Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Saat Beraktivitas Fisik

Beri tahu teman-teman Anda

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh memang sangat penting guna menunjang aktivitas fisik kita agar menjadi lebih optimal. Berikut beberapa tips untuk kamu penuhi kebutuhan nutrisi mu, Simak lebih lanjut yuk!

Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Saat Beraktivitas Fisik

Halo, Sahabat Sehat!

Masih dalam pembahasan topik minggu ini tentang aktivitas fisik. Buat kamu yang belum tahu, aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka yang meningkatkan pengeluaran tenaga serta energi.

Tanpa disadari, aktivitas sehari-hari kita juga termasuk ke dalam aktivitas fisik loh! seperti contoh nya membersihkan rumah, mencuci pakaian, dan berjalan kaki. Aktivitas fisik penting dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Namun disamping itu, konsumsi makanan yang beragam pun harus tetap tercukupi untuk menunjang aktivitas fisik menjadi lebih optimal. 

Aktivitas fisik yang umum dilakukan dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Melakukan kegiatan yang sederhana dengan durasi yang sedikit akan lebih baik dibandingkan tidak melakukan kegiatan apapun dalam sehari. Aktivitas fisik yang kurang dapat meningkatkan risiko kematian lebih tinggi akibat Penyakit Tidak Menular (PTM).

Orang yang kurang aktif melakukan aktivitas fisik berisiko 20%-30% lebih tinggi menderita PTM dibandingkan dengan orang yang cukup aktif. Manfaat-manfaat dari melakukan aktivitas fisik antara lain seperti; meningkatkan kebugaran otot dan kardiorespirasi, meningkatkan kesehatan dan fungsional tulang, mengurangi risiko hipertensi, penyakit jantung coroner, stroke, diabetes, kanker, serta menurunkan tingkat stress.

Jenis- Jenis Aktivitas Fisik Yang Bisa Dilakukan #DirumahAja

Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Saat Beraktivitas Fisik

Selama pandemi banyak dari kita yang harus melakukan banyak aktivitas #DirumahAja, termasuk dalam bekerja. Dimasa seperti ini, salah satu cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang ringan dapat diterapkan bagi kita yang banyak melakukan kegiatan sehari-hari dirumah termasuk bagi yang bekerja dirumah. 

Secara umum aktivitas fisik dibagi menjadi tiga macam yaitu, aktivitas fisik sehari-hari, aktivitas fisik dengan latihan, dan juga olahraga. 

  •  Aktivitas fisik harian 

Aktivitas fisik harian dapat diartikan sebagai kegitan sehari-hari seperti mencuci baju, mengepel lantai, jalan kaki, membersihkan jendela, berkebun, menyetrika baju, bermain dengan anak. Kegiatan sehari-hari tersebut membantu anda untuk membakar kalori yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Kalori yang terbakar bisa mencapai 50-200 kcal per kegiatan. 

  • Latihan fisik 

Latihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secar terstruktur dan terencana seperti contohnya jalan kaki, jogging, push up, senam aerobik, dan bersepeda. Latihan fisik seringkali disatu kategorikan dengan olahraga, meskipun keduanya mempunyai arti yang berbeda.

  • Olahraga

Olahraga didefinisikan sebagai aktivitas fisik yang terstruktur dan terencana dengan mengikuti aturan-aturan yang berlaku dengan tujuan tidak hanya untuk tubuh jadi lebih bugar namun juga untuk mendapatkan prestasi. Contohnya seperti sepak bola, bulu tangkis, basket, berenang, dan sebagainya. 

Aktivitas fisik akan membantu untuk melancarkan peredaran darah kamu dan meningkatkan kinerja otot tubuh. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat membantu menjaga kesehatan mental kita, seperti menurunkan risiko depresi. 

Untuk melakukan aktivitas #DirumahAja kamu bisa pilih lakukan aktivitas fisik yang sederhana, coba gunakanlah waktu kamu 30 menit dalam satu hari untuk melakukan aktivitas fisik. Bisa dibagi menjadi beberapa kegiatan, seperti misalnya 15 menit untuk berjalan kaki atau lari kecil, 10 menit untuk menyapu dan mengepel lantai, dan 5 menit sisa nya bisa digunakan untuk membersihkan bagian-bagian sudut rumah. 

Selain itu, jika kamu ingin melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang sedang dapat lakukan olahraga. Saat ini sudah banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan individu dirumah seperti yoga, senam, atau bisa dengan bersepeda dan lari di lingkungan sekitar rumah. 

Biasakan tubuh kita untuk tetap konsisten dalam melakukan aktivitas fisik. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang beragam dan seimbang.

Tips Nutrisi Selama Melakukan Aktivitas Fisik

Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Saat Beraktivitas Fisik

Makan makanan yang seimbang dapat membantu kamu memperoleh energi dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas fisik. Memilih makanan yang beragam untuk mendukung aktivitas fisik ternyata tidak semudah seperti dalam memilih snack makanan. Kita perlu memperhatikan jenis makanan yang benar setiap harinya. 

 Start day with a good one!

Mulai hari kamu dengan sarapan pagi. Hal tersebut dapat menormalkan kembali gula darah, dimana itu dibutuhkan oleh tubuh untuk memberi tenaga pada otot dan otak. Sarapan yang sehat akan menunjang aktivitas fisik disetiap harinya. 

Memilih jenis sarapan yang tepat sangatlah penting. Sarapan yang baik disarankan mengonsumsi sumber pangan kaya serat dan protein untuk menangkis rasa lapar lebih lama dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas fisik. 

Tips sarapan yang sehat:

  1. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti sereal yang terbuat dari olahan biji-bijian, sereal gandum utuh. Bisa tambahkan sedikit protein, seperti susu, youghurt, atau kacang-kacangan yang dicincang
  2. Jika anda ingin konsumsi pancake atau wafel untuk sarapan, tepung nya dapat diganti dengan beberapa tepung serbaguna yang mengandung gandum utuh dan dapat ditambahkan keju untuk sumber protein nya
  3. Roti dapat dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Sebagai pendampingnya, dapat tambahkan telur atau selai kacang atau sumber protein lainnya

Pilih karbohidrat yang tepat

Mengonsumsi jenis karbohidrat yang tepat itu penting. Dewasa ini banyak orang salah mengartikan fungsi utama dari karbohidrat, sehingga banyak yang menghindari untuk mengonsumsi karbohidrat.

Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh. 65% dari total kalori harian berasal dari karbohidrat. Bagi kita yang aktif melakukan aktivitas fisik, sangat butuh karbohidrat.

Pilihlah sumber karbohidrat kompleks seperti yang terdapat pada biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Karbohidrat komplek membantu kita merasa kenyang lebih lama dan menambah energi untuk menunjang aktivitas fisik kita. 

 Tambahkan protein ke dalam Snack harian kamu

Konsumsi protein yang cukup akan membantu tubuh kamu untuk memelihara jaringan tubuh, memperbaiki serta mengganti jaringan yang rusak dan mati. Selain itu protein juga penting untuk membangun dan memperbaiki otot sehingga dapat menunjang aktivitas fisik yang optimal. Protein dapat berasal dari ayam, daging merah, ikan, susu dan hasil olahannya. Mulai sekarang ganti cemilan dengan snack yang mengandung cukup protein seperti susu atau keju. 

Tingkatkan asupan buah dan sayur

Buah dan sayur adalah sumber pangan yang kaya serat alami, vitamin, mineral, dan senyawa lain yang dibutuhkan tubuh. Buah dan sayur mengandung kalori dan lemak yang rendah. Usahakan setiap harinya kamu mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak diwaktu makan kamu seperti yang disarakan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat. 

Cobalah tips “Pelangi” dengan memilih buah dan sayur dengan warna yang berbeda-beda. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mengonsumsi vitamin, mineral, dan antioksidan yang beragam.

Saat ini sudah banyak sekali cara praktis untuk bisa menikmati jus buah dengan kandungan gizi yang lengkap. Kami sebagai pelopor hidup sehat dengan menyediakan produk-produk yang dapat menunjang asupan buah dan sayur kamu seperti Cold-Pressed Jucie. Produk kami akan memudahkan kamu untuk dapat mencukupi kebutuhan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan harian kamu. Sehingga aktivitas fisik kamu bisa berjalan dengan optimal dan tujuan sehat kamu dapat tercapai. 

Pilih sumber lemak yang sehat 

Lemak tak jenuh dapat membantu mengurangi peradangan dan dapat menyediakan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak adalah bahan bakar utama yang digunakan untuk latihan aerobik.

Lemak didalam tubuh disimpan sebagai cadangan untuk kemudian dijadikan sebagai bahan bakar dalam melakukan program latihan dengan intensitas tinggi dan durasi yang cukup lama. Oleh sebab itu, lemak tak jenuh cocok untuk menunjang aktivitas fisik karena lemak tak jenis menyediakan asam lemak esensial dan kalori yang baik untuk membuat anda terus bergerak. Sumber lemak tak jenuh terdapat pada biji-bijian, alpukat, minyak zaitun. 

Nah Sahabat Sehat!, gimana apa kamu sudah penuhi nutrisimu selama menjalankan aktivitas fisik? Mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu nih untuk menerapkan tips ini sebagai panduan dalam memenuhi kebutuhkan nutrisi selama melakukan aktivitas fisik. Sahabat Sehat jangan lupa juga untuk ikuti instagram @sehatbarengitsbuah karena minggu ini akan ada IG Live Session yang membahas seputar aktivitas fisik bersama Mury Kuswari seorang Sport Nutrisionist! Jangan ketinggalan ya Sahabat Sehat!


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *