Pasca Vaksin, Tingkatkan Imun Tubuh dengan 5 Cara Ini!

Beri tahu teman-teman Anda

Pasca melakukan vaksin kita tetap perlu menjaga imunitas tubuh kita tetap stabil. Yuk simak 5 hal berikut agar kamu bisa meningkatkan imun pasca vaksin.

pasca-vaksin-tingkatkan-imun-tubuh-dengan-5-cara-ini.

Halo, Sahabat Sehat!

Di masa pandemi saat ini salah satu upaya untuk menurunkan angka terjangkit covid-19 dengan melaksanakan vaksinasi. Vaksinasi merupakan pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut. 

Pelaksanaan vaksin covid-19 ini bertujuan untuk melindungi tubuh dari virus serta mengurangi gejala yang terjadi akibat infeksi virus pada tubuh. Setelah melakukan vaksin tidak akan membuat tubuh kita menjadi kebal akan virus corona. Oleh sebab itu, setelah melakukan vaksinasi tetap perlu menjaga daya tahan tubuh serta menaati prokes yang ada.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara meningkatkan imunitas tubuh setelah melakukan vaksinasi covid-19.

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Imunitas Tubuh Dari Dalam

Cara Meningkatkan Imun Setelah Vaksin

Memang setelah melakukan vaksinasi, terdapat beberapa kasus terjadi gejala ringan seperti demam dan muncul ruam bagi sebagian orang. Menurut Dr. Marks pada Health Matters efek ringan yang terjadi setelah vaksin tersebut merupakan respon kekebalan tubuh yang mulai menguat. Oleh sebab itu meningkatkan kekebalan tubuh diperlukan setelah melakukan vaksin untuk meringankan efek ringan yang terjadi.

#1 Mengonsumsi makanan bergizi

Kunci utama dalam meningkatkan imun tubuh ialah makanan. Dalam mengonsumsi makanan kita perlu memperhatikan nilai gizi yang seimbang. Dan bila makanan kurang gizi dapat menurunkan energi untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

Melakukan diet makanan tertentu merupakan hal perlu dilakukan setelah melakukan vaksin. Menurut Everyday Health hal yang paling penting untuk meningkatkan respon vaksin dengan menghindari makanan olahan dan tambahan gula dan mulai mengonsumsi makanan utuh yang lebih segar. 

Beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi setelah melakukan vaksinasi yaitu:

  • Buah – buahan

Faktanya mengonsumsi buah setelah melakukan vaksin sangat penting untuk memperkuat imun tubuh. Hal ini dikarenakan buah sangat kaya akan vitamin dan mineral. Contohnya seperti semangka dan melon yang mengandung banyak air sehingga dapat mengurangi dehidrasi pada tubuh.

  • Biji – bijian

Dalam meningkatkan sistem imun tubuh diperlukan konsumsi makanan yang sehat. Salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi seperti beras merah, gandum dan biji – bijian lainnya. Ini dikarenakan kandungan vitamin E dan vitamin B  untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Sayuran hijau

Tidak diragukan lagi kandungan vitamin dan mineral pada sayuran hijau dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun kandungan antioksidan pada sayuran hijau dapat mengatasi peradangan yang ditimbulkan karena infeksi. Menurut penelitian British Journal of Nutrition menyatakan bahwa cara terbaik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh  setelah vaksinasi dengan memprioritaskan makanan utuh yang kaya nutrisi dan anti-inflamasi.

  • Konsumsi air putih

Dengan memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh setiap harinya kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut Institute of Medicine (IOM), wanita membutuhkan 2,7 liter cairan total per hari (lebih dari 11 cangkir), dan pria membutuhkan 3,7 liter (lebih dari 15 cangkir). Dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat mencegah terjadinya gejala ringan setelah vaksin dan nutrisi dapat mengalir didalam tubuh dengan baik.

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?

#2 Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Setelah mendapatkan vaksin covid-19 kita tidak boleh mengabaikan aktivitas fisik. Ini dikarenakan aktivitas fisik dapat mendorong kinerja vaksin dan meningkatkan sistem imun. 

Efek olahraga pada tubuh ialah dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi efek ringan setelah mendapatkan vaksin. Cleveland clinic menyatakan bahwa beberapa penelitian menunjukan bahwa mempertahankan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan respon tubuh terhadap vaksin. Adapun tubuh dapat menciptakan lebih banyak antibodi dibandingkan dengan orang yang tidak sehat atau dalam kondisi yang baik. 

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur memperkuat sistem kekebalan manusia, mengurangi risiko jatuh sakit dan kematian akibat penyakit menular lebih dari sepertiga dan secara signifikan meningkatkan efektivitas vaksinasi. 

Melakukan olahraga setelah vaksin memang sangat baik bagi tubuh tapi yang perlu diperhatikan ialah tidak boleh memaksakan tubuh. Disamping itu untuk melakukan olahraga minimal 48 jam setelah mendapatkan vaksin saat tubuh terasa segar. Olahraga yang dapat dilakukan pun tidak perlu yang berat cukup seperti berjalan, yoga ataupun pemanasan singkat. 

#3 Menjaga kualitas tidur

Dalam menjaga imun tubuh setelah vaksinasi yang perlu dilakukan juga ialah menjaga kualitas tidur. Dengan tidur 7 – 8 jam tanpa gangguan sangat penting untuk membentuk imun yang kuat. Tidur adalah waktu ketika tubuh melakukan detoksifikasi, regenerasi sel dan banyak proses tubuh yang penting terjadi. 

Menurut penelitian American Medical Asosiation menemukan bahwa orang yang kurang tidur akan menganggu respon dari vaksin influenza. Waktu tidur yang cukup diperlukan untuk mempertahankan ketahanan terhadap tantangan infeksi. 

Pada penelitian yang dilakukan pada 27 orang pria sehat yang divaksinasi dengan kondisi tidur cukup dan terjaga. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa orang yang divaksinasi dan memiliki kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan respon sistem saraf dan kekebalan tubuh.

Baca Juga : Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Isoman

#4 Rajin berjemur dibawah sinar matahari

Vitamin D merupakan vitamin esensial yang penting bagi daya tahan tubuh. Salah satu cara untuk mendapatkan vitamin D dengan berjemur dibawah sinar matahari. 

Menurut penelitian menunjukkan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 yang memiliki kadar vitamin D yang cukup memiliki penurunan risiko untuk hasil yang merugikan dan kematian. Maka dari itu sangat disarankan agar berjemur dibawah sinar matahari langsung agar kolesterol di dalam kulit dapat disintesis membentuk vitamin D di dalam tubuh. 

Selain dengan cara berjemur kita dapat mendapatkan vitamin D dengan mengonsumsi makanan serta vitamin D agar kebutuhan vitamin D dalam tubuh tercukupi. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa kekurangan vitamin D dapat membahayakan kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko terkena penyakit pernafasan. 

Boozter Fighter

#5 Sedia Boozter Fighter

Terakhir ada cara simpel untuk meningkatkan imun tubuh setelah melakukan vaksinasi yaitu dengan mengonsumsi paket Boozter Fighter dari It’s Buah. Paket ini terdiri atas 3 macam pilihan yaitu :

  • Paket preventif single
  • Paket preventif family
  • Paket isoman

Selain itu Boozter Fighter ini terbuat dari buah dan sayuran lokal Indonesia yang diproduksi menggunakan teknik cold pressed juice. Dengan menggunakan teknik ini jus buah yang dihasilkan tidak akan terkena proses pemanasan dan tanpa tambahan air sehingga gizi dan kandungan buah lebih terjaga. 

Mari jalankan hidup sehat dengan rajin mengonsumsi makanan sehat serta mematuhi prokes yang ada. Agar Indonesia menjadi lebih sehat dan terhindar dari peningkatan virus covid-19. 

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Imunitas Tubuh Dari Dalam


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *