Pola Makan Sehat, Prima Tanpa Olahraga di Masa Pandemi

Beri tahu teman-teman Anda

Pola makan sehat termasuk dalam usaha Anda menjaga kesehatan tubuh jangka panjang. Menjaga pola makan sehat setiap hari terbukti menjadi kunci kontrol berat badan dan kesehatan organ tubuh.

Pola Makan Sehat, Solusi Prima Tanpa Olahraga_1
Tak hanya kesehatan tubuh, mengadopsi pola makan sehat mampu membuat Anda lebih bahagia

Gaya hidup aktif kini mulai digeser dengan perilaku sedentari (minim aktivitas). Itu bermula sejak awal normal baru.

Aktivitas fisik dan pertemuan sosial kian dibatasi di sejumlah daerah. Anda pun termasuk yang mematuhi anjuran work from home, ‘kan?

Kendati aktivitas fisik banyak berkurang, namun porsi makan tak jauh berbeda dari hari biasa. Rasa-rasanya, nafsu makan malah cenderung bertambah, betul?

Ini salah satu ciri hidup sedentari. Jika dilanjutkan tanpa peningkatan olahraga fisik yang teratur, maka perilaku ini dapat memicu munculnya penyakit berbahaya.

Dampaknya kian parah kalau Anda tidak menerapkan pola makan sehat sedari sekarang. Bahkan , Anda bisa mengalami diabetes tanpa sempat menyadarinya.

Gejala diabetes memang sering tidak terlihat, sehingga baru disadari setelah Anda berada pada kondisi cukup parah.

Loading...

Sejumlah gejala yang mudah diidentifikasi ialah : berat badan turun drastis (padahal tidak melakukan diet), sering buang air kecil, cepat mengantuk, mudah lelah, sering mengalami kesemutan, rasa haus yang berlebihan, pandangan tidak jelas, dan luka yang tidak kunjung sembuh.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda mesti beraktivitas fisik paling tidak 30 menit per hari. Anda juga tidak boleh abai terhadap pola makan sehat. Lemak, gula, dan garam, semua asupannya mesti dibatasi.

Selain diabetes, masih ada resiko kesehatan lainnya yang mengancam Anda apabila tidak menerapkan pola makan sehat. Misalnya, hiperkolesterolemia atau tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Hiperkolesterolemia ditandai dengan kadar LDL yang melebihi batas normal atau di atas 120 mg per desiliter. Gangguan ini menyebabkan pembuluh darah rentan mengalami penyumbatan. Alhasil, penderita memiliki resiko lebih besar untuk terserang penyakit jantung koroner.

Artikel Terkait:
Gaya Hidup Sehat: Panduan untuk Pekerja di Masa COVID
Fakta Asam Urat dari Kacamata Ahli Gizi
Mengapa Perlu Mulai Diet Clean Eating di Masa Pandemi

Pola Makan Sehat Untuk Cegah Penyakit Selama Pandemi

Pandemi telah mengubah gaya hidup dan kebiasaan masyarakat. Suka tidak suka, Anda harus pandai-pandai menyesukan pola makan sehat dengan pembatasan sosial selama masa pandemi.

Usahakan untuk belanja sayur dan buah di pasar lokal. Hindari membeli bahan makanan di tempat yang jauh karena akan meningkatkan resiko Anda terpapar penyakit.

Selalu cuci bahan makanan Anda dengan air mengalir. Bila perlu, gunakan bahan-bahan alami untuk mencuci buah sayur seperti air cuka, air garam, atau air dengan campuran baking soda.

Berikut ini adalah panduan mengenai pola makan sehat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari selama masa pandemi.

#1. Pola Makan Sehat Dalam Sehari

Anda kerap melewatkan makan pagi karena berbagai alasan? Mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut.

Sarapan menjadi bagian penting dalam pola makan sehat. Oleh karena itu, sesi ini tidak boleh dilewatkan. Mayo Clinic memaparkan dalam salah satu artikelnya, bahwa sarapan di pagi hari dapat membantu menjaga konsentrasi dan mendongkrak produktivitas kerja.

Selain itu, makan pagi dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif serta mengendalikan berat badan. Anda hanya perlu memperhatikan pedoman gizi seimbang agar hasilnya baik.

Ingat, dalam pola makan sehat, tubuh mesti menerima asupan gizi yang cukup selama 24 jam. Dengan demikian, sarapan, santap siang maupun makan malam tidak boleh diabaikan. Adapun makanan yang cocok untuk mengisi sesi makan siang dan malam akan diuraikan dalam poin berikut.

#2. Menu Pola Makan Sehat

Anda tidak harus mengadopsi budaya kebaratan dengan mengonsumsi salad atau oatmeal sebagai menu sehat.  Beberapa makanan Indonesia ini dapat dijadikan pilihan tepat.

Artikel Terkait:
3 Komponen Pola Hidup Sehat untuk Bugar Seumur Hidup
Lakukan 9 Hal Unik Ini untuk Pola Hidup Sehat Sepanjang Masa
Tips Sehat Ala Atlet Asian Games yang Perlu Anda Tahu

a) Pepes Tahu Udang

Pepes tahu udang cocok untuk melengkapi pola makan sehat. Sebab, makanan ini diproses dengan cara dikukus, bukannya digoreng. Selain itu, udang dan tahu yang menjadi bahan utama dalam hidangan ini bermanfaat baik bagi tubuh.

Udang diketahui mengandung protein, antioksidan, serta asam lemak omega 3 dan omega 6. Konsumsi makanan berbahan dasar udang  juga dapat membantu pembentukan sel dan jaringan tubuh.

Adapun tahu dikenal efektif dalam mencegah osteoporosis. Sebab, makanan ini mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi.

b) Soto Ayam

Soto ayam menawarkan nutrisi seimbang karena di dalamnya terdapat aneka sayur, daging, dan karbohidrat. Rasanya enak dan segar. Karena itu, Anda tidak akan merasa seperti sedang diet atau mengikuti program hidup sehat.

c) Sayur Asem

Siapa tak doyan menikmati sayur asem? Makanan berkuah segar ini memang memiliki ciri khas pada rasanya yang segar-asam. Tetapi tahukah Anda, bahwa sayur ini bukan hanya lezat namun juga bergizi.

Dalam semangkuk sayur asem terdapat komposisi sayur yang cukup komplit. Ada jagung, kacang merah/kacang tanah, kacang panjang, labu siam, buah melinjo, terong, nangka muda, hingga daun melinjo.

Karena terdiri atas banyak sayuran, maka menu ini cocok dipilih untuk hidangan malam.

d) Sayur Lodeh

Mirip seperti sayur asem, lodeh pun memiliki kandungan gizi yang kaya. Bedanya, sayur ini menggunakan santan sebagai kuahnya.

Meski identik sebagai pemicu naiknya kolesterol, kandungan santan dalam sayur lodeh ternyata tidak membahayakan kesehatan. Hal yang demikian dimungkinkan karena pemasakan sayur lodeh biasanya tidak memakan waktu yang lama. Sehingga, kandungan lemak pada santan tidak berubah menjadi lemak jenuh.

Disampaikan pula oleh Aviria Ermamilia, ahli gizi Universitas Gadjah Mada, bahwa sayur Lodeh  memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Sebab, makanan ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Bahkan selain menyediakan gizi, sayur lodeh juga memiliki kandungan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas. Konsumsi makanan ini pun dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Artikel Terkait:
6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas
Jahe Ternyata Bisa Membantu Weight Loss, lho!
Beyond Diet: Pengaruhnya bagi Weight Loss

#3. Pola Makan Sehat dan Cold-Pressed Juice

Pola makan sehat yang Anda terapkan juga perlu dilengkapi dengan minuman fungsional, seperti cold-pressed juice.

Minuman ini mengandung vitamin, mineral dan serat yang didapat dari kombinasi buah atau sayuran segar. Proses pembuatan jus ini agak berbeda dari jus hasil blender, sehingga menawarkan kelebihan tersendiri. Jadi, tepat dijadikan sandingan ideal bagi pola hidup sehat.

Anda tidak perlu repot membuat sendiri. Saat ini, cold-pressed juice sudah tersedia di berbagai tempat.

Bagi sebagian orang, tidak mudah untuk mengubah pola makan. Apalagi jika pola makan yang saat ini dijalani sudah menjadi kebiasaan sejak kecil.

Cold-pressed juice cocok dikonsumsi sebagai langkah awal Anda mengubah pola makan karena kandungan nutrisi mineral dan vitamin buah sayur yang ada dalam cold-pressed juice membantu masa peralihan pola makan Anda.

Umumnya, jika Anda baru saja mengganti pola makan menjadi lebih sehat, Anda akan merasa lemas, lelah, lunglai, dan tidak bertenaga.

Inilah sebab orang-orang tidak bisa konsisten ketika mengganti pola makan mereka.

Cold-pressed juice mengatasi permasalahan tersebut sehingga masa peralihan Anda akan lebih mudah. Ini disebabkan karena cold-pressed juice mendorong tubuh untuk detoksifikasi dan membuang racun dalam tubuh.

Secara tak langsung, proses detoksifikasi ini juga membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Ketika suasana hati Anda membaik, Anda akan melihat perubahan pola makan sebagai hal yang baik bagi masa depan Anda dan keluarga. Tentunya, ini menambah motivasi Anda.

Ingin Mengganti Pola Makan? Konsultasikan dengan Ahli Gizi!

IT’s Buah memahami kondisi dan situasi setiap orang berbeda. Oleh karena itu, IT’s Buah menyediakan konsultasi gratis dengan Ahli Gizi yang akan membantu Anda dalam menerapkan pola makan sehat dengan Cold-pressed juice.

Tak lain karena IT’s Buah ingin memastikan Anda mendapatkan cara terbaik dalam meraih tujuan sehat Anda, serta mendapat solusi terbaik untuk permasalahan kesehatan yang Anda alami.

Konsultasikan pola makan Anda hari ini dengan Ahli Gizi IT’s Buah. GRATIS!

Artikel Terkait:
Dietary Adherence: Seberapa Penting Menjaga Hasil Setelah Sukses Diet?
Jadwal Pola Hidup Sehat: 30 Hari Menuju Tubuh Idaman Sehat Anda
5 Makanan Mood Booster yang Wajib Anda Tahu

Konsultasi Detoks

 

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *