Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Isoman

Beri tahu teman-teman Anda

Pada saat isoman (isolasi mandiri) ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk meningkat daya tahan tubuh. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini yuk!

tingkatkan-daya-tahan-tubuh-saat-isoman

Halo, Sahabat Sehat!

Lonjakan angka terjangkit covid-19 semakin meningkat setiap harinya. Akibatnya banyak rumah sakit yang menjadi penuh dan tidak dapat menerima pasien lagi. Bila keadaan sudah seperti itu maka pasien yang terjangkit covid dengan gejala ringan akan disarankan untuk menjalankan isolasi mandiri. 

Berdasarkan data dari lapor covid19.org menyatakan sebanyak kurang lebih 265 korban jiwa meninggal saat menjalankan isolasi mandiri. Karena itu untuk mencegah hal tersebut terus berlanjut, kita perlu memperhatikan asupan makanan serta obat – obatan untuk penyembuhan saat isolasi mandiri 

Dalam menjalankan isolasi mandiri tetap mengikuti protokol sangat penting untuk mencegah penyebaran tetapi menjaga daya tahan tubuh juga diperlukan. Hal ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan bagi penderita covid. Sehingga angka kematian saat isolasi mandiri dapat berkurang.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat isolasi mandiri. 

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Tubuh Dari Dalam

Hubungan Daya Tahan Tubuh dan Penyembuhan Covid-19

Sistem imun merupakan hal penting yang diperlukan bagi tubuh untuk melawan berbagai virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Bila virus corona menyerang saluran pernafasan maka akan terdeteksi oleh sistem imun. Hal ini membuat sistem imun akan bereaksi menghasilkan sel darah putih untuk membentuk anti bodi melawan virus tersebut. Dengan sistem imun baik maka proses penyembuhan covid akan lebih cepat dan gejala yang ditimbulkan lebih ringan.

Cara Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Isoman

Pada saat isolasi mandiri ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk meningkat daya tahan tubuh seperti:

#1 Istirahat yang cukup

Dalam menjalankan isolasi mandiri kita memiliki banyak waktu luang untuk beristirahat memulihkan kondisi tubuh. Salah satu kegiatan istirahat yang harus cukup setiap harinya ialah tidur.

Bila kualitas tidur meningkat maka sistem kekebalan akan melepaskan protein yang disebut sitokin. Menurut Mayo clinic menyatakan bahwa kurang tidur dapat menurunkan produksi sitokin pelindung sehingga radang lebih sulit untuk sembuh. Selain itu bila kurang tidur dapat mengakibatkan antibodi dan sel yang melawan infeksi berkurang.

Oleh sebab itu istirahat yang cukup sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga proses penyembuhan dari infeksi virus covid dapat berlangsung lebih cepat.

#2 Konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral

Pada saat isolasi mandiri konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut penelitian bahwa konsumsi vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan respon antibodi sehingga dapat menangkal penyakit.

Adapun makanan yang kaya akan vitamin dan mineral ialah buah dan sayur. Kandungan buah dan sayur yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yaitu:

  • Vitamin D

Dalam hal ini vitamin D diperlukan untuk meningkatkan efek melawan patogen dan membantu meningkatkan respon imun. Menurut penelitian berkaitan dengan covid-19 bahwa vitamin D dapat mempercepat penyembuhan dan menghentikan peradangan pada sistem pernafasan. 

  • Zinc 

Mineral ini berfungsi untuk perkembangan komunikasi sel imun dan berperan penting dalam respon inflamasi. Menurut penelitian bahwa sebanyak 16% dari semua infeksi saluran pernapasan dalam di seluruh dunia ditemukan karena kekurangan seng. 

Pada penelitian yang melibatkan 65 anak dengan gangguan pernafasan didapatkan dengan pemberian 30mg seng per hari dapat mempercepat proses penyembuhan infeksi dibandingkan pasien yang tidak diberi suplementasi seng. 

  • Vitamin C

Vitamin ini terkenal sebagai antioksidan yang kuat dapat menangkal efek negatif radikal bebas. Menurut jurnal bahwa vitamin C berkontribusi pada pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi seluler dari sistem kekebalan bawaan dan adaptif.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 11.306 orang menunjukan dengan pemberian vitamin C secara teratur dengan dosis 1-2 gram dapat mengurangi pilek pada orang dewasa sebanyak 8% dan pada anak – anak sebanyak 14%. 

Baca Juga : 5 Cara Memperkuat Imun Tubuh, Salah Satunya Gunakan Anti Oksidan

#3 Rajin berolahraga

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama isolasi mandiri dapat dilakukan dengan olahraga. Menurut anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam Physical Activity and Adults, orang dewasa (18–64) harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang dalam satu minggu. 

Menurut jurnal fungsi dari berolahraga secara teratur 

untuk sistem kekebalan pada infeksi pernapasan seperti COVID-19 termasuk peningkatan kewaspadaan kekebalan dan peningkatan kompetensi kekebalan, yang membantu dalam pengendalian patogen. 

#4 Rajin konsumsi air putih

Hampir 90% tubuh kita mengandung air yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu air berfungsi untuk membantu pengeluaran racun didalam tubuh.

Selama melakukan isolasi mandiri sangat penting tubuh kita tetap terhidrasi. Ini bertujuan agar nutrisi dapat terus mengalir didalam tubuh sehingga daya tahan tubuh menjadi kuat. Menurut WHO Hindari minum kopi kental dalam jumlah besar, teh kental, dan terutama minuman ringan berkafein dan minuman energi. Ini dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat berdampak negatif pada pola tidur Anda.

#5 Mengelola stress

Disaat isolasi mandiri pasti akan ada keadaan dimana kita merasa stress karna terisolasi tanpa bisa keluar rumah. Namun hal ini bila dibiarkan dapat memperburuk keadaan saat menjalankan isolasi mandiri. 

Menurut simplypychology saat dalam keadaan stres, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen berkurang. Itu sebabnya kita lebih rentan terhadap infeksi. Kortikosteroid hormon stres dapat menekan efektivitas sistem kekebalan tubuh (misalnya menurunkan jumlah limfosit).

Beberapa cara untuk mengatasi stres saat sedang melakukan isolasi mandiri yaitu:

  • Fokus pada apa yang dapat kita lakukan
  • Selalu berkomunikasi dengan keluarga dan teman terdekat
  • Jaga tubuh sebaik mungkin
  • Batasi penggunaan media sosial
  • Lakukan berbagai kegiatan yang dapat membuat rileks

Kesimpulan

Pada saat menjalankan isolasi mandiri sangat penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh yang kuat dapat mempercepat waktu penyembuhan serta meringankan gejala saat terjangkit covid-19. 

Salah satu yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Tidak hanya berfungsi untuk menutrisi tubuh, kandungan buah dan sayur berfungsi juga untuk mengeluarkan racun sehingga tubuh menjadi lebih sehat. 

Ada cara mudah untuk menjaga daya tahan tubuh selama isolasi mandiri dengan mengonsumsi paket Boozter Fighter Isoman dari it’s buah. Paket ini terdiri atas cold pressed juice yang telah dirancang sedemikian rupa agar nutrisi bagi penderita covid dapat terpenuhi sehingga daya tahan tubuh meningkat. Selain itu cold pressed juice dibuat dengan menggunakan teknik tanpa pemanasan sehingga kandungan buah dan sayur lebih terjaga.

Baca Juga : Kenapa Buah dan Sayur dianjurkan Untuk Tingkatkan Imun?


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *