Rahasia Dalam Melakukan Strength Training

Beri tahu teman-teman Anda

Kenapa kita harus melakukan Strength Training? Strength adalah kemampuan otot atau suatu kemampuan kondisi fisik manusia yang diperlukan dalam peningkatan prestasi belajar gerak. Nah sebelum mulai lakukan, simak hal-hal berikut ini yuk!

Rahasia Dalam Melakukan Strength Training

Apa itu strength training ?

Strength atau kekuatan, adalah suatu kemampuan kondisi fisik manusia yang diperlukan dalam peningkatan prestasi belajar gerak. Kekuatan merupakan salah unsur kondisi fisik yang sangat penting penting dalam meningkatkan komponen-komponen seperti kecepatan, kelincahan, dan ketepatan. 

Macam-macam strength training ?

#1 Push up 

Push up adalah salah satu latihan fisik yang mengembangkan otot-otot dada, bahu, dan lengan. Push up dapat berakibat terjadinya pembesaran otot sehingga secara otomatis dapat meningkatkan kekuatan otot lengan untuk melakukan gerakan mendorong atau menarik.

#2 Sit up 

Sit up merupakan salah satu aktivitas fisik-latihan resistensi yang gerakannya melatih otot-otot perut mengangkat beban tubuh sampai membentuk sudut 90o dari posisi berbaring. Sit up memiliki berbagai variasi, tergantung pada sudut yang diciptakan. Ada sit up dengan sudut 45o dan 120o.

#3 Dips 

Dips adalah jenis latihan untuk membetuk otot dada dan juga termasuk kedalam latihan compound yang cocok untuk melatih otot tricep dan otot bahu. 

#4 Jumping jack 

Jumping jack adalah satu gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan dan memadatkan tulang, serta menguatkan otot seluruh badan. 

#5 Burpee 

Burpee adalah olahraga seluruh tubuh yang intens dimana dapat membakar kalori. Olahraga ini secara instan meningkatkan detak jantung sehingga dapat membakar lemak. Selain itu olahraga ini dapat membentuk otot dan menguatkan melalui gerakan seperti squat dan push up.

#6 Squat 

Squat adalah latihan untuk melatih otot paha, panggul, dan bokong, quad, hamstring, juga menguatkan tulang, ligament dan tendon dibawah bagian tubuh. Gerakan-gerakan squat juga membangun lingkungan anabolic, yang juga berguna untuk pembentukkan otot seluruh tubuh.

#7 Mountain climber 

Mountain climber merupakan latihan gabungan yang melatih beberapa sendi dan otot secara bersamaan dari leher hingga kaki. Secara khusus ini menargetkan trisep, deltoid, perut, punggung, fleksor pinggul paha depan, paha belakang, dan bokong.

Artikel Terkait:
7 Tips untuk Kesehatan Wanita
Tahun Baru, Sehat Terus: Aktivitas Fisik untuk Kebiasaan Baik
Sehat Fisik & Mental untuk Maksimalkan Hidup

Rahasia Dalam Melakukan Strength Training

Mencegah cedera saat melakukan strength training ?

Sahabat Sehat dalam melakukan strength training cedera bisa menjadi hal yang wajar jika kita tidak mempersiapkan diri dengan baik. Cedera olahraga seringkali direspon oleh tubuh dengan tanda radang yang terdiri atas merah, bengkak, panas, nyeri, dan penurunan fungsi sehingga harus dihindari selama melakukan olahraga. Berikut ini tips mencegah terjadinya cedera:

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sebelum berlatih ataupun sesudahnya
  2. Melakukan pemanasan atau peregangan yang benar sebelum berlatih secara individu atau berpartner 
  3. Pilih peralatan yang baik; misalnya ukuran sepatu yang cocok, tidak terlalu sempit, perhatikan sol sepatu apabila sudah tipis sebaiknya jangan digunakan
  4. Penggunaan alat pelindung atau pengaman jika menggunakan alat-alat beban tertentu 
  5. Pengendalian emosi: emosi yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan bahaya saat melakukan olahraga karena akan menganggu fokus dalam bergerak 
  6. Menguasai latihan yang benar
  7. Memeriksa alas atau tempat yang akan digunakan untuk latihan, hindari dari benda-benda tajam yang terlihat jelas ataupun benda kecil yang tajam 
  8. Jika merasa bingung diawal latiha, hubungi pelatih atau ikut kelas olahraga online untuk mengetahui gerakan yang benarnya seperti apa
  9. Meningkatkan kebugaran fisik: dengan kondisi kebugaran fisik yang tinggi tubuh siap menerima pembebanan fisik, sehingga tidak cepat mengalami kelelahan yang akhirnya dapat mengakibatkan timbulnya cedera

Artikel Terkait:
Gaya Hidup Sehat: Panduan untuk Pekerja di Masa COVID
7 Manfaat Pola Hidup Sehat
5 Tips Sehat Alami agar Tampil Menawan & Prima

Rahasia Dalam Melakukan Strength Training

Konsumsi pangan penunjang strength training

Sahabat Sehat, olahraga kekuatan atau strength training ini memang dikenal sebagai olahraga untuk membentuk otot atau meningkatkan massa otot sehingga sebagian besar orang memiliki persepsi bahwa konsumsi protein harus tinggi agar prosesnya bisa berlansung optimal.

Namun pada dasarnya tubuh manusia membutuhkan zat gizi yang beragam: zat gizi makro dan zat gizi mikro. Konsumsi karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk menunjang latihan ini.

Selain itu, mineral juga berperan dalam mengoptimal program olahraga. Sebagai contohnya, mineral fosfor berperan dalam kekuatan dan kecepatan kontraksi otot, memperkuat struktur tulang. Selain itu mineral magnesium yang juga memegang peran penting dalam metabolisme dan struktur tulang, kekuatan dan kecepatan kontraksi otot imunologi, sistesis protein, dan metabolisme glukosa. 

Nah Sahabat Sehat, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak info seputar strength training bisa terus ikuti Instagram itsbuah @sehatbarengistbuah, karena akan ada NGEMIS (NGobrol sEhat di hari kaMIS) bersama trainer bersertifikasi Arief Chaniago . Jangan sampai ketinggalan ya Sahabat Sehat!

banner strength training


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *