PPKM Diperketat, Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Meanjaga Imunitas Keluarga!

Beri tahu teman-teman Anda

Menjaga imunitas tubuh keluarga saat ini merupakan salah satu kunci agar terhindar dari paparan virus. Simak 5 langkah untuk memperkuat imunitas dibawah ini yuk!

ppkm-diperketat-persiapkan-imunitas-keluarga-dengan-5-Langkah-ini.

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang semakin diperketat membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Jika ada salah satu anggota keluarga yang terinfeksi, maka kemungkinan besar anggota keluarga lain akan ikut terinfeksi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga adalah hal yang harus dijadikan prioritas utama.

Menjaga imunitas tubuh merupakan salah satu kunci agar terhindar dari infeksi covid-19. Tidak hanya virus covid-19, dengan sistem imun yang kuat, Anda dan keluarga juga dapat terhindar dari ancaman penyakit lain

Artikel ini akan membahas 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga imunitas keluarga selama PPKM.

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Imunitas Tubuh Dari Dalam

#1. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Sistem kekebalan tubuh sangat dipengaruhi oleh status gizi seseorang. Dengan memenuhi kebutuhan gizi, Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh keluarga dan menurunkan risiko terkena infeksi Covid-19. Berdasarkan Panduan Gizi dari Kemenkes, makan yang dikonsumsi sebaiknya tidak mengandung terlalu banyak lemak, garam dan gula. Berikut adalah rekomendasi makanan sehari-hari dari Kemenkes:

  • Makanan pokok atau sumber karbohidrat seperti nasi, jagung, kentang, umbi-umbian
  • Lauk pauk sebagai sumber protein dan mineral. Protein hewani dapat diperoleh dari daging, ikan, ayam, telur sedangkan protein nabati dapat diperoleh dari tahu,tempe dan kacang-kacangan
  • Sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin, mineral dan serat. Konsumsilah buah dan sayur beraneka ragam warna untuk mendapatkan vitamin lengkap yang berfungsi sebagai antioksidan
  • Air putih minimal 8 gelas sehari

Konsumsi gizi seimbang juga harus diimbangi dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Berikut adalah contoh kebiasaan sehat dapat keluarga Anda lakukan agar tetap aman selama pandemi berlangsung:

  • Mencuci tangan lebih sering dengan sabun dan air mengalir selama 40-60 menit atau menggunakan hand sanitizer
  • Menerapkan etika batuk dan bersin
  • Menghindari menyentuh area wajah (mata, hidung, mulut) jika belum mencuci tangan
  • Mengganti baju atau mandi setelah bepergian
  • Membersihkan benda-benda yang sering disentuh di rumah dengan menggunakan desinfektan

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?

#2 Menjaga Imunitas dengan Berjemur

Berjemur di pagi hari merupakan kegiatan yang terlihat sederhana, namun ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Fungsi berjemur adalah untuk menyerap manfaat UVB dari sinar matahari yang  dapat digunakan tubuh untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D. 

Dilansir dari artikel yang ditulis oleh dr. Anastasia Feliciana, vitamin D telah terbukti dapat menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan, mengurangi respon inflamasi dan menjaga imunitas sehingga vitamin D patut dipertimbangkan sebagai opsi potensial untuk mengobati dan mencegah Covid-19

Kapan waktu yang paling tepat untuk berjemur? Menurut jurnal dari Universitas Airlangga, waktu yang paling baik untuk berjemur adalah pukul 7.30 – 10.00 WIB. Anda dan keluarga dapat berjemur bersama-sama di teras atau balkon rumah selama 10-15 menit. Sebelum berjemur, jangan lupa perhatikan hal-hal berikut ya:

  • Menggunakan topi dan kacamata
  • Menggunakan baju berwarna terang
  • Menggunakan sunblock dengan kandungan SPF 20+++, 20 menit sebelum berjemur
  • Menggulung lengan baju dan celana agar kulit pada tangan dan kaki mendapatkan paparan sinar matahari secara maksimal

#3 Rutin Berolahraga untuk Menjaga Imunitas

Tubuh yang bugar dan sehat akan lebih sulit dimasuki virus karena mempunyai sistem pertahanan tubuh yang lebih kuat. Dibarengi dengan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, olahraga bisa memberikan perlindungan dari infeksi Covid-19. Olahraga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga mental.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengampanyekan #HealthyAtHome atau #SehatDiRumah lewat kegiatan fisik di tengah pandemi. Lakukanlah olahraga selama 30 menit sehari untuk dewasa dan 1 jam sehari untuk anak-anak secara rutin 3-5 kali seminggu. Anda dapat mengajak keluarga Anda untuk melakukan senam pagi bersama di halaman rumah. Yoga juga dapat dijadikan salah satu pilihan olahraga selama masa PPKM. Dengan melakukan yoga, Anda dapat mencegah dan mengurangi perasaan cemas.

Berikut adalah manfaat yang dapat Anda peroleh jika rutin berolahraga:

  • Membakar lemak berlebih dan meningkatkan metabolisme tubuh 
  • Meningkatkan produksi antibodi sehingga dapat memperkuat sistem imun
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh dalam bentuk keringat dan karbon dioksida
  • Meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif 

Baca Juga : Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Isoman

#4 Mengurangi Stres Dengan Melakukan Kegiatan Bersama dapat Menjaga Imunitas

Kabar duka yang terus berdatangan ditambah dengan pergerakan yang terbatas selama masa PPKM dapat memicu perasaan cemas dan stres berlebih. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami stres. Jika tidak ditangani dengan baik, stres dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Untuk meningkatkan mood anggota keluarga, Anda dapat memanfaatkan waktu luang yang tersedia dengan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan. Pilihkan kegiatan yang dapat diikuti oleh semua anggota keluarga agar tidak ada yang merasa kesepian. Berikut adalah ide aktivitas seru yang dapat Anda lakukan bersama keluarga di rumah

  • Menonton film atau series
  • Bermain game, seperti monopoli, ular tangga, ludo, dan lain-lain
  • Membersihkan rumah dan membuang barang-barang tidak terpakai
  • Membuat lomba masak antar anggota keluarga
  • Berkebun 
  • Membuat karya do-it-yourself bersama

Boozter Fighter

#5 Sedia Boozter Fighter untuk Menjaga Imunitas

Keterbatasan mobilitas dan aktivitas selama PPKM, dapat Anda manfaatkan untuk menjaga imunitas keluarga Anda dengan cara yang praktis yaitu dengan menyediakan Boozter Fighter.

Setiap botol Cold-Pressed Juice dalam paket Boozter Fighter mengandung sedikitnya 1 kg buah dan sayur yang di proses secara higenis dengan teknologi cold-pressed. Dengan mengonsumsinya, Anda dapat mencukupi kebutuhan sayur dan buah sehingga terhindar dari penularan infeksi Covid-19. 

IT’s Buah menyediakan program Boozter khusus untuk membantu Anda dan keluarga agar tetap FIT di masa PPKM, yaitu Paket Preventif Family Boozter Fighter. Dengan membeli paket Preventif Family, Anda akan mendapatkan 48 botol cold pressed juice dan free ongkir 6x pengiriman. Untuk menjaga imun tubuh sekeluarga, disarankan untuk mengonsumsi 3 botol jus per hari selama 2 minggu.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Jaga keluarga masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, membatasi mobilitas, dan beraktivitas di rumah saja. Jika terpaksa keluar rumah, pastikan protokol kesehatan ditaati dengan ketat. 

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Imunitas Tubuh Dari Dalam


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *