Inilah Deretan Buah Terbaik Untuk di Konsumsi Ibu Hamil

Beri tahu teman-teman Anda

Ini Deretan buah terbaik untuk ibu hamil

Halo Sahabat Sehat,

Buah-buahan adalah cemilan sehat yang disarankan untuk wanita yang tengah mengandung dibandingkan cemilan kemasan dan makanan instant. 

Alasannya?

Selain rasanya yang enak, buah-buahan juga merupakan sumber nutrisi karena komposisi gizi di dalamnya sangat lengkap untuk menjaga kesehatan ibu serta mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Eits…. Tapi perlu diingat! Tidak semua buah dapat dikonsumsi ya.

Rekomendasi buah untuk ibu hamil

Berikut adalah beberapa rekomendasi buah yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Pisang 

Memiliki rasa manis serta tekstur yang lembut membuat buah ini mudah dicerna. Selain itu kandungan serat, kalori dan Kandungan zat besi dalam buah berwarna kuning ini juga sangat baik untuk ibu hamil. 

Nah… buat kamu yang belum tahu, salah satu manfaat dari zat besi ini adalah sebagai pencegah Anemia saat hamil.

  • Mangga

Tahukah kamu kalau satu cangkir mangga itu ternyata mampu menyediakan 100 persen kebutuhan vitamin C kita dalam sehari? Hebat bukan?!

Menariknya lagi, selain Vitamin C yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas di dalam buah dengan rasa super manis ini juga terkandung vitamin A sebagai antioksidan dan kalium yang berfungsi menjaga tekanan darah serta keseimbangan cairan dalam tubuh.

  • Pir

Buah yang masih satu spesies dengan apel ini Kaya akan serat yang dapat membantu meringankan gejala umum kehamilan seperti sembelit buah pir juga menyediakan nutrisi seperti folat dan kalium untuk regenerasi sel serta kesehatan jantung ibu hamil dan janinnya.

  • Alpukat 

Mengkonsumsi alpukat selama kehamilan dapat membantu mengurangi keluhan kaki kram dan morning sickness, serta  mendukung perkembangan otak janin. Oh iya, alpukat memiliki kandungan asam folat lebih banyak dibandingkan buah yang lain.

Alpukat merupakan sumber yang bagus untuk vitamin B, C, E, dan K. lalu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang menyediakan energi dan membantu mencegah cacat tabung saraf. Alpukat juga mampu meningkatkan sel yang bertanggung jawab untuk membangun kulit dan jaringan otak janin yang sedang berkembang.

  • Jambu biji

Buah ini cukup ideal untuk ibu hamil karena di dalamnya terkandung berbagai nutrisi seperti vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat. Hebatnya lagi dengan segala kandungan baik didalamnya buah ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

  • Semangka

Sebagai buah yang kaya akan air mengkonsumsi semangka adalah salah satu cara yang dapat dipilih oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan yang meningkat. Di dalam semangka terkandung berbagai vitamin seperti A, C dan B6.

  • Buah Naga

Buah yang bentuk kulitnya seperti sisik naga ini dapat membantu menambah kadar hemoglobin sehingga dapat mengurangi resiko terkena anemia untuk ibu hamil. Dalam jurnal “Belitung Nursing Journal” bahkan disebutkan kalau bukan hanya kadar hemoglobin yang mengalami peningkatan setelah mengkonsumsi buah naga, tapi kadar eritrosit dalam tubuh ibu hamil pun ikut bertambah.

  • Jeruk dan Lemon

Semua tentu sudah tahu kalau dua buah ini dikenal dengan kandungan Vitamin C yang tinggi, karenanya salah satu alasan utama kenapa perlu mengkonsumsi jeru dan lemon adalah untuk menjaga ketahanan tubuh agar tak mudah lelah dan sakit.

Jeruk memiliki kandungan folat yang tinggi, folat sendiri diketahui dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin serta mencegah janin mengalami cacat lahir.

Sedangkan lemon banyak mengandung kalium, magnesium dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang janin.

  • Apel 

Tak hanya memiliki rasa yang segar, apel ternyata juga kaya akan nutrisi yang membantu pertumbuhan janin. Vitamin A, C, serat, serta kalium dapat ditemukan dalam buah ini. Sebuah studi bahkan menyebutkan kalau mengkonsumsi apel saat hamil menurunkan kemungkinan bayi terserang asa dan alergi.

Variasi menikmati Buah yang menyenangkan

Walaupun memiliki rasa yang enak dan kaya manfaat, terkadang mengkonsumsi buah juga bisa membuat bosan. Berikut adalah berbagai variasi makan buah yang dapat di coba saat hamil:

  • Konsumsi sebagai cemilan

Ini adalah cara paling dasar menikmati buah, tak perlu menggunakan teknik apapun, cukup cuci dan bilas dengan air bersih kemudian langsung di santap.

  • Konsumsi sebagai salad buah

Cara kedua ini mengharuskan kamu untuk memotong buah dengan ukuran kecil-kecil, akan lebih baik jika buah yang digunakan lebih dari satu jenis, jika sudah dipotong kumpulkan dalam sebuah wadah, terakhir campurkan dengan yoghurt untuk mendapatkan rasa yang unik dan menyehatkan.

  • Konsumsi sebagai topping

Jika sebelumnya buah dicampurkan dengan sesama buah, maka di cara yang ketiga ini dilakukan sebaliknya, buah dikombinasikan dengan makanan lainnya seperti sereal, roti, bubur dan lainnya.

  • Konsumsi sebagai Jus

Nah… ini adalah metode yang paling super, selain dapat dikonsumsi dengan mudah hasil yang di dapatkan pun bisa lebih efektif. Dalam pembuatan jus ini kamu dapat menggunakan satu atau beberapa jenis buah, akan lebih bagus jika terdapat kombinasi buah dan sayur untuk mendapatkan hasil terbaik (tapi itu tergantung selera masing-masing saja). Dengan adanya variasi tersebut diharapkan ibu hamil dapat memperoleh mineral dan vitamin yang lebih banyak.

Cold Pressed Juice dari itsbuah.com dapat menjadi solusi untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan berbagai vitamin dan mineral dalam sebuah jus.

Alih-alih menggunakan blender, Cold Pressed juice dibuat menggunakan tekanan hidrolik yang membuat kualitas nutrisi dari buah dan sayur tetap terjaga. Dalam proses pembuatannya pun Cold Pressed Juice tidak menggunakan tambahan air, es batu, gula atau pengawet sehingga minuman yang dihasilkan menjadi lebih kaya nutrisi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. 

Jadi kalau kamu atau Ibu hamil merasa bosan mengkonsumsi buah atau sayur secara biasa maka dapat menjadikan Cold Pressed juice sebagai solusinya. 

Kesimpulan:

Buah-buahan merupakan asupan yang baik untuk ibu hamil. Setiap buah memiliki kandungan yang berbeda, karena itu perlu dipilih agar sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Terakhir konsumsi buah secukupnya, jangan terlalu berlebihan agar tidak mengganggu kesehatan kandungan.

Baca Juga : 5 Cara Bentengi Imunitas Tubuh Dari Dalam


Beri tahu teman-teman Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *