7 Manfaat Unik Buah dan Sayuran untuk Sehat Luar Dalam

Beri tahu teman-teman Anda

Buah dan sayur memiliki manfaat bagi kesehatan organ dalam tubuh dan kulit. Produk alam ini bisa Anda temukan hampir di berbagai tempat karena banyak dibudidayakan baik oleh petani maupun warga. Keduanya juga menjadi makanan rekomendasi jika Anda tengah menjalani diet sehat. Temukan manfaat buah dan sayur lainnya untuk kesehatan Anda.

Manfaat Buah dan Sayur bagi Kesehatan
Manfaat Buah dan Sayur bagi Kesehatan

Apa yang Anda pikirkan ketika pertama kali mendengar kata ‘buah’ dan ‘sayur’?

Kebanyakan orang mengasosiasikan dua kata tersebut dengan sehat, bugar, awet muda, dan…

…rasanya yang tidak lezat.

Faktanya memang tidak semua orang menyukai buah dan sayur. Terlebih bagi anak-anak, rasa sayuran dianggap hambar sehingga kurang diminati. Orang tua harus putar otak agar anak-anak mau mengonsumsi buah dan sayur supaya mendapatkan manfaat terbaik untuk tumbuh kembang fisik.

Manfaat Buah dan Sayur yang Sangat Dibutuhkan

Buah dan sayur mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi kesehatan. Tanpa keduanya, tubuh cenderung kurang sehat dan rentan terhadap gangguan penyakit. Ada banyak sekali alasan mengapa dua kombinasi makanan ini sangat dibutuhkan.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa buah dan sayur memiliki manfaat yang harus Anda dapatkan:

#1 Melawan berbagai jenis penyakit

Buah dan sayur memiliki manfaat untuk melawan berbagai jenis penyakit. Kandungan Fitokimia yang merupakan senyawa kimia alami pada tanaman terbukti sangat penting bagi tubuh. Terutama untuk melawan beragam penyakit yang datang.

Fitokimia memiliki kaitan erat dengan pembentukan warna pada tumbuhan seperti warna merah, biru-ungu, hijau, putih hingga kuning-oranye. Warna yang berbeda memiliki kandungan yang berbeda pula.

a) Warna Merah

Buah dan sayur dengan warna merah mengandung banyak likopen. Zat ini bagus dalam menjaga kesehatan jantung serta menurunkan resiko terkena serangan kanker.

Buah dan sayur dengan warna merah mudah didapat di lingkungan sekitar seperti kol merah, semangka, tomat, stroberi, rasberi, ceri dan lain-lain.

b) Warna Hijau

Warna hijau pada sayur dan buah berasal dari kandungan Fitokimia yang berupa Indol dan Lutein. Keduanya bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus berperan sebagai antioksidan.

Warna hijau pada buah dan sayur berarti memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat keduanya bagus untuk pencernaan terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Buah dan sayur hijau merupakan sumber asam folat yang bagus untuk pertumbuhan. Beberapa contohnya antara lain Selada, Bayam, Brokoli, Kiwi, Apel Hijau, Melon, serta Timun. Ragam buah dan sayur tersebut dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar Anda.

c) Warna Putih dan Coklat

Warna putih cokelat pada buah-buahan dan sayuran umumnya mengandung berbagai Fitokimia yang bermanfaat dalam meningkatkan kebugaran tubuh. Anda bisa menjumpai jenis buah dan sayur berwarna putih seperti jamur, kembang kol, bawang putih dan lain-lain.

Sayuran putih memiliki kontribusi yang cukup besar dalam menutrisi tubuh. Sayuran ini juga menurunkan resiko seseorang terkena stroke. Anda bisa mengolah sayuran bewarna putih dengan sayuran bewarna yang lain.

d) Warna Kuning – Oranye

Warna ini mengandung berbagai jenis antioksidan seperti bioflavonoids, karotenoid, serta vitamin C. Buah dan sayur dengan warna kuning-oranye bisa ditemukan dalam bentuk buah jeruk, pisang serta mangga.

Untuk jenis sayuran, Anda bisa mendapatkannya dari Labu, Wortel serta Jagung. Olah sayuran dengan cara direbus atau dikukus agar nutrisinya tidak hilang. Jika Anda menginginkan 100% nutrisi buah dan sayur, Anda bisa mencoba dengan cara dijus.

Jus buah dan sayur ini mampu dijadikan jus diet detox yang bernutrisi tinggi bagi tubuh Anda. Kandungan mineral dan vitamin di dalamnya memudahkan tubuh Anda untuk membersihkan diri.

e) Warna Ungu – Biru

Buah dan sayur berwarna ungu biru umumnya mengandung Fitokimia yang baik bagi kesehatan seperti Fenolat, Anthocyanin serta Antioksidan yang mampu melawan penuaan dini.

Buah dengan warna ungu juga bagus untuk kesehatan memori. Bagi anda yang suka lupa, bisa memperbanyak konsumsi buah dengan warna ungu ini.

Warna ungu bisa ditemukan pada buah Anggur, Plum, Delima, Bluberi serta Terong. Ragam sayur dan buah tersebut sangat baik bagi kesehatan sehingga sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

#2 Awet Muda

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penuaan dari luar maupun dalam. Tubuh juga tidak lagi kuat seperti saat masih muda. Fungsi tubuh semakin menurun dan kulit nampak lebih keriput.

Nah, kabar baiknya, Anda bisa memperlambat efek penuaan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang lebih optimal.

Buah dan sayur mengandung vitamin serta antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis buah dan sayur yang baik untuk melawan penuaan dini seperti:

  •         Nanas
  •         Jambu biji
  •         Ubi manis
  •         Alpukat
  •         Stroberi
  •         Mangga
  •         Buah sitrus seperti jeruk bali dan lemon
  •         Pepaya
  •         Selada
  •         Tomat
  •         Brokoli
  •         Bayam
  •         Jambu biji dan lain-lain

Jika Anda bosan mengonsumsi buah dan sayuran segar, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara lain.

Anda bisa mengolah buah untuk dijadikan jus serta campuran membuat kue. Anda juga bisa mengolah sayuran dengan cara ditumis, direbus atau bahkan dibuat keripik.

Namun hati-hati, salah mengolah buah dan sayur malah akan merusak kandungan nutrisi yang Anda perlukan. Untuk mendapatkan manfaat buah dan sayur dengan maksimal, Anda bisa mengonsumsi jus buah dan sayur.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi buah dan sayur namun tetap dengan rasa yang lezat adalah dengan metode cold-pressed. Hasilnya disebut dengan cold-pressed juice.

Selain buah dan sayur, hal lain yang bisa Anda lakukan agar tampak awet muda adalah dengan rajin berolahraga. Jalani hidup seimbang serta menjaga berat badan.

Lindungi juga kulit Anda dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah. Paparan sinar matahari yang berlebihan tidak hanya beresiko meningkatkan penuaan dini namun juga meningkatkan resiko kanker kulit.

#3 Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ingin tubuh sehat dan tidak mudah sakit?

Mulai hari ini, biasakan diri Anda untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur. Keduanya merupakan sumber vitamin C yang bagus dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh diperlukan untuk menangkal serangan radikal bebas yang dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Vitamin C bisa ditemukan pada banyak jenis buah dan sayur seperti:

  • Kubis
  • Kol
  • Paprika hijau
  • Kembang kol
  • Brokoli
  • Pok choy
  • Ubi jalar
  • Lobak
  • Labu
  • dan masih banyak lagi.

Sementara dari jenis buah-buahan, Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C dari:

  • Jambu biji
  • Pepaya
  • Leci
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Tomat
  • Anggur hijau
  • Stroberi
  • Melon
  • Alpukat
  • Sukun
  • Melon
  • Markisa
  • dan lain sebagainya.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga memiliki banyak manfaat lain seperti mengatur kadar gula dalam darah, menjaga kesehatan mata, melindungi kesehatan gusi, mencegah berbagai penyakit dan lain-lain.

Kebutuhan tubuh akan vitamin C harus diperhatikan. Karena jika tidak, tubuh tidak akan mampu menangkal infeksi yang disebabkan karena gangguan dari luar.

Kekurangan vitamin C juga meningkatkan resiko Anda terkena kanker, penyakit tulang, hipertensi, radang empedu dan penyakit beratlainnya.

#4 Menghindarkan Anda dari Obesitas

Manfaat satu ini adalah salah satu manfaat buah dan sayur yang paling digemari banyak orang.

Memiliki tubuh ideal tentu menjadi harapan bagi hampir semua orang. Sayangnya, gaya hidup tidak sehat justru membuat banyak orang mengalami kelebihan berat badan atau overweight.

Konsumsi buah dan sayur mampu menjaga bentuk tubuh Anda agar tetap ideal.

Buah dan sayur mengandung serat yang sangat baik bagi pencernaan sekaligus menimbulkan rasa kenyang lebih awal. Akibatnya, rasa lapar Anda bisa lebih ditekan.

Dengan pengolahan tepat, buah-buahan dan sayur memiliki kalori yang rendah serta membantu melawan lemak jahat yang membuat tubuh beresiko terkena penyakit berat.

Rajin mengkonsumsi buah dan sayur membuat pembakaran lemak di tubuh Anda menjadi lebih optimal. Ini disebabkan karena asupan kalori yang semakin berkurang.

Obesitas atau kelebihan berat badan bukan hanya memicu rasa tidak percaya diri namun juga mendatangkan banyak jenis penyakit yang lain seperti:

a) Gangguan Pernapasan

Obesitas dapat memicu terjadinya gangguan pernapasan akibat penimbunan lemak di dalam tubuh. Timbunan lemak di bawah diafragma dan dinding dada menyebabkan paru-paru tertekan hingga menimbulkan rasa sesak saat bernapas.

b) Diabetes

Gangguan kesehatan lain yang dipicu oleh obesitas adalah diabetes. Beberapa gejala diabetes tipe2 yang harus diwaspadai antara lain adalah mulut kering, pusing, penglihatan kabur, infeksi pada kulit, rasa haus dan kelelahan, sering buang air kecil di malam hari dan lain-lain.

c) Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memiliki kaitan yang cukup erat dengan obesitas.

Beberapa gejala hipertensi yang harus diwaspadai antara lain adalah pusing, telinga berdengung, merasa oleng dan ingin jatuh, pegal dan tidak nyaman, detak jantung lebih cepat dan berdebar-debar.

Hipertensi dibedakan menjadi 2 yakni hipertensi primary dan hipertensi secondary. Hipertensi primary biasanya disebabkan oleh gaya hidup serta faktor lingkungan.

Hipertensi secondary merupakan gangguan yang disebabkan oleh penyakit lain seperti gagal ginjal, gagal jantung hingga rusaknya sistem hormon di dalam tubuh.

d) Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat dipicu oleh gangguan kesehatan berupa obesitas.

Gejala-gejala yang ditunjukkan antara lain adalah denyut nadi melemah, mengeluarkan banyak keringat, rasa sakit yang menjalar ke leher, sakit di bagian dada, sakit hingga ke ulu hati hingga munculnya kembung.

e) Stroke

Bahaya obesitas lainnya adalah stroke.

Beberapa gejala stroke yang harus diwaspadai antara lain adalah merasa mual dan muntah, hilang kesadaran mendadak, penglihatan yang kabur, melemahnya fungsi motorik,sakit kepala tiba-tiba, bingung mendadak dan lain sebagainya.

f) Gangguan Kesuburan

Bahaya lain dari obesitas adalah mampu membuat penderitanya mengalami gangguan kesuburan.

Obesitas dapat mengganggu kesuburan terutama bagi wanita. Meskipun terjadi pembuahan namun janin menjadi sulit berkembang secara normal bahkan rentan mengalami keguguran.

Obesitas juga memicu ketidakseimbangan hormon yang berakibat pada menstruasi tidak teratur.

Obesitas merupakan salah satu gangguan pada tubuh yang harus diwaspadai. Berhenti mengkonsumsi banyak makanan penyebab obesitas dan mulailah gaya hidup yang lebih sehat.

Konsumsi banyak buah dan sayur merupakan langkah tepat dalam menjaga berat badan agar tetap ideal. Buah dan sayur juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan.

#5 Menambah Nafsu Makan

Nafsu makan menurun merupakan hal yang harus diwaspadai. Hilangnya nafsu makan berdampak pada kurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Akibatnya, nutrisi berkurang hingga membahayakan kesehatan.

Menambah nafsu makan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengonsumsi buah dan sayur. Ada banyak sayur dan buah penambah nafsu makan seperti yang berikut ini:

a) Pepaya

Pepaya merupakan buah penambah nafsu makan yang pertama. Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan banyak disuka.

Bukan hanya sebagai penambah nafsu makan, pepaya juga memiliki kandungan lain yang menyehatkan.

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C serta papain. Buah ini mampu meningkatkan kesehatan pencernaan serta membunuh cacing penyebab nafsu makan berkurang.

b) Pisang

Pisang digemari oleh hampir setiap orang.

Buah yang satu ini bisa ditemukan di berbagai tempat dengan harga yang murah. Sebagai penambah nafsu makan, pisang dapat dimakan secara langsung atau bisa pula dibuat jus.

Anda juga bisa mencampur buah pisang dengan jenis buah lain seperti pepaya hingga jeruk. Buah pisang juga baik untuk penambah makan bagi bayi berusia 1 tahun.

c) Pare

Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya pare memiliki banyak manfaat.

Pare dapat dijadikan sebagai penambah nafsu makan bagi mereka yang susah makan. Selain dimanfaatkan buahnya, daun pare juga bisa direbus sebagai penambah nafsu makan bagi orang dewasa.

d) Apel

Apel merupakan buah dengan rasa manis yang banyak disukai.

Buah yang satu ini bisa dibuat jus untuk menambah nafsu makan bagi orang dewasa maupun anak-anak. Anda bisa mencampur apel dengan jenis buah yang lain seperti pepaya serta pisang agar khasiatnya lebih manjur.

Selain dari buah dan sayur, ada pula pil penambah nafsu makan yang bisa dicoba. Meski demikian penggunaan buah dan sayur lebih dianjurkan karena tidak memiliki efek samping bagi kesehatan.

#6 Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang terganggu dapat menyebabkan masalah serius bagi tubuh. Tingkatkan kesehatan pencernaan Anda dengan mengonsumsi buah dan sayuran.

Beberapa buah dan sayur untuk melancarkan pencernaan terdiri dari banyak ragamnya. Diantaranya adalah buah pepaya, buah naga, pisang, melon, aneka beri, sayur brokoli, bayam dan lain sebagainya.

Salah satu penyebab tidak lancarnya pencernaan adalah kurangnya asupan sehat berupa serat. Buah-buahan mengandung banyak serat yang diperlukan oleh tubuh sehingga baik untuk pencernaan.

Selain buah dan sayur, anda juga bisa mengkonsumsi yogurt sebagai solusi dalam melancarkan pencernaan. Pilihlah jenis yogurt yang tawar dan alami sehingga manfaatnya lebih maksimal.

#7 Mencegah Stres

Manfaat buah dan sayur yang selanjutnya adalah mampu mencegah stres. Beban pekerjaan yang tinggi berakibat pada pikiran yang terbebani.

Akibatnya, banyak orang merasa cemas berlebihan hingga stres berkepanjangan.

Mengatasi stres bisa bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran pengusir stres.

Beberapa diantaranya adalah alpukat, jeruk, berry serta sayuran dengan warna hijau. Untuk buah-buahan, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa pula diolah menjadi jus.

Untuk sayuran Anda bisa menjadikannya sebagai lalapan, direbus hingga ditumis. Anda bisa mengolahnya sekreasi mungkin sesuai dengan selera.

Cara Mengolah Buah dan Sayur dengan Baik

Banyak orang yang mengolah buah dan sayur dengan sembarangan. Akibatnya, banyak nutrisi penting yang hilang.

Lantas bagaimana cara mengolah buah serta sayur yang tepat?

Dalam mengkonsumsi sayuran cara terbaik adalah dengan mengkonsumsinya mentah-mentah. Dengan demikian, kandungan serta enzim di dalam sayur tidak akan hilang akibat proses pengolahan.

Sebelum mengonsumsi sayur mentah, sebaiknya dicuci terlebih dahulu menggunakan air bersih.

Pastikan Anda telah mencuci hingga sela-sela sayuran. Untuk sayuran yang hendak direbus atau ditumis ada baiknya dimasak melalui proses satu kali masak saja tanpa perlu pemanasan ulang.

Pemanasan ulang membuat nutrisi yang dikandung sayur menjadi hilang. Pemasakan sebaiknya dilakukan pada suhu minimal 70 derajat celcius.

Untuk buah-buahan, cara konsumsi yang baik adalah dengan dimakan langsung saat masih segar. Anda bisa mencucinya terlebih dahulu di bawah air yang mengalir.

Selanjutnya cuci pula dengan air garam hangat lalu siram lagi. Mengolah buah dengan cara dipanaskan hanya akan membuat vitaminnya hilang.

Buah dan sayur mengandung banyak khasiat untuk kesehatan organ dalam serta diet. Buah dan sayur mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan. Konsumsi keduanya secara rutin untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan.

Jangan lupa untuk mengkonsumsinya dalam keadaan segar dimana vitamin serta zat gizinya masih lengkap serta belum rusak.

Ada begitu banyak buah dan sayur dengan ragam kandungan yang berbeda. Variasikan menu harian anda untuk mendapatkan khasiat dari ragam buah serta sayur tersebut.

 

Baca juga:

Cara melakukan diet sehat secara alami dan praktis untuk menurunkan berat badan

Ingin Hidup Sehat Sepanjang Masa? Lakukan 9 Hal Unik Ini

Buah Lokal VS Buah Impor. Mana yang Lebih Unggul?

 

 


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *