Penyebab Sel Telur Kecil dan Dampaknya bagi Kehamilan

Beri tahu teman-teman Anda

Apa penyebab sel telur kecil? Apa saja dampaknya bagi kehamilan? Berapa ukuran ideal sel telur agar menghasilkan kehamilan yang sehat? Artikel ini membahas kemungkinan penyebab sel telur berukuran di bawah normal dan dampaknya bagi kehamilan Anda.

Penyebab-Sel-Telur-Kecil
Kenali penyebab sel telur kecil dan dampaknya bagi kehamilan Anda

Idealnya, ukuran sel telur pada wanita yaitu sekitar 18-25 cm, untuk ukuran sel telur yang matang. Dalam artian sel telur tersebut sudah siap untuk dibuahi. Namun ada juga sebagian wanita yang memiliki sel telur yang berukuran kecil. Sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan, yuk kenali penyebab sel telur berukuran kecil, dan dampaknya terhadap kehamilan.

Menurut dr. Sardjito , disebutkan bahwa wanita yang memiliki sel telur berukuran kecil bisa mengacu ke dalam gejala PCOS. Poly Cystic Ovary Sindrome ( PCOS ) terjadi ketika sel telur tidak berukuran normal. Bahkan cenderung lebih kecil. Sindrom ini dialami oleh sekitar 1,5% hingga 1,8% dari semua wanita yang ada di dunia.

Artikel Terkait:
Berhasil Hamil dengan Bubuk Kayu Manis, Bisa?
Berhasil Punya Momongan Setelah 5 Tahun Berjuang Melawan PCOS
Resep Ampuh Atasi PCOS: Diet & Detoks

Mengetahui Penyebab Sel Telur Berukuran Kecil, Dilihat Dari Perbedaan PCO Dan PCOS

Poly Ovary Sindrome ( POS ) terjadi saat sel-sel telur wanita terlihat seperti tidak normal. Bisa berubah menjadi lebih kecil, ataupun lebih besar. Namun hanya terjadi saat mengalami menstruasi saja. Baru setelah selesai haid/menstruasi, ukuran sel telur tersebut menjadi normal kembali. Pemicu PCO ini bisa dikarenakan stress, kelelahan, rutinitas yang padat, dan sebagainya.

Sementara PCOS, yaitu sindrom dimana ukuran sel telur pada ovarium sulit berkembang. Yang berarti sel telur tersebut berukuran kecil, sehingga sulit untuk dibuahi. Penyebab sel telur berukuran kecil ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Baik itu dari faktor internal, ataupun faktor eksternal.

Karena sulitnya dibuahi, maka sel telur yang berukuran kecil tersebut bisa berdampak terhadap kehamilan. Dalam arti, orang yang mengalami PCOS lebih sulit hamil, jika dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai gejala tersebut.

Meskipun bukan berarti orang yang memiliki gejala PCOS tidak bisa hamil. Namun dengan melakukan berbagai tips menjaga kesehatan serta berbagai metode pengobatan, PCOS bisa sedikit diatasi.

Sel telur kecil pada ovarium juga lambat laun akan menumpuk, meskipun tidak dibuahi. Keadaan inilah yang sering menimbulkan kista bagi sebagian wanita. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyebab sel telur berukuran kecil yang menyebabkan kista ini, tentunya harus melalui tahap pemeriksaan laboratorium dan semacamnya.

Artikel Terkait:
Obat Maag untuk Ibu Hamil: 4 Alternatif Alami & Sehat
6 Makanan Pereda Maag dan Gerd
Pola Diet Untuk Penderita Sakit Maag Kronis

Penyebab Sel Telur Berukuran Kecil Yang Umumnya Terjadi

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa penyebab sel telur berukuran kecil bisa dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab sel telur dengan ukuran tidak normal ini, bisa dijelaskan dalam ulasan dibawah ini. Diantaranya :

#1. Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur

Umumnya, siklus menstruasi pada wanita berbeda-beda. Ada yang memiliki siklus setiap 21 hari sekali ataupun 15 hari sekali. Namun selama siklus tersebut terjadi secara teratur, maka itu tidak menjadi masalah.

Namun bagaimana jika siklus menstruasi tersebut tidak beraturan ? Salah satu dampaknya yaitu sel telur yang ada pada ovarium menjadi lebih kecil dari ukuran normal. Bagaimana tips menjaga kesehatan dalam menanggulangi masalah ini ? Salah satu caranya tentu saja, dengan melakukan pola hidup sehat serta mengkonsumsi obat pelancar haid jika diperlukan.

#2. Kelebihan Hormon Androgen

Salah satu penyebab sel telur berukuran kecil lainnya, yaitu karena adanya kelebihan hormon androgen. Hormon androgen atau bisa disebut hormon testosteron pada laki-laki bisa dilihat dari gejala-gejala kecil. Seperti adanya jerawat, atau bahkan terlihat dari tumbuhnya rambut-rambut halus di sekitar dagu, leher, bibir atas, perut, lengan dan juga paha.

Bukan hanya itu saja, rambut-rambut halus tersebut sering terlihat menebal dan menghitam. Seolah-olah wanita yang memiliki kelebihan hormon ini terlihat berkumis ataupun berjambang. Walaupun kenyataannya tidak seperti itu.

#3. Faktor Genetik

Meskipun faktor genetik/keturunan ini belum bisa dipastikan menjadi penyebab sel telur berukuran kecil. Namun dalam beberapa kejadian, wanita yang sulit hamil karena sel telur berukuran kecil, memiliki riwayat keturunan yang memiliki gejala yang hampir sama.

Salah satu tips untuk menjaga kesehatan reproduksi ini yaitu dengan melakukan terapi secara teratur. Bukan tak mungkin sel telur yang kecil karena adanya faktor genetik ini bisa menjadi normal kembali, dengan melakukan serangkaian terapi ini.

#4. Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Kebiasaan begadang ataupun sering merokok dan meminum minuman beralkohol bisa juga menjadi penyebab sel telur berukuran kecil. Bukan itu saja, pola hidup yang tidak sehat ini juga akan berdampak buruk bagi kehamilan. Seandainya orang yang memiliki sel telur kecil tersebut sudah melakukan terapi hingga akhirnya hamil.

Tips menjaga kesehatan untuk menanggulangi masalah ini, tentu saja dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Kurangi begadang serta berhenti merokok dan menghilangkan kebiasaan meminum minuman beralkohol bisa menjadi solusi untuk mengatasi sel telur yang berukuran kecil ini.

Artikel Terkait:
Manfaat Salad Buah untuk Ibu Hamil

#5. Rentan Stres

Stress dan depresi bisa menjadi faktor penyebab sel telur berukuran kecil. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang rentan stres. Bisa diakibatkan karena kelelahan, terlalu banyak memikirkan sesuatu hal, kurang istirahat ataupun tidak terbiasa dengan perubahan rutinitas yang terjadi.

Tips menjaga kesehatan untuk mengatasinya tentu saja dengan mengurangi stres. Sediakan waktu untuk ” me time “, ataupun liburan sejenak. Tanpa harus memikirkan pekerjaan yang menumpuk serta rutinitas yang padat. Istirahat yang cukup juga bisa menjadi solusi yang terbaik untuk mengurangi stres ini.

#6. Kekurangan Asupan Nutrisi

Bukan hanya menjadi penyebab sel telur berukuran kecil saja. Kekurangan asupan nutrisi juga bisa menjadi dampak buruk bagi kesehatan reproduksi maupun kehamilan. Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji dan berkolesterol tinggi juga bisa menjadi faktor penyebab lainnya mengapa ukuran sel telur menjadi lebih kecil dari ukuran normal.

Salah satu tips menjaga kesehatan untuk meningkatkan ukuran sel telur yaitu dengan mengkonsumsi alpukat, kacang-kacangan, buah berry, kayu manis, buah-buahan kering, jahe, sayuran hijau dan wijen.

#7. Pola Makan Yang Buruk Serta Diet Yang Ketat

Pola makan yang buruk bisa juga menjadi penyebab sel telur berukuran kecil dan tidak berkualitas. Sengaja melewatkan sarapan ataupun makan malam, dengan tidak diimbangi asupan nutrisi bisa disebut pola makan yang buruk.

Diet yang ketat juga bisa menjadi penyebab lainnya mengapa sel telur anda tidak berukuran normal. Tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan adalah perbaiki pola makan anda. Jika memang harus melakukan diet, maka pilihlah diet yang aman, yang tentunya diimbangi dengan asupan nutrisi yang memadai.

Artikel Terkait:
Tips Kesehatan Wanita: Jaga 7 Hal ini

#8. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Ada beberapa obat-obatan tertentu yang bisa berdampak buruk bagi sel telur maupun kehamilan. Terkadang, orang yang sedang melakukan terapi penyembuhan dari penyakit tertentu disarankan untuk menunda kehamilan terlebih dahulu. Hal ini karena dampak buruk yang dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap sel telur maupun janin yang dikandung nantinya.

Satu-satunya tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan adalah dengan menunggu hingga terapi pengobatan tersebut selesai. Barulah kemudian melakukan terapi lain untuk mengatasi sel telur yang berukuran kecil tersebut.

Demikian penjelasan mengenai penyebab sel telur berukuran kecil, yang tanpa disadari bisa berdampak langsung bagi anda yang sedang merencanakan kehamilan. Dengan mengenali penyebabnya, kita menjadi paham bagaimana mencari solusi serta tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Artikel Terkait:

4 Alternatif Alami Obat Maag untuk Ibu Hamil
7 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *