Wortel : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Beri tahu teman-teman Anda

Sayur wortel adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk ke dalam golongan umbi-umbian dan mudah sekali ditemukan di Indonesia. Wortel dikenal karena manfaat dan nutrisi nya yang baik bagi tubuh. Dengan pengolahan yang tepat, manfaat dan kandungan gizi wortel mampu memberikan manfaat optimal bagi tubuh.

Wortel : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Halo, Sahabat Sehat!

Daucus carota L. (Wortel) adalah sayuran yang digemari oleh semua umur, terutama anak-anak. Wortel juga mudah sekali ditemukan di Indonesia, Anda dapat membelinya di pasar ataupun di supermarket. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah produksi wortel di Indonesia pada tahun 2019 adalah sebesar 674.634 ton. Provinsi penghasil wortel terbesar adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

Sayuran yang masuk ke dalam golongan umbi-umbian ini dapat diolah menjadi berbagai bentuk, seperti bahan masakan, manisan, jus, snack (keripik wortel), tepung dan sebagainya. Selain mudah diolah, wortel juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Dengan cara pengolahan yang tepat, Anda bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari mengkonsumsi wortel.

Artikel ini membahas tentang jenis-jenis wortel, manfaat, kandungan nutrisi, dan resep untuk mengolah wortel agar lebih sehat untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Sayur Sawi : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Jenis-Jenis Wortel di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa jenis wortel yang dapat ditemukan di Indonesia:

#1. Wortel Imperator

Wortel jenis ini mempunyai bentuk agak bulat memanjang dengan ujung yang meruncing. Varietas wortel imperator yang paling banyak digemari adalah Atomic Red dan Autumn King.

Umbi wortel imperator memiliki kulit yang tipis dan bisa tumbuh hingga 20-30 cm. Wortel imperator mengandung lebih sedikit gula sehingga rasanya tidak terlalu manis. Tekstur umbi yang lebih keras membuat wortel imperator dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama dibanding jenis wortel lainnya.

#2. Wortel Chantenay

Chantenay mempunyai bentuk yang lebih gemuk dan pendek jika dibandingkan dengan wortel jenis lain. Varietas wortel chantenay yang paling banyak digemari adalah Royal Chantenay dan Red Chantenay. Umbi wortel chantenay memiliki kulit yang halus dengan panjang sekitar 10-12 cm. Wortel jenis ini banyak digemari karena rasanya yang manis.

#3. Wortel Nantes

Jenis wortel nantes ini adalah hasil persilangan antara wortel imperator dan wortel chantenay. Karena hasil persilangan tersebut, wortel jenis ini memiliki bentuk yang bulat tumpul dan memiliki diameter yang sama dari atas ke bawah. Umbi wortel nantes memiliki kadar air yang lebih tinggi dan bisa tumbuh sepanjang 15-20 cm. 

Baca Juga : Buah Nanas : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Manfaat Sayur Wortel

Wortel : Manfaat, Kandungan Gizi & Resep

Sayuran adalah makanan yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari berbagai penyakit. Wortel adalah salah satu pilihan sayuran yang tidak hanya bermanfaat namun juga mudah diolah dan rasanya enak. Berikut adalah 3 manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

#1. Mengurangi risiko Kanker

Senyawa beta karoten dan falcarinol pada wortel berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari risiko terkena penyakit kanker. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan International Journal of Epidemiology, perokok yang rutin mengkonsumsi wortel memiliki risiko terkena kanker paru-paru yang lebih rendah.

#2. Menjaga kesehatan Mata

Kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi proses pembentukan pigmen rhodopsin dan mengakibatkan seseorang terkena rabun senja. Penelitian dari Universitas Lisbon menunjukan bahwa kandungan vitamin A dan beta karoten pada wortel mampu menjaga kesehatan mata dan melindungi dari penyakit rabun senja. 

#3. Mengurangi risiko serangan Jantung

Penyakit jantung koroner adalah gangguan fungsi jantung akibat otot jantung kekurangan darah karena adanya penyempitan pembuluh darah koroner. Melansir dari artikel Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, data tahun 2019 menunjukkan bahwa wanita lebih berisiko terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan laki-laki. Kabar baiknya, menurut penelitian yang diterbitkan British Medical Journal, mengkonsumsi wortel secara rutin dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung pada wanita.  

Baca Juga : Buah Naga : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Kandungan Nutrisi Sayur Wortel

Wortel : Manfaat, Kandungan Gizi & Resep

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat per 100 gram wortel:

  • Air : 88,3 gram
  • Kalori : 41kkal
  • Lemak : 0,24 gram
  • Karbohidrat : 9,58 gram
  • Protein : 0,93 gram
  • Serat : 2,8 gram
  • Gula : 4,74 gram
  • Pati : 1,43 gram
  • Besi : 0,30 mg
  • Magnesium : 12 mg
  • Fosfor : 35 mg
  • Kalium : 320 mg
  • Kalsium : 33 mg
  • Sodium : 69 mg
  • Βeta karoten : 3480 µg
  • Vitamin C : 5,9 mg
  • Vitamin A : 835 µg
  • Vitamin B6 : 0,138 mg
  • Vitamin E : 0,66 mg
  • Vitamin K : 13.2 µg

Baca Juga : Buah Apel : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

Resep Wortel untuk Kesehatan

Wortel : Manfaat, Kandungan Gizi & Resep

Cara mengolah wortel yang disarankan

Cara pengolahan dapat mempengaruhi kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sayuran. Vitamin dan mineral pada sayuran dapat berkurang atau malah bertambah saat dimasak. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mengolah wortel agar Anda bisa mendapatkan manfaat optimal:

#1 Tidak Dimasak

Mengkonsumsi wortel tanpa dimasak adalah salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi optimal dari wortel. Sebelum dikonsumsi, wortel harus dicuci bersih dan dikupas kulitnya untuk menghilangkan bakteri atau kuman yang menempel pada kulit wortel. Anda dapat menjadikan wortel segar sebagai campuran salad, acar atau isian sandwich

#2 Direbus

Dengan cara direbus, wortel akan memiliki tekstur yang lebih empuk sehingga bisa lebih mudah dikunyah oleh anak-anak atau orang lanjut usia. Selain itu, wortel rebus juga memiliki kadar antioksidan dan falcarinol yang lebih tinggi. Senyawa ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terkena kanker. Untuk menjaga kandungan nutrisinya, wortel sebaiknya direbus selama 8 menit.

#3 Cold-Pressed Juice

Cold-pressed juice adalah jus yang diperoleh dengan menggunakan proses peristaltic sehingga menghasilkan jus murni tanpa tambahan air dan gula. Cold-Pressed juice berbeda dengan juice biasa karena mengandung lebih banyak vitamin & mineral dan bisa disimpan dengan lebih lama. 

Mengolah wortel dengan cara seperti ini akan membuat nutrisi dalam wortel tetap terjaga kandungannya.

Cara memasak wortel yang tidak direkomendasikan

Memanggang dan menggoreng adalah cara pengolahan sayur yang tidak direkomendasikan. Penggunaan suhu yang tinggi pada proses tersebut dapat menurunkan kadar nutrisi yang terkandung pada wortel. Selain itu, menggoreng juga dapat meningkatkan kadar lemak yang buruk untuk kesehatan.

Kesimpulan

Sayur wortel adalah sayuran kaya nutrisi yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Wortel mengandung beta karoten, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi wortel secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker, menjaga kesehatan mata, dan menghindari risiko terkena serangan jantung. 

Untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang optimal, Anda dapat mengkonsumsi wortel segar tanpa dimasak. Wortel rebus dan cold-pressed juice wortel juga dapat dijadikan pilihan lain untuk mengkonsumsi wortel tanpa kehilangan kandungan nutrisinya. Hindari memanggang atau menggoreng wortel, karena metode tersebut dapat menurunkan nutrisi pada wortel.

Baca Juga : Sayur Bayam : Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *