Sehatkan Bumi Dengan Produk Ramah Lingkungan

Beri tahu teman-teman Anda

Ada beragam alternatif ramah lingkungan yang tersedia untuk membantu mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan plastik yang selama ini telah menjadi bagian hidup masyarakat. Simak wawancara IT’s Buah bersama komunitas ramahlingkungan berikut ini.

Sehatkan bumi dengan produk ramah lingkungan
Dukung gerakan ramah lingkungan dengan menggunakan produk ramah lingkungan

Halo Sahabat Sehat, kembali membahas salah satu misi itsbuah, yaitu #ramahlingkungan. Pada hari Kamis 10 Desember 2020 lalu IT’s Buah kembali mengadakan acara rutinnya yaitu Live Instagram bersama Ahmad Ikhsan M. Communnication Officer dari Evo & Co.

Sebelum memasuki ringkasan sesi obrolan seru bersama Kak Ikhsan, kita kenalan dulu yuk dengan Evo & Co. apa itu dan apa pengaruhnya terhadap misi #ramahlingkungan.

Solusi untuk sampah plastik produk ramah lingkungan

Merupakan salah satu moto dalam Evo & Co. yaitu memberikan solusi untuk mengatasi sampah plastik yang selama ini selalu menjadi momok dari permasalahan lingkungan.

Evo & Co membawahi Evo ware, Rethink, dan Evo World. Perwujudan dari solusi ramah lingkungan dapat dilihat dari produk-produk yang Evo & Co tawarkan.

Produk ramah lingkungan tersebut antara lain adalah Ello Jelo; gelas yang terbuat dari seaweed dan plant-based materials ini bisa menjadi solusi menggantikan gelas plastik. Kemudian ada juga Bamboo straw, Paper straw, dan Rice straw yang merupakan inovasi baru untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik.

Awal mula terbentuknya Evo & Co. adalah pada awal tahun 2016 ketika David Christian baru saja menyelesaikan studinya di Kanada, beliau melihat kondisi lingkungan di Indonesia yang cukup mengkhawatirkan, plastik ada di mana-mana, dan kurangnya alternatif pengganti plastik pada saat itu. Akhirnya dia memutuskan untuk berkolaborasi dengan beberapa partnernya untuk mendirikan Evo & Co yang memberikan alternatif lain untuk bisa menggantikan plastik dan tidak berbahaya untuk lingkungan.  

Artikel Terkait:
5 Benda alternatif pengganti plastik yang sehatkan bumi
Program Tukar Botol untuk dukung gerakan #ramahlingkungan

Alternatif pengganti plastik merupakan solusi

Sehatkan bumi dengan produk ramah lingkungan

Meskipun alternatif pengganti plastik sudah banyak namun kembali lagi kepada individu masing-masing yang masih memilih untuk menggunakan plastik. Jika dahulu plastik pertama kali diluncurkan tujuannya adalah untuk memberikan solusi bagi pengiriman, agar terlindungi dan tetap higienis. Namun saat ini plastik telah menjadi bagian dari lifestyle masyarakat.

Contohnya saja, saat ini plastik bisa kita temui dengan mudah di dunia fashion. Tas perempuan, baju, sepatu, dan bahkan topi terbuat dari plastik. Kemudian untuk peralatan makan dan dapur, hampir semuanya terbuat dari plastik. Jika kita perhatikan sekeliling, bukan hal yang sulit untuk menemukan benda yang biasa kita gunakan yang terbuat dari plastik.

Jadi apakah alternatif pengganti plastik merupakan sebuah solusi? ya. Misalnya seperti penggunaan tote bag atau tas kain untuk tas belanja, jika setiap orang sudah menerapkannya itu akan memberikan dampak yang sangat besar bagi pengurangan sampah plastik.

Namun ini semua dapat berjalan dan berhasil tergantung dari individu masing-masing. Jadi meskipun pemerintah sudah mengatur, komunitas, dan bisnis sudah menjalankan system Development Goals Percuma kalau individunya tidak mau. 

Dampak Plastik Yang Sulit Didaur Ulang

Sehatkan bumi dengan produk ramah lingkungan

Macam plastik yang paling sering kita jumpai adalah dengan kode PETE, kode ini memiliki arti bahwa plastik jenis ini direkomendasikan HANYA SEKALI PAKAI.

Namun semakin banyak penggunaan plastik sekali pakai berarti polusi plastik juga bertambah. Dari jumlah polusi yang bertambah sendiri,  kita bisa melihat bahayanya. Dimana satu plastik saja membutuhkan waktu sedikitnya 1 tahun untuk dapat terurai. dan ini artinya semakin banyak mikroplastik yang akan menumpuk di atas bumi.

Satu botol saja mikroplastiknya bisa menjadi salah satu pemicu kanker dan membahayakan untuk kesehatan manusia. Suatu penelitian membuktikan kandungan dalam plastik yaitu BPA (Bisphenol A) dan PS (Polystyrene) yang bersifat karsinogenik dapat memicu timbulnya kanker. 

Sampah plastik ini juga memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan; hewan dan tumbuhan. Mungkin sebagian besar dari kita tidak tahu bahwa sampah-sampah plastik yang kita gunakan ini pada akhirnya akan dibuang ke alam (laut). Sudah banyak laut yang ikut tercemar dan berdampak pada sistem kehidupan di dalam laut itu sendiri, yang pada akhirnya juga berimbas ke kehidupan manusia.

Tips dan Trik bebas dari plastik dalam kehidupan sehari-hari 

Sehatkan bumi dengan produk ramah lingkungan

Memulai gaya hidup yang ramah lingkungan bukan sekadar tren. Ini merupakan bentuk tanggung jawab melestarikan bumi yang sudah memberikan kehidupan kepada kita. Tips untuk ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari ini mungkin sudah sering kita dengar yaitu sistem 3R (ReduceReuseRecycle).

Reduce berarti mengurangi sampah yang kita hasilkan sehari-hari, cara yang dapat kita lakukan untuk mengaplikasikannya adalah dengan mengurangi pembelian produk berbahan plastik dan menggantinya dengan produk berbahan kayu/bambu yang mudah terurai.

Reuse berarti membeli barang yang bisa digunakan berulang kali dalam waktu yang lama. Contoh sederhana yang bisa kita lakukan adalah mengganti plastik menjadi tas kain untuk belanja.

Terakhir adalah Recycle, yang berarti mendaur ulang sampah plastik atau barang bekas lainnya yang tidak bisa terurai, menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan kembali. Hal sederhana, contohnya seperti program tukar botol di IT’s Buah itu ya, kita tukar botol kosong dan malah akan mendapatkan jus gratis ya, sangat bagus banget sih programnya enviromental banget.

Wah, Kak Ikhsan sudah merekomendasikan IT’s Buah nih, Sahabat Sehat. Siapa yang masih rajin tukar botol kosongnya? Yuk, tukar botolmu sekarang, karena kamu bisa dapatkan jus gratis loh. Saksikan terus Live Instagram IT’s Buah di akun instagram dan Youtube sehat bareng IT’s Buah, setiap hari kamis pukul 16.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya!

Konsultasi Detoks


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *