Perlukah Anda Diet Detox? Ini Dia Penjelasan dan Alasannya

Beri tahu teman-teman Anda

Apakah Anda perlu diet detox? Diet detox perlu dilakukan oleh sebagian orang yang memiliki gejala-gejala kelelahan, sulit konsentrasi, maupun orang yang ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kenali penjelasan dan alasan Anda memerlukan diet detox.

Perlu Diet Detox? Ini Alasan dan Penjelasannya

Di dunia kesehatan, detoksifikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara detoksifikasi yang bisa diterapkan dan ampuh adalah dengan meminum jus buah dan sayur tanpa menambahkan gula di dalamnya selama satu atau dua hari. Anda juga bisa memakan buah atau sayur mentah untuk melakukan proses detoksifikasi pada tubuh.

Tidak hanya akan memberikan dampak terhadap kesehatan dan fisik,
detoks juga akan memperbaiki emosional Anda.

 

 

Mengapa Anda Perlu Diet Detox?

Ada beberapa alasan Anda perlu diet detox. Alasan yang umum adalah rasa lelah berkepanjangan, sulitnya konsentrasi, buang air besar tidak lancar, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Beberapa orang perlu program detox yang dikhususkan untuk diet detox. Program yang dijalani disusun untuk mengurangi berat badan dan menghilangkan racun-racun yang menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan organ tubuh tidak berfungsi maksimal.

Selain itu, terdapat setidaknya 5 alasan bahwa diet detox perlu Anda lakukan. Berikut alasan penting mengapa detoksifikasi bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda.

#1 Diet Detox Mampu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Salah satu kunci hidup sehat dan panjang umur adalah organ tubuh yang berfungsi maksimal. Tentunya, untuk mendapatkan kesehatan paripurna, Anda dituntut untuk merawat organ tersebut.

Menjalani detoksifikasi secara rutin akan menyeimbangkan sistem tubuh Anda dan memastikan fungsi organ tubuh berjalan dengan baik. Dengan demikian, tubuh Anda akan tetap sehat.

Perlu Anda pahami bahwa diet detox tidak hanya bermanfaat jangka pendek, namun juga jangka panjang. Umumnya, diet detox perlu dilakukan selama 3 hari dan diulang setiap satu bulan sekali.

Terdapat tanda-tanda khusus ketika tubuh memulai proses detoksifikasi. Anda diharapkan bisa mengenali perbedaan gejala detoksifikasi dengan gejala penyakit. Ketika Anda mengikuti program diet detox 3 hari misalnya, Anda akan mendapatkan edukasi tentang efek samping detoksifikasi yang mungkin Anda alami.

 

#2 Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan adalah salah satu organ yang paling sering bekerja tanpa lelah. Umumnya, organ percernaan akan berhenti bekerja ketika berpuasa. Tapi bagi Anda yang tidak kuat berpuasa, diet detox bisa menjadi solusi.

Selama proses detoksifikasi berlangsung, Anda diwajibkan untuk tidak mengonsumsi makanan berat. Ini bertujuan karena pencernaan Anda perlu beristirahat dan fokus pada diet detox yang sedang dijalankan.

Jangan sampai Anda memaksa sistem pencernaan tubuh Anda untuk memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini sering terjadi ketika Anda makan terlalu kenyang atau mengonsumsi makanan yang tidak berkualitas.

Diet detox dengan buah dan sayur yang diproses secara cold-pressed terbukti mampu mengistirahatkan pencernaan karena tidak adanya serat buah dan sayur yang masuk ke dalam perut.

Tentu Anda bisa mulai mengonsumsi sayur dan buah mentah, tapi hasil yang diberikan tidak akan seperti hasil detoksifikasi karena pencernaan Anda masih bekerja untuk mencerna serat buah dan sayur.

Kalau Anda ingin mengistirahatkan pencernaan dan perlu diet detox, cold-pressed juice adalah solusi terbaik untuk membantu menyehatkan fungsi usus.

 

#3 Membantu Menurunkan Berat Badan

Selama proses diet detox 3 hari, Anda akan mengonsumsi kalori lebih rendah. Ini berarti, berat badan Anda akan berkurang drastis. Selain karena jumlah kalori masuk yang berkurang, lemak-lemak di dalam perut akan luruh dan keluar. Inilah sebab orang yang menjalani program detoksifikasi merasakan bahwa perut mereka mengecil.

Selama detoksifikasi, Anda hanya akan mengonsumsi buah dan sayur yang diproses tanpa pemanasan. Oleh karena itu, tubuh mendapatkan nutrisi vitamin dan mineral secara maksimal dengan mudah. Akibatnya, tubuh Anda akan terasa lebih ringan, konsentrasi meningkat, dan lebih sehat.

Selain berat badan berkurang, racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh akan turut keluar selama proses detoksifikasi berlangsung. Perlu dipahami bahwa proses diet detox kadang menimbulkan efek samping yang kurang menyenangkan. Anda disarankan memilih hari khusus untuk memulai detoksifikasi.

Nah, kalau sudah detox, Anda tidak perlu repot lagi untuk diet.

Baca juga : Buang Toksin dengan Menu Sehat Ala IT’s Buah

#4 Diet Detox Perlu untuk Membantu Tubuh Menyingkirkan Toksin yang Terakumulasi di dalam Tubuh

Tanpa Anda sadari, ada begitu banyak racun dan zat berbahaya di dalam tubuh. Setiap hari, organ detoksifikasi alami tubuh bekerja keras untuk mengeluarkan racun-racun tersebut.

Namun, bayangkan jika organ tersebut harus membersihkan racun tersebut setiap hari. Ada kalanya, racun dan zat berbahaya terakumulasi di dalam tubuh. Racun dan polutan ini berasal dari radikal bebas, debu dan polusi udara, serta paparan zat pembakaran.

Jika Anda tinggal di daerah dengan paparan zat tersebut setiap hari, Anda perlu diet detox segera. Detoksifikasi membantu organ detox alami tubuh untuk mengeluarkan racun dan polutan tersebut dengan maksimal.

Proses detoksifikasi secara rutin akan membantu tubuh Anda untuk menyingkirkan semua jenis toksin yang terkandung dalam tubuh

 

#5 Tubuh Akan Terasa Lebih Ringan, Sehingga Anda Bisa Tidur dengan Nyenyak

Dengan organ tubuh yang berfungsi secara maksimal, Anda memiliki energi lebih untuk beraktivitas dan konsentrasi pun meningkat. Efektivitas waktu dan produktivitas pun meningkat karena tubuh terasa lebih ringan dengan berkurangnya zat toksin dari dalam tubuh.

Hasilnya, tubuh Anda bisa beristirahat dengan lebih maksimal di malam hari.

 

Penutup

Diet detox bisa Anda lakukan jika ingin memperbaiki kualitas hidup dan kesehatan Anda. Selain berolahraga, detoksifikasi menurut sains mampu membantu memperbaiki fungsi organ tubuh.

Kenali tanda-tanda tubuh Anda ketika perlu diet detox. Dengan detoksifikasi, Anda telah berusaha merawat tubuh agar lebih sehat. Diet detox juga bisa Anda lakukan jika memerlukan gaya hidup yang lebih sehat.

Siap detox hari ini?


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *