Resolusi Sehat Bentuk Kebiasaan Aktivitas Fisik yang Baru

Beri tahu teman-teman Anda

Wujudkan Resolusi Sehat tahun ini dengan bentuk kebiasaan aktivitas fisik yang baru, agar kalori tubuh terbakar dan tubuh makin fit. Simak artikel ini untuk dapatkan ide dan referensi yuk!

Resolusi Sehat Bentuk Kebiasaan Aktivitas Fisik yang Baru

Halo, Sahabat Sehat!

Masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya nih, seputar resolusi tahun baru. Seperti yang kita ketahui bahwa selama tahun 2020 seluruh warga dunia mengalami banyak perubahan terutama dari perubahan gaya hidupnya. Jadi tidak heran jika masyarakat menjadikan kesehatan sebagai salah satu resolusi di tahun ini.

Jika berbicara mengenai kesehatan, aktivitas fisik biasanya menjadi hal pertama yang akan dikaitkan atau dihubungkan. Menurut WHO aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang memerlukan suatu pengeluaran energi yang sangat berperan penting dalam kesehatan seseorang.

Alasan Kenapa Aktivitas Fisik Penting

Resolusi Sehat Bentuk Kebiasaan Aktivitas Fisik yang Baru

Sahabat Sehat, selama pandemi Covid-19 ini sebagian besar dari kita sepertinya lebih sering menghabiskan waktu didalam rumah dan kurang melakukan aktivitas fisik ya, padahal itu merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menyatakan betapa pentingnya untuk melakukan aktivitas fisik selama pandemi Covid-19 ini. Dapat kita lihat melalui kampanye “WHO’s Be Active” yang belum lama ini digalakkan oleh WHO guna mendorong masyarakat untuk tetap bergerak.

Dikutip dari laman resmi WHO, melakukan gerakan fisik disela-sela WFH (Work From Home) dengan intensitas ringan selama 3-4 menit saja dapat membantu melemaskan otot dan memperlancar peredaran darah serta aktivitas otot.

Manfaat Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Resolusi Sehat Bentuk Kebiasaan Aktivitas Fisik yang Baru

Melakukan aktivitas fisik dalam intensitas yang rendah pun sudah memberikan efek yang baik bagi tubuh, apalagi jika kita melakukannya secara teratur. Berikut beberapa manfaat dari melakukan aktivitas fisik secara teratur;

  1. Mengontrol berat badan

Sahabat Sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur merupakan salah satu kunci untuk menjaga berat badan kita tetap stabil. Hal ini karena ketika kita beraktivitas fisik ada energi (kalori) yang kita keluarkan. 

Jadi jika kita mengeluarkan lebih banyak energi (kalori) daripada yang kita masukkan ke dalam tubuh, maka berat badan kita akan tetap stabil.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Riset membuktikan bahwa aktivitas fisik secara intensif dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Hal ini karena aktivitas fisik mampu mengurangi kecemasan yang bisa membuat seseorang lebih mudah atau cepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Namun disarankan untuk tidak beraktivitas fisik yang berat mendekati waktu tidur ya Sahabat Sehat, karena dapat meningkatkan denyut jantung, suhu tubuh, dan kewaspadaan yang sebaliknya malah akan mengurangi kualitas tidur.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Tahukah Sahabat Sehat, aktivitas fisik yang teratur dapat merangsang berbagai hormon seperti serotonin, norepinefrin, dan dopamin dalam otak yang merupakan hormon yang dapat membuat perasaan lebih bahagia, lebih santai, dan meningkatkan rasa percaya diri loh.

Suatu penelitian yang dilakukan oleh seorang pakar kesehatan dari University of California, Los Angeles menunjukkan bahwa tiga belas dari 28 orang yang diteliti olehnya mengalami penurunan depresi secara signifikan berkat aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur.

Dampak Kurang Aktifitas Fisik Bagi Tubuh

Resolusi Sehat Bentuk Kebiasaan Aktivitas Fisik yang Baru

Kesehatan didapatkan memang bukan hanya dari melakukan aktivitas fisik saja, namun jika aktivitas fisik tidak kita jalankan akan memberi dampak yang buruk bagi kesehatan loh Sahabat Sehat!

Berikut ini beberapa dampak buruk bagi tubuh jika kita mengabaikan aktivitas fisik;

#1 Mudah Marah dan Stres

Apakah ada di antara Sahabat Sehat yang akhir-akhir ini merasa mudah marah dan stres? memikirkan banyak hal, cemas, atau takut terhadap berbagai hal? Ini bisa jadi pertanda kalau tubuh kamu sangat butuh melakukan aktivitas fisik.

Berkebalikan dengan ketika kita rutin beraktivitas fisik, jika kita tidak beraktivitas fisik tubuh kita akan kekurangan hormon yang memicu rasa bahagia, sehingga pikiran kita cenderung buruk dan beresiko meningkatkan gejala depresi.

#2 Pelupa

Sebuah studi pada Januari 2020 yang diterbitkan dalam Mayo Clinic Proceedings, mengatakan saat kita tidak melakukan aktivitas fisik, maka otak kita akan lebih rentan dan lebih cepat menjadi pelupa.

Dalam suatu penelitian Februari 2015 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, salah satu aktivitas fisik, aerobik yang dilakukan secara teratur terbukti secara signifikan meningkatkan volume hipokampus pada wanita lanjut usia. Ini menunjukkan perbedaan struktural yang sebenarnya antara otak orang yang tidak banyak bergerak dan mereka yang beraktivitas fisik secara teratur.

#2 Insomnia

Sahabat Sehat, jika kamu mengalami sulit tidur atau insomnia, mungkin itu terjadi karena kamu kurang aktivitas fisik. Hal ini karena tubuh yang jarang bergerak menyimpan lebih banyak energi sehingga membuatnya bisa terjaga sepanjang malam. 

Selain itu, seseorang yang jarang beraktivitas fisik cenderung sulit tidur nyenyak dan akan tetap merasa lelah saat bangun di pagi hari. Sebab, aktifitas fisik membantu menentukan siklus tidur seseorang. Dengan bergerak membuat seseorang bisa membawa kantuknya pada malam hari secara penuh, dan kembali segar di keesokan harinya.

Menjadikan Aktivitas Fisik Sebagai Resolusi

Resolusi Sehat Bentuk Kebiasaan Aktivitas Fisik yang Baru

Menjadikan Aktivitas fisik sebagai sebuah resolusi artinya kita berkomitmen untuk melakukannya secara rutin dan konsisten. Kalau belum pernah melakukannya, pasti terdengar cukup sulit ya Sahabat Sehat.

Namun sebenarnya semua bisa kita lakukan kok mulai dari langkah paling kecil dan sederhana. Kita bisa mulai dengan membiasakan diri melakukan sesuatu dan menjadikannya rutinitas harian kita. 

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat Morning Routine, dan Evening Routine. Berikut saran Morning Routine, dan Evening Routine dari itsbuah yang bisa Sahabat Sehat ikuti.

Morning Routine

#1 Stretching Singkat Di Atas Kasur

Kalau kamu salah satu kaum rebahan, morning routine ini cocok banget nih buat kamu. Setelah bangun tidur kamu biasanya pasti menggelung sambil ‘mengumpulkan nyawa’ kan? Nah kamu bisa tingkatkan itu jadi peregangan singkat. 

Kamu bisa mulai dengan gerakan sederhana seperti ketika melakukan senam, menggerakan badan mulai dari kepala sampai kaki. Gerakan seperti mengayuh sepeda, atau berenang, semua juga bisa kamu lakukan tetap dalam posisi tidur, tapi pastikan seluruh bagian tubuhmu bergerak ya.

#2 Jalan Santai

Nah kalo kamu separuh kaum rebahan separuh bukan, kamu bisa pilih ini jadi salah satu morning routine kamu. Setelah bangun tidur kamu bisa lakukan jalan santai selama 15 menit. Eitss tenang aja, karena namanya jalan santai jadi kamu tidak harus lakukan diluar rumah kok. 

Kamu cukup jalan santai di dalam rumah atau sekitaran kamar tidur. Bisa kamu lakukan juga sambil lakukan aktivitas lain, misalnya saat kamu mau ambil minum ke dapur atau ingin ke kamar kecil, jalan santai aja sembari putar-putar badan. Jadi morning routine yang satu ini cukup fleksibel untuk dilakukan.

Evening Routine

#1 Pilates

Untuk Sahabat Sehat yang belum tahu, pilates adalah metode olahraga yang memfokuskan kelenturan serta fleksibilias seluruh bagian tubuh. Pilates akan menghadirkan efek relaksasi pada malam hari. Untuk memulai gerakan ini, berdirilah dengan kaki selebar pinggul, kedua tangan menempel pada sisi tubuh, dan bahu dalam keadaan rileks.

Dengan menggunakan otot bagian perut, perlahan-lahan bungkukkan badan ke depan, biarkan lengan menjuntai ke bawah dan menggantung, lalu tarik napas dalam-dalam. Cobalah menyentuh tanah dan tahan pose selama satu atau dua detik. Selanjutnya, angkat tubuh pelan-pelan dengan menggunakan otot-otot perut.

#1 Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga terbaik untuk dilakukan di malam hari. Selain membuat fisik lebih segar, yoga juga membantu pikiran dan juga badan menjadi lebih rileks.

buy-1-get-1-free

Apalagi kalau Sahabat Sehat sudah seharian bekerja atau melakukan kesibukannya, gerakan yoga yang tidak terlalu banyak membutuhkan tenaga besar tentu sangatlah tepat. Yoga bermanfaat untuk menghilangkan penat, melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Nah itu dia Sahabat Sehat, menjadikan aktivitas fisik sebagai salah satu resolusi merupakan ide yang sangat baik untuk kamu lakukan. Membentuk kebiasaan baru pada awalnya memang sulit Sahabat Sehat, tapi dengan keinginan yang kuat pasti kamu bisa mewujudkannya. 

Kamu juga bisa ikuti beberapa tips aktivitas fisik dari itsbuah atau menentukannya sendiri. Untuk Sahabat Sehat yang ingin mengetahui fakta, tips, dan saran aktivitas fisik bisa mengikuti IG @sehatbarengistbuah, Karena minggu ini kita akan membahas lebih banyak seputar aktivitas fisik nih. Jangan sampai ketinggalan ya Sahabat Sehat!


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *