Pikiran sedang kacau ? ini 5 cara sederhana menjernihkannya

Beri tahu teman-teman Anda

Pikiran sangat erat terkait dengan emosi dan tubuh. Studi di Finlandia melakukan lima percobaan, mengaitkan bagaimana emosi yang berbeda mempengaruhi berbagai bagian tubuh.

Ketika pikiran kacau, emosi bahkan tubuh juga akan ikut terkena dampak.

Menyendiri

Terkadang berada di dalam suasana yang ramai memang membuat diri kesulitan untuk tenang. Karena itulah menyendiri adalah cara yang cukup baik untuk membantu menenangkan dan menjernihkan pikiran.

Menghindari kebisingan dan memberikan waktu untuk menyendiri itu artinya Anda mengizinkan diri Anda untuk berada dalam suasana yang tenang.

Christian Whelan, profesor di School of Human Ecology di University Wisconsin, Madison mengungkapkan bahwa menyendiri bisa membantu seseorang meredam dan menstabilkan emosinya. Kesendirian bisa membuat seseorang semakin menghargai hidupnya, lebih dekat dengan penciptanya dan berpikir lebih tenang.

Makan buah dan sayur

Saran ini sudah tidak asing, namun masih sangat banyak yang menganggapnya sepele.

Menurut pendapat peneliti Redzo Mujcic dan Andrew J Oswald, meski hasilnya tidak akan terjadi di hari pertama, namun seiring berjalannya waktu, orang yang mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin akan merasakan efek ini.

Selain membuat suasana hati lebih baik dan bahagia, mengkonsumsi buah dam sayur juga membuat tubuh akan terasa lebih sehat, sehingga kualitas hidup Anda meningkat.

Detoksifikasi

Detoks adalah proses alami tubuh untuk mengeluarkan racun. Sebenarnya untuk membersihkan racun, tubuh manusia telah memiliki organ liver yang dapat berfungsi untuk itu.  Tidak hanya itu, liver juga dianggap sebagai penyaring untuk racun-racun yang masuk ke dalam tubuh.

Kendati begitu, manusia tidak bisa sepenuhnya bergantung kepada kerja liver untuk bisa membersihkan seluruh racun dalam tubuh, Maka dari itu Manusia membutuhkan Detoks untuk memaksimalkan pengeluaran racun dalam tubuh.

Efek yang dirasakan setelah Detoks salah satunya adalah pikiran yang lebih jernih.


Pikiran yang kacau biasanya disertai tubuh yang mudah lelah, menurut Andang Widhawari Gunawan, konsultan gizi dan penggagas Food Combining, kondisi itu menandakan adanya tumpukan toksin (racun) di dalam tubuh, maka detoks sangat dibutuhkan

Detoks ada berbagai macam metode, dan yang paling nyaman untuk dilakukan sekarang adalah dengan mengkonsumsi Cold Pressed Juice yang berbeda dari jus biasa.

Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat menenangkan dan menghilangkan ketegangan otot yang kaku. Terlebih Jika Anda memiliki pancuran air hangat yang kuat dan deras, akan lebih baik lagi. Biarkan air panas bekerja seperti  pemijat di bahu, leher, dan punggung.

Studi telah menunjukkan bahwa mandi air panas bisa meningkatkan kadar oksitosin dan meredakan kecemasan. yang dimana siapapun yang bekerja dengan penuh tekanan perlu menggunakan lebih banyak hormon ini dalam kehidupan mereka.

Ketika otot-otot tubuh relax, pikiran-pikiran yang rumit perlahan akan lebih mudah ditata kembali.

Mengeluarkan keringat

Cara tepat untuk mengeluarkan keringat bisa dilakukan dengan berolahraga. Olahraga yang bisa kita lakukan ada berbagai macam, dari mulai yang ringan seperti jogging hingga yang berat seperti bela diri.

Dilansir dari elitedaily.com, menurut American Psychological Association, olahraga memiliki cara untuk secara biologis menjernihkan otak dan meningkatkan konsentrasi serta energi.

Jika sampai saat ini Anda masih merasa berat untuk berolahraga, mulailah dari hal sederhana. Contohnya dengan mengganti pakaian Anda dengan pakaian olahraga sebagai pemicu untuk mau berolahraga.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Kepala Terasa Berat Dan Leher Terasa Kaku Saat Bangun Tidur


Ke 5 hal di atas adalah cara sederhana untuk membuat pikiran lebih jernih. Pikiran sangat erat keterkaitannya dengan tubuh. Jika pikiran jernih dan berfungsi dengan baik, maka potensi kita untuk meningkatkan kualitas dalam hidup akan semakin besar dan cepat.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *