Resep Jus Andalan Solusi Tingkatkan Imunitas

Beri tahu teman-teman Anda

Tingkatkan Imun tubuh secara alami dengan mengonsumsi jus buah dan sayur. Simak resep jus imun andalan untuk tingkatkan imunitas tubuh dibawah ini yuk!

Halo, Sahabat Sehat!

Menjalani berbagai aktivitas di masa pandemi, memang tidak mudah. Berbagai kebiasaan baru dalam menjalankan aktivitas diterapkan kala pandemi. Tentunya setiap orang harus beradaptasi pada kebiasaan-kebiasaan baru ini. Dari mulai menggunakan masker, menjaga jarak, tak lupa handsanitizer dibawa kemanapun ketika beraktivitas.

Ada hal yang tak boleh luput dari perhatian setiap orang yaitu menjaga imunitas tubuh. Pasalnya di tengah lonjakan kasus Covid-19 dan munculnya berbagai varian baru, jangan sampai diri kita terinfeksi virus karena imunitas yang sedang menurun. 

Mengonsumsi buah dan sayur menjadi cara jitu untuk meningkatkan imunitas. Namun, kendala yang sering sekali terjadi yakni tidak semua orang menyukai sayur dan buah. Alasannya berbagai macam seperti tidak suka dengan rasa, merasa jijik bahkan karena genetika. Padahal kalau dilihat manfaatnya sangat banyak dan baik untuk tubuh.

Tenang, tak perlu risau masalah tersebut dapat diatasi dengan membuat olahan jus. Siapa yang tak tahu dengan olahan ini? Minuman nan sehat dengan rasa yang enak. Olahan ini menjadi solusi agar tetap dapat mengonsumsi buah dan sayur meskipun tidak menyukainya.

Sudah menemukan solusi, tapi tidak tahu bahan serta cara membuat jus untuk meningkatkan imunitas. Artikel ini akan membahas resep jus untuk meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga : 5 Cara Memperkuat Imun Tubuh, Salah Satunya Gunakan Anti Oksidan

Resep Jus Imun Tubuh

Bahan:

  1. ½ Buah Nanas
  2. 3 Buah Jeruk
  3. 1 Buah Lemon
  4. 1 ruas Jahe sebesar ibu jari 
  5. Air 500 ml.

Alat:

  1. Blender
  2. Pisau
  3. Saringan
  4. Gelas

Cara Membuat:

  1. Siapkan buah nanas yang manis dan tingkat kematangannya tepat agar tidak asam ataupun terlalu matang.
  2. Kupas buah nanas dan buang mata nanas sehingga menyisakan daging buah nanas saja. Lalu cuci buah nanas hingga bersih. Keringkan
  3. Potong ½ buah nanas hingga menjadi kecil agar mempermudah proses penghalusan pada blender.
  4. Siapkan 3 buah jeruk, kemudian kupas dan potong-potong kecil daging buahnya.
  5. Siapkan buah lemon dan lakukan hal yang sama seperti pada buah jeruk.
  6. Kupas jahe dan cuci bersih. Potong kecil-kecil.
  7. Proses selanjutnya yaitu penghalusan buah dengan blender. Masukan buah nanas, jeruk, lemon dan jahe yang sudah dipotong ke dalam blender.
  8. Masukan 500 ml air. Untuk penggunaan gula sesuai selera. Namun, alangkah baiknya jus dibuat tanpa tambahan gula. Agar jus yang dihasilkan lebih murni.
  9. Blender semua bahan hingga halus.
  10. Apabila semua bahan sudah tercampur dan halus maka tuangkan ke gelas sekaligus menyaringnya agar jus terpisah dari ampasnya.
  11. Masukan jus ke dalam kulkas apabila ingin dinikmati dalam kondisi dingin. 
  12. Jus siap di minum.

Itulah resep jus untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun, perlu diperhatikan jus yang telah dibuat lebih baik segera dikonsumsi dan dihabiskan ketika masih fresh. Sebab, jus seperti ini tidak dapat bertahan lama.

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?

Nutrisi dalam Jus

Kalau ada yang bertanya, kenapa jus ini dapat meningkatkan imunitas tubuh? Jawabannya adalah karena kandungan nutrisi dari buah-buahan yang dijadikan bahan dalam pembuatan jus. Berikut ini beberapa nutrisi dari jus yang telah dibuat:

#1. Nanas

Buah tropis yang satu ini mengandung antioksidan bernama flavonoid dan asam fenolik. Fungsinya untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan kronis, melemahnya imunitas dan penyakit berbahaya.

Selain itu, enzim bromelain yang terdapat pada buah nanas sangat berguna untuk melancarkan pencernaan. Sebab enzim bromelain memiliki kemampuan untuk memecah protein menjadi asam amino dan peptida kecil. Hal ini tentunya akan mempermudah usus untuk menyerapnya.

#2. Jeruk

Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk menjaga imunitas tubuh. Tidak sampai disitu. Buah ini juga memiliki kandungan air yang tinggi, karena dalam 1 buah jeruk 87 persennya adalah air. Tentunya buah ini baik untuk mencegah dehidrasi.

Selanjutnya yang tak kalah hebat dari buah jeruk yaitu kandungan antioksidan yang bernama flavonoid. Layaknya perisai kandungan ini memberikan manfaat antiinflamasi, antimikroba serta antivirus untuk melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa flavoniod dapat menurunkan resiko depresi. Terutama pada kalangan wnaita yang lebih tua.

#3. Lemon

Buah berwarna kuning cerah ini terkenal memiliki Vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C ini sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Saat imun meningkat maka tubuh akan sulit terkena penyakit.

#4. Jahe

Siapa yang tak kenal dengan bahan yang satu ini. Tanaman umbi umbian yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur ternyata dapat dimanfaatkan guna meningkatkan imunitas tubuh. 

Jahe mengandung Gingerol yaitu zat aktif minyak Atsiri. Zat ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan sel pembunuh alami memperbanyak diri dan menghancurkan dinding sel virus. Dengan kekuatan tersebut maka diri akan terlindungi dari virus yang menyebabkan penyakit. 

Tak hanya itu, rasa hangat yang dimiliki oleh jahe, bermanfaat untuk mengobati kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat dapat mengusir gas yang menjadi penyebab terjadinya kembung.

Setelah mengetahui beberapa manfaat, tidak heran bukan apabila bumbu dapur yang satu ini sempat viral karena orang-orang berburu jahe di pasar guna meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi Covid-19.

Kesimpulan

Meningkatkan imun tubuh dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan serta sayuran. Akan tetapi tidak melulu buah-buahan serta sayuran dimakan langsung. Cara lain untuk mengonsumsinya yaitu dengan mengolahnya menjadi jus.

Resep jus dengan bahan buah nanas, jeruk, lemon serta jahe dapat menjadi opsi bagi anda yang ingin meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi. Nutrisi yang terkandung antara lain vitamin C, enzim Bromelain, antioksidan, Gingerol dan lainnya. Sensasi hangat yang dihasilkan dari jahe juga dapat dirasakan ketika meminumnya.

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *