Usus Kotor? Ini 8 Bahan Alami untuk Bersihkan Pencernaan

Beri tahu teman-teman Anda

Usus kotor menghambat proses pencernaan makanan dan menimbulkan rasa begah, kembung, dan tidak nyaman. Merawat kebersihan usus mampu mengurangi risiko penyakit lambung seperti GERD dan gastritis. Konsumsi 8 bahan alami ini untuk bersihkan usus kotor.

Usus Kotor
Jika dibiarkan, usus kotor menghambat proses penceraan makanan dan menimbulkan penyakit.

Usus kotor sendiri merupakan suatu kondisi dimana banyak kotoran bersarang di dalam usus. Kondisi ini dipicu oleh berbagai hal, seperti konsumsi makanan dan minuman berpengawet buatan. Makanan atau minuman ini sulit dicerna tubuh sehingga berpotensi menjadi sampah di dalam usus jika dibiarkan.

Tidak hanya itu, beberapa hal lain juga dapat menjadi penyebab usus kotor. Misalnya polusi, udara kotor, serta zat kimia yang masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan. Itu semua bisa mengendap dan menjadi limbah pencernaan.

Untuk mengetahui apakah usus Anda kotor atau tidak, Anda bisa mengamati ciri-ciri berikut.

Artikel Terkait:
5 Cara Membersihkan Usus Agar Bebas Penyakit Kronis
5 Cara Cold Pressed Juice Mencegah Kanker Kulit
5 Buah Terbaik untuk Detoksifikasi Usus Agar Pencernaan Tubuh Lancar

Ciri-ciri Usus Kotor yang Mungkin Anda Rasakan

Pertama, usus kotor biasanya ditandai dengan naiknya berat badan secara tidak wajar. Kedua, tubuh terasa cepat lelah. Terkadang, Anda juga merasakan pegal linu di sejumlah bagian tubuh.

Berikutnya, perubahan pada aroma nafas atau mulut. Biasanya, nafas akan menjadi kurang sedap ketika usus tidak dibersihkan.

Sementara pada perempuan, usus kotor juga ditandai dengan siklus menstruasi yang tak teratur.  Proses BAB pun menjadi lebih susah karena Anda harus mengejan untuk mengeluarkan feses.

Untuk membersihkan usus kotor sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa mencoba beberapa metode, diantaranya menggunakan bahan alami, minum obat, atau melalui kolonoskopi. Tapi dari ketiga cara tersebut, cara alami adalah yang paling aman untuk dicoba.

Baca Juga Detoksifikasi: Pahami Ini Sebelum Anda Mulai

Cara Membersihkan Usus Kotor dengan Bahan Alami

Cara Membersihkan Usus secara Alami
Simak cara mudah dan alami bersih-bersih usus kotor.

Sebenarnya, penggunaan obat semisal laksatif atau enema untuk membersihkan usus kotor memang menjanjikan hasil yang optimal. Namun, cara ini beresiko menimbulkan efek samping, terutama bagi Anda yang belum familiar.

Jika tak cocok, Anda bisa muntah, mual, hingga kram. Belum lagi, penyerapan obat yang tidak maksimal dapat berakibat pada ketidakseimbangan mineral.

Tindakan medis seperti kolonoskopi sebaiknya diambil sebagai langkah terakhir apabila usaha membersihkan usus kotor dengan metode alami ternyata tidak berhasil.

Berikut ini adalah 8 metode membersihkan usus kotor dengan alami.

Baca Juga: Semudah Ini Lho Cara Detoksifikasi Tubuh, Termasuk Tidur

#1. Konsumsi Perasan Lemon

Air Perasan Lemon
Air perasan lemon mampu membantu membersihkan sistem pencernaan.

Cara membersihkan usus kotor dengan air lemon cukup mudah. Peras satu buah lemon, lalu ambil airnya. Kemudian, tambahkan 1 gelas air matang hangat dan sejumput garam. Pemberian garam ini bertujuan untuk memperkaya manfaatnya. Sementara, untuk menyeimbangkan rasa bisa ditambahkan madu.

#2. Jahe dan Teh Jahe

Teh-Jahe-untuk-Maag
Jahe memiliki kandungan zat anti inflamasi dan peradangan serta membantu membersihkan sistem pencernaan.

Jahe memiliki senyawa bioaktif bernama gingerol yang berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua manfaat ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati masalah pencernaan dan menurunkan berat badan.

Caranya, larutkan 2 sendok teh ekstrak jahe ke dalam 2 gelas air matang hangat, lalu minum beberapa jam sebelum BAB. Untuk hasil maksimal, tambahkan pula ¼ cangkir air perasan lemon.

#3. Bersihkan Usus Kotor dengan Cold Pressed Juice

Cold-pressed juice terbuat dari campuran buah atau sayuran pilihan yang dihaluskan menggunakan mesin bertekanan tinggi. Minuman ini mengandung serat dalam jumlah berlimpah sehingga dapat membantu membersihkan pencernaan.

Kandungan phytochemical dan gula alami di dalamnya juga berguna untuk mengatasi usus kotor. Kerennya, Anda bisa menerima manfaat detoksifikasi setiap kali mengonsumsi minuman ini.

Baca Juga: Coba Cek. Jangan-jangan Anda Perlu Detoksifikasi!

#4. Alpukat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan

Alpukat bisa digunakan untuk membersihkan usus kotor. Buah ini memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk menguras kotoran. Konsumsi 1 buah alpukat setiap hari sudah cukup untuk menjaga usus tetap bersih.

#5. Teh Hijau

Teh Hijau
Teh hijau membantu membersihkan usus.

Bersih-bersih limbah pencernaan bisa dilakukan dengan cara konsumsi teh hijau. Bahan ini mengandung katekin yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu, katekin juga membantu memaksimalkan proses pembersihan di dalam usus, meningkatkan fungsi otak, menurunkan berat badan, serta mengurangi resiko kanker.

Caranya, seduh 1 sendok teh daun hijau atau bubuk teh hijau dengan air panas. Diamkan selama kurang lebih 2-3 menit, lalu minum saat sudah hangat. Tambahkan madu jika Anda ingin memperkaya cita rasanya.

Baca Juga: Sudahkah Anda Tahu Apa Itu Proses Detoksifikasi?

#6. Cabai Rawit

Cabai rawit
Cabai rawit ternyata bermanfaat untuk membersihkan usus.

Kandungan capsaicin di dalam cabai rawit ternyata memiliki aksi stimulus bagi pencernaan. Alhasil, proses pembuangan pun jadi lebih lancar. Capsaicin juga bersifat anti racun, sehingga dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan serta meningkatkan metabolisme.

Caranya, campurkan ¼ sendok teh bubuk cabai, 2 sendok makan air perasan lemon dan 2 sendok makan madu. lalu, tambahkan 1 gelas air matang dan minum selagi hangat.

Baca Juga: 13 Manfaat Detoksifikasi untuk Kesehatan dan Kecantikan Paripurna

#7. Minum Air Garam

Garam
Mengonsumsi garam dengan takaran tepat membantu membersihkan sistem pencernaan.

Jika Anda tidak punya riwayat tekanan darah tinggi, maka konsumsi air asin dapat dijadikan pilihan untuk melancarkan BAB dan membersihkan usus besar.

Caranya, larutkan 2 sendok teh garam laut atau garam Himalaya ke dalam air hangat. Lalu, minum sebelum Anda makan.

Baca Juga: Efek Samping Detoksifikasi: Cara Mengatasi Gejala Detox

#8. Konsumsi Jus Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan.

Di balik teksturnya yang cukup kental, gel lidah buaya ternyata bisa membantu melancarkan fungsi usus dan membuang racun keluar tubuh. Bahan alami ini mengandung nutrisi, enzim, serta antioksidan yang diketahui dapat membantu membersihkan usus kotor.

Caranya, siapkan 200 mg gel lidah buaya, lalu tambahkan 1 cangkir air matang. Setelah itu, campur bahan-bahan tersebut menggunakan blender. Minumlah dalam jumlah kecil. Konsumsi yang disarankan adalah satu kali setiap bulan.

Artikel Terkait:
5 Resep Jus Detoks untuk Anda yang Sibuk dan Ingin Diet
Turun Berat Badan Hingga 5kg dengan Detoks? Ini Kata Ahli Nutrisi

Cara Mudah dan Lezat untuk Membersihkan Usur Kotor

detoks-standar

Kesibukan memang jadi penyebab utama gaya hidup tak sehat. Gaya hidup sembrono seperti ini sering berujung pada penumpukan limbah dan kotoran di usus yang tidak dikeluarkan secara menyeluruh.

Jika Anda memiliki ritme hidup cepat, besar kemungkinan Anda mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang sehat. Selain itu, stress dan mood yang naik turun memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi kinerja sistem pencernaan Anda.

Hasilnya, usus semakin kotor dan kesulitan memproses makanan yang masuk. Apalagi jika makanan yang terus masuk adalah makanan fast food. Seiring waktu, pola makan ini menyebabkan usus kotor dan bisa menyebabkan penyakit lambung terkait GERD dan gastritis.

Gejala usus kotor ditandai dengan susah buang air besar, begah, hingga kembung. Akibatnya, kegiatan harian terganggu dan kualitas hidup menurun.

IT’s Buah melalui produk cold-pressed juice mengajak Anda untuk meningkatkan kualitas hidup dengan hidup sehat. Cold-pressed juice IT’s Buah diproses tanpa pemanasan sehingga Anda mendapat manfaat utuh buah dan sayur 100 persen.

Selain itu, cold-pressed juice juga tidak memiliki serat yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Memang, serat memiliki manfaat baik untuk diet, menjaga perasaan kenyang lebih lama, dan melancarkan buang air besar.

Namun jika Anda ingin membersihkan usus kotor, maka cold-pressed juice tanpa serat adalah pilihan terbaik Anda.

Karena tanpa serat, usus tidak perlu mencerna makanan yang masuk. Hasilnya, usus bisa beristirahat dalam mencerna makanan dan fokus untuk membersihkan diri. Bonusnya, berat badan berkurang, perut mengempis, dan suasana hati membaik.

Oleh sebab itulah, banyak konsumen IT’s Buah mengonsumsi cold-pressed juice secara teratur untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan tubuh, serta membersihkan usus dari limbah yang tak terbuang.

Dengan mengonsumsi IT’s Buah, Anda membersihkan usus kotor sekaligus mengubah gaya hidup. Pelajari bagaimana IT’s Buah meningkatkan kualitas hidup Anda dan menjaga kesehatan dengan maksimal. Rasakan beda cold-pressed juice dan jus biasa.

Artikel Terkait:
Diet Sehat Alami Dan Cepat Dengan Melakukan Detoks
Macam-Macam Metode Detoksifikasi Yang Tepat
5 Cara Membersihkan Usus Agar Bebas Penyakit Kronis


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *