Punya Riwayat Diabetes? Konsumsi 4 Bahan Makanan Berikut Ini!

Punya Riwayat Diabetes

Diabetes melitus atau bisa disebut dengan diabetes adalah penyakit metabolik yang menyebabkan kadar gula darah di dalam tubuh tinggi. Pada kondisi normal, hormon insulin bertugas untuk memindahkan gula dari darah ke sel-sel tubuh untuk disimpan atau digunakan untuk energi.

Namun dengan adanya penyakit diabetes ini, tubuh Anda tidak dapat membuat cukup insulin atau tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkan. Jika kadar gula darah dalam tubuh tinggi tidak segera diobati, diabetes melitus atau ada juga yang menyebutnya dengan penyakit kencing manis ini dapat merusak saraf, mata, ginjal, dan orang lainnya.

Penyebab diabetes bisa terjadi karena adanya faktor genetik, faktor usia, adanya gangguan autoimun, serta resistensi insulin. Penyebab atau faktor lain yang dapat memperparah penyakit ini yaitu sering mengkonsumsi makanan tinggi gula, malas bergerak, berat badan berlebih (overweight), kurang minum air putih, serta mengkonsumsi garam yang berlebihan. 

Dari penyebab dan pola hidup yang tidak sehat tersebut, kasus diabetes dapat dibedakan menjadi 4 jenis.

Jenis Diabetes

  1. Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun. Pada tipe 1 ini, sistem kekebalan dapat menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas, tempat insulin dibuat. 

  1. Diabetes Tipe 2

Pada tipe 2 ini dapat terjadi ketika tubuh Anda melakukan perlawanan terhadap insulin sehingga gula menumpuk di dalam darah Anda

  1. Pradiabetes atau Prediabetes

Pradiabetes atau Prediabetes adalah peningkatan kadar gula darah dari batas normal, tapi belum bisa disebut sebagai Diabetes.

  1. Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional jenis ini biasanya terjadi pada saat masa kehamilan. Pada saat wanita mengandung, kadar gula menjadi tinggi dan membuat hormon dalam tubuh menghambat insulin yang diproduksi oleh plasenta.

  1. Diabetes Insipidus

Terakhir adalah Diabetes Insipidus, merupakan kondisi seseorang yang selalu merasa haus dan sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak. Diabetes Insipidus berbeda dengan jenis Diabetes Melitus, karena pada jenis ini ginjal mengeluarkan terlalu banyak cairan dari dalam tubuh.

Itu tadi adalah jenis-jenis Diabetes, lalu apakah Anda sudah tahu apa saja gejala diabetes? Simak penjelasannya berikut ini!

Gejala Diabetes

Umumnya, penderita diabetes akan merasakan gejala seperti di bawah ini:

  • Peningkatan rasa lapar
  • Peningkatan rasa haus
  • Berat badan menurun
  • Sering buang air kecil
  • Pandangan menjadi kabur
  • Sering merasa lelah
  • Luka yang tidak kunjung sembuh atau bekas luka yang lama hilang
  • Kulit menjadi kering
  • Sering kesemutan
  • Letih dan lemas

Gejala di atas tentunya akan dirasakan berbeda-beda di setiap orangnya. Dan perlu Anda tahu, Diabetes tidak dapat disembuhkan. Tetapi, Anda bisa meminimalisir gejalanya dengan melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi.

Agar gejala kencing manis bisa minimalisir, berikut adalah 4 bahan makanan yang direkomendasikan untuk para penderita Diabetes.

4 Bahan Makanan yang Aman dan Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

  1. Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain: nasi, roti, mie, kentang, singkong, ubi, dan sagu

  1. Protein

Untuk makanan yang mengandung protein ini disarankan untuk tidak mengandung lemak seperti daging rendah lemak, ikan, ayam tanpa kulit, susu rendah lemak, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

  1. Lemak 

Agar kadar gula dalam tubuh tidak meningkat, Anda bisa mengkonsumsi lemak dalam jumlah terbatas. Lalu dianjurkan untuk mengolahnya dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, ditumis, disetup, atau dibakar.

  1. Buah dan Sayur

Anda dapat memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang berserat tinggi seperti pisang, raspberry, apel, alpukat, stroberi, pir, blueberry, selada, wortel, bayam, atau kacang panjang.

Selain mengkonsumsi buah dan sayur tersebut, Anda juga bisa mendapat asupan serat yang cukup setiap hari dengan mengkonsumsi Cold Pressed Juices IT’s Buah. Karena Cold Pressed Juices IT’s Buah sama dengan 1 Kg buah dan sayur lokal, tanpa tambahan gula, air, dan pengawet.

Selain mendapatkan asupan serat yang cukup, Anda akan mendapatkan program pendampingan kesehatan bersama Personal Coach yang siap membantu untuk meminimalisir gejala Diabetes.

Demikian pembahasan tentang penyakit Diabetes dan 4 bahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Semoga artikel tersebut dapat membantu untuk meredakan gejala dan mengurangi masalah kesehatan Anda.

Jangan lupa ikuti program IT’s Buah untuk menikmati hidup sehat alami jangka panjang. Untuk info pemesanan, kunjungi website www.itsbuah.com 

Referensi:

https://hellosehat.com/diabetes/penyebab-diabetes/

https://www.halodoc.com/artikel/apa-yang-membedakan-diabetes-insipidus-dengan-diabetes-melitus 

https://hellosehat.com/diabetes/gejala-diabetes/ 

https://www.alodokter.com/deretan-makanan-untuk-penderita-diabetes-yang-baik-dan-buruk 

https://www.halodoc.com/artikel/7-makanan-yang-baik-dikonsumsi-saat-diet-diabetes-melitus

https://hellosehat.com/diabetes/diabetes-melitus/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *