Resolusi 2021 : Make The New You dengan Fisik, Mental, dan Makanan yang Sehat

Beri tahu teman-teman Anda

Tahun 2020 sebentar lagi akan berakhir dan berganti menjadi tahun 2021. Apakah Sahabat Sehat sudah punya resolusi yang akan diwujudkan? Simak artikel ini untuk dapatkan ide dan referensi yuk!

Resolusi 2021 : Make The New You dengan Fisik, Mental, dan Makanan yang Sehat

Halo, Sahabat Sehat!

Bulan Desember sebentar lagi akan berakhir nih, tinggal menghitung hari menuju tahun baru 2021. 

Tahun 2020 mungkin menjadi tahun yang cukup membekas di ingatan kita semua, pasalnya sepanjang tahun ini berbagai peristiwa telah terjadi yang memengaruhi beberapa aspek dari kehidupan kita.

Beberapa dari kita mungkin ada yang terlintas dalam benaknya rasa syukur karena berhasil melewati masa sulit dan bisa berada di penghujung tahun atau sebaliknya ada yang malah merasa putus asa dan pesimis dengan masa yang akan datang. 

Meski melalui masa sulit namun, momen tahun baru ini merupakan saat yang tepat untuk kita beranjak dan memperbaiki diri. Yup, betul banget tahun baru memang identik dengan sebuah resolusi dan harapan besar. Di mana orang-orang akan mulai memikirkan hal-hal yang akan menjadi tujuan di tahun 2021 dengan merincinya dalam sebuah resolusi.

Resolusi 2021 : Make The New You dengan Fisik, Mental, dan Makanan yang Sehat

Kenapa kita perlu punya Resolusi?

Resolusi tahun baru merupakan tradisi di mana seseorang berjanji untuk memperbaiki diri pada tahun berikutnya. 

Ketika membuat resolusi Sahabat Sehat pasti akan memikirkan tujuan dan harapan-harapan selama satu tahun kedepan. Ada beberapa alasan kenapa penting bagi kita untuk memiliki resolusi.

#1 Memperjelas tujuan hidup

Sahabat Sehat, dengan membuat resolusi tujuan hidup kita akan menjadi lebih jelas, kamu akan dapat menentukan di mana kamu ingin berada, seperti apa kamu ingin menjadi, dan impian apa yang ingin kamu gapai. 

Tujuan tersebut memberikan kamu arahan mengenai setiap hal yang perlu kamu lakukan dan keputusan yang hendaknya kamu ambil. 

Hidup dengan tujuan dan target yang jelas akan membuat hidup menjadi lebih terarah dan mengurangi resiko membuang-buang waktu, tenaga, dan juga materi. “Perencanaan yang matang akan meminimalisir kegagalan.”

#2 Jadi mengenal diri sendiri dengan lebih baik

Tidak hanya untuk memperjelas tujuan dan target, resolusi secara tidak langsung mengajak kita untuk introspeksi dan mengenal diri sendiri lebih baik.

Ketika membuat resolusi kita akan melihat kebelakang dan mencoba mengenali kelemahan kita di masa lalu. 

Membuat kita mengerti apa yang diri kita butuhkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dan seberapa mampukah kita dalam mewujudkan semua harapan yang telah kita rencanakan

#3 Mengajarkan kita untuk menghargai proses

Dalam mewujudkan resolusi, pasti kamu akan melewati fase kegagalan. Namun hal itu perlu kamu lewati, dan akan mengajarkan bahwa segala yang ada di dunia ini tidak terjadi begitu saja. Semuanya harus ditempuh dengan berbagai usaha, kerja keras, dan semangat dalam meraihnya. 

Dengan begitu, ketika telah berhasil mencapai tujuan maupun harapan yang diinginkan, maka kamu akan semakin menghargai proses di dalamnya.

#4 Menghubungkan kita dengan orang-orang yang memiliki tujuan serupa

Resolusi juga ternyata dapat membantu kehidupan sosal kita loh Sahabat Sehat. Kesamaan tujuan merupakan awal dari berdirinya sebuah komunitas, keluarga, bahkan hingga perusahaan kecil atau besar. 

Karena tujuan yang sama ini memberikan kesadaran kepada seseorang untuk berjuang bersama.

Resolusi 2021 : Make The New You dengan Fisik, Mental, dan Makanan yang Sehat

Bagaimana Cara Menetapkan Resolusi?

Sahabat Sehat, mungkin sebagian dari kita pernah mengalami resolusi yang tidak tercapai dengan baik atau bahkan gagal. Mungkin hal ini terjadi karena kita tidak menetapkan resolusi dengan benar. 

Menurut jurnal Management Review tahun 1981, sebuah resolusi haruslah SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound).

  • Spesifik (Specific)

Dalam membuat tujuan kita perlu menjelaskannya secara spesifik. Membuat resolusi seperti “Aku ingin lebih sehat” atau “Aku ingin menurunkan berat badan” akan menjadi khayalan belaka jika tidak dibarengi dengan strategi.

Lebih baik kita membuatnya menjadi seperti ini “2021 Ingin lebih sehat. Caranya, saya akan mulai olahraga lari atau jogging seminggu dua kali, mendaftar kelas yoga atau fitness, memakan buah dan sayur setiap hari, mengurangi junk food, dan sebagainya.”

  • Terukur (Measureable)

Dalam psikologi terdapat prinsip dasar yaitu “Bila kamu bisa mengukurnya, maka kamu pun dapat mengubahnya.” 

Maka dari itu dalam membuat resolusi, kita bisa menuliskan mengenai kebiasaan atau kondisi kita dalam ukuran yang nyata. Kemudian menentukan target spesifik beserta ukurannya. Contohnya, “Turun 5kg dengan jogging minimal 15 menit setiap hari.”

  • Dapat dijangkau (Achievable)

Bukan berarti kamu tidak bisa bermimpi besar ya Sahabat Sehat. Namun, sederhanakanlah rencana besarmu itu menjadi langkah sederhana yang bisa kamu jangkau sedikit demi sedikit. Perlahan tapi pasti, memulai dengan langkah terkecil yang kamu bisa.

Misalnya, kamu punya resolusi untuk turun berat badan dalam jangka waktu tertentu, yang biasanya kamu tidak pernah berhasil capai. Kamu bisa membuatnya menjadi beberapa rencana seperti “melakukan senam 15 menit sehari”, “melakukan detoks 1 kali seminggu” dan lain sebagainya.

  • Relevan (Relevant)

Sahabat Sehat, ketika membuat resolusi kamu harus pastikan bahwa resolusi tersebut memiliki tujuan yang baik dan tepat untuk dirimu sendiri. 

Contohnya kamu memiliki tujuan untuk sehat dan turun berat badan, maka kamu harus membuat resolusi yang mengarahkanmu ke arah tersebut. Jangan memilih tujuan yang membawa kamu ke arah yang salah.

  • Batas waktu (Time-Bound)

Dalam membuat resolusi batas waktu yang Sahabat Sehat tentukan juga harus bisa dijangkau. Kamu benar-benar harus fokus memikirkan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sebuah perubahan tertentu.

Buatlah timeline atau batas waktu, kapan kamu akan mulai menjalankannya, berapa frekuensinya, kapan batas akhir kamu harus melakukan.

Resolusi 2021 : Make The New You dengan Fisik, Mental, dan Makanan yang Sehat

Tips agar Resolusi dapat berhasil

Pergantian tahun membawa semangat baru untuk memperbaiki diri di masa depan. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk membuat resolusi. 

Sayangnya, mayoritas orang yang membuat resolusi tahun baru seringkali gagal meraihnya. 

Alasannya beragam mulai dari malas hingga tidak punya waktu melakukannya. Nah ini beberapa tips dari itsbuah agar resolusi kamu nanti dapat berhasil hingga akhir.

1)Pilih Satu Bagian dalam hidup yang ingin diubah

Sahabat Sehat, memikirkan banyak hal untuk diperbaiki memang baik, namun seringkali hal inilah yang membuat kita kesulitan mencapai target kita. 

Coba kali ini pilih satu bagian dalam hidupmu yang ingin kamu ubah terlebih dahulu. Sebagai contoh, target besarmu tahun ini adalah memiliki berat badan yang lebih ideal. Dari sini, fokus kita adalah kesehatan. Setelah itu, kita bisa buat kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat dimulai untuk mewujudkannya.

2)Rencanakan Cara Mencapai Resolusi

Setelah kamu menentukan apa yang menjadi fokus untuk kamu capai tahun ini, cobalah untuk berpikir lebih jauh bagaimana cara kamu mencapai hal tersebut. Tuliskan resolusi tahun baru kamu bersama dengan minimal 3 cara mencapainya di suatu kertas.

3)Mulai dengan langkah kecil hari ini

Sahabat Sehat, sebagian besar orang menyerah di tengah jalan karena target mereka yang terlalu berat. Karena itu, mulailah dengan target sederhana diiringi dengan langkah-langkah kecil. Jangan tunggu sampai hari esok. Pikirkan apa yang bisa kamu lakukan hari ini untuk merealisasikan resolusimu.

4)Terimalah Kegagalan sebagai Proses

Pada suatu titik, Sahabat Sehat pasti akan merasakan kegagalan walaupun kamu sudah melakukan semua hal agar resolusimu terwujud. 

Jangan membenci diri sendiri karena kegagalan itu, terimalah bahwa kamu memang sedang berproses, dan lihat kembali seberapa besar pencapaian yang sudah kamu lakukan. Kemudian niatkan kembali dalam diri kamu dan lakukan upaya lebih dari sebelumnya. 

5)Beri Hadiah untuk Keberhasilan

Jika kemudian kamu telah berhasil mencapai suatu resolusi, jangan lupa membahagiakan diri sendiri dengan menentukan hadiah atas keberhasilanmu. Hadiah adalah salah satu cara untuk menjaga agar kamu tetap bersemangat untuk memerjuangkan resolusi di hari-hari sulit.

Resolusi 2021 : Make The New You dengan Fisik, Mental, dan Makanan yang Sehat

Aspek Kehidupan apa yang perlu diperbaiki di tahun 2021

Sahabat Sehat, sepanjang tahun 2020 ini kita mengalami banyak hal yang membuat kita sadar akan pentingnya kesehatan. Pandemi menuntut kita beradaptasi dengan kebiasaan baru yang lebih higienis daripada sebelumnya.

Mulai dari rajin mencuci tangan sampai penggunaan masker, pandemi mengajarkan kita untuk lebih peduli dengan kebiasaan sehat demi menjaga kesehatan diri. 

Menyongsong 2021 ini, kita harus bisa hidup lebih sehat daripada sebelumnya. Mengubah gaya hidup jadi lebih sehat akan menjadi fokus utama dalam membuat resolusi tahun depan. Untuk mewujudkan sehat itu ada 3 aspek penting yang perlu Sahabat Sehat perhatikan.

#1 Menjaga Kesehatan Fisik

Jika membahas tentang resolusi kesehatan, pasti tidak jauh dengan usaha untuk menjaga kesehatan fisik.

Awal yang dapat Sahabat Sehat lakukan adalah menentukan kondisi fisik seperti apa yang ingin difokuskan. Misalnya, jika kamu ingin menghabiskan masa pensiun nanti dengan banyak bepergian, tentu akan dibutuhkan fisik dan daya tahan tubuh yang kuat.

Oleh karena itu, kamu dapat membiasakan diri dengan rutinitas yang menjaga daya tahan tubuh dan kekuatan fisik dengan jogging dan jalan sore. Kemudian, cari informasi lebih lanjut seputar pengembangan latihan fisik jika kamu sudah bisa konsisten dan berkomitmen dalam menjalani sebuah aktivitas fisik.

#2 Menjaga Kesehatan Mental Juga Penting

Kenapa perlu menjadi resolusi? Sebab, menjaga kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. 

Pasalnya, kesehatan mental adalah penopang kesehatan fisik. Dengan kesehatan mental yang baik, kesehatan fisik kamu juga akan ikut membaik loh. Sebaliknya, apabila kesehatan mental kamu tidak dijaga, akan berdampak buruk pula pada kesehatan fisik.

Maka dari itu, kamu sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk menjaga kesehatan mental sebagai salah satu resolusi penting di tahun 2020.

#3 Perbaiki Pola Makan dukung Kesehatan Fisik dan Mental

Ingin lebih sehat? Perbaiki pola makan. Jika kamu berpikir untuk hidup panjang umur dan sehat, maka penting untuk mengetahui bahwa langkah pertama adalah mengubah pola makan, lalu memastikan bahwa tubuh tidak akan pernah kekurangan nutrisi tertentu. 

Ungkapan “you are what you eat” dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang. Menjaga pola makan memang sangat penting. Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai jenis penyakit yang sering menyerang manusia merupakan akibat dari pola makan yang buruk. 

Jadi untuk mendukung kesehatan fisik dan mental, kamu juga perlu memperhatikan aspek pola makan untuk dijadikan salah satu resolusi sehat di tahun 2021.

Nah, Sahabat Sehat! Meskipun di tahun 2020 kita melalui masa-masa yang cukup sulit, bukan berarti di tahun 2021 ini kita tidak bisa bangkit. Semoga tahun 2021 nanti bisa menjadi tahun yang lebih baik untukmu, ya. Semoga impian, target, dan resolusi tahun 2021 mu bisa terwujud dengan hasil yang terbaik. 

Untuk Sahabat Sehat yang ingin mengetahui fakta, tips, dan saran untuk Resolusi 2021 bisa mengikuti IG @sehatbarengistbuah, Karena minggu ini kita akan membahas seputar resolusi sehat nih. Jangan sampai ketinggalan ya Sahabat Sehat!


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *