10 Sumber Energi Tubuh Ini Ternyata Jauh Lebih Sehat daripada Nasi

Beri tahu teman-teman Anda

Sumber energi tubuh tak hanya nasi, jagung, atau gandum. Memang, popularitas nasi sebagai sumber tenaga masih tidak bisa dikalahkan. Tapi ternyata, ada makanan lain yang jauh lebih sehat untuk dikonsumsi sebagai sumber energi selain karbohidrat dari nasi.

Sumber Energi Tubuh Selain Nasi

Bagi orang Indonesia, popularitas nasi sebagai sumber energi tubuh belumlah terkalahkan. Padahal, selain nasi masih ada pilihan lain yang bisa dipertimbangkan. Dapatkah Anda menebak apa saja makanan tersebut?

Yuk, cek di bawah ini!

10 Sumber Energi Tubuh Terbaik Selain Nasi

Sudah tidak mengherankan kalau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

Tapi, bukan berarti pilihan Anda terbatas hanya pada nasi saja. Berikut beberapa macam makanan dan minuman yang bisa menyumbang energi bagi tubuh Anda.

Artikel Terkait:
Buah Tin: Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep
8 Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Berakibat Fatal
Vitamin D Bisa Bantu Atasi Masalah Depresi?

#1. Telur

Telur Sumber Protein

Pernahkah Anda merasa lemas di pagi hari? Jika ya, mungkin Anda tidak mengonsumsi telur saat sarapan.

Tahukah Anda bahwa telur mengandung leusin dalam jumlah tinggi? Ini menjadikannya sumber energi tubuh yang optimal karena dapat meningkatkan produksi energi dalam sel serta memecah lemak untuk menghasilkan energi.

Selain itu, telur juga sarat akan vitamin B. Vitamin ini dapat membantu enzim menjalankan fungsinya untuk mengubah makanan menjadi kalori.

#2. Daging Ayam

Daging Ayam Memberi Nutrisi Tinggi
Dagina ayam member

Daging ayam bisa menjadi sumber energi tubuh yang baik. Makanan ini dikemas dengan vitamin B6 yang diperlukan tubuh untuk metabolisme karbohidrat. Selain itu, di dalamnya juga terdapat mineral, seperti selenium, fosfor, dan kalium. Ada juga asam amino esensial eyang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

#3. Daging Sapi

Daging Sapi Untuk Sumber Tenaga Tubuh
Daging sapi sering dijadikan pilihan sumber tenaga bagi pelaku diet.

Selain daging ayam, daging sapi juga menjadi sumber energi tubuh yang ‘padat’, karena setiap gram lemaknya menyediakan 9 kkal. Tak heran, kalau makan daging sapi, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Bukan hanya itu, daging sapi juga mengandung semua asam amino esensial dan protein lengkap. Manfaat kesehatannya pun sangat banyak, diantaranya dapat mengurangi resiko sarcopenia atau pemborosan otot, mencegah anemia, dan meminimalisir kelelahan.

#4. Jus Atau Cold Pressed Juice

Jus sebagai sumber energi tubuh
Jus yang diolah dengan tepat bisa menjadi sumber energi terbaik bagi tubuh.

Anda bisa mengonsumsi buah-buahan untuk mendapatkan energi. Tapi makan buah-buahan tidak harus secara langsung. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus agar lebih mudah dicerna.

Tapi ingat ya, cara pengolahan jus turut menentukan banyaknya nutrisi yang Anda terima. Misal, jika buah dihaluskan menggunakan blender, maka nutrisinya akan berkurang sehingga tidak maksimal.

Sebab, proses ini melibatkan panas yang dapat menghilangkan sebagian enzim buah.

Daripada merelakan banyak nutrisi penting, lebih baik Anda memilih jus yang diolah dengan teknologi high pressure seperti cold-pressed juice.

Berbeda dengan jus biasa, minuman ini diolah menggunakan mesin bertekanan tinggi yang menghasilkan sedikit panas. Alhasil, nutrisi buah pun tetap terjaga dan rasanya lebih alami.

IT’s Buah membantu menyehatkan masyarakat dengan cold-pressed juice yang baik untuk detoksifikasi. Kalau Anda ingin mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan, konsumsi cold-pressed juice sebagai metode untuk me-restart ulang tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Macam Sakit Kepala dan Cara Mengobatinya

#5. Cokelat

Cokelat
Cokelat memiliki kandungan gula yang bervariasi.

Tidak semua cokelat menyediakan energi yang cukup untuk tubuh. Namun, cokelat hitam dengan kandungan kakao tertinggi bisa menjadi sumber energi tubuh yang baik.

Antioksidan pada kakao terbukti efektif meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Lalu, efek ini bisa membantu mengurangi kelelahan dan memperbaiki kualitas mood.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat hitam dapat berjalan sejauh (kurang lebih) 250 meter dalam waktu 2 menit.

Jika bersepeda, maka orang tersebut bisa menempuh 200 meter lebih jauh daripada orang yang mengonsumsi cokelat putih. Itulah mengapa cokelat hitam menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

#6. Yoghurt

Yogurt
Yogurt kaya akan probiotik yang juga baik untuk pencernaan.

Selain cokelat hitam, ada yogurt yang efektif menggantikan energi yang terkuras saat olahraga. Namun, konsumsi yoghurt mesti diimbangi dengan asupan air putih yang cukup pula. Soalnya kalau tidak, tubuh bisa dehidrasi.

Dalam yoghurt biasanya terdapat vitamin B kompleks dan mineral yang sangat diperlukan tubuh. Ditambah kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi, yoghurt bisa membantu sistem kerja saraf agar berfungsi dengan baik serta mencegah penyakit jantung.

#7. Sayuran

Obat Herbal Kolesterol
Memilih sayuran sebagai sumber tenaga bisa jadi pilihan jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Bayam dan kangkung dikenal sebagai sumber energi tubuh sekaligus penyedia nutrisi yang sangat baik. Selain itu, sayuran hijau pada umumnya juga mengandung zat besi yang dapat mengatasi kelelahan.

#8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
Konsumsi kacang-kacangan sebagai sumber tenaga tubuh yang sehat.

Lebih spesifik, ada edamame dan lentil dari kategori kacang-kacangan yang bisa dijadikan sumber energi tubuh. Makanan ini kaya akan karbohidrat serta serat.

Dalam satu cangkir lentil yang dimasak matang tersedia kurang lebih 36 gram karbohidrat dan 14 gram serat. Lalu, dalam satu cangkir kacang edamame tersedia kurang lebih 21 gram karbohidrat dan 12 gram serat. Tak heran, mengonsumsi kacang-kacangan dalam porsi kecil saja sudah bisa membuat perut Anda kenyang.

#9. Kurma

Kurma Manis
Kurma memiliki kalori tinggi yang cocok dijadikan sumber tenaga.

Siapa tak menyukai buah manis yang satu ini? Kurma memang menjadi favorit semua orang. Itu karena kurma memiliki rasa yang lezat.

Tapi di balik itu semua, kurma menyimpan sumber kalori yang besar. Makanya, tubuh akan kembali berenergi setelah 30 menit mengonsumsi kurma.

Peningkatan energi yang cepat ini juga dibarengi dengan manfaat kesehatan lain, seperti mencegah rabun senja, mengatasi konstipasi, memperkuat tulang, menstimulasi bakteri baik di  dalam usus, dan mengurangi reaksi alergi maupun alergi musiman.

#10. Ikan Teri

Ikan teri
Mudah ditemukan dengan harga relatif murah, ikan teri dapat dijadikan sumber tenaga tubuh.

Nah, siapa sangka ikan mungil ini bisa menjadi sumber energi tubuh? Ya, di dalam ikan teri terdapat protein, karbohidrat, lemak, hingga mineral yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas.

Kerennya lagi, konsumsi ikan ini dapat membantu menjaga jaringan tubuh, memelihara kesehatan kulit, serta mencegah rambut rontok.

Itulah 10 makanan dan minuman yang bisa menjadi sumber energi tubuh. Meskipun ada makanan tertentu yang Anda anggap terbaik, tapi beberapa makanan dan minuman lain terbukti bisa dijadikan alternatif karena dapat menyumbang energi yang tak kalah besar.


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *