Merubah Pola Makan Dapat Mempengaruhi Pemanasan Global

Pernah berpikir untuk diet sambil menyelamatkan bumi dan umat manusia dari kepunahan? Kalau anda adalah orang yang ingit sehat sekaligus menjaga lingkungan, mungkin anda pernah berpikir demikian.

Manusia memang butuh makanan untuk bertahan hidup. Tetapi bagi sebagian besar manusia modern, aktivitas makan bukanlah sekedar untuk bertahan hidup, namun telah menjadi budaya konsumtif dan pelepasan nafsu atau selera yang terkadang tidak lagi terkontrol.

Makan memang mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan. Bayangkan bila anda seharian berpuasa atau tidak sempat sarapan dan makan siang, maka kepuasan dan rasa kenyang yang anda dapatkan ketika makan malam sangat menyenangkan.

Namun, produksi makanan dalam skala global juga mempengaruhi dan akan meningkatkan suhu bumi sebesar 2 derajat celsius dalam beberapa tahun ke depan, apabila kita tidak mengambil tindakan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science, industri makanan akan memproduksi 1,356 gigaton karbondioksida yang akan membuat suhu bumi meningkat. Selain itu, 83% lahan agrikultural dipakai oleh industri peternakan dan membuat lahan hijau untuk hutan makin berkurang.

Meskipun faktanya cukup mengejutkan, belum terlambat bagi kita untuk menyelamatkan bumi dengan memperbaiki diet atau pola makan yang kita jalani.

CHANGE YOUR DIET, CHANGE THE FUTURE

Ultraprosessed Food, atau makanan yang telah diolah berkali-kali sebelum sampai ke piring anda seperti mie instant, kopi instant dan sebagian besar produk pabrikan yang ada di supermarket, telah mendominasi lebih dari 60 persen dari makanan yang rata-rata orang modern konsumsi akhir-akhir ini.

Loading...

Bukan hanya karena murah dan mudah diolah, produk makan olahan seperti ini juga sangat mudah didapatkan meskipun kita tahu pengaruh makanan seperti ini kurang baik untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Industri peternakan, pertanian dan Industri pengolahan makanan modern digabung menjadi satu telah menjadi penyumbang sampah terbesar dan bahkan penyebab pemanasan global. Untuk itu apa yang kita pilih untuk makan bisa menjadi solusi masa depan.

Ilmuwan menyarankan beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk membantu bumi bertahan lebih lama.

1. Pilih sumber makanan dari lokal yang dekat dan sehat.

Dengan mengambil bahan baku seperti buah dan sayur dari petani lokal (bukan import), anda telah mengurangi emisi yang diperlukan untuk mendatangkan bahan baku tersebut dari luar negeri. Terlebih lagi apabila anda bisa memilih bahan baku makanan yang segar dan belum mengalami proses pengolahan, itu juga akan membantu mengurangi energi yang terbuang untuk memprosesnya.

2. Makan secukupnya dan tidak berlebihan.

Setiap kali kita mengolah makanan, kita meninggalkan sisa berupa sampah. Apabila kita lebih banyak membeli produk olahan pabrik, maka sampah tersebut makin banyak; berupa plastik, bungkus, styrofoam dan kaleng.

Dengan membiasakan makan secukupnya, kita telah membantu mengurangi sampah dan polusi yang diaktibatkannya.

3. Adopsi pola makan nabati (Plant Based Diet)

Tidak dipungkiri, sebagian besar orang akan susah untuk tidak mengkonsumsi produk daging dan turunannya seperti susu dan telur. Tetapi dengan memperbanyak konsumsi makanan berbasis nabati, anda telah membantu mengurangi kebutuhan akan peternakan yang merupakan penyumbang terbesar dalam pemanasan global, pemakaian air dan konversi lahan hijau.

Beberapa pilihan Plant Based Diet antara lain Vegan, Vegetarian, Flexitarian dan Mediteranian Diet yang lebih banyak menyarankan konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan.


Diet Yang Ramah Lingkungan

Jadi, tidak mustahil buat anda yang ingin tetap cantik dan langsing sambil menjaga kelestarian lingkungan dengan menerapkan pola hidup yang ramah lingkungan, mengurangi sampah dan mengadopsi pola makan nabati (plant based diet).

IT’s Buah juga mendukung gerakan #ramahlingkungan dengan menggunakan botol kaca yang bisa dipakai berkali-kali daripada botol plastik yang sekali pakai dan terbuang menjadi sampah.

Selain itu, buah dan sayur yang digunakan dalam Cold-pressed Juice diambil dari petani lokal karena kami percaya kualitasnya lebih baik dan menyegarkan dibandingkan dengan buah impor.

Apabila anda yang masih penasaran bagaimana caranya menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan ini, anda bisa ikuti IG Live Session bersama M Alfatih Alfien, S.Tr.Gz Ini.

IG Live Session: Tetap Cantik & Langsing Sambil Menjaga Bumi: Jenis Diet Untuk Pecinta Lingkungan & Hewan

IT's Buah IG Live - Tetap Cantik dan Langsing Sambil Menjaga Bumi

Anda bisa memberikan pertanyaan langsung kepada nara sumber dan tentang semua hal yang berkaitan dengan diet yang ramah lingkungan dan gaya hidup sehat menyenangkan bersama IT’s Buah.

Selain dapat kesempatan menangkan Cold-pressed Juice GRATIS, anda juga bisa dapatkan rekaman materi IG Live Session besrta rangkumannya bila mendaftarkan diri di form di bawah ini:

Loading...

Ikuti dan dapatkan 1 Paket Cold Pressed Juice GRATIS dari IT's Buah untuk pertanyaan terbaik yang terpilih oleh nara sumber.

Business Insider Ltd.
21st Street, New York City
United States of America
(000) 222 555 6688

© 2018 The Landing Factory

Subscribe to our newsletter and get insider news from business world!