Vitamin D Bisa Bantu Atasi Masalah Depresi?

Beri tahu teman-teman Anda

Tahukah Sahabat Sehat bahwa vitamin D yang biasa disebut sebagai teman matahari juga berperan dalam mengatasi masalah depresi? Yuk simak pembahasannya dibawah ini!

Vitamin-D-bisa-bantu-atasi-masalah-depresi

Halo Sahabat Sehat!

Depresi merupakan gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai seluruh proses mental (berpikir, berperasaan dan berperilaku) seseorang. Umumnya mood yang secara dominan muncul pada beberapa orang yang mengalami depresi adalah perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan.

Gejala Depresi

  1. Gangguan pola tidur: sulit tidur (insomnia) atau tidur berlebihan (hypersomnia)
  2. Menurunnya tingkat aktivitas, misalnya kehilangan minat, kesenangan atas hobi atau akvitias yang sebelumnya disukai
  3. Sulit makan atau makan berlebihan (bisa menjadi kurus atau kegemukan)
  4. Gejala penyakit fisik yang tidak hilang seperti sakit kepala, masalah pencernaan (diare, sulit BAB, dll), sakit lambung, dan nyeri kronis 
  5. Terkadang merasa berat ditangan dan kaki 
  6. Energi lemah, kelelahan, menjadi lamban
  7. Sulit berkonsentrasi, mengingat, memutuskan
  8. Rasa sedih, cemas, atau hampa yang terus-menerus
  9. Tidak ada motivasi untuk melakukan apapun 
  10. Hilangnya hasrat untuk hidup dan keinginan untuk melakukan hal-hal buruk seperti melukai diri sendiri

Baca Juga : Pikiran Sedang Kacau? Ini 5 Cara Sederhana Menjernihkannya

Peran Vitamin D Untuk Depresi

Vitamin D adalah vitamin yang sering disebut sebagai teman nya matahari. Hal ini karena matahari adalah sumber vitamin D alami yang murah dan mudah untuk didapatkan. Tapi tahukah Sahabat Sehat bahwa vitamin D ini juga berperan dalam mengatasi masalah depresi?

Termasuk dalam salah satu jenis vitamin larut lemak, vitamin D memiliki peran untuk mempertahankan konsentrasi serum kalsium dengan cara meningkatkan kemampuan usus kecil untuk menyerap kalsium pada makanan. Selain dari matahari, sumber vitamin D dapat kita jumpai juga dari makanan antara lain seperti: ikan yang berminyak seperti salmon, kembung (mackarell), sardine, minyak hati ikan kod, hati, kuning telur, susu, sereal, youghurt, jus jeruk

Your are what you eat” seperti itulah pepatah yang menggambarkan hubungan antara pola makan sehat dengan kesehatan fisik dan kesehatan mental yang optimal. Lalu bagaimana vitamin D dapat membantu mengatasi masalah depresi?

Depresi dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah pengalaman bermakna dimasa lalu, status sosioekonomi serta biologis, usia, jenis kelamin, serta faktor nutrisi dimana konsumsi vitamin D diduga berpengaruh dalam terjadinya depresi. 

Sebuah penelitian yang menguji mengemukakan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D memiliki peningkatan risiko depresi lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan vitamin D yang cukup. Kekurangan vitamin D juga dapat menganggu fungsi kognitif karena terdapat reseptor vitamin D diarea otak yang bertanggungjawab atas suasana hati dan perilaku, termasuk perkembangan depresi. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat memperparah gejala depresi yang berkepanjangan. 

Baca Juga : Gaya Hidup Masa Kini Yang Wajib Anda Coba


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *