Pola Makan Sehat Bergizi dan Seimbang Menurut Ahli Gizi

Beri tahu teman-teman Anda

Penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan AS membuktikan bahwa pola makan tidak sehat berkontribusi tinggi pada angka kematian. Resiko kematian seseorang akan lebih tinggi jika pola makan yang diterapkan sembarangan dan tidak mengacu pada pola makan sehat bergizi dan seimbang.

Pola-Makan-Sehat-Bergizi-dan-Seimbang
Pola makan sehat bergizi dan seimbang adalah kunci hidup sehat, menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti AS

Christopher Murray, seorang Direktur Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan dari Universitas Washington melakukan penelitian terkait pola makan.

Berdasarkan hasil studi yang telah beliau lakukan, menghasilkan kesimpulan bahwa pola makan yang tidak sehat adalah penyebab kematian yang tinggi.

Faktor risiko kematian lainnya di dunia tidak ada yang lebih tinggi dari faktor risiko pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus memulai dari sekarang untuk membentuk pola makan yang sehat dan bergizi.

Karena dengan membentuk pola tersebut, Anda akan terhindar dari penyakit dan kematian secara mendadak. Memang kematian sudah diatur oleh Tuhan, tetapi kita bisa memilih penyebab dari kematian kita. Misalnya memilih untuk mengonsumsi makanan yang sehat, agar tidak meninggal karena penyakit diabetes atau obesitas.

Artikel Terkait:
Mengubah Pola Makan Mempengaruhi Pemanasan Global
Antisipasi Tren Pola Makan 2021
Gizi Seimbang Paling Ditubuhkan Tubuh

Beberapa Tips dari Ahli Gizi Tentang Pola Makan yang Sehat dan Bergizi

Tubuh yang sehat berawal dari pola makan yang sehat dan bergizi. Bagaimana cara untuk membentuk pola tersebut ? Apa saja yang harus kita lakukan untuk membentuk pola tersebut ? Anda akan menemukan jawabannya pada penjelasan di bawah ini. Simak dan paham dengan baik-baik agar dapat Anda praktikkan secara maksimal dan menghasilkan manfaat yang juga maksimal. Berikut adalah beberapa tips dari para ahli gizi cara untuk membentuk pola makan yang sehat dan bergizi.

#1.  Asupan Protein yang cukup

Protein memiliki peran cukup penting, yaitu sebagai salah satu dari fondasi utama tubuh manusia. Tugas dari protein adalah membentuk otot, hormon, kulit, jaringan pada sistem organ tubuh, dan juga hampir semua sel. Selain itu, protein juga memiliki manfaat untuk mengurangi berat badan. Jumlah protein yang dianjurkan oleh ahli gizi adalah sebanyak 56 gram bagi pria dan 46 gram bagi wanita. Jenis makanan yang mengandung protein seperti telur, oatmeal, brokoli, ikan, susu, udang, dan daging tanpa lemak.

#2. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat adalah sesuatu yang dapat merusak pola makan yang sehat dan bergizi Anda. Karena lemak jahat salah satu penyebab dari peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh yang juga mampu untuk mengurangi kolesterol baik. Anda juga dapat terserang penyakit jantung pada kemudian hari, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jahat tinggi.

Lemak baik terdiri dari dua jenis, lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Manfaat dari lemak baik adalah untuk menurunkan risiko stroke, penyakit jantung, dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Jumlah lemak baik yang harus dikonsumsi setiap harinya adalah sebanyak 44 sampai 77 gram. Makanan yang memiliki kandungan lemak baik adalah kacang mete, kacang almon, minyak sayur, ikan salmon, selai kacang, dan kacang kedelai.

#3. Memilih karbohidrat yang kompleks

Ada 2 jenis dari karbohidrat, yaitu sederhana dan kompleks. Berdasarkan saran dari ahli gizi, yang terbaik untuk dikonsumsi adalah jenis karbohidrat kompleks. Karena karbohidrat kompleks mempunyai manfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat kompleks juga memiliki kandungan vitamin, serat, dan juga mineral. Contoh beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah nasi, roti, pasta, kacang polong, biji-bijian, wortel, apel, dan lain-lain.

#4. Saat konsumsi buah, tambahkan yoghurt

Mengonsumsi buah sangat bagus dalam proses pembentukan pola makan yang sehat dan bergizi tinggi. Buah kaya akan vitamin, mengandung manis alami, dan sangat mudah untuk mengonsumsinya. Buah juga dapat kamu olah menjadi jus agar semakin praktis saat mengonsumsinya. Dan satu tips terpenting saat mengonsumsi buah adalah dengan menambahkan yoghurt.

Karena yoghurt memiliki kandungan kalsium, protein hewani, kalium, vitamin B2 dan B12, zink, dan magnesium. Selain itu, yoghurt juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengatasi diare pada anak. Jangan mengonsumsi yoghurt dengan kandungan pemanis tinggi. Tapi pilihlah yoghurt yang tinggi kandungan vitamin D.

#5. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat

Serat sangat berperan penting untuk merawat kesehatan organ pencernaan, terutama pada bagian usus. Ada juga beberapa jenis serat yang berguna untuk menurunkan gula darah, membantu menurunkan berat badan, dan melawan konstipasi. Jumlah serat yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 38 gram bagi pria dan 25 gram bagi wanita.

Kekurangan serat dapat mengganggu sistem pencernaan Anda, seperti susah buang air besar, perut terasa begah, dan lain-lain. Untuk membentuk pola makan yang sehat dan bergizi, konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi. Jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, yaitu buah pir, apel, buah bit, lentil, bubur gandum, kacang almond, dan lain-lain.

#6. Membatasi asupan gula dan garam

Mengonsumsi gula secara berlebih akan menyebabkan Anda terserang diabetes. Oleh karena itu, batasi jumlah gula yang Anda konsumsi setiap harinya. Hindari jenis-jenis makanan dengan kadar gula tinggi seperti permen, camilan dengan pemanis buatan, dan lain-lain. Jumlah asupan gula untuk konsumsi harian dewasa sedang adalah sebanyak 50 gram atau 4 sendok makan atau 200 kkal.

Sedangkan jika Anda mengonsumsi garam yang terlalu banyak, akan menyebabkan terkena serangan jantung, perubahan fungsi otak, dan stroke. Oleh sebab itu demi kesehatan tubuh Anda, kurangilah kadar gula dan garam dari setiap makanan yang Anda konsumsi. Untuk garam jumlah yang pas untuk dikonsumsi dalam sehari sebanyak 2.000 mg natrium atau 5 gram atau 1 sendok teh.

#7. Menjaga kebersihan makanan

Dalam proses pembentukan pola makan yang sehat dan bergizi, Anda harus menjaga makanan yang Anda konsumsi dalam keadaan bersih. Karena makanan yang bersih pasti akan terhindar dari kuman dan virus penyakit. Cara untuk menjaga kebersihan makanan adalah dengan memisahkan antara makanan matang dan mentah. Saat memasak makanan, pastikan Anda memasaknya hingga matang sempurna.

Menggunakan air mengalir saat membersihkan bahan masakan, dan pilihlah bahan baku makanan yang bersih dan aman. Anda juga harus memperhatikan tempat saat membeli bahan-bahan makanan. Jangan membeli bahan makanan pada tempat yang kotor. Karena tempat yang kotor pasti banyak kuman yang hinggap disana. Dan kuman merupakan sumber dari berbagai penyakit pada tubuh Anda.

Artikel Terkait:
Mengubah Kebiasaan Aktivitas Fisik di Tahun Baru
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu

Hidup Bahagia dengan Pola Makan Sehat Bergizi dan Seimbang

Sekian penjelasan tentang tips untuk membentuk pola makan yang sehat dan bergizi dari para ahli gizi. Semoga Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan Anda sehari-hari. Agar Anda mendapatkan tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat. Karena kesehatan adalah hal paling penting dari harta atau pun benda.

Dengan tubuh yang sehat, Anda akan lebih bebas dan bahagia dalam beraktivitas. Tidak terganggu dengan keluhan berbagai penyakit. Anda juga akan lebih produktif, jika memiliki tubuh yang sehat.

Oleh karena itu, mari ubah pola makan Anda demi kesejahteraan hidup Anda di masa depan.

Artikel Terkait:
Gaya Hidup Sehat: Panduan untuk Pekerja di Masa COVID
Fakta Asam Urat dari Kacamata Ahli Gizi
Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating di Masa Pandemi


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *