Menjadikan Detoks Sebagai Salah Satu Resolusi 2021

Beri tahu teman-teman Anda

Satu dari sekian resolusi tahun 2021 ini pastinya adalah ingin hidup lebih sehat. Detoks bisa kamu jadikan salah satu dari list resolusi tersebut. Simak lebih lanjut yuk!

Menjadikan Detoks Sebagai Salah Satu Resolusi 2021

Halo, Sahabat Sehat!

Tahun 2020 pasti akan terus membekas di ingatan kita semua ya. Dimana selama lebih dari setahun dunia dilanda dengan pandemi COVID-19, yang mengharuskan kita untuk melakukan kebiasaan hidup bersih dan menerapkan social distancing. Jika sebelumnya gaya hidup sehat bukanlah topik yang menarik, seketika berubah menjadi hal yang setiap orang perbincangkan dan ingin terapkan. 

Tidak mengherankan jika awal tahun 2021 ini menjadi momen yang tepat untuk setiap orang memulai atau membangun kebiasaan hidup sehat dengan membuat resolusi sehat di awal tahun. Ada banyak hal yang bisa kita jadikan bagian dari resolusi sehat tahun ini Sahabat Sehat!, salah satunya adalah detoks.

Bagaimana Detoks bantu Wujudkan Resolusi Sehat?

Menjadikan Detoks Sebagai Salah Satu Resolusi 2021

Setiap hari tubuh kita terpapar oleh racun, baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Baik dari makanan atau obat-obatan yang kita makan, bahan kimia yang kita gunakan, atau dari sisa-sisa hasil metabolisme yang dilakukan tubuh. 

Karena hal tersebutlah, yang membuat tubuh kita memerlukan detoks. Tubuh kita juga memerlukan waktu untuk beristirahat sejenak dan membersihkan dirinya Sahabat Sehat!

Lalu, bagaimana cara agar tubuh kita dapat melakukan detoks diri sendiri? Dalam buku Juice Fasting and Detoxification, Steve Meyerowitz menjelaskan ada 2 cara yaitu;

#1 Berpuasa

Cara pertama agar tubuh dapat melakukan detoks diri sendiri adalah dengan cara berpuasa. Ketika kita berpuasa, racun, ampas, sel mati, jaringan rusak, dan kelebihan lemak yang menumpuk akan dibakar dan dikeluarkan dari tubuh. 

Ketika ‘sampah-sampah’ tubuh tersebut berhasil keluar, secara otomatis sel-sel tubuh diberi kesempatan memperbarui (rejuvenate) diri setelah sekian lama bekerja keras.

#2 Detoks dengan Jus

Selain berpuasa, Sahabat Sehat pun bisa melakukan detoks dengan cara mengonsumsi jus. Bila tidak memiliki penyakit tertentu, konsumsi jus ini dilakukan paling tidak satu kali setiap bulan selama 3 atau 4 hari. Jika terasa berat, 3 bulan sekali juga sudah cukup baik.

Tips Menjadikan Detoks sebagai Resolusi

Menjadikan Detoks Sebagai Salah Satu Resolusi 2021

Sahabat Sehat menjadikan detoks sebagai resolusi memang bukanlah hal yang mudah. Ketika awal melakukan detoks mungkin kita akan merasakan gejala-gejala yang kurang mengenakan. Seperti kerap didera sakit kepala, mudah lapar, lemas, berkeringat, bau badan, dan sebagainya. 

Ketika memutuskan untuk menjadikan detoks sebagai sebuah resolusi, artinya kita siap untuk berkomitmen melakukannya secara rutin dan menjadikannya  bagian dari habit sehat kita.

Berikut ini beberapa tips yang itsbuah sediakan untuk Sahabat Sehat yang memutuskan menjadikan detoks sebagai bagian dari resolusi tahun 2021.

  •  Lakukan Predetox Traning

Sebagian besar dari kita tahu jika menjalani detoks tidaklah mudah, dan sangat banyak tantangannya. Maka dari itu tak ada salahnya melakukan predetox training untuk membantu tubuh kita mempersiapkan dari segi mental dan fisik. 

Misalnya, kita bisa detoks tidak langsung 3 hari berturut-turut. Cobalah diselang-seling. Hari ini detoks, besok tidak, dan lusa detoks lagi. Lakukan latihan pre-detoks ini selama 3 minggu. Dengan demikian, tubuh kamu akan terbiasa dengan perubahan dari makanan padat ke bentuk cairan.

  • Tidak perlu lama asal konsisten

Jika dibandingkan, detoks 3 hari dan 7 hari memang akan terasa lebih banyak manfaatnya ketika kita melakukan detoks 7 hari. Namun apa artinya kalau setelah kita detoks 7 hari kemudian kita tidak melakukan detoks lagi selama berbulan-bulan? Malah semakin banyak racun yang akan menumpuk dalam tubuh kita.

Jadi akan sangat baik kalau Sahabat Sehat memilih untuk melakukan detoks yang tidak terlalu lama tapi berkomitmen untuk melakukannya rutin dan konsisten, contohnya seperti melakukan detoks 3 hari selama 1 kali sebulan.

  • Perbaiki Mindset buat Detoks Terasa Lebih Menyenangkan

Sahabat Sehat!, Dalam melakukan detoks pasti akan ada tantangan yang dihadapi itulah yang mungkin membuat sebagian besar orang menyerah di tengah jalan atau bahkan berhenti sepenuhnya untuk melakukan detoks. 

Padalah seharusnya detoks bisa jadi cara yang fun untuk kamu menjaga kesehatan. Detoks akan lebih berhasil jika kamu menikmatinya, jika kamu stress itu tidak akan maksimal karena tubuhmu sebenarnya terpaksa melakukannya.

Sebelum memutuskan untuk detoks, kamu harus punya mindset dulu bahwa hal ini kamu lakukan bukan karena kamu gemuk, dan ingin kurus bukan itu satu-satunya tujuan. Anggap detoks sebagai salah satu cara kamu belajar hobi baru, perlahan kamu akan terbiasa dan menjadikannya hal yang ahli untuk kamu lakukan.

Nah Sahabat Sehat!, gimana apa kamu sudah tentukan resolusi sehatmu untuk tahun 2021 ini? Mungkin ini bisa menjadi pertimbangan kamu nih untuk memasukkan detoks sebagai salah satu dari list resolusi sehat tahun ini. Jangan lupa ikuti instagram @sehatbarengitsbuah karena akan membahas seputar tips dan saran resolusi tahun 2021! Jangan ketinggalan ya Sahabat Sehat!


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *