Valencia Mieke Randa : Founder of Rumah Harapan Indonesia

Beri tahu teman-teman Anda

Rumah Singgah impian Vallencia Mieke Randa bagi anak-anak sakit dari keluarga tidak mampu yang berasal dari luar Jakarta. "We are blessed to be blessing for others, We are loved to share love for others"

Gerakan #berbagisehat di Rumah harapan indonesia (RHI)
Gerakan #berbagisehat di Rumah harapan indonesia (RHI)

Halo Sahabat Sehat!

Belum lama ini IT’s Buah melakukan gerakan #berbagisehat dan bekerja sama untuk menjadi donatur tetap bagi Yayasan Rumah Harapan Indonesia (RHI). Kisah tentang RHI dan foundernya ini sangat menginspiratif. Simak Yuk!

Valencia Mieke Randa atau wanita yang kerap disapa ‘Silly’ ini telah lama aktif bergerak dalam bidang kemanusiaan, ia merupakan founder sekaligus pengurus dari; 3LittleAngel, Blood4Life, Valencia Care Foundation, dan Rumah Harapan Indonesia (RHI).

Keinginannya untuk membuat rumah singgah bagi mereka yang sakit dari luar kota telah ada sejak tahun 2012. Hal ini timbul lantaran saat itu Silly aktif berkunjung ke bangsal anak RSCM, bersama komunitas yang telah ia bangun sebelumnya; 3LittleAngels.

“Saat berkunjung inilah saya sering sekali bertemu dengan orang-orang yang duduk pasrah di selasar-selasar rumah sakit, dengan raut muka lelah dan sedih, tidak tahu harus berbuat apa. Saat saya tanya, dengan berlinang air mata mereka bercerita, kalau mereka datang dari daerah, dan hanya bawa surat rujukan dari puskesmas. Dengan pengetahuan yang terbatas, dan dana yang terbatas, mereka berangkat ke jakarta, dengan harapan tiba di jakarta mereka langsung bisa dirawat di RS.” Tutur perempuan berdarah Tana Toraja ini.

House of Hope

Awal tahun 2014, berbekal uang 1jt dan keinginan yang kuat, Valencia Mieke memberanikan diri untuk menyewa sebuah rumah di kawasan Tebet Timur, Jakarta Selatan. Meskipun tak memiliki banyak uang, ia selalu berprinsip bahwa Tuhan akan selalu memberinya berkat-berkat berlebih jika ia memiliki niat yang baik. Akhirnya dalam 1 tahun pun biaya sewa rumah tersebut berhasil terlunasi. 

Rumah Harapan Indonesia (RHI) yang ia dirikan merupakan rumah singgah untuk anak-anak sakit (usia 0-17 tahun) dari keluarga tidak mampu yang berasal dari luar Jakarta, yang dirujuk untuk berobat atau rawat jalan di rumah sakit di Jakarta. RHI juga memberikan fasilitas makan gratis bagi pasien dan pendampingnya selama berada di RHI, transportasi (antar-jemput) dari RHI ke rumah sakit, serta kebutuhan sehari-hari sepert susu, alat mandi, dan lain-lainnya. Dalam jangka waktu tertentu, mereka juga diajak berwisata/piknik ke tempat-tempat tertentu yang terjangkau dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan para pasien.

“Pada masa awal memang sangat tidak mudah, karena belum banyak yang mengenal kami sehingga beberapa kali rasanya saya sempat ingin menyerah saja” Tuturnya. “Tetapi melihat keajaiban demi keajaiban, dimana adik-adik kami bisa sembuh dari sakit yang tadinya bahkan hampir tidak ada harapan lagi, membuat kami akhirnya memutuskan bahwa kita ingin membawa keajaiban itu ke seluruh Indonesia, supaya anak-anak Indonesia bisa punya harapan lagi untuk berjuang, sampai mereka juga bisa mengalami keajaiban kesembuhan.”

“Cause we are a miracle believer.”

We are blessed… to be a blessing for others…

We are loved… to share LOVE for others…

Banyak latar belakang dari munculnya ketertarikan seorang Valencia Mieke Randa dalam bidang kemanusiaan. Namun yang paling utama melatarbelakangi semangatnya adalah keinginannya untuk membahagiakan Tuhan. “Saya melakukan ini semua untuk menyenangkan hati Tuhan. Itu nomor satu.” Satu hal yang ia yakini adalah: hukum yang paling utama adalah kasih. Ia ingin menjadi berkat bagi orang lain dan ingin membuat Tuhan bangga telah menciptakannya.

 I won’t stop. Saya ingin terus berbagi cinta dan keajaiban kepada setiap orang.”
Bagi Valencia Mieke Randa, indahnya kehidupan ini tidak bergantung pada seberapa bahagianya kita, tetapi bagaimana orang lain bahagia, karena kita.

“Cause the beauty of life doesn’t only depend on how happy we are. But how happy others can be because of Us” Pungkasnya.

~

“Selama pandemi terutama awal tahun kondisi kami bisa dibilang agak sulit, karena banyak donatur yang berhenti karena ikut terdampak dari Covid ini. Untuk bisa bertahan, kami belajar untuk memilah antara kebutuhan dan keinginan. Yang terutama kami penuhi adalah kebutuhan pokok, untuk buah biasanya kami beli kalau masih ada kelebihan dari sisa uang belanja. Namun sangat bersyukur kami dipertemukan dengan itsbuah, karena akhirnya kebutuhan nutrisi anak-anak bisa terpenuhi dan ini sangat membantu mereka dalam berjuang melawan penyakitnya.” Tutur wanita yang akrab disapa Silly ini ketika ditemui tim itsbuah.

 

Sangat menginspirasi ya Sahabat Sehat kisah dari kak Vallencia Mieke yang telah mendirikan RHI ini. Semoga bantuan yang IT’s Buah berikan dapat membuat teman-teman di RHI selalu sehat dan kuat dalam masa pengobatannya.

Nahh, untuk Sahabat Sehat yang ingin turut berdonasi, bisa lihat lebih lengkap mengenai kegiatan #berbagisehat IT’s Buah disini


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *