Mengubah Kebiasaan Aktivitas Fisik di Tahun yang Baru

Beri tahu teman-teman Anda

Momen awal tahun seperti sekarang ini merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki diri, banyak hal yang bisa kita ubah, salah satunya adalah kebiasaan aktivitas fisik. Simak pembahasannya bersama Pak Mury Kuswary berikut ini yuk!

Mengubah Kebiasaan Aktivitas Fisik di Tahun yang Baru

Halo Sahabat Sehat, masih dalam suasana awal tahun seperti ini pembahasan kita tidak jauh dari memperbaiki diri dan resolusi. Pada hari Kamis 14 Januari 2021 lalu IT’s Buah kembali mengadakan Live Instagram. Kali ini membahas tentang kebiasaan aktivitas fisik bersama Pak Mury Kuswary seorang Sport Nutrisionist. Lihat selengkapnya yuk!

Resolusi Sehat dan Aktivitas Fisik

“Singkatnya aktivitas fisik adalah kegiatan yang menggunakan otot dan menghasilkan energi.” Tutur pria yang akrab disapa Mury ini.

“Sebenarnya ada perbedaan antara aktivitas fisik, olahraga, dan latihan. Aktivitas fisik adalah kegiatan apapun yang menggunakan otot dan mengeluarkan kalori. Kemudian jika kita masuk ke level berikutnya yaitu olahraga, adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur, terencana, terstruktur, dan ada peningkatan. Lalu meningkat satu level lagi menjadi latihan, dimana aktivitas fisik yang kita lakukan mengalami peningkatan beban dan mencapai level optimal dari kemampuan tubuh kita. Jadi sebenarnya yang setiap orang bisa dan perlu lakukan adalah aktivitas fisik ini.” Tambahnya

Menurutnya dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, setiap orang ingin memiliki imunitas tubuh yang lebih baik dan lebih bugar. Jadi di tahun 2021 ini, hal yang wajar sebagian besar dari kita ingin meningkatkan kapasitas diri dan konsistensi dalam menjalankan aktivitas fisik guna mendapatkan tubuh yang sehat.

Mengubah Kebiasaan Aktivitas Fisik di Tahun yang Baru

Tantangan dan Tips Mengatasinya

Banyak orang berwacana di tahun 2021 ingin menjadi lebih sehat, tapi biasanya banyak faktor yang menggagalkan rencana ini. Apasih yang biasanya menjadi penyebab gagalnya dalam menjalankan resolusi sehat tersebut?

#1 Tidak sabar, maunya instan

Sahabat Sehat, mungkin alasan ini terdengar cukup klise ya. Namun pada kenyataannya kasus ini memang benar dan paling sering terjadi pada banyak orang yang gagal loh.

Contohnya dalam membentuk kebiasaan untuk beraktivitas fisik. Jika sebelumnya kita terbiasa dengan kebiasaan sedentary life, kemudian ingin kurus atau mendapatkan berat badan ideal tiba-tiba menentukan resolusi untuk berolahraga 30 menit sehari. Bukan hal yang aneh jika kita akan berhenti di tengah jalan ya Sahabat Sehat.

#2 Malas atau tidak semangat 

Malas memang menjadi salah satu alasan terkuat untuk menghalangi seseorang bertumbuh ya Sahabat Sehat. Tapi tahukah kamu sebenarnya ini ada hubungannya dengan cara kamu menentukan resolusi di awal loh.

Menurut pak Mury resolusi yang melebihi batas kemampuan yang membuat seseorang kehilangan semangat dan motivasi. Jadi lebih baik kamu mulai dari hal yang paling sederhana. “start slow go slow, mulailah dengan level diri kita sendiri. apa yg bisa saya lakukan? Peregangan 5 menit, ya lakukanlah! se-simple itu.” Tuturnya

#3 Niat dan Punishment

Saya sudah buat resolusi sesuai kemampuan diri, tapi kenapa masih gagal juga ya? berhenti di tengah jalan.

Setelah kita sudah tentukan goals, dan jenis aktivitas fisiknya terkadang kita melupakan satu hal penting ini. Niat nya sudah bagus tapi kok masih gagal? mungkin kamu perlu siapkan juga punishment ketika kamu tidak mencapai satu tujuan tersebut. Karena dengan adanya punishment membuat kamu lebih disiplin dan memiliki alasan yang lebih kuat untuk berhasil.

Mengubah Kebiasaan Aktivitas Fisik di Tahun yang Baru

Sesi Tanya Jawab

Pertanyaan : Aktivitas fisik yang baik untuk ibu hamil di masa pandemi itu seperti apa?

Jawaban : Jalan di rumah, jalan jinjit, aktivitas fisik ditingkatkan, dengan menggunakan bola, sofa, terjadi peningkatan jantung & peredaran darah tergantung kemampuan. Yang penting dilakukan secara rutin. Trimester 1 dikurangi aktivitas yang ada tension di sekitar perut.

Pertanyaan : Pengertian dari olahraga BBTT (Baik Benar Teratur Terukur)? Bagaimana mengkombinasikan olahraga cardio dan olahraga beban untuk pemula yang IMT normal tapi masa lemaknya tinggi?

berdamai-dengan-maag-gerd

Jawaban : Porsi tepat, gerakannya benar. Olahraga itu harus fit, frekuensi, intensity and time. Frekuensi : seminggu 3x. Intensity : kualitas latihan (berat, sedang, ringan) berdasarkan denyut nadi, jarak, dan beban yang diangkat atau dengan density yaitu waktu istirahat yang dikurangi.

Cara menghitung denyut nadi maksimal= 220-umur = 220-20 thn = 200x/menit

Massa lemak yang diturunkan = olahraga 55-75% dari denyut nadi

Kombinasi olahraga cardio dengan olahraga berat

Glikogen otot dipakai berlebihan sehingga saat olahraga nanti sudah lelah dan akan ada resiko cidera. Hasilnya jadi tidak maksimal. Baiknya latihan ringan dlu sebagai warming up sebelum cardio.

Pertanyaan : Aktivitas fisik selama pandemi, bentuknya bisa seperti apa aja sih? Perlu dukungan asupan seperti apa?

Jawaban : Yang perlu diketahui yaitu limit di diri kita. Dengan latihan terlalu berat justru membuat sistem imun menurun. Lakukan yang disukai. Makanannya yang disukai, bergizi, lengkap dan beragam.

Pertanyaan : Apakah aktivitas fisik yang bisa mengurangi berat badan? Contoh aktivitas fisiknya yang bisa dibilang olahraga?

Jawaban : Prinsip dari olahraga digunakan dalam aktivitas fisik itu bisa disebut olahraga. Misal lagi nyuci sambil squat. 

Konsep dasar dalam melakukan aktivitas fisik atau olahraga agar tidak salah sasaran itu bagaimana?

  1. Tahu goalsnya. Misal ingin turun berat badan beberapa kilogram.
  2. Tahu jenis olahraga yang diri kita sukai
  3. Start dari diri sendiri

Batas jeda waktu tubuh tidak melakukan olahraga : selama 48-72 jam karena tubuh butuh kesesuaian (reversibility) dan recovery untuk masa protein sintesis. Olahraga itu tidak perlu setiap hari. Recovery-nya tidak pasif. Misal pagi hari latihan berat, lalu sore hari latihan ringan.

Wah, Sahabat Sehat sangat menginspirasi ya. Nah, siapa nih yang udah mulai ada semangat wujudkan aktivitas fisik sebagai resolusi tahun baru?, semangatnya udah bagus sekarang tinggal tindakannya aja yang dipertahankan ya!. Sahabat Sehat, jangan lupa juga, untuk saksikan terus Live Instagram IT’s Buah di akun instagram dan Youtube sehat bareng IT’s Buah, setiap hari kamis pukul 16.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya!

Konsultasi Detoks


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *