Punya Masalah Maag? Bukan Penghalang Untuk Detoks

Beri tahu teman-teman Anda

Banyak orang yang ingin melakukan detoks terkadang terhalang atau ragu karena memiliki masalah maag, padahal hal tersebut sama sekali bukan penghalang, punya maag tetap bisa detoks kok. Simak selengkapnya dibawah ini yuk!

Halo Sahabat Sehat !

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian bagi sebagian orang. Seringkali untuk mencapai berat badan ideal banyak orang yang melakukan diet ketat. 

Salah satu metode untuk menurunkan berat badan yaitu dengan melakukan detox (metode fasting). Dengan melakukan metode ini ampuh untuk mengeluarkan racun serta menurunkan berat badan.

Namun apakah penderita maag dapat melakukan detoks ini? Dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi maka detox bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan bagi penderita maag.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai detox yang baik bagi penderita maag.

Baca Juga : Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!

Detoks Juice Fasting

Detox juice fasting adalah jenis diet yang melibatkan hanya mengonsumsi jus dari sayuran dan buah-buahan dalam upaya menurunkan berat badan dan mendetoksifikasi tubuh. Dalam detox ini buah dan sayuran akan dicampur dengan perbandingan tertentu untuk dijadikan jus.

Membuat jus untuk detox ini yaitu dengan memeras jus dari buah-buahan dan sayuran dan memisahkannya dari ampasnya. Dalam menjalankan program detox ini kita dianjurkan mengonsumsi jus buah atau sayuran selama beberapa hari, yaitu selama 1 hari, 3 hari, bahkan sampai 7 hari.

Adapun beberapa tahapan dalam melakukan detox juice fasting ini ialah:

  1. Persiapan: Selama tiga sampai lima hari sebelum pembersihan, secara bertahap hilangkan kopi, gula halus, daging, produk susu, gandum, alkohol, dan nikotin untuk mengurangi sakit kepala, mengidam, dan gejala penarikan lainnya selama pembersihan. Tingkatkan asupan sayuran segar, buah-buahan, dan cairan.
  2. Pembersihan: Untuk satu hingga tiga hari pembersihan yang sebenarnya, minum setidaknya 32 ons jus atau smoothie setiap hari. Setidaknya setengahnya harus berupa jus sayuran hijau. Jika rasa lapar terus-menerus atau tidak nyaman, kaldu sayuran atau camilan kecil seperti wortel, seledri, salad, atau sepotong buah sering disarankan.
  3. Pasca-pembersihan: Makan ringan selama beberapa hari, secara bertahap tambahkan makanan kembali selama beberapa hari.

Selanjutnya detox juga dapat membantu berbagai masalah kesehatan serta penyakit kronis. Menurut jurnal review menyatakan bahwa dengan melakukan diet detox dapat mengontrol berat badan dan mengeluarkan racun sehingga dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyakit. 

Kelebihan Detoks Juice Fasting

Untuk menjalankan detox juice fasting kita disarankan konsumsi jus buah dan sayuran dalam jumlah yang besar. Adapun kelebihan detox juice fasting yaitu :

#1 Mengandung vitamin dan mineral yang tinggi

Minum jus bisa memasukkan nutrisi tambahan ke dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kandungan potasium, sodium, kalsium, magnesium dalam buah dapat menetralisir asam lambung didalam tubuh.

#2 Jus kaya akan senyawa anti-inflamasi

Senyawa tersebut yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu seseorang merasa lebih energik.

#3 Dapat optimal membuang racun tubuh

Rancangan detox juice fasting yang menjaga konsumsi makanan berat ini dapat mengoptimalkan proses pembuangan racun karna kerja organ pencernaan lebih ringan.

#4 Dapat membantu menjaga kesehatan lambung

Buah dan sayur mengandung enzim protease yang baik untuk pencernaan sehingga kerja organ pencernaan lebih efisien. Selain itu enzim tersebut juga dipercaya dapat membantu memperbaiki sel – sel lambung yang rusak bagi penderita maag.

Baca Juga : Buah Untuk Sakit Maag : 5 Pilihan Terbaik

Manfaat Detoks Juice Fasting Bagi Penderita Maag

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, manfaat detox juice fasting yaitu: 

#1 Menurunkan berat badan

Pada dasarnya tujuan melakukan detox selain ingin mengeluarkan racun juga untuk menurunkan berat badan. 

Menurut penelitian bahwa detoksifikasi dapat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Dengan demikian penyakit maag yang kita derita dapat sembuh. 

Pada jurnal Scientific Reports dilakukan penelitian terhadap  20 peserta sehat untuk hanya mengonsumsi enam botol jus berbeda sehari selama 3 hari. Didapatkan bahwa jus buah efektif dalam menurunkan berat badan hingga 1,7 kg.

#2 Mengontrol bakteri penyebab maag

Maag seringkali disebabkan oleh infeksi dari bakteri helicobacter pylori. Dengan melakukan detoksifikasi kita dapat membuang racun serta bakteri yang menyebabkan infeksi pada lambung. 

Menurut penelitian menyatakan bahwa perubahan pola makan jangka pendek memang mengubah flora usus seseorang. Para peneliti juga menemukan bahwa bakteri merespons dengan cepat perubahan mendadak pada pola makan nabati.

Dengan demikian melakukan detox bagi penderita maag  baik untuk mencegah kekambuhan gejala maag yang disebabkan infeksi bakteri.

#3 Membantu memperbaiki sel – sel lambung

Formulasi jus buah dan sayur dalam program detox mengandung enzim yang baik bagi lambung. Protease membantu mengurangi peradangan, membersihkan kotoran dan infeksi, dan merangsang penyembuhan. 

Banyak studi klinis yang dengan jelas menunjukkan bahwa mengonsumsi protease secara signifikan mempercepat penyembuhan bisul, gastritis, dan jaringan yang terluka. 

Menurut penelitian Arsip Bedah Pencernaan Brazil bahwa makanan berserat dapat mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter pylori. Serat bertindak sebagai penyangga dan mengurangi konsentrasi asam empedu di lambung. Ini juga mengurangi waktu yang dihabiskan makanan untuk bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga kembung dan ketidaknyamanan berkurang 

Program Detoks Untuk Penderita Maag

Bagi anda penderita maag ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan detox. Hal ini dikarenakan bila program detox tidak dirancang dengan baik maka dapat menyebabkan keadaan lambung menjadi parah.

Menurut Rumah Sakit & Klinik Universitas Iowa merekomendasikan diet sehat yang penuh dengan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk menyembuhkan peradangan Anda.

Untuk mempermudah kita dalam menjalankan detox, itsbuah telah merancang program detox : peace with maag and gerd. Detox maag ini terdiri atas 3 paket yang dapat dipilih yaitu:

Paket Detoks Maag

Paket detox peace with maag and gerd ini memiliki beberapa variant cold pressed juice yang ditawarkan:

Adapun paket detox ini terdiri atas cold pressed juice yang dibuat dari beberapa buah pilihan yang kaya akan enzim protease. Enzim tersebutlah yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan iritasi pada lambung. Proses pembuatan cold pressed juice ini asli tanpa tambahan air dan gula sehingga nutrisi yang kita terima lebih lengkap. Dengan demikian  mengonsumsi paket detox: peace with maag and gerd ini akan mempermudah kita dalam melakukan detoksifikasi tubuh serta menyembuhkan maag.

Baca Juga : Cara Mengobati Maag Kronis : 7 Metode Alami & Aman


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *