Bentuk Pola Hidup Sehat Dalam 30 Menit

Beri tahu teman-teman Anda

Pola hidup sehat selalu berkaitan dengan kebiasaan yang berawal dari kesedaran menjaga fungsi tubuh. Bagaimana Anda bisa mengubah kebiasaan hanya dengan 30 menit sehari? Apa yang harus Anda lakukan agar memiliki pola hidup sehat?

Bentuk-Pola-Hidup-Sehat-dalam-30-Menit-Tanpa-Diet
Hanya perlu 30 menit sehari untuk membentuk kebiasaan baik dan membangun pola hidup sehat

Pada tahun 2019, hanya sekitar 20 persen dari penduduk Indonesia yang menerapkan pola hidup sehat. Hal ini menunjukkan rendahnya kedisiplinan publik dalam menjaga kesehatan. Tetapi baru-baru ini, situasi agak berbeda sehingga memaksa penerapan healthy living lebih cepat.

Sebagai langkah utama pencegahan corona, pola makan dan pola hidup sehat menawarkan manfaat yang efektif.

Cara ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal penyakit berbahaya.

Hasilnya terbukti lebih efisien ketimbang program diet maupun konsumsi vitamin berlebihan.

Selain itu, perilaku sehat dapat mengantisipasi penyakit katastropik. Penyakit katastropik ialah penyakit-penyakit yang pengobatannya memerlukan biaya mahal, seperti jantung, kanker, stroke, dan gagal ginjal.

Dari sini dapat diketahui bahwa perilaku hidup sehat adalah langkah yang urgen. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba ketika mempraktikkannya.

Loading...

Artikel Terkait:
Gaya Hidup Sehat: Panduan untuk Pekerja di Masa COVID
Fakta Asam Urat dari Kacamata Ahli Gizi
Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating di Masa Pandemi

Metode Mudah Jalani Pola Hidup Sehat

Penting kiranya menyesuaikan pola hidup sehat dengan kebiasaan Anda. Hal ini dimaksudkan agar perjalanan Anda tidak kerasa menyiksa.

Jika Anda mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, maka sebaiknya tidak usah beralih ke bentuk karbo lain – cukup batasi saja porsinya, tidak perlu dihilangkan sama sekali.

Sedapat mungkin, tambahkan juga protein, vitamin, serat, lemak, mineral dalam proporsi tepat untuk menyeimbangkannya.

Berikut beberapa aturan pola hidup sehat lainnya yang perlu diperhatikan.

Kombinasi Makanan

Food combining atau kombinasi makanan merupakan teknik pola hidup sehat yang cukup mudah diadopsi oleh pemula.

Konsepnya menekankan pada variasi makanan yang disantap tiap 1 kali makan. Pada food combining, Anda bisa mengabaikan pola gizi seimbang karena tidak mungkin menyantap semua makanan dalam sekali waktu.

Berikut gambarannya, semisal Anda ingin mengonsumsi karbohidrat sebagai menu sarapan. Maka, hindari protein hewani sebagai lauknya. Anda bisa memasukkan pendamping berupa protein nabati atau sayuran.

Setelah 1 jam berlalu, baru Anda dapat mengonsumsi lemak dibarengi dengan sayuran untuk memudahkan proses pencernaan.

Cara ini memang tidak sesuai dengan anjuran pola makan gizi seimbang, namun tetap aman untuk diterapkan. Bahkan, praktiknya cukup mudah dan menyenangkan lantaran tidak ada batasan mengenai porsinya.

Bukan berarti menganjurkan makan secara berlebihan, Anda tetap harus menjalaninya secara disiplin dan penuh perhatian.

Artikel Terkait:
Dietary Adherence: Seberapa Penting Menjaga Hasil Setelah Sukses Diet?
Jadwal Pola Hidup Sehat: 30 Hari Menuju Tubuh Idaman Sehat Anda
5 Makanan Mood Booster yang Wajib Anda Tahu

Model Tumpeng Gizi

Model tumpeng gizi tak ubahnya seperti konsep yang sudah Anda kenal selama ini, yakni empat sehat lima sempurna. Namun, untuk menjalankannya tidak boleh berfokus pada jenis makanan tertentu saja. Itu berarti semua makanan mesti diasup secara seimbang.

Sayangnya, proporsi makanan seperti ini sulit diatur sesuai kebutuhan tubuh. Konsep ini hanya menyarankan apa saja yang perlu dikonsumsi dan berapa banyak porsinya. Namun, tidak diatur apa saja dan berapa banyak yang boleh dikonsumsi tiap kelompok individu (manula, ibu-ibu, bapak-bapak, remaja, dan anak-anak).

Padahal, kebutuhan tiap individu berbeda-beda terhadap kalori atau nutrisi tertentu.  Sehingga cara ini kurang cocok untuk diaplikasikan tanpa dikoreksi terlebih dahulu.

Tetapi apabila Anda tertarik menjalankan model ini, Anda bisa menengok informasi selengkapnya di Kemkes.

Olahraga 30 Menit Sehari

Anda mesti beraktivitas fisik paling tidak 30 menit sehari. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bertahap maupun intensif. Bila bertahap, maka waktu olahraga bisa dibagi menjadi 3 sesi (10 menit) atau 6 sesi (5 menit) per hari.

Jika memilih untuk melakukannya secara intensif, maka Anda perlu bergerak aktif sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Pilihan olahraga yang dapat dicoba bermacam-macam. Di dalam ruangan, Anda bisa melakukan push up, leg lift, sit up, dan dancing. Jika outdoor, maka pilihannya adalah jalan kaki, jogging, atau bermain bulu tangkis

Dengan aktif bergerak maka metabolisme tubuh dapat berfungsi maksimal. Olahraga sederhana yang dilakukan secara rutin juga bisa melancarkan peredaran darah. Hasilnya, tubuh Anda menjadi lebih segar dan berenergi.

Artikel Terkait:
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
Jahe Ternyata Bisa Membantu Weight Loss, lho!
Beyond Diet: Pengaruhnya bagi Weight Loss

Istirahat Yang Cukup

Tubuh  memerlukan istirahat yang cukup untuk dapat beraktivitas kembali. Oleh karena itu, pola hidup sehat mengatur durasinya sebanyak 8 jam per hari. Waktu istirahat ini bersifat fleksibel, sehingga memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan tubuh.

Adapun jadwal tidur sebaiknya tidak berubah-ubah. Hal ini untuk mengantisipasi efek lelah ketika bangun.

Hindari membawa smartphone untuk kualitas tidur yang lebih baik. Anda juga bisa mandi menggunakan air hangat agar tubuh menjadi rileks. Hasilnya, Anda merasa tenang dan nyenyak.

Terapkan Hidup Bersih

Pola hidup sehat juga erat kaitannya dengan perilaku menjaga kebersihan. Perilaku ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti rajin mencuci tangan, mandi, dan membersihkan rumah.

Dalam mencuci tangan, perhatikan pedoman yang dikampanyekan World Health Organization (WHO). Gunakan sabun yang mengandung bahan aktif pembasmi bakteri, lalu bilas dengan air mengalir yang bersih.

Hindari Stress

Penting juga bagi Anda untuk menghindari stress yang tidak perlu selama menjalani pola hidup sehat. Hal ini bertujuan untuk membuat pikiran lebih sehat.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi penat, diantaranya membaca, berkemah, jogging, dan jalan-jalan ke hutan atau taman.

Jika merasa overload dengan pekerjaan maka Anda bisa mengambil jeda sejenak. Meluangkan waktu di tengah alam diketahui dapat membantu menguraikan problem tersebut. Cara ini juga dapat mendukung otak berpikir lebih jernih.

Masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan stress, yakni dengan mengonsumsi cold-pressed juice. IT’s Buah memproduksi cold-pressed juice yang mengandung buah-buahan segar, kaya antioksidan dan tinggi vitamin.

Dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh, Anda bisa memperbaiki suasana hati. Perasaan bahagia dapat dipicu oleh kesadaran diri bahwa Anda merawat diri sendiri.

Memanjakan diri dapat meningkatkan suasana hati karena perawatan yang Anda lakukan membuktikan bahwa Anda menyayangi diri Anda sendiri.

Hal ini, menurut para peneliti, memberikan rangsangan bahagia ke dalam otak karena secara mental, Anda menghargai diri Anda, peduli pada diri Anda, dan hanya menginginkan hal baik untuk kesehatan Anda.

Berani membentuk pola hidup sehat dan lebih bahagia hari ini?

Konsultasikan perubahan pola hidup Anda dengan Ahli Gizi IT’s Buah GRATIS agar Anda mendapat manfaat maksimal sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

 

Artikel Terkait:
3 Komponen Pola Hidup Sehat untuk Bugar Seumur Hidup
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu

Konsultasi Detoks

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *