Obat Maag Alami untuk Anak: 8 Variasi Alami

Beri tahu teman-teman Anda

Lidah buaya dan yogurt adalah contoh obat maag alami untuk anak. Sebagai alternatif kesehatan, ada variasi bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi maag. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, tetap konsultasikan dengan dokter terpecaya.

Obat-Maag-Alami-untuk-Anak
Simak 8 varian obat maag alami untuk anak dari bahan-bahan herbal

Apakah anak Anda pernah mengeluh sakit perut tapi bukan diare? Mungkin saja anak Anda mengalami sakit maag karena kadar asam lambungnya yang naik.

Sakit maag menurut HealthLine adalah luka pada lapisan lambung atau salah satu jenis penyakit tukak lambung yang menyerang lambung dan usus kecil.

Kejadian sakit maag pada anak tidak sebanyak pada orang dewasa. Tapi, bukan berarti tidak mungkin terjadi pada anak-anak. Anak-anak yang terkena sakit maag sama menderitanya seperti orang dewasa. Obat maag alami untuk anak bisa menjadi pertolongan pertama yang aman bagi kesehatannya.

Orang dewasa yang sakit maag bisa mencari obat yang dibutuhkan untuk dirinya, tapi anak-anak belum tentu. Kasus yang tidak parah bisa diberi antibiotik dan mengatur ulang pola makannya. Yang lebih aman saat baru muncul gejalanya, orangtua bisa memilih obat maag alami untuk  anak.

Artikel Terkait:
Cara Mengobati Maag Kronis dengan 7 Metode Alami
5 Buah Pilihan Terbaik untuk Maag
Diet Sehat: Panduan Terlengkap untuk Tubuh Ideal Berenergi

Saatnya Memilih Obat Maag Alami untuk Anak yang Lebih Aman

Di era modern seperti sekarang ini sudah banyak obat maag yang dijual untuk dapat menyembuhkan sakit maag, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. Dari yang harganya murah  sampai yang harganya sangat mahal. Sebenarnya beberapa bahan obat sakit maag memiliki efek samping tertentu jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Anak-anak bisa terkena risiko diare dan perasaan lemas setelah diberi obat-obatan antibiotik. Ada pula obat lain yang mengakibatkan kulit kemerahan dan pusing kepala.

Daripada khawatir, orang tua bisa memberi anak-anak obat yang tidak memberi efek samping berbahaya. Alasan untuk memilih obat maag alami untuk anak adalah demi kesehatannya di masa depan. Beberapa obat maag untuk anak sebenarnya tidak sulit didapatkan di sekitar, seperti ini contohnya.

1.Lidah Buaya (Aloe vera)

Tanaman lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu bahan yang banyak dipakai di dalam industri kecantikan, farmasi dan sebagian industri makanan. Lidah buaya juga bersifat antibakteri serta penyembuhan kulit.

Uniknya, lidah buaya ternyata bisa juga menjadi salah satu obat maag alami untuk anak. Lidah buaya yang dijadikan minuman bisa berfungsi sebagai antibiotik yang efektifnya sama dengan obat konvensional dalam mengurangi bakteri Helicobacter pylori.

2.Yoghurt

Anak-anak juga bisa mengonsumsi probiotik berbentuk suplemen, tapi mereka juga bisa mendapatkan zat probiotik dari makanan atau minuman tertentu, misalnya yoghurt. Yoghurt adalah produk olahan susu dengan kandungan probiotik di dalamnya.

Kandungan probiotik bisa membantu menyembuhkan iritasi atau luka pada lambung serta melawan bakteri yang menyebabkan sakit maag pada anak. Tentang yoghurt sebagai obat maag alami untuk anak, lebih disarankan untuk mengonsumsi yoghurt yang belum banyak campuran atau plain yoghurt.

3.Buah dan Sayur dengan Bioflavonoid

Bioflavonoid atau yang biasa disebut dengan flavonoid saja adalah pilihan yang baik untuk mengatasi sakit maag pada anak, khususnya melindungi permukaan lambungnya. Bioflavonoid adalah sebuah senyawa yang secara alami terkandung dalam buah dan sayur.

Bahan makanan yang kaya akan flavonoid antara lain; buah apel, kacang kedelai, buah anggur, sayur kol, dan brokoli. Bahan-bahan makanan itu juga dapat memperkuat daya tahan tubuh melawan bakteri Helicobacter pylori. Sejauh ini, tidak ada efek samping dari konsumsi makanan-makanan tersebut yang ternyata bermanfaat sebagai obat maag alami untuk anak-anak.

4.Damar wangi

Apakah Anda sudah cukup familiar dengan pohon damar wangi? Nama lainnya pohon getah arab atau gum Yaman. Pada umumnya pohon damar wangi tumbuh di habitatnya yaitu wilayah Mediterania. Damar wangi sudah sejak zaman kuno digunakan sebagai obat gangguan usus dan obat maag alami. Getahnya bisa dikeringkan jadi potongan bening yang rapuh. Saat dikunyah akan jadi lunak seperti permen karet berwarna putih. Getah Damar wangi biasa dijual dalam bentuk permen karet atau suplemen bubuk.

Artikel Terkait:
5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami
4 Alternatif Obat Maag untuk Ibu Hamil

5.Mentimun

Mentimun (Cucumis sativus) yang berwarna hijau bisa dilihat sebagai sayur sekaligus buah. Mentimun yang segar bisa menjadi pilihan obat maag alami untuk anak. Meskipun mungkin anak-anak kurang menyukai kalau dimakan secara langsung, tapi cara mengonsumsinya juga bisa dengan cara dijadikan jus. Dengan bahan sederhana seperti mentimun saja sebenarnya asam lambung penyebab sakit maag bisa lebih terkendali.

6.Oatmeal

Oatmeal banyak menjadi makanan pokok favorit bagi yang sedang program diet. Oatmeal yang berasal dari biji-bijian memang sehat dan kaya mineral yang bisa mengatur pencernaan dengan baik. Kadar alkalinya juga dapat mengatasi peradangan pada lambung, khususunya menjadi obat maag alami untuk anak.

Anda bisa mengonsumsi oatmeal saat sarapan setiap pagi bersama anak-anak. Oatmeal yang dilarutkan bersama air hangat atau susu juga lebih nikmat ditambah buah-buahan seperti apel, pisang dan buah-buah lain yang tidak bersifat asam.

7.Jahe

Jahe (Zingiber officinale) tidak hanya bermanfaat untuk bumbu untuk beberapa masakan seperti saat mengolah daging. Namun ada manfaat lain dari jahe untuk mengurangi nyeri dan sakit perut karena sakit maag. Mengonsumsi jahe tentunya tidak seperti cara makan biskuit. Tapi jahe sebagai obat maag alami untuk anak bisa dibuat minuman hangat ditambah gula merah.

8.Kunyit

Kunyit (Curcuma domestica ) menjadi salah satu ‘apotek hidup’ yang dari zaman dulu bermafaat untuk obat-obatan tradisional. Manfaatnya mirip jahe, kunyit pun memberi efek sebagai antioksidan dan antiinflamasi pada metabolisme tubuh.

Ternyata manfaatnya untuk obat herbal sudah bisa dibuktikan oleh penelitian ilmiah. Ada zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit. Adanya kandungan kurkumin itulah yang menjadikan efek antioksidan dan antiinflamasi. Sehingga, kunyit bisa menjadi obat maag alami untuk anak yang meredakan sakit karena gangguan lambung.

Artikel Terkait:
6 Makanan Pedera Maag & GERD
Pola Diet Terbaik untuk Penderita Sakit Maag Kronis
Bayam sebagai Sumber Pengobatan Sakit Maag

Sediakan Obat Maag Alami untuk Anak, Sambil Tetap Jaga Pola Makan

Itulah beberapa rekomendasi obat maag alami untuk anak yang bisa menjadi solusi saat anak Anda sakit maag. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa siapkan bahan-bahan tersebut di rumah Anda.

Beberapa obat maag  memang berasal dari bahan herbal alami dan mudah untuk Anda buat di rumah dengan beberapa penyesuaian rasa agar anak mau mengonsumsi.

Karena memang kondisi daya tahan lambung masing-masing anak tidak sama. Kalau memang anak Anda mengalami sakit maag akut, sebaiknya segera dibawa ke dokter.

Anda pasti tidak ingin melihat anak-anak sampai terkena sakit maag yang menyebabkan nyeri di lambungnya. Aktivitas sehari-harinya yang seharusnya ceria bisa terganggu. Entah itu karena stres di sekolah atau akibat makan yang tidak teratur, yang pasti sakit maag pada anak juga harus segera diobati seperti pada orang dewasa.

Jadi apakah Anda lebih suka memilih obat di apotek atau obat maag alami untuk anak? Jika yang terlihat baru gejala-gejalanya seperti mual dan sakit perut, Anda bisa memilih beberapa bahan alami di atas. Tapi usahakan untuk tetap menjaga badannya tetap sehat khususnya dengan menjaga pola makan.

Cold-pressed Juice sebagai Pencegah Maag pada Anak

Buah dan sayur alami adalah makanan pencegah maag terbaik yang sebaiknya dikonsumsi anak-anak. Namun sayangnya, tidak banyak anak yang suka dengan buah dan sayur.

Solusinya adalah mengolah buah dan sayur menjadi jus yang lezat dan nikmat, namun memiliki manfaat buah dan sayur maksimal.

Cold-pressed juice IT’s Buah yang dikonsumsi secara teratur mampu mengurangi resiko sakit maag pada anak dan orang dewasa karena kandungan vitamin, mineral, dan gizi alami yang diperlukan tubuh terdapat di dalamnya.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *