Sesak Napas Karena Maag? 5 Cara Ini Bantu Atasi Gejala

Beri tahu teman-teman Anda

Sesak napas bisa jadi pertanda masalah kesehatan serius. Tak jarang, sesak napas bisa disebabkan karena maag. Jika dibiarkan, akan membahayakan kesehatan. Berikut ini 5 cara untuk mengatasi sesak napas karena maag.

Sesak Napas Karena Maag
Sesak napas karena maag mengganggu aktivitas harian Anda? Atasi dengan 5 cara di bawah ini.

Pernahkah Anda mengalami sesak napas? Apakah hal ini terjadi secara tiba-tiba? Jangan menganggap ini sebagai hal yang biasa, ya. Boleh jadi, ini merupakan pertanda masalah  kesehatan yang cukup serius.

Agar tak kebingungan lagi, silakan baca artikel ini sampai selesai. Cuma butuh 5 menit kok!

Artikel Terkait:
Berdamai Dengan Maag & GERD Jadi Mungkin Dengan Detox
Kamu Punya Maag? Wajib Perhatikan Hal Ini!
8 Makanan untuk Sakit Maag & Minuman Anti Asam Lambung

Sesak Nafas Tak Selalu Berarti Asma, Apa Saja Penyebabnya?

Sesak nafas bisa terjadi karena berbagai sebab, salah satunya maag. Sesak nafas karena maag ditandai dengan naiknya cairan lambung ke kerongkongan, lalu cairan tersebut masuk ke paru-paru.

Biasanya hal ini terjadi saat kita sedang tidur. Kondisi ini cukup umum, namun tidak bisa disepelekan. Jika Anda mengalami sesak nafas karena maag, maka Anda perlu mencari penanganan yang tepat. Jangan panik, Anda bisa mengonsumsi obat maag untuk meredakan sakitnya secara cepat. Tapi, kalau masih bisa dicegah, tentunya akan lebih baik

Lalu, bagaimana caranya mengetahui bahwa Anda mengidap sesak nafas karena maag? Simak informasi berikut ini !

Apa Saja Gejala Sesak Nafas Karena Maag?

Meski, kenyataannya penderita sesak nafas karena maag tidak selalu menunjukkan gejala yang sama; antara satu dengan yang lainnya. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa mendeteksinya sama sekali.

Sesak nafas karena maag umumnya diawali dengan kondisi dimana otot kerongkongan, atau yang biasa disebut dengan lower esophageal sphincter (LES), tidak bisa menutup secara sempurna. Akhirnya, makanan dan asam di dalam perut naik dan masuk ke dalam esofagus. Dalam istilah kesehatan, kondisi ini disebut refluks asam lambung.

Baca Juga: Cara Mengobati Maag Kronis: 7 Metode Alami & Aman

Saat hal ini terjadi, ada kemungkinannya cairan tersebut juga masuk ke dalam paru – paru yang akhirnya menyebabkan pembengkakan pada saluran nafas. Pembengkakan ini membuat udara jadi sulit keluar –  masuk. Lalu, Anda pun merasakan sesak nafas.

Berikut 7 gejala yang mengindikasikan sesak nafas karena maag:

  1. Heartburn
  2. Sering Cegukan
  3. Perut Kembung Atau Begah
  4. Sering Sendawa
  5. Sulit Menelan Makanan Atau Minuman
  6. Tenggorokan Tidak Nyaman
  7. Bau Nafas Tidak Sedap

Itulah 7 gejala yang menandakan sesak nafas karena maag. Untuk mengatasinya, Anda bisa  minum obat yang diformulasikan khusus untuk menurunkan asam lambung. Tapi kalau belum parah, Anda bisa melakukan pencegahan dengan perubahan gaya hidup, mengatur pola makan, serta menghindari stress.

Artikel Terkait:
Buah Untuk Sakit Maag: 5 Pilihan Terbaik
Obat Maag untuk Ibu Hamil: 4 Alternatif Alami & Sehat
5 Obat Maag untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami

Cara Mencegah Sesak Nafas Karena Maag

Sesak nafas karena maag bisa dicegah. Sebelum lebih parah, Anda dituntut untuk melakukan satu atau lebih dari beberapa tips berikut ini:

#1. Gaya Hidup Sehat

Melalui gaya hidup sehat, resiko sesak nafas karena maag dapat diminimalisir. Gaya hidup sehat bukan berarti menjaga pola makan saja, namun juga membenahi sikap tidur. Posisi yang disarankan ialah  terlentang dengan posisi  kepala ditegakkan.

Pakailah pakaian longgar dan hindari menggunakan ikat pinggang atau aksesori lainnya yang dapat menekan bagian perut. Cara ini akan membantu memperbaiki laju pernapasan Anda, sehingga setiap nafas yang Anda ambil menjadi lebih efektif dan dalam.

Anda juga perlu rutin mengonsumsi buah dan sayuran. Boleh dengan cara dimakan langsung, boleh juga disajikan dalam bentuk minuman.

Tenang, IT’s Buah hadir dengan cold-pressed juice, minuman yang terbuat dari buah dan sayuran segar. Minuman ini mengandung nutrisi yang berlimpah sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Bagi Anda yang belum begitu familiar dengan cold-pressed juice mungkin akan mengira minuman ini “sama dengan” jus terpasteurisasi. Namun, kedua minuman ini berbeda, lho. Dari segi nutrisi, cold pressed juice lebih unggul karena diproses menggunakan mesin bertekanan tinggi.  Cita rasanya pun berbeda, cold pressed juice cenderung lebih alami.

Ini berarti, jika Anda ingin mendapatkan cairan dan nutrisi lebih banyak maka cold pressed juice adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: 6 Makanan Pereda Maag & GERD

#2. Pola Makan Teratur

Memiliki pola makan teratur dapat membantu Anda meringankan sesak nafas karena maag.  Tapi Anda juga perlu memerhatikan jenis asupan bagi tubuh. Sebab, ada beberapa makanan yang merangsang asam lambung naik ke kerongkongan.

Pilihlah makanan yang sehat dan tepat. Contohnya : sayuran hijau, buah-buahan non citrus, putih telur, dan oatmeal. Hindari makanan yang memiliki rasa pedas agar produksi asam lambung tidak meningkat.

Baca Juga: Pola Diet Untuk Penderita Sakit Maag Kronis Yang Aman

#3. Minum Obat

Untuk menekan potensi sesak nafas karena maag, Anda perlu sediaan obat yang tepat. Tapi, berhati-hatilah dalam memilih obat maag. Pilihlah obat yang mampu menetralkan asam secara cepat serta mampu melapisi lambung lebih lama.

Kandungan antasida pada obat maag dapat membantu mengatasi berbagai gejala, seperti sesak nafas, nyeri ulu hati, mual, dan kembung. Jika tahap sakitnya sudah parah, maka Anda bisa mengonsumsi obat yang formulasinya telah ditingkatkan atau memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Bayam Sebagai Sumber Pengobatan Sakit Maag

#4. Hindari Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Maag

Agar terhindar dari sesak nafas karena maag, maka Anda perlu menghindari beberapa kebiasaan, seperti berbaring sesudah makan, makan terlalu cepat, atau menyantap makanan dengan porsi besar dalam sekali waktu.

Kebiasaan – kebiasaan tersebut adalah faktor pemicu refluks asam lambung. Kalau Anda berhasil menghindarinya, maka kesehatan akan senantiasa terjaga.

Baca Juga: Usus Kotor? Ini 8 Bahan Alami untuk Bersihkan Pencernaan

#5. Menjaga Berat Badan Ideal

Sesak nafas karena maag juga bisa dipicu oleh obesitas. Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi tekanan di area perut, sehingga bisa mendorong asam lambung naik ke atas.

Makanya, Anda perlu menjaga berat badan ideal. Jika jarum timbangan terus bergerak ke kanan, maka Anda perlu segera melakukan diet atau olahraga rutin untuk mengurangi berat badan.

Seiring menurunnya berat badan, maka tekanan di sekitar perut pun akan berkurang. Ini akan membuat frekuensi refluks asam lambung ikut menurun.

Memang, cara ini tidak mudah dilakukan dan memerlukan waktu sampai hasilnya nampak. Tapi cara ini cukup efektif untuk mengantisipasi sesak nafas karena maag.

Artikel Terkait:
5 Cara Membersihkan Usus Agar Bebas Penyakit Kronis
6 Ciri Asam Lambung Naik & Cara Tepat Mengatasi
5 Macam Sakit Kepala dan Cara Mengobatinya


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *