Mau Detoks Tapi Punya Masalah Lambung?

Beri tahu teman-teman Anda

Detoks memiliki salah satu manfaat menstabilkan berat badan, yang mana merupakan impian hampir semua orang. Namun memiliki masalah maag terkadang menjadi penghalang. Tapi tahukah kamu kenyataannya detoks juice fasting ternyata memiliki manfaat untuk bantu penyembuhan maag. Simak selengkapnya dibawah ini yuk!

mau detoks tapi punya masalah lambung

Halo, Sahabat Sehat!

Memiliki berat badan ideal adalah impian bagi sebagian besar orang. Faktanya, sebanyak 39% penduduk dunia saat ini mengalami kelebihan berat badan. Selain dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan psikologis seseorang, kelebihan berat badan juga mempunyai pengaruh buruk untuk kesehatan.

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, Anda akan lebih rentan terserang penyakit-penyakit berbahaya, seperti stroke, diabetes dan penyakit jantung.

Keberhasilan diet dapat dicapai dengan merubah pola pikir, konsisten dalam berolahraga dan yang paling penting mengatur pola makan. Dengan menyeimbangkan jumlah kalori yang dikonsumsi dan melengkapi kebutuhan nutrisi harian, Anda bisa mendapatkan berat badan ideal namun tetap sehat dan berenergi. 

Saat ini terdapat banyak sekali cara untuk menurunkan berat badan. Melakukan detox dengan metode juice fasting merupakan salah satu cara ampuh yang banyak digunakan untuk menurunkan berat badan sekaligus menguras racun di dalam tubuh.

Namun bagaimana untuk mereka yang memiliki masalah maag (asam lambung)? Apakah detox juice fasting aman dan dapat dilakukan oleh semua orang? Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Baca Juga : Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!

Cara Kerja Detoks Juice Fasting

Setiap hari tubuh kita akan menghasilkan racun yang berasal dari proses metabolisme tubuh. Selain racun dari dalam tubuh, secara tidak sadar kita juga terpapar racun dari luar. Racun tersebut bisa berasal dari udara yang kita hirup atau makanan dan minuman yang kita konsumsi. 

Detoksifikasi atau yang lebih populer dengan sebutan detox adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Tubuh manusia sebenarnya mempunyai mekanisme sendiri untuk melakukan detox secara alami. Organ-organ seperti ginjal, hati, usus, kulit dan paru-paru akan memproses dan mengeluarkan racun dalam bentuk, urin, feses, keringat dan pernapasan.

Namun, jika racun yang masuk terlalu banyak, racun tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti:

  • Sering merasa lelah
  • Susah fokus
  • Sulit tidur
  • Sembelit
  • Muncul jerawat di wajah 
  • Bau badan atau bau mulut yang tidak sedap
  • Berat badan yang tidak stabil
  • Tubuh sering terasa kaku dan pegal

Jika Anda mengalami keluhan seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, mungkin Anda membutuhkan detox tambahan agar badan menjadi lebih sehat.Terdapat berbagai metode detox yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah detox juice fasting.

Metode ini merupakan metode detox dengan menghentikan asupan makanan dan minuman dan hanya mengonsumsi cold pressed juice dan air putih dalam jangka waktu tertentu. Biasanya detox juice fasting dilakukan selama 3-10 hari. Intinya, detox juice fasting akan menjaga proses detox alami agar dapat berlangsung selama seharian penuh. Berikut adalah cara kerja detox juice fasting:

#1 Organ-organ pada sistem pencernaan akan berisitirahat

Saat menjalankan metode detox juice fasting, organ-organ pada sistem pencernaan akan memiliki waktu untuk beristirahat karena tidak ada asupan makanan padat yang harus dicerna. Hal ini membuat tubuh dapat mengalihkan energinya untuk proses pemulihan dan pembuangan racun. Di samping itu, dengan membatasi jumlah kalori yang masuk, tubuh Anda menggunakan cadangan lemak dan gula dalam tubuh sebagai sumber energi.

#2 Mengurangi asupan tidak bergizi, memenuhi kebutuhan nutrisi

Dengan hanya mengonsumsi jus buah dan sayur, Anda sudah mengurangi asupan makanan dan minuman yang tidak bergizi sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu konsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus akan mempermudah penyerapan nutrisi karena tidak membutuhkan banyak enzim dan pergerakan otot. 

#3 Tubuh lebih segar karena hormon kembali seimbang

Kandungan vitamin, mineral dan senyawa anti-inflamasi pada jus buah dan sayur dapat memperkuat daya tahan tubuh, meningkatnya metabolisme, dan mengembalikan keseimbangan hormon sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar

#4 Proses pembuangan racun dari dalam tubuh

Asupan cairan yang cukup dari jus dan air putih akan membuat tubuh terhidrasi dan  mempercepat proses pembuangan racun dari dalam tubuh melalui urin atau keringat.

Baca Juga : Punya Masalah Maag? Bukan Penghalang Untuk Detoks

Manfaat Juice Fasting Untuk Pencernaan

Kesehatan sistem pencernaan sangat berkaitan erat dengan daya tahan tubuh. Jika saluran pencernaan terganggu, maka penyerapan nutrisi akan terhambat. Alhasil, daya tahan tubuh pun ikut menurun. Detox juice fasting mempunyai banyak sekali manfaat untuk sistem pencernaan, terutama untuk lambung. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

#1. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada jus akan melancarkan proses pencernaan dan pembuangan racun. Serat dapat membantu menyerap air sehingga membuat feses menjadi lebih lunak. Dengan buang air besar secara teratur (minimal 3-4 kali dalam seminggu), Anda dapat meningkatkan mood, mencegah penumpukan racun di dalam tubuh, dan menjaga kesehatan usus besar. 

#2. Membantu memulihkan kondisi organ pencernaan

Dengan memberikan waktu istirahat untuk organ pencernaan, energi yang biasanya digunakan untuk mencerna makanan akan digunakan untuk proses regenerasi sel yang rusak. Selain itu produksi asam lambung juga akan menurun sehingga mengurangi rasa nyeri pada penderita maag. 

#3. Menjaga keseimbangan bakteri di perut

Bakteri-bakteri baik yang terdapat di dalam sistem pencernaan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan nutrisi, menjaga metabolisme hingga mempengaruhi mood dan tingkah laku manusia.

Dalam keadaan seimbang, jumlah bakteri baik berkisar antara 85% – 90%. Bila keseimbangan ini terganggu, maka akan menimbulkan berbagai keluhan kesehatan seperti gangguan pencernaan, jerawat kulit, dan rentan terserang penyakit lain. Jumlah bakteri baik dapat dijaga dengan banyak mengonsumsi serat, buah dan sayur. 

Paket Detoks dari IT’s Buah

Paket detox dari IT’s Buah sudah diformulasikan khusus sehingga aman untuk lambung. Di dalam paket detox ini terdapat varian buah dan sayur yang kaya akan enzim protease.

Salah satu fungsi enzim protease adalah untuk membantu mempercepat penyembuhan iritasi pada lambung. Selain itu, paket detox dari IT’s Buah juga memiliki kandungan mineral utuh dari buah dan sayur yang bermanfaat untuk menurunkan kadar keasaman lambung. Sehingga Anda bisa melakukan detox tanpa khawatir asam lambung naik. 

Selama melakukan detox, jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas fisik ya! Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan, Anda dapat meningkatkan laju metabolisme sekaligus membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat, sehingga proses detox dapat berjalan dengan lebih optimal.

Ayo tunggu apa lagi! Segera mulai perjalanan detox Anda bersama IT’s Buah.

Baca Juga : Cara Mengobati Maag Kronis : 7 Metode Alami & Aman


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *