8 Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Berakibat Fatal

Beri tahu teman-teman Anda

Tanda kolesterol tinggi bisa dideteksi sedari dini, meskipun tak selalu kasat mata. Oleh karena itu, perlu dilakukan tes darah untuk mengetahuinya secara akurat. Tapi tenang saja, Anda juga bisa mengenalinya lewat gejala-gejala spesifik. 

Tanda Kolesterol Tinggi
Apa saja tanda yang mungkin Anda alami ketika kadar kolesterol tubuh sedang tinggi?

Kenapa Anda harus tahu tanda kolesterol tinggi? Untuk melakukan pencegahan tentunya. Selain itu, Anda pun bisa meminimalisir resiko penyakit yang lebih berbahaya, seperti stroke, jantung koroner, arteri perifer, dan lain -lain.

Seperti yang kita ketahui, kadar kolesterol berlebih dapat mengundang berbagai komplikasi. Dalam kadar tinggi, kolesterol akan menjadi musuh untuk tubuh karena bisa menyebabkan aliran darah terhambat.

Sebab, lemak akan menumpuk di pembuluh darah. Dan, kalau endapan lemak tersebut pecah, besar kemungkinannya Anda terkena serangan jantung mendadak.

Meskipun punya dampak mengerikan untuk tubuh, kolesterol juga punya beberapa manfaat, lho. Bahkan, tubuh Anda sebenarnya memerlukan kolesterol untuk menunjang pertumbuhan sel yang sehat.

Selain itu, kolesterol juga penting untuk membantu pembentukan asam empedu, melindungi membran sel, mendorong produksi vitamin D, dan menjaga fungsi otak.

Banyak juga ya?

Tanda kolesterol tinggi sendiri biasanya dipicu gaya hidup yang tak sehat, seperti pola makan serampangan, malas gerak, dan jarang berolahraga. Tapi, penyakit ini juga bisa berasal dari faktor keturunan.

Artikel Terkait:
Stress & Kolesterol: Apa yang Bisa Anda Lakukan?
20 Obat Herbal Kolesterol Menurut Sains Modern dan Penelitian

Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Berakibat Fatal

Anda perlu mengenali tanda kolesterol tinggi agar terhindar dari komplikasi berbahaya. Hal ini juga penting untuk memaksimalkan perawatan yang Anda terima nantinya.

#1. Lingkaran Putih Pada Kornea Mata

Tanda kolesterol tinggi yang cukup spesifik ialah ‘lingkaran’ putih pada kornea mata. Ciri ini biasanya muncul pada penderita di bawah usia 30 tahun maupun di atas 50 tahun.

Meski cukup khas, tapi gejala ini tidak bisa dijadikan indikator utama dalam menentukan kadar kolesterol naik atau tidak.

#2. Sering Pegal Linu

Anda sering merasakan pegal linu di beberapa bagian tubuh? Boleh jadi itu adalah tanda kolesterol tinggi.

Dalam buku berjudul 100 Questions & Answers Kolesterol yang ditulis Chairinniza K. Graha, kolesterol tinggi dapat menyebabkan pengentalan darah. Ini dipicu oleh banyaknya lemak di dalam pembuluh.

Penumpukan lemak ini dapat mengakibatkan pasokan oksigen berkurang sehingga Anda pun mengalami pegal linu di sejumlah area badan. Tapi ini tidak bisa dijadikan patokan utama untuk menentukan apakah kadar kolesterol naik atau tidak.

#3. Sakit Kepala

Penumpukan lemak di pembuluh darah juga bisa berdampak ke kepala. Itu karena suplai oksigen yang masuk ke otak menjadi berkurang. Akhirnya, Anda merasakan sakit kepala.

Sinyal ini biasanya juga dibarengi dengan gejala-gejala lain, seperti mudah mengantuk dan sulit fokus.

Baca Juga: 6 Buah Terbaik untuk Diet dan Cegah Obesitas

#4. Bercak Kekuningan Di Tubuh

Tanda kolesterol tinggi lainnya yang sering dirasakan oleh penderita ialah bercak kekuningan. Bercak ini biasa muncul karena faktor keturunan. Penyebab utamanya adalah xanthoma atau pertumbuhan lemak di bawah jaringan kulit.

Xanthoma dapat muncul pada lutut, tangan, pantat, siku, kaki, maupun anggota tubuh lainnya. Ukurannya bisa sebesar kepala peniti atau seluas buah anggur. Kalau dilihat sekilas, bercak ini seperti benjolan agak datar yang berada di bawah kulit dan menampilkan warna kuning atau oranye.

Meski mudah dilihat (kasat mata), namun bercak ini tidak menyebabkan rasa gatal. Dan,  gejala ini tidak muncul pada sembarang penderita kolesterol tinggi. Xanthoma hanya muncul pada orang yang memiliki faktor keturunan saja.

Baca Juga: Jenis-Jenis Healthcheck Yang Sebaiknya Anda Lakukan dan Parameternya

#5. Impotensi

Impotensi atau lemah syahwat juga merupakan tanda kolesterol tinggi yang khas. Biasanya, sinyal ini muncul karena adanya penumpukan kolesterol di pembuluh darah arteri. Pria adalah kelompok yang dilaporkan paling banyak mengalami gejala ini.

#6. Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan tanda kolesterol tinggi yang disebut dalam buku “Mengenali Keluhan Anda: Info Kesehatan Umum Untuk Pasien” oleh Dr. Ayustuwati, PhD.

Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi rentan mengalami kelelahan karena darah yang mengalir ke jaringan tubuh akan berkurang. Ini adalah dampak dari munculnya plak di pembuluh yang menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar.

Baca Juga: Buah Apel: Manfaat, Kandungan Gizi, & Resep

#7. Gumpalan Di Urat

Jika Anda memiliki faktor resiko genetik, maka penumpukan kolesterol terkadang bisa terlihat di kulit. Bentuknya seperti gumpalan separuh biji kacang yang nampak jelas. Anda bahkan bisa merasakannya lewat sentuhan. Gumpalan ini biasanya muncul pada urat dekat buku jari.

#8. Bercak Kuning Di Bagian Bawah Kelopak Mata

Selain lingkaran putih pada kornea mata, kolesterol tinggi juga dapat ditandai dengan munculnya bercak kuning di bawah kelopak mata. Gejala yang disebut xanthelasma ini biasanya terdeteksi pada penderita berusia muda, yakni mereka yang berusia di bawah 30 tahun.

Itulah beberapa tanda kolesterol tinggi yang patut Anda waspadai. Memang, tidak semua gejala tersebut muncul atau dirasakan oleh penderita. Anda mungkin tidak menunjukkan gejala sama sekali sampai akhirnya terdiagnosa kolesterol tinggi.

Artikel terkait:
Detoksifikasi: Pahami Ini Sebelum Anda Mulai
Stress & Kolesterol: Apa yang Bisa Anda Lakukan?
Begini Aturan Detox Sehari Yang Benar

Apakah Anda Beresiko Kolesterol Tinggi?

Mengatasi Gejala Kolesterol Tinggi

Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa memperhatikan faktor resiko berikut. Dengan mengetahui faktor resiko yang Anda miliki, Anda bisa tahu seberapa besar potensi Anda mengidap penyakit kolesterol tinggi.

Apa saja faktor resiko tersebut ?

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Sering konsumsi minuman beralkohol
  • Kurang olahraga atau malas bergerak
  • Menerapkan gaya hidup sedenter (kurang aktif)
  • Memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti kelainan kelenjar tiroid, penyakit kencing manis, kelainan polisistik ovarium, gangguan ginjal, gangguan hormon, dan lain sebagainya.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti pil kontrasepsi, obat pelancar kencing, penurun tekanan darah, dan obat yang biasa dipakai untuk mengatasi depresi.
  • Faktor keturunan

Baca Juga: 5 Resep Jus Detoks untuk Anda yang Sibuk dan Ingin Diet

Kurangi Risiko Kolesterol Tinggi Mulai Hari Ini

detoks-sehat

Agar Anda terhindar dari tanda kolesterol tinggi maka Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat. Anda bisa memulainya dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Pilihlah makanan organik dan perbanyak asupan buah serta sayuran.

Dalam mengonsumsi buah dan sayur, kini hadir alternatif yang bisa Anda pilih, yakni cold-pressed juice dari IT’s Buah.

Jus dibuat dari buah dan sayur pilihan yang diproses tanpa pemanasan dan gula tambahan. Karena tanpa pemanasan, Anda memperoleh manfaat buah dan sayur 100 persen murni dan sehat.

Artikel Terkait:
Sudahkah Anda Tahu Apa Itu Proses Detoksifikasi?
Penyakit, atau Gejala Detoksifikasi Tubuh?
Manfaat Detoksifikasi Racun dan Kaitannya dengan Diet


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *