersantailah sejenak. Dalam kondisi rileks, organ – organ tubuh bisa berfungsi lebih baik. Anda pun terhindar dari kambuhnya maag kronis.

Kondisi santai juga membuat saraf parasimpatetis bekerja lebih aktif, sementara kinerja syaraf simpatetis menurun, sehingga dapat membuat banyak organ tubuh merasa ‘rileks’ dan ‘tidak cepat mengeluh’.

Baca Juga: Tips Berdamai Dengan Maag & GERD ala IT’s Buah

#4. Keempat, terapkan gerakan 3 Tepat.

Untuk benar-benar menekan resiko maag kronis, Anda perlu mempraktikkan gerakan 3 Tepat, yaitu tepat waktu, tepat nutrisi, dan tepat solusi. Gimana sih maksudnya?

Tepat waktu disini ialah jadwal makan yang teratur. Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

Membiarkan lambung kosong hanya akan membuat produksi asam lambung meningkat. Jadi, jangan biasakan hal ini kalau Anda tak ingin melukai lambung.

Sebaiknya, Anda juga menghindari kebiasaan makan setelah beraktivitas berat. Beri jeda 30 menit, agar maag kronis tidak kambuh. Kalau perlu, nyemil saja di sela – sela waktu makan untuk mencegah refluks asam serta menahan keinginan makan dalam porsi besar.

Kunyah makanan dengan baik dan tidak terburu-buru supaya tidak membebani saluran pencernaan. Setelah makan, hindari melakukan aktivitas berat ataupun berbaring karena dapat mengganggu proses pencernaan.

Baca Juga: Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag dan GERD

Kata kunci berikutnya adalah tepat nutrisi. Maksudnya, dalam memilih makanan, Anda harus memerhatikan gizi seimbang. Piring Anda mesti mencakup sekitar:

  • 50 sampai 60 persen karbohidrat,
  • 10 sampai 15 persen protein,
  • 20 – 30 persen lemak, dan
  • sayur dalam jumlah yang mencukupi.

Anda perlu menghindari makanan dan minuman yang merangsang produksi asam lambung, seperti makanan bercita rasa masam atau pedas. Kopi serta minuman bersoda juga sebaiknya dikurangi. Hentikan pula kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Kata kunci terakhir adalah tepat solusi. Maksudnya, Anda harus memilih perawatan yang tepat untuk mengatasi maag kronis.

Pengobatan maag kronis sendiri bisa dilakukan melalui cara non-farmakologi, seperti melalui gaya hidup dan pola makan teratur.

Baca Juga: Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!

Dan, bisa juga melalui cara famakologi. seperti minum obat-obatan untuk menekan produksi asam lambung atau mengatasi kuman-kuman yang menginfeksi lambung.

Konsumsi Cold Pressed Juice

Perlu diingat, mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat adalah cara efektif untuk mengatasi maag kronis. Makanya, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat setiap hari. Cold-pressed juice dari IT’s Buah merupakan salah satu contoh minuman yang direkomendasikan untuk penderita maag kronis.

Minuman ini terbuat dari campuran buah atau sayuran yang masih segar. Prosesnya menggunakan teknologi high pressure (HPP), bukan blender, sehingga mampu menjaga nutrisi buah tetap utuh (80-90%). Anda pun bisa memperoleh manfaat yang lebih maksimal ketimbang mengonsumsi jus biasa.

Baca Juga: Cara Mengobati Maag Kronis: 7 Metode Alami & Aman

Menurut Jansen Ongko, ahli nutrisi serta narasumber gaya hidup sehat, jus seperti cold-pressed juice ini memiliki karakteristik tahan lama dan kandungan nutrisinya bisa diserap secara maksimal apabila diminum secara langsung, tidak lama disimpan.

Selain itu, penggunaan teknologi HPP juga membuat resiko kontaminasi bakteri sangat kecil. Sebab, tidak ada kontak langsung dengan kandungan produk. Karenanya, minuman ini cocok untuk dikonsumsi oleh penderita maag kronis.

Artikel Terkait:
Berdamai Dengan Maag & GERD Jadi Mungkin Dengan Detox
Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!
8 Makanan untuk Sakit Maag & Minuman Anti Asam Lambung

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *