Penyebab & Cara Menghindari Tubuh Bertambah Gemuk Saat Puasa

Penyebab & Cara Menghindari Tubuh Bertambah Gemuk Saat Puasa

Beri tahu teman-teman Anda

Berpuasa di bulan suci Ramadhan memang bukan rahasia umum lagi apabila sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi disaat yang sama, puasa sebulan penuh lamanya ternyata dapat membuat membuat berat badan bertambah.  Apabila ditanya ‘mengapa bisa seperti itu padahal kondisi tubuh pada siang dan pagi hari kita tidak makan.

Ternyata jawaban mengapa tubuh dapat bertambah gemuk saat puasa adalah karena pola makan yang dilaksanakan saat puasa seringkali dilaksanakan dengan keliru. Rentang waktu makan yang dimiliki saat puasa sangatlah sempit. Kebanyakan yang bertambah gemuk adalah mereka yang mengira harus makan dengan sangat banyak di rentang waktu yang sempit tersebut, Hal tersebut akan menjadi percuma apabila sama sekali tidak menambah energi yang dikeluarkan.

Waktu makan yang ideal di bulan puasa dimulai ketika sahur,  dimana diwajibkan memilih makanan yang kaya energi dengan protein rendah lemak namun usahakan tidak digoreng agar tubuh tidak mudah lelah dan tidak membebani proses pencernaan. Apabila makan sahur dengan daging sapi, tubuh akan lelah dengan proses pencernaannya sehingga tubuh menjadi mudah merasa lemas,

Baca juga : 4 Asupan Yang Harus Dihindari Saat Sahur

Saat waktu berbuka puasa, sangat disarankan memilih makanan dan minuman yang bisa meningkatkan glukosa di dalam darah sehingga dapat menjadi stabil. Yakni, dengan memilih menu makanan yang mengandung fruktosa, suktrosa dan glukosa. Makanan yang mengadung ketiganya adalah pisang, semangka, pepaya dan kurma.

Setelah melaksanakan kegiatan ibadah di waktu setelah berbuka, sebaiknya makan malam dengan makanan sayuran, pokok, buah, dan lauk-pauk lalu dilanjut dengan makanan yang berupa protein dan sayur tanpa adanya karbohidrat.

Sebaiknya hindari makanan yang digoreng dengan banyak minyak. Sebaiknya pilihlah makanan yang ditumis

Baca juga : 7 Cara Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat